7 Cara Mudah Menenangkan Kucing Yang Marah

Kucing memiliki salah satu emosi yang serupa dengan manusia yakni kucing bisa marah. Marahnya kucing pun hampir sama dengan manusia, kucing bisa marah dengan membentak kita melalui meongannya, memukul kita, ataupun mencakar tangan kita.

 


Marahnya kucing di sebabkan banyak hal. Bisa karena adanya kucing lain yang baru adopsi di dalam rumah, ada kucing yang mengganggunya, kucing tetangga mengajaknya berkelahi ataupun bisa karena kita terlalu jahil pada si kucing.

Apapun penyebabnya, saat kucing marah sebaiknya kita menenangkannya agar kucing tak agresif pada kita sehingga kita dapat kembali memanjakannya. Selain itu, ini juga wajib untuk kita lakukan supaya kesehatan kucing tak terganggu dan menyebabkan ia stess.

Bagi mereka yang berpengalaman dalam memelihara kucing tentunya membuat kucing yang sedang marah menjadi tenang adalah suatu yang terbilang cukup mudah namun bagi yang baru mulai memelihara kucing maka hal ini adalah tergolong sulit.

Nah supaya kamu tak kesulitan dan bingung karena tak tahu bagaimana caranya maka sobat Anggora dapat menggunakan cara yang ada di bawah ini untuk memenangkan si kucing kesayangan yang sedang marah.


7 Cara Mudah Menenangkan Kucing Yang Marah

Sewaktu kucing marah maka kita tak bisa begitu saja memegangnya soalnya kita khawatir kalau-kalau kucing akan mencakar atau menggigit tangan kita. Karena itulah sebelum kita memegangnya atau melakukan interaksi lainnya dengannya maka kita wajib menunggu ia tenang dan tak marah dulu.

Atau kita bisa menenangkan kucing dengan cara-cara tertentu. Adapun cara yang dapat kamu lakukan yakni :

1. Biarkan Kucing Menyendiri Dahulu

Saat seseorang marah tentunya agar ia tenang terkadang kita mesti membiarkan ia sendiri atau menyendiri terlebih dahulu. Kamu juga dapat melakukan hal serupa ke kucing kamu. Biarkan kucing menyendiri agar ia bisa menenangkan dirinya sendiri.

Biarkan ia menyendiri di tempat mana yang ia inginkan atau di tempat yang ia rasa nyaman baginya. Biarkan ia menyendiri dan tunggulah sampai beberapa saat hingga ia merasa tenang. Biasanya kucing yang sedang marah akan tenang dengan sendirinya setelah sejam atau beberapa jam ia menyendiri.

 

2. Kurung Kucing Sendirian Di Dalam Ruangan Yang Tenang Dan Di Sukainya

Kamu juga bisa loh menenangkan kucing kamu dengan cara mengurungnya di dalam ruangan yang ia sukai dan tenang tanpa adanya orang lain ataupun hewan lain yang berada di dalam ruangan tersebut. Kurunglah ia beberapa saat dalam ruangan tersebut.

Kurung sampai ia merasa tenang. Nah di saat kucing tenang maka kamu bisa mengeluarkan kucing dari ruangan tersebut atau kamu bisa membiarkan ia terus berada di dalam ruangan tersebut.

 

3. Buat Kucing Aman

Yang membuat kucing marah adalah mungkin karena ia merasa terganggu dan gangguan tersebut mungkin berasal dari kucing ataupun dari orang lain yang berada di sekitarnya. Untuk membuat kucing tenang dan tak marah lagi maka buatlah ia merasa aman.

Ketika kucing terganggu lalu kamu buat ia merasa aman maka lama kelamaan amarah kucing akan mereda karena ia merasa bahwa tak ada lagi yang membuatnya terganggu dan moodnya bisa kembali seperti sebelumnya.

 

4. Jauhkan Kucing Dari Apa Yang Membuat Ia Marah

Kucing marah pasti ada sebabnya. Karena itulah untuk membuat kucing tenang maka salah satu caranya adalah menjauhkan kucing jauh dari apa yang membuat ia marah. Bila ia marah karena kucing lain mengganggunya maka kamu bisa menjauhkan kucing lain tersebut dari sisinya.

Bila kucing marah karena ada orang lain yang menjahilinya maka kami bisa mengusir orang tersebut dari sekitar rumah atau menasehati orang tersebut agar tak menjahilinya lagi dan menjauhi kucing untuk sementara waktu sampai kucing sudah tenang.

 

5. Obati Stress Yang Di Alami Oleh Si Kucing

Kucing marah juga bisa karena kucing sedang stress. Stress pada kucing dapat membuat kucing menjadi pemarah dan agresif. Selain itu kucing juga akan menjadi lebih suka menyendiri, lebih banyak tidur, over grooming dan lainnya.

Untuk membuat kucing yang marah akibat stress agar bisa tenang maka caranya cukup simpel yakni menghilangkan stress pada kucing. Kamu bisa mencoba mengatasi stress pada kucing kamu dengan cara yang ada di situs ini.

Cukup ketikkan 9 Cara Menghilangkan Stress Pada Kucing pada kolom pencarian di situs ini dan kamu akan menemukannya.

 

6. Memberi Kucing Makanan Atau Cemilan Yang Ia Sukai Saat Ia Sedang Marah

Bagi sebagian manusia makanan bisa meredakan amarah dan memperbaiki mood. Nah hal ini juga berlaku untuk kucing loh. Makanan atau cemilan bisa membuat kucing lupa akan amarah yang baru saja ia alami dan membuat ia tenang.

Bila kamu tak percaya maka kamu dapat mencoba untuk memberi kucing kamu yang marah makanan atau cemilan yang ia sukai sebanyak yang ia mau. Setelah ia selesai makan, kamu dapat melihat bahwa kucing kamu amarahnya sudah menghilang dan kucing terlihat sudah tenang.

 

7. Menggunakan Bantuan Daun Catnip

Selain memberi kucing makanan kamu juga dapat memberikan kucing daun catnip. Daun ini bisa membuat kucing marah menjadi lebih tenang. Apa itu daun Catnip? Catnip adalah sebuah Tanaman herbal yang masih termasuk dalam keluarga mint.

Tanaman ini sendiri telah di gunakan orang-orang pada jaman dahulu sebagai obat. Sementara untuk kucing sendiri, Catnip dapat membuat kucing yang memakannya merasa sangat bahagia.

Meskipun catnip bisa membuat kucing bahagia tetapi tanaman ini sendiri tak memiliki efek candu pada kucing dan benar-benar aman di konsumsi oleh kucing.

Selain dapat membuat kucing bahagia, kucing juga akan mendapatkan manfaat berikut ketika ia menggigigti atau memakan Catnip :

  • Kucing menjadi lebih rileks dan juga santai

  • Membuat kucing ceria

  • Membuat kucing menjadi lebih semangat

  • Sebagai vitamin tambahan yang baik bagi kucing

  • Memiliki manfaat melindungi lambung kucing

 

8. Ajak Kucing Bermain Agar Pikirannya Teralihkan

Yang terakhir yakni kamu dapat mengajak kucing bermain untuk mengalihkan pikirannya sehingga kucing bisa melupakan amarahnya. Ajak ia bermain dengan mainan-mainan favoritnya. Tak perlu waktu lama untuk bermain dengan kucing. Cukup ajak kucing bermain selama 10 hingga 15 menitan.

 

Itulah dia beberapa cara menenangkan kucing marah. Semoga cara ini bisa membantu kamu dalam meredakan amarah kucing kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url