6 Penyebab Kenapa Kucing Menjulurkan Lidah Saat Tidur

Seperti yang kita tahu bahwa kucing terkenal dengan perilaku randomnya. Perilaku random Kucing ini sering kali membuat kita kesal, keheranan atau tertawa terbahak-bahak. Tak jarang juga perilaku random kucing ini membuat kita khawatir.


Penyebab Kenapa Kucing Menjulurkan Lidah Saat Tidur

 

Contohnya ketika kucing menjulurkan lidah saat tidur, perilaku ini terlalu random dan tak lazim di lakukan oleh kucing. Tentu saja hal ini akan membuat kita sebagai pemilik kucing merasa heran dan khawatir akan perilakunya ini.

Ini juga membuat kita akan mencari tahu mengenai permasalahan ini sekaligus mencari solusinya jikalau ini adalah sesuatu yang buruk. Nah bagi kamu yang sedang mencari tahu mengapa kucing menjulurkan lidah saat tidur, sobat Anggora dapat menemukan jawabannya di sini.

 

6 Penyebab Kenapa Kucing Menjulurkan Lidah Saat Tidur

Bagi mereka yang baru saja memelihara kucing, kucing yang menjulurkan lidah saat tertidur adalah suatu hal yang tak wajar dan akan membuat pemilik kucing menjadi khawatir mengenai kondisi kucing peliharaannya.

Untuk menghilangkan sedikit rasa khawatir ini sekaligus menambah wawasan maka kamu dapat melihat di bawah ini beberapa penyebab kucing menjulurkan lidah ketika tidur :

1 . Kucing Sedang Bermimpi

Penyebab yang pertama adalah mungkin kucing kamu hanya sedang bermimpi saja. Peneliti memang belum menemukan fakta bahwa kucing benar-benar bisa bermimpi namun menurut Anggora ini di sebabkan oleh mimpi.

Karena banyak kasus di mana kucing yang tertidur pulas akan menggerakkan tangan dan kakinya seolah melakukan aktivitas tertentu seperti sedang menangkap sesuatu. Ini membuktikan sekaligus menunjukkan bahwa kucing sedang bermimpi berburu mangsanya.

Bahkan tak jarang juga mata dan mulut mereka bergerak sendiri saat mereka sedang tertidur atau kucing yang bermimpi juga terkadang mengeluarkan suara meongan kecil seolah kucing sedang bergumam saat tertidur.

Kucing yang sedang bermimpi umumnya membuat kucing mengeluarkan lidahnya secara tak sadar. Tindakan ini sering terjadi ketika kucing memimpikan sesuatu yang berkaitan dengan menikmati makanan yang lezat ataupun memimpikan menikmati makanan favoritnya.

 

2. Kucing Sedang Mengeringkan Lidahnya

Kucing Terkadang Mengeluarkan lidahnya untuk mengeringkan lidahnya. Ini sering di lakukan kucing ketika ada cairan kental yang menempel pada lidah atau bagian dalam mulutnya yang membuat kucing merasa tak nyaman akan hal ini.

Kucing mungkin sedang mengeringkan lidahnya kemudian ia merasa bosan atau lelah sehingga kucing ketiduran dan  lupa untuk memasukkan lidahnya kembali ke dalam mulutnya. Kucing yang tak merasa risih dengan kondisi ini biasanya akan tetap melakukannya sampai ia terbangun.

Kamu tak perlu mengkhawatirkan hal ini karena ketika kucing terbangun biasanya kucing akan memasukkan lidahnya kembali dan bertingkah normal seperti biasanya. Oh iya, sebagian kucing akan memasukkan lidahnya kembali secara tak sadar ketika mereka sedang tertidur.

 

3. Kucing Merasa Tak Nyaman Dengan Perutnya

Di saat kucing merasa tak nyaman dengan perutnya kucing juga akan mengeluarkan lidahnya ketika tertidur. Ketidaknyamanan ini bisa terjadi karena suatu hal contohnya kucing merasa sangat lapar, kucing merasa tak nyaman karena baru saja makan rumput dan karena hal lainnya.

Bila kucing kamu dalam kondisi sehat maka kamu tak perlu mengkhawatirkan hal ini karena ini tak akan mempengaruhi kucing. Kamu hanya perlu khawatir akan hal ini jikalau kucing kamu yang melakukannya adalah kucing yang tampak sakit.

Seperti nafsu makan kucing hilang, terlihat lemas, banyak tidur dan kelihatan tak semangat. Bila ini terjadi pada kucing kamu yang kelihatan sakit maka sebaiknya segera obati kucing ke dokter hewan.

 

4. Kucing Merasa Mual

Kucing yang mengeluarkan lidah saat tidur juga bisa di sebabkan karena kucing mual. Perasaan mual yang di alami kucing membuat ia merasa tak nyaman dengan tubuhnya. Untuk meredakan sedikit rasa tak nyaman ini maka kucing akan mengeluarkan lidahnya.

Mual pada kucing bisa terjadi ketika kucing mengalami masalah dengan pencernaannya, kucing baru saja makan rumput, peradangan usus, infeksi usus yang di sebabkan oleh parasit, bakteri ataupun virus dan juga masalah gas berlebih akibat dari pola makan yang buruk, penumpukan cairan dan semacamnya.

Bila kucing mual karena di sebabkan oleh penyakit maka umumnya kucing akan menunjukkan ciri kucing sakit seperti :

  • Hilangnya nafsu makan

  • Kucing tampak lemas tak bertenaga

  • Kucing menjadi muruh dan pendiam

  • Kucing lebih banyak tidur

  • Kucing lebih sering minum

  • Dan lainnya

 

Kalau kamu merasa yakin bahwa kucing kamu mualnya di sebabkan oleh penyakit maka di sarankan bagi kamu untuk segera memeriksakan kucing ke dokter hewan terdekat demi bisa mendapatkan perawatan yang tepat.

 

5. Karena Hamil

Kucing yang hamil umumnya akan merasakan mual. Mual pada kucing akibat kehamilan adalah hal yang wajar dan bukanlah hal yang perlu di khawatirkan sebab ini tak akan mempengaruhi kesehatan kucing kesayangan kita sama sekali.

Mual pada kucing hamil dapat menjadi salah satu sebab kucing mengeluarkan lidahnya di saat ia tidur. Ini kucing lakukan untuk meredam rasa tak nyaman yang ia rasakan akibat mual. Jadi, di saat kucing kamu yang hamil menjulurkan lidah ketika saat ia sedang tertidur, besar kemungkinan ini karena kucing sedang merasa mual karena pengaruh kehamilannya.

 

6. Kucing Merasa Kepanasan

Penyebab yang terakhir adalah karena kucing merasa kepanasan. Kucing yang merasa kepanasan akan mengeluarkan lidahnya atau terengah-engah mirip seperti yang di lakukan oleh anjing. Kucing melakukan ini ketika tubuhnya terasa sangat panas dan juga kelelahan.

Hal serupa juga berlaku pada kucing yang sedang tertidur, ketika ia merasa tubuhnya terlalu panas maka secara tak sadar kucing akan mengeluarkan lidahnya.

 

Apa Yang Mesti Kita Lakukan Bila Kucing Melakukan Hal Ini ?

Dalam kasus tertentu seperti kucing mengeluarkan lidah saat tidur di sebabkan oleh penyebab 1,2,5 dan 6 maka kamu tak perlu melakukan apapun karena hal ini tak akan membuat kucing kamu sakit. Biarkan saja karena ini adalah hal yang normal terjadi pada kucing dan tak berbahaya baginya.

Namun bila penyebabnya adalah penyebab nomor 3 ataupun nomor 4 maka barulah kamu perlu khawatir dan perlu melakukan sesuatu di saat kamu yakin bahwa hal ini disebabkan oleh suatu penyakit tertentu. Jangan mengobati kucing secara mandiri di rumah.

Karena bisa jadi hal ini di sebabkan beberapa penyakit yang tergolong berbahaya seperti peradangan usus, penumpukan cairan, infeksi usus dan semacamnya. Di sarankan untuk membawa kucing sesegera mungkin ke dokter hewan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat sehingga kucing cepat sembuh.

 

Itulah dia beberapa penyebab kenapa kucing mengeluarkan lidahnya saat tertidur. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url