7 Alasan Kenapa Kucing Suka Tidur Di Pasir Atau Tempat Berpasir

Pastinya kita semua tahu bahwa kucing adalah hewan yang hobi tidur dan hampir separuh hidupnya ia habiskan untuk tidur. Kucing umumnya banyak menghabiskan waktunya dengan tidur di saat udara di sekitarnya cukup dingin.

 

Kucing Suka Tidur Di Pasir


Dan di saat udara kembali normal maka kebiasaan tidur kucing akan kembali seperti semula, kucing tak akan terlalu banyak tidur dan menghabiskan sebagian waktunya untuk beraktifivitas. Bicara soal kucing tidur, kucing senang tidur di tempat-tempat tertentu.

Salah satu tempat yang di sukai kucing untuk tidur adalah tempat berpasir. Kucing sangat menyukai tempat-tempat yang ada pasirnya. Bagi kucing tidur di tempat yang berpasir mungkin memiliki suatu keistimewaan tersendiri namun kita sebagai pemilik yang melihatnya mungkin tak menyukainya.

Ini karena ketika kucing tidur di tempat yang berpasir maka tubuhnya yang tadinya bersih dan bulunya yang tadinya cerah kini akan menjadi kusam kotor. Bukan cuma itu saja, pemilik yang baru saja memandikan kucingnya akan kesal ketika tubuh kucing yang baru di mandikan kembali kotor karena si kucing tidur di pasir.

Melihat kucing yang senang tidur di pasir tentunya dalam pikiran kita pernah tersirat pertanyaan seperti mengapa kucing suka tidur di pasir. Anggora sendiri pernah memikirkan hal yang sama dan setelah Anggora selidiki ternyata ada beberapa alasan yang membuat kucing menyukai tempat berpasir.

Apa saja alasan kucing suka tidur di tempat yang ada pasirnya dapat kamu lihat pada tulisan Anggora di bawah ini. Baca hingga akhir ya sobat Anggora.

 

7 Alasan Kenapa Kucing Suka Tidur Di Pasir Atau Tempat Berpasir

Jangan heran ketika kucing kamu tidur di pasir atau tempat berpasir sebab kebanyakan kucing senang melakukan hal ini. Kucing melakukan hal ini karena kucing memang menyukainya tapi apakah yang membuat kucing suka tidur di pasir atau tempat berpasir ?

Ada beberapa alasan yang membuat kucing senang melakukan hal ini. Berikut ini beberapa alasannya :

1. Kebiasaan Secara Turun Temurun

Alasan yang pertama adalah ini merupakan kebiasaan secara turun temurun sehingga kucing senang melakukan hal ini. Buktinya kucing manapun bahkan kucing ras sekalipun akan senang tidur di tempat berpasir.

Jarang sekali ada kucing yang tak suka tidur di tempat-tempat yang ada pasirnya, malah bisa di bilang tak ada sama sekali. Kebiasaan ini mungkin telah ada semenjak dari zaman dahulu dan di turunkan secara turun temurun.

Namun penurunan kebiasaan ini bukan melalui ritual ataupun penurunan langsung melalui warisan seperti yang di lakukan manusia. Penurunan kebiasaan ini di lakukan melalui tubuh kucing yakni melalui DNA kucing.

Kebiasaan ini tersimpan dalam genetik kucing dan di simpan sebagai perilaku hidup. Ketika ada kucing yang terlahir lalu saat si kucing dewasa maka ia akan melakukan tidur di pasir dan mengetahui apa manfaatnya baginya tanpa perlu seseorang untuk mengajarinya.

 

2. Pasir Bisa Meredakan Atau Menghilangkan Rasa Gatal Pada Tubuh Kucing

Pernah tidak kamu melihat kucing kamu tidur di pasir kemudian dia berguling-guling di atas pasir berkali-kali. Pastinya kamu pernah melihatnya hal ini bukan ? Tahukah kamu bahwa kucing tak asal melakukan hal ini.

Kucing melakukan hal ini dengan tujuan meredakan atau menghilangkan rasa gatal di tubuhnya. Umumnya rasa gatal ini di sebabkan oleh gigitan kutu atau karena infeksi tungau. Dengan melakukan hal ini kucing dapat meredakan atau menghilangkan rasa gatal di tubuhnya meski hanya sesaat saja.


3. Kucing Berniat Membersihkan Tubuhnya

Selain untuk meredakan atau menghilangkan rasa gatal di tubuhnya, kucing juga melakukan ini dengan tujuan untuk membersihkan tubuhnya. Mungkin di tubuh kucing ada kotoran ataupun bau tertentu yang membuat kucing tidur dan berguling-guling di pasir untuk membersihkan bau dan kotoran tersebut.

Oh iya kucing juga sering kali melakukan hal ini sehabis mandi dan seringkali hal ini membuat pemilik yang baru saja bersusah payah memandikan si kucing menjadi kesal. Sebenarnya kucing melakukan hal ini bukan karena sengaja dan ingin membuat sang pemilik marah.

Kucing melakukannya hanya karena kucing tak menyukai bau shampoo yang melekat di tubuhnya. Bagi manusia bau shampoo ini memang harum dan enak di cium tapi ini tak berlaku untuk kucing. Di hidung kucing bau ini sangat bau serta menusuk hidung.

Itulah mengapa sesaat kita selesai memandikannya lalu mengeringkan tubuhnya maka si kucing akan bersegera mencari tempat yang memiliki tanah atau pasir untuk tidur dan berguling-guling di sana untuk menghilangkan bau ini.

Karena itulah di saat kucing mengotori tubuhnya dengan tanah atau pasir kamu jangan berpikiran buruk dan marah terhadapnya, nanti kamu bisa menyesal sendiri.

 

4. Kucing Merasa Nyaman Tidur Di Tempat Berpasir

Alasan yang ke empat adalah kucing merasa nyaman tidur di tempat berpasir. Sewaktu kucing nyaman tidur di tempat tertentu dan ia bisa tidur pulas tanpa gangguan siapapun di tempat itu maka biasanya ketika kucing akan tidur lagi ia akan memilih tidur kembali di tempat tersebut.

Contohnya ketika kucing senang tidur di atas lemari maka saat ia tidur lagi ia akan pergi menuju ke lemari lagi. Nah hal serupa juga berlaku dengan tempat berpasir, di saat kucing nyaman berada di sana maka selanjutnya ketika kucing ingin tidur maka ia akan kembali ke tempat berpasir tadi.

 

5. Dapat Memberikan Efek Baik Bagi Tubuh Kucing

Tiduran di pasir ternyata bisa memberikan dampak yang baik bagi bagi tubuh kucing dengan catatan kucing tidur di pasir yang bersih. Sewaktu kucing tidur di atas pasir, tubuh kucing akan berada di atas kerikil-kerikil kecil yang mana kerikil ini dapat memberikan pijatan lembut kepada tubuh kucing.

Ini dapat memberikan efek yang baik pada tubuh kucing sekaligus membuat kucing merasa nyaman dengan kondisi ini.

 

6. Dapat Memberikan Efek Baik Bagi Kulit Dan Bulu Kucing

Apakah kucing kamu suka tidur di atas pasir sambil berjemur di bawah matahari pagi. Jika iya maka jangan melarang kucing melakukan hal ini karena kucing melakukan ini karena ia sedang menjaga kesehatan kulit dan bulunya.

Dengan tidur sambil berjemur di bawah matahari bisa mencegah pertumbuhan tungau dan menjaga kesehatan kulit kucing. Selain itu ini juga dapat menjadikan bulu kucing lebih kuat serta membuat bulunya lebih cantik dan berkilau.


7. Kucing Sedang Sakit

Cobalah perhatikan kucing kamu, perhatikan di mana ia tidur. Jikalau ia tidur di pasir yang merupakan tempat di mana ia baru saja buang air besar atau kecil maka besar kemungkinan kucing kamu sedang sakit.

Periksalah kondisi kucing dan pastikan apakah ia benar-benar sakit atau tidak dengan melihat beberapa pertanda berikut :

  • Kucing tak nafsu makan

  • Kucing lemas

  • Kucing lebih sering tidur

  • Kucing tampak kesulitan berjalan

  • Mata kucing terlihat tak memiliki semangat


Bila kamu melihat berapa pertanda di atas ada pada kucing kamu bisa di pastikan bahwa kucing benar-benar sedang sakit. Di sarankan untuk membawa kucing berobat ke dokter hewan agar penyakit bisa segera di sembuhkan.


Sekarang kamu telah tahu apa saja yang membuat kucing suka tiduran di atas pasir. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url