6 Cara Agar Kucing Tidak Takut Air Ketika Di mandikan

Kucing merupakan hewan lucu nan imut dan dalam pikiran kita hewan yang satu ini adalah hewan yang sangat takut dengan air. Memang kebanyakan kucing takut dengan air namun tak semuanya memiliki ketakutan yang sama. Beberapa kucing justru bersikap biasa saja ketika terkena air.

 

Cara Mengatasi Kucing Takut Air Ketika Di mandikan

 

Bahkan saat mereka di mandikan ada yang cuek bahkan beberapa di antara mereka ada yang senang bermain-main di dalam air dan berada di sana dalam waktu yang lama. Sebenarnya kucing bukannya takut air tetapi mereka hanya membencinya

Nah untuk membuat kucing tak takut pada air kamu hanya perlu menghilangkan perasaan ini meski hanya sesaat dari kucing. Menghilangkannya memang agak sulit namun kalau tahu caranya maka ini bisa kamu lakukan dengan sedikit mudah.

Lalu bagaimanakah cara mengatasi kucing takut air ketika di mandikan ? Bagi sobat Anggora yang penasaran ingin tahu bagaimana caranya maka sobat Anggora wajib membaca tulisan di bawah ini sampai akhir.

 

6 Alasan Kucing Benci Air

Sebelum masuk ke pembahasan utama maka tak ada salahnya kita membicarakan sedikit mengenai kucing yang takut air. Seperti yang Anggora katakan baru saja di atas bahwa kucing sebenarnya tak takut dengan air ia hanya benci saja tubuhnya terkena air.

Coba perhatikan kucing yang melewati genangan air di jalanan. Jika mereka benar-benar takut air maka mereka tak akan melewati jalan tersebut. Mereka akan lebih memilih untuk tak melewati jalan ini dari pada kakinya terkena air.

Namun kenyataannya kucing malah melewati jalan tersebut meskipun kakinya akan terkena air. Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa kucing tak takut air tapi hanya membencinya saja. Kebencian kucing terhadap air sebenarnya bukannya tanpa alasan.

Ada beberapa alasan yang membuat kucing tak suka dengan air. Berikut ini beberapa alasannya :

  • Kucing merasa kedinginan saat tubuhnya basah

  • Kucing merasa tak nyaman dengan kondisi bulu-bulu yang basah

  • Tubuh kucing terasa berat ketika bulunya basah

  • Kucing terpaksa harus menjilati tubuhnya sampai kering

  • Kucing takut air masuk hidung, mata atau dalam telinga

  • Kucing merasa bahwa air bisa membuatnya jatuh sakit karena kedinginan

 

Karena beberapa alasan di atas kucing menjadi sangat tak menyukai air dan akan memilih menghindari air ketika ada resiko tubuhnya bakal terkena air. Kalau hanya kaki saja yang terkena air biasanya kucing tak akan begitu mempedulikannya.

 

6 Cara Mengatasi Kucing Agar Tidak Takut Air Ketika Di mandikan

Ketakutan kucing adalah karena ia benci pada air. Bagi kita hal ini mungkin tak begitu mengganggu kecuali di saat kita memandikan kucing. Ini karena di saat kucing melihat air ketika ia akan di mandikan maka kucing akan langsung berontak.

Berontaknya kucing ketika ia di mandikan tentunya akan membuat kegiatan memandikan kucing menjadi lebih sulit. Bahkan tak jarang hal ini dapat membuat kita terluka pada saat sedang memandikan kucing yang berontak karena takut pada air.

Agar memandikan kucing mudah di lakukan tentunya kita akan berpikir untuk menghilangkan rasa takut kucing terhadap air. Cara ini mungkin butuh kesabaran untuk bisa berhasil namun bagi kamu yang ingin mencobanya kamu dapat melihat caranya di bawah ini :

1. Mandikan Kucing Sedari Kecil

Bila kamu memelihara anak kucing di rumah agar ia tak takut dengan air terutama saat ia di mandikan maka biasakanlah memandikan kucing mulai sedari ia kecil. Mulailah memandikan kucing di saat ia berusia di atas 2 bulan.

Mandikan kucing disaat cuaca cukup panas. Bersihkan tubuhnya menggunakan shampoo khusus kucing lalu bilas tubuh kucing hingga bersih menggunakan air. Selanjutnya keringkan tubuh kucing dengan memakai handuk kering atau hair dryer.

Pastikan kamu mengeringkan tubuh kucing hingga tubuhnya benar-benar kering untuk menghindarkan kucing jatuh sakit. Dengan membiasakan kucing mandi sedari kecil maka kucing tak akan takut lagi dengan air sewaktu ia sedang di mandikan.

 

2. Gunakan Air Hangat Saat Memandikan Kucing

Salah satu penyebab kucing takut atau benci air adalah karena ketika tubuh mereka terkena air maka mereka akan merasa kedinginan. Karena itulah untuk mengatasi hal ini kamu cuma perlu menggunakan air yang hangat di saat kamu memandikan kucing.

Pastikan kamu menggunakan air yang hangat tapi ukuran hangatnya bisa di toleransi oleh tubuh kucing. Jangan menggunakan air yang terlalu hangat atau panas sebab ini dapat membuat kulit kucing terbakar serta menyebabkan kerontokan pada bulu kucing.

Kucing yang di mandikan dengan menggunakan air hangat umumnya akan lebih tenang dan tak begitu takut dengan air di bandingkan dengan kucing yang di mandikan dengan air dingin.

 

3. Biarkan Kaki Kucing Menyentuh Tanah Atau Permukaannya Lainnya

Ketika memandikan kucing usahakan tidak memandikan kucing dalam posisi tubuh dan kaki terangkat. Karena ini akan membuat kucing peliharaan kamu akan semakin ketakutan dan berontak ketika ia sedang di mandikan.

Ini karena ketika kucing kehilangan pijakannya, kucing menjadi mudah panik serta takut. Di tambah lagi kamu menyiram tubuhnya dengan air untuk memandikannya maka rasa takut kucing akan menjadi berlipat ganda. Untuk mengatasi hal ini cukup mudah.

Kamu hanya perlu membiarkan kaki kucing menyentuh tanah atau permukaan lainnya dan biarkan tangannya memegang ember atau benda lainnya. Dengan cara ini kucing akan tak begitu ketakutan dan tak terlalu berontak ketika tubuhnya di siram dengan air.

 

4.Mengalihkan Perhatian Kucing

Di saat kucing sedang di mandikan maka besar kemungkinan bagi kucing untuk berontak karena rasa takutnya akan air. Cobalah untuk mengatasi hal ini dengan mengalihkan pikiran ataupun perhatian kucing terhadap hal lainnya.

Cobalah mengalihkan perhatiannya dengan cara memanggil-manggil namanya sembari mengelus-elus kepalanya ketika ia sedang di mandikan. Ketika pikiran atau perhatian kucing berhasil di alihkan maka untuk rasa takut kucing akan air akan hilang sementara atau rasa takutnya akan berkurang.

 

5. Berbicara Dengan Kucing

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa takut kucing terhadap air ketika ia di mandikan adalah dengan cara berbicara dengannya. Bicaralah dengannya dan katakanlah sesuatu hal untuk menenangkannya dan membuat rasa takutnya hilang.

Contohnya kamu bisa mengatakan " Jangan takut ini cuma air, saya cuma memandikan kamu ", " Tenanglah aku hanya memandikan kamu dan ini cuma sebentar " atau " Berhentilah meronta dan jangan khawatir, mandinya cuma sebentar dan ini tak akan menyakiti kamu " .

Mungkin bagi orang lain ini terdengar konyol namun sebenarnya tidak demikian. Meskipun kucing tak mengerti apa yang manusia katakan tetapi biasanya perasaan yang terkandung dalam kata-kata yang di sampaikan manusia bisa tersampaikan pada kucing.

 

6. Berikan Kucing Mainan

Cara terakhir ini bisa di bilang hampir sama dengan cara nomor 4 di atas hanya saja di sini kita menggunakan mainan sebagai pengalih perhatian kucing. Letakkan mainan di dalam ember berisi air yang merupakan tempat kucing sedang di mandikan.

Bila kucing tertarik dengan mainan ini dan bermain dengannya maka kucing sejenak akan lupa rasa takutnya terhadap air. Di saat inilah kamu harus secepat mungkin memandikan kucing agar kamu bisa dengan mudah memandikannya.

 

Itulah dia beberapa cara agar kucing tidak takut air ketika mandi. Setelah menerapkan cara di atas semoga bisa membuat kucing kamu tak takut air dan bisa dengan mudah memandikannya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url