8 Cara Mudah Mengatasi Kucing Diam Saja

Meskipun kucing hewan yang banyak menghabiskan waktunya untuk tidur namun di saat ia masih berusia di bawah 5 bulanan, kucing adalah hewan yang tergolong aktif dan riang. Kucing akan banyak menghabiskan waktunya untuk bermain-main, ia bisa bermain sendirian ataupun dengan kucing lainnya.


Cara Mengatasi Kucing Diam Saja


Sementara kucing dewasa meskipun tak terlalu aktif tetapi mereka senang berkeliaran di luar rumah, kalau mereka di dalam rumah mereka akan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk grooming ( merawat ) tubuhnya ataupun bermanja serta sedikit berinteraksi dengan pemiliknya.

Umumnya kebanyakan kucing akan melakukan hal tersebut, yang tak wajar adalah bila mana kucing menjadi lebih banyak diam dan tertidur. Bila kucing mengalami hal ini pastinya ada sesuatu yang terjadi pada sobat bulu kesayangan kita.

Kemungkinan besar kucing mengalami masalah tertentu. Lalu apa masalahnya dan bagaimanakah cara mengatasinya. Bagi kamu yang kucingnya bersikap seperti ini dan ingin segera mengatasinya maka kamu dapat mencoba cara yang ada di sini.

Baca secara perlahan tulisan Anggora berikut ini untuk mengetahuinya caranya dan agar tak gagal paham atau salah paham.


8 Penyebab Yang Membuat Kucing Lebih Banyak Diam

Sebelum mencoba mengatasi kucing yang selalu bersikap diam dan lebih banyak tidur maka kamu perlu terlebih dahulu tahu apa saja sih penyebab kucing kesayangan menjadi seperti ini. Kita wajib tahu agar nantinya kita dapat lebih mudah mengatasinya.

Berdasarkan sepengetahuan Anggora sendiri ada beberapa hal yang menjadi sebab utama yang membuat kucing menjadi seperti ini. Berikut ini beberapa penyebabnya :

1. Disebabkan Pengaruh Cuaca

Penyebab pertama yang membuat kucing menjadi lebih banyak diam dan lebih sering tertidur adalah akibat cuaca. Bila cuaca tergolong terlalu dingin maka ini seringkali membuat kucing menjadi malas bergerak alias kurang aktif.

Bukan cuma malas gerak saja tetapi kucing pun akan lebih memilih untuk menghabiskan waktunya untuk tidur di tengah dinginnya udara. Hal yang sama juga berlaku ketika suhu udara sangat panas, di saat panas pun kucing akan lebih memilih untuk diam dan tidur di rumah.

Apakah hal ini wajar ? Ya ini wajar bagi kucing dan bukan termasuk masalah kesehatan. Jadi, jikalau kucing kamu menjadi diam karena cuaca yang tergolong lumayan ekstrim  maka ini adalah hal yang wajar serta tak akan membahayakan kucing.


2. Kucing Mungkin Keracunan

Kucing yang keracunan ringan umumnya di tandai dengan keluarnya banyak liur yang berbusa dari dalam mulutnya. Liur ini akan keluar terus-menerus dari dalam mulut kucing meskipun kita rajin membersihkannya.

Selanjutnya kucing akan menjadi malas makan, lebih banyak diam juga terkadang tertidur. Pada kasus yang parah kucing keracunan akan mengeluarkan busa dari mulutnya, kejang-kejang lalu sering kali mati seketika  di tempat ia berada.

Banyak hal yang dapat menjadi penyebab kucing keracunan seperti makan-makanan kadaluarsa, meminum obat atau racun hama secara tak sengaja, memakan rumput atau serangga yang telah di racun dan sebagainya.

Nah agar kucing tak keracunan sebaiknya tak meletakkan zat kimia, obat-obatan, racun hama sembarangan. Selalu awasi kucing saat berada di luar rumah, jangan biarkan kucing makan-makanan sembarangan.

 

3. Kucing Sedang Bosan

Kebosanan tak hanya musuh ummat manusia tapi juga musuh bagi kucing. Bosan pada kucing sering kali terjadi pada kucing yang tak memiliki teman di rumah soalnya sang pemiliknya sibuk bekerja di luar rumah sementara tak ada orang lain atau kucing lain yang bisa berinteraksi dengannya.

Akibatnya kucing yang bosan akan memilih diam dan tidur sampai ia merasa tak bosan lagi atau sampai ada makhluk lain yang bisa menemaninya.

 

4. Stress

Di saat kucing stress kucing bisa berubah menjadi super pendiam. Kucing akan lebih banyak diam dan tak melakukan apapun. Di saat kita hendak berinteraksi dengannya kucing bisa menolak kita dengan cara pergi menjauh ataupun dengan bertindak agresif seperti mencakar maupun menggigit.

Untuk memudahkan membedakan antara kucing stress dengan kucing yang terkena penyakit bisa di lihat dari penyebab sebelumnya. Penyebab sebelumnya yang seringkali membuat kucing stress adalah :

  • Habis di bawa dalam perjalanan panjang

  • Di bawa ke lingkungan baru

  • Tidak bisa menyalurkan birahinya

  • Adanya luka di tubuhnya yang membuat kucing menjilati tubuhnya secara berlebihan

  • Di kurung dalam kandang atau ruangan sempit terlalu lama

  • Kucing di jahili terus-terusan secara berlebihan yang membuat kucing menjadi stress


5. Kucing Sedang Menghemat Tenaga

Mungkin kamu lupa memberi makan kucing kamu sehingga ia menjadi lebih banyak diam ataupun tidur. Berbeda denga kucing yang biasanya terus mengeong meminta makanan, berapa kucing yang kelaparan biasanya melakukan hal ini di saat pemiliknya lupa memberikan ia makan.


6. Kucing Kegemukan ( Obesitas )

Coba perhatikan dulu kucing kamu. Bila kamu melihat si sobat bulu gemuknya berada di luar batas berat badan ideal kucing alias kegemukan maka bisa jadi inilah penyebabnya. Kucing yang berat badannya berlebihan cenderung lebih banyak diam.

Ini karena kucing malas bergerak akibat berat badannya sehingga kucing lebih memilih diam dan bersantai di tempat yang menurut ia nyaman. Kucing yang obesitas mungkin terkadang bergerak ke sana kemari tapi kucing cenderung jarang melakukannya.

 

7. Terkena Penyakit

Bukan hal yang umum lagi bahwa penyakit bisa membuat kucing menjadi lebih banyak diam. Diamnya kucing karena ia merasakan tubuhnya dalam kondisi yang tak baik di tambah lagi kucing merasakan sakit pada tubuhnya.


8. Faktor Umur

Umur juga dapat mempengaruhi hal ini. Semakin tua umur kucing maka semakin kurang aktif kucing. Kucing yang berumur tua biasanya cenderung akan lebih banyak menghabiskan waktunya dengan berdiam diri dan tidur.


Lalu Bagaimana Cara Untuk Mengatasi Kucing Yang Banyak Diam ?

Setelah kita mengetahui apa saja yang menyebabkan kucing diam maka sekarang waktunya kita mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya. Cara mengatasinya sebenarnya cukup mudah yakni kamu bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini :

  • Amati cuaca, apabila suhu udara tergolong sangat panas atau dingin maka mungkin ini yang menyebabkan kucing menjadi banyak diam. Untuk mengatasi hal ini kamu tak perlu melakukan apapun. Cukup tunggu hingga cuaca kembali normal maka kucing juga akan kembali normal seperti biasanya

  • Bila kamu merasa kucing kamu keracunan maka sebaiknya segera obati kucing. Sewaktu kucing keracunan, di sarankan untuk membawa kucing berobat ke dokter hewan dari pada mengobatinya sendiri di rumah.

  • Coba ajak kucing berinteraksi dengan bermain bersamanya. Jika kucing mau ikut bermain dan menggerakkan tubuhnya maka di pastikan kucing hanya sedang bosan

  • Kucing stress bisa menyebabkan perubahan dari perilaku kucing. Nah untuk mengatasi hal ini maka kamu hanya perlu menghilangkan stress kucing. Untuk cara menghilangkannya maka kamu dapat mencarinya di kolom pencarian pada situs ini dengan judul "9 cara menghilangkan stress pada kucing".

  • Mungkin kucing kamu hanya sedang menghemat energinya karena ia sedang kelaparan karena itulah cobalah memberi makan kucing terlebih dahulu. Jikalau sesudah makan kucing kembali segar dan menjadi aktif seperti biasanya maka bisa di pastikan kucing hanya sedang kelaparan saja.

  • Bila penyebabnya adalah karena kucing kegemukan maka mau tak mau kita harus memaksa kucing untuk diet

  • Periksa kucing kamu apakah ia sedang sakit atau tidak. Jika ia sedang sakit maka agar ia kembali riang seperti biasanya maka yang mesti kita lakukan adalah mengobatinya. Bawalah kucing berobat ke dokter hewan sesegera mungkin.

  • Jikalau penyebabnya hanyalah faktor umur maka tak ada yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya. Yang bisa kita lakukan hanya merawat kucing dengan baik dan membiarkan ia menikmati hari tuanya dengan senang serta tenang.


Itulah dia pembahasan seputar bagaimana cara mengatasi kucing yang hanya diam saja. Semoga dengan membaca artikel ini dapat membantu kamu membuat kucing kamu riang dan aktif kembali.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url