Apakah Kucing Bisa Merasakan Sakit Gigi ?

Bicara soal sakit gigi pastinya kita semua pernah merasakannya dan hal ini tentu saja bukanlah hal yang menyenangkan dan tentu saja menyakitkan. Sewaktu menderita sakit gigi kita juga akan merasakan betapa sulitnya untuk makan.

 

Apakah Kucing Bisa Sakit Gigi


Setiap kali kita mengunyah makanan, rasa perih di gigi ataupun gusi akan membuat mulut terasa perih. Ini bisa menyiksa diri kita serta tak jarang membuat kita kehilangan nafsu makan kita. Sakit gigi pada manusia mungkin adalah hal biasa dan sering terjadi.

Lalu bagaimana dengan kucing, apakah kucing juga bisa menderita sakit gigi seperti layaknya yang manusia alami? Bagi kamu yang penasaran ingin tahu jawabnya kamu dapat mengetahuinya dengan membaca tulisan Anggora berikut ini.

 

Sekilas Mengenai Gigi Kucing

Gigi kucing sendiri terdiri terbagi atas 4 jenis gigi :

  • Gigi taring

  • Gigi seri

  • Gigi premolars

  • Molars

 

Jenis gigi kucing sendiri mirip dengan manusia yakni memiliki 2 jenis gigi yakni gigi susu atau bisa kita sebut sebagai gigi sementara dan yang satu lagi adalah gigi permanen. Di saat kucing berusia di bawah 2 bulan kucing akan memiliki jenis gigi susu atau gigi sementara.

Barulah setelah kucing menginjak usia di atas dua bulanan gigi susu ini akan tanggal dan di gantikan oleh gigi permanen. Gigi susu pada kucing sendiri berjumlah 26 sementara ketika kucing beranjak dewasa maka gigi kucing akan bertambah dan menjadi berjumlah 30 buah gigi.

Gigi permanen ini akan terus menjadi gigi kucing dan tak bisa di gantikan. Jikalau gigi ini tanggal maka gigi tak akan tumbuh lagi dan kucing akan menjadi ompong.

Karena itulah jikalau kamu ingin gigi kucing kuat, sehat dan tak mudah tanggal maka lakukanlah perawatan secara rutin dan periksa kucing ke dokter hewan.

 

Perlu Kamu Tahu Bahwa Gigi Kucing Tak Pernah Berlubang

Berbeda dengan manusia gigi kucing tak akan pernah sama sekali berlubang. Gigi kucing tak akan bisa berlubang seperti yang di alami oleh manusia dan anjing. Kenapa bisa begitu ? Ini karena perbedaan struktur antara gigi yang dimiliki kucing dengan gigi anjing dan manusia.

Gigi kucing sendiri tak punya tabel oklusal yakni permukaan horizontal yang terdapat pada gigi. Karena tak adanya tabel oklusal ini, gigi kucing tak akan mengembangkan lesi karies. Itulah mengapa sampai saat ini tak pernah di temukan lubang pada gigi kucing.

Masalah gigi berlubang hanya di temukan pada salah satu fosil gigi kucing dari abad ke 13.

 

Lalu Apakah Kucing Bisa Sakit Gigi ?

Meskipun gigi kucing tidak bisa berlubang, kucing tetap bisa merasakan sakit gigi. Ada tiga penyakit gigi yang umum menyerang gigi kucing. Penyakit tersebut antara lain :

Gingivitis

Gingivitis adalah suatu penyakit yang menyebabkankan gusi kucing meradang. Gusi meradang akan terasa sangat menggangu, terasa sakit dan juga berwarna kemerahan. Penyakit ini umumnya di sebabkan oleh serangan plak ataupun infeksi bakteri.

Pada awalnya plak akan menumpuk yang mana lama kelamaan menjadi mengeras akibat menyerap mineral dari air liur ataupun dari gusi kucing kemudian plak ini akan berubah menjadi karang gigi. Sebenarnya bukan karang gigi ini penyebab kucing mengalami radang pada gusinya.

Tetapi karang gigi ini hanya membuat celah sambungan antara gusi dan gigi menjadi terbuka yang mana membuat bakteri menjadi dapat merusak penghalang antara gigi dan gusi dan membuatnya bisa merambat masuk kedalamnya.

Sistem imune tubuh yang melihat hal ini tentu saja akan mengaktifkankan pertahanannya. Bila sistem imun tubuh merasa bahwa bakteri yang masuk adalah jenis bakteri yang kuat maka sistem imun tubuh kucing akan mengaktifkan gingivitis.

Selain karena infeksi bakteri, gingivitis juga bisa disebabkan oleh hal lain seperti virus leukimia, virus immunodefisiensi, calici virus , penyakit ginjal parah, diabetes atau diabetes melitus.

Sewaktu kucing terkena salah satu penyakit di atas biasanya kucing akan menderita gingivitis yang mana di sertai peradangan, garis lendir merah pada mulut yang mana hal ini di kenal dengan stomatitis.

 

Periodentitis

Penyakit ini merupakan suatu penyakit lanjutan dari gingivitis. Pada periodentitis sendiri, lapisan yang ada pada gusi bagian bawah melemah sebagai imbas kerusakan akibat infeksi bakteri dan radang yang di sebabkan oleh sistem imun kucing itu sendiri.

Kerusakan pada lapisan ini bisa membuat gigi kucing lepas atau tanggal. Periodentitis umumnya selalu di sebabkan oleh gingivitis yang di biarkan dan tak di tangani sesegera mungkin.

 

Resorpsi gigi

Resorpsi gigi adalah kondisi di mana gigi kucing mengalami kerusakan. Biasanya ini di mulai dari kerusakan bagian tengah gigi yang mana akan berlanjut ke bagian gigi lainnya. Penyebab dari kondisi ini sampai sekarang masih belum di ketahui tapi menurut anggora sendiri ini kemungkinan besar kucing mengunyah makanan atau benda yang sangat keras.

Sehingga secara perlahan gigi kucing melemah dan mengalami keretakan bagian dalam dan ketika kucing memakan benda yang keras maka keretakan ini akan memicu kerusakan yang lebih besar yang mana gigi kucing akan rusak dan patah.

Resorpsi gigi sendiri merupakan penyebab utama gigi lepas pada kucing. Persentasenya yakni sekitar 30 sampai 70%. Sewaktu kucing mengalami resorpsi gigi, dokter hewan akan lebih menyarankan gigi kucing untuk di cabut.

 

Jika Kucing Sakit Gigi Apa Yang Mesti Kita Lakukan Pada Kucing Kita ?

Satu-satunya hal yang mesti kita lakukan sewaktu kucing kesayangan kita mengalami sakit gigi hanyalah dengan membawa kucing berobat ke dokter hewan. Sebab tak akan mungkin bagi kita untuk menangani hal ini sendiri di rumah.

Untuk mengobati masalah gigi pada kucing biasanya dokter akan meresepkan obat-obatan tertentu ataupun melakukan tindakan medis tertentu yang di butuhkan seperti mencabut gigi, membersihkan mineral ataupun plak dan karang yang ada pada gigi kucing dan melakukan tindakan medis lainnya.

 

Bagaimana Cara Mencegah Gigi Kucing Agar Tak Sakit ?

Caranya sebenarnya mudah sih yakni cuma dengan melakukan perawatan terhadap gigi kucing tersebut setiap harinya. Perawatan tersebut dapat berupa :

  • Menyikat gigi kucing setiap hari

  • Memperhatikan makanan kucing

  • Memperhatikan apa yang sering di gigit kucing

  • Melakukan pemeriksaan ke dokter hewan setiap bulannya

  • Melakukan pembersihan plak dan karang gigi

  • Dan lainnya.

 

Dengan melakukan perawatan gigi dengan rutin dan disiplin maka kesehatan gigi kucing bisa terjamin dan kita tak akan perlu khawatir lagi kalau-kalau kucing kesayangan kita akan mengalami sakit gigi. Itulah dia pembahasan mengenai apakah kucing bisa menderita sakit gigi.

Semoga tulisan Anggora ini bisa menjawab pertanyaan kamu seputar hal ini dan bisa bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url