7 Ciri-Ciri Kucing Minta Mandi

Memandikan kucing adalah hal yang wajib kita lakukan sebagai pemilik kucing. Kita tetap wajib memandikan kucing meskipun kucing telah mandi dengan caranya sendiri yakni dengan cara menjilati tubuhnya.


Ciri-Ciri Kucing Minta Mandi


Ini kita lakukan demi menjaga kebersihan tubuh kucing, menjaga kesehatan kulit dan bulunya serta membasmi kutu, tungau, bakteri dan mikroorganisme berbahaya lainnya dari tubuhnya. Dalam sebulan wajib bagi kita untuk memandikan kucing 2 kali.

Bicara soal kucing mandi, beberapa dari kita mungkin berpikiran bahwa kucing punya ciri tertentu ketika ia ingin di mandikan. Lalu apakah kucing memiliki ciri tertentu yang ia tunjukkan ketika kucing ingin mandi ?

Bagi sobat Anggora yang penasaran ingin tahu jawabannya, sobat dapat melihatnya pada tulisan di bawah ini.


7 Ciri-Ciri Kucing Minta Mandi

Kucing tidak seperti manusia, mereka tak dapat mengatakan suatu hal ketika mereka ingin di mandikan. Namun kucing bisanya akan menunjukkan pertanda tertentu yang menunjukkan bahwa si kucing minta di mandikan.

Berdasarkan pengalaman Anggora ada beberapa ciri yang di tunjukkan kucing ketika ia minta untuk di mandikan. Beberapa ciri tersebut antara lain :

1. Tubuh Kucing Terlihat Sangat Kotor

Ciri kucing minta mandi yang pertama ialah tubuh kucing kamu sangat amat kotor. Ketika tubuh kucing sangat kotor ini merupakan pertanda bahwa kucing mesti di mandikan. Carilah waktu yang tepat untuk memandikan kucing.

Mandikan kucing di saat cuaca cukup hangat atau panas. Mandikan tubuh kucing sampai bersih. Setelah selesai di mandikan keringkanlah tubuh kucing hingga kering total. Kini tubuh kucing telah bersih total dari kotoran yang menempel.

 

2. Tubuh Kucing Bau

Beberapa kucing mungkin tubuhnya terlihat sangat bersih sekali namun ketika kita memegang kucing dan baunya tak sengaja tercium oleh hidung kita maka kita akan merasakan ada bau busuk keluar dari tubuh kucing kesayangan.

Ketika kamu merasa bau kucing kamu cukup bau maka ini adalah salah satu ciri dari kucing yang minta di mandikan. Mandikan kucing dan hilangkanlah bau dari tubuhnya dengan menggunakan shampoo khusus kucing yang beraroma wangi.

Sebaliknya jikalau kucing tak memiliki bau yang busuk maka kita tak perlu memandikan kucing. Oh iya meskipun kucing tubuhnya bau namun jangan terlalu sering memandikannya ya, cukup mandikan 2-3 kali dalam sebulan.

 

3. Kucing Sering Menjilati Tubuhnya

Ciri selanjutnya yakni kucing akan sering menjilati tubuhnya. Ketika kucing sering menjilati tubuhnya ini berarti kucing minta untuk di mandikan. Penyebab kucing sering menjilati tubuhnya kebanyakan di sebabkan oleh banyaknya kutu di lapisan kulit luar.

Kutu-kutu ini akan menggigiti kulit kucing yang membuat kucing akan merasakan gatal pada seluruh tubuhnya. Ini akan membuat kucing menjilati tubuhnya secara terus-menerus sampai si kucing merasa bahwa tubuhnya tak lagi gatal.

Ketika tubuh kucing gatal lagi maka kucing akan melakukan hal serupa lagi dan begitu seterusnya. Untuk mengatasi hal ini kamu cukup memandikan kucing saja namun saat memandikan kucing sebaiknya kamu menggunakan shampoo khusus anti kutu kucing.

Shampoo ini bisa dengan mudah kamu temukan dan beli di pet shop terdekat di kota kamu ataupun kamu dapat membelinya melalui toko online. Untuk harganya sendiri terbilang murah dan cukup terjangkau yakni sekitar 50 ribuan untuk ukuran 200 ml.

Untuk rekomendasi shampo anti kutu kucing saya merekomendasikan merk Miconazale. Shampoo ini cukup efektip membunuh kutu pada bulu kucing.


4. Kucing Sering Menggaruk Atau Menggigiti Tubuhnya

Sewaktu kucing sering menggaruk atau menggigiti tubuhnya itu juga menandakan bahwa kucing mesti di mandikan. Serupa dengan penyebab nomor 3 di atas, hal ini juga umumnya di sebabkan oleh gangguan gigitan kutu.

Mandikan kucing menggunakan shampoo khusus kucing yang memiliki manfaat pembasmi kutu. Mandikan kucing 2 sampai 3 kali dalam sebulan. Nantinya kamu akan melihat bahwa kutu kucing banyak yang mati dan kucing akan  lebih jarang dalam menggigiti atau menggaruk tubuhnya.


5. Ada Banyak Kutu Di Telinga Kucing

Ciri kelima dari kucing yang minta mandi adalah adanya banyak kutu pada telinga kucing. Coba kamu perhatikan pada pinggiran telinga kucing, lihatlah apakah ada semacam butiran hitam atau butiran coklat pada telinga kucing.

Jika ada, maka cobalah tarik satu persatu butiran tersebut dan lihatlah dari dekat. Bila kamu lihat dari dekat butiran kecil tersebut mirip dengan makhluk hidup, mirip serangga maka bisa di pastikan apa yang kamu pegang itu adalah kutu.

Ini merupakan salah satu pertanda bahwa tubuh kucing memiliki banyak sekali kutu di tubuhnya bahkan beberapa kutu malah berdiam diri di pinggir telinganya. Jika kucing kamu memiliki banyak kutu di telinganya maka sebaiknya segera mandikan kucing.

Mandikan kucing dengan shampoo kucing anti parasit pengganggu. Lakukan ini untuk membersihkan tubuh kucing dan untuk menjaga kesehatan kulit dan bulunya.


6. Kucing Mengalami Kerontokan Bulu

Kucing kamu bulunya rontok ? Bila iya maka ini mungkin karena kamu belum memandikan kucing. Membiarkan kucing merawat dirinya sendiri tanpa memandikannya bisa berakibat pada kerontokan pada bulu-bulu kucing.

Ini karena kucing yang jarang di mandikan rentan terhadap serangan penyakit kulit seperti gatal-gatal, kulit berkerak, gangguan kutu dan sejenisnya. Ketika kucing terserang penyakit kulit umumnya bulu kucing akan mengalami kerontokan.

Kerontokan ini di picu oleh kucing yang sering menjilati kulitnya karena merasa sangat gatal di area tertentu. Akibatnya bulu kucing akan mengalami kerontokan akibat jilatan ini. Karena itulah ketika kucing bulunya rontok, itu pertanda kucing minta di mandikan atau harus di mandikan.


7. Kucing Mengalami Penyakit Kulit

Ciri yang terakhir adalah kucing mengalami penyakit kulit. Berdasarkan pengalaman Anggora sendiri penyakit kulit yang sering kucing derita adalah gatal-gatal. alergi, kulit berkerak akibat infeksi jamur, abses dan dermatosis endoktrin.

Sewaktu kucing menderita penyakit kulit tertentu ini bisa menandakan bahwa tubuh kucing tak di rawat dengan baik atau kucing tanpa sengaja terinfeksi parasit pengganggu dari kucing lainnya ataupun hewan lain.

Kucing yang menderita penyakit kulit adalah tanda bahwa kucing minta di mandikan. Mandikan kucing dengan jenis shampoo yang sesuai dengan penyakit kulitnya lalu lihatlah perubahan yang terjadi padanya.

Bila penyakit kucing berangsur-angsur sembuh maka kamu hanya perlu memandikan kucing dengan teratur menggunakan shampoo tersebut namun jika sebaliknya kucing tak sembuh dari penyakitnya dan kondisinya malah semakin parah sebaiknya segera konsultasikan hal ini ke dokter hewan terdekat.

Dengan bantuan dari dokter hewan umumnya penyakit kulit pada kucing dapat dengan mudah di sembuhkan.


Kini kamu telah mengetahui beberapa ciri-ciri kucing yang minta di mandikan. Dengan membaca tulisan ini kini kamu tahu kapan kucing kamu mesti di mandikan. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url