4 Cara Efektif Menghentikan Kucing Berkelahi

Bisa di bilang kucing memiliki perilaku yang random yang mana perilaku tersebut dapat membuat pemilik kucing merasakan berbagai macam perasaan. Perasaan yang di rasakan pemiliknya melihat kelakuan random kucing dapat berupa tertawa senang, gemas, marah untuk sesaat ataupun khawatir.


Cara Efektif Untuk Menghentikan Kucing Berkelahi


Bicara soal perilaku kucing yang seringkali membuat pemiliknya khawatir, ada satu nih yang menarik di bahas yakni kucing yang sedang berkelahi. Perkelahian antara kucing sering kali membuat kucing yang berantem terlukar cakar ataupun gigitan di tubuhnya

Ini membuat kucing menjadi jelek karena adanya bekas luka di tubuh dan bulu di area luka tersebut ikutan rontok. Perkelahian antar kucing juga sering kali membuat barang di sekitar mereka rusak dan juga kucing yang kalah akan kabur kemudian hilang

Tentunya kita tak ingin kucing kesayangan terluka, menghancurkan barang milik kita ataupun kucing menghilang karena kalah berkelahi. Karena itulah di saat kucing tengah berkelahi wajib bagi kita untuk menghentikan perkelahian mereka.

Lalu bagaimana cara agar kucing berhenti berkelahi ? Nah bagi kamu yang penasaran ingin tahu caranya, Sobat Anggora wajib membaca tulisan di bawah ini. Baca perlahan dan hingga akhir ya supaya tak salah dalam penerapannya.

 

5 Ciri Atau Tanda Bahwa Para Kucing Akan Berkelahi Atau Sedang Berkelahi

Sebelum memutuskan untuk melerai kucing yang sedang berkelahi maka kita mesti yakin dulu apakah para kucing memang sedang berkelahi atau tidak. Soalnya bisa saja kucing yang di kira berkelahi hanya sedang asyik bermain satu sama lainnya.

Kalau kucing sedang asyik bermain dan kita memisahkan mereka, yang ada kita malah mengganggu kesenangan mereka saat bermain. Pastinya kita tak ingin kucing merasa terganggu karena kesalahpahaman kita yang merasa terlalu khawatir.

Untuk mengetahui apakah kucing benar-benar berkelahi atau tidak kamu bisa melihat pertanda atau ciri yang umumnya di tunjukkan kucing di saat mereka sedang berkelahi. Umumnya kucing akan menunjukkan beberapa pertanda berikut ketika sedang berkelahi :

1. Kucing Akan Mengeong Keras

Perkelahian kucing biasanya di mulai dengan kucing yang saling mengeong keras ke arah satu sama lain. Berdasarkan pengalaman Anggora sendiri kucing hanya akan memulai perkelahian dengan mengeong keras dahulu.

Mereka akan mengeong keras ke arah satu sama lain seolah mereka sedang menggertak dan menakuti musuh yang ada di hadapannya. Bila cara ini gagal mengusir kucing yang menjadi musuhnya maka si kucing akan menempuh langkah selanjutnya yakni menghajar kucing yang menjadi musuhnya.

 

2. Kucing Akan Memalingkan Kepalanya Ke Kanan Atau Ke Kiri Saat Mengeong Keras

Ciri kucing yang sedang berkelahi selanjutnya adalah kucing akan membelokkan kepalanya ke kanan atau kiri di saat mengeong keras. Kucing yang akan berkelahi umumnya akan melakukan hal ini dan biasanya kucing melakukan hal ini di saat kucing memperdekat jaraknya dengan musuhnya.

Sebaiknya saat kamu melihat kucing dalam posisi ini, kamu harus segera memisahkan mereka. Karena biasanya ciri ini adalah pertanda bahwa kucing sedang dalam posisi bersiap untuk menerkam atau menghajar lawannya.

 

3. Kucing Akan Membentuk Gesture ( Gerakan Tubuh) Hendak Menerkam Atau Di Terkam

Setelah kucing melakukan gerakan memalingkan wajah sembari mendekati musuhnya dengan mengeong keras maka selanjutnya kucing akan membuat gerakan tubuh hendak menerkam atau di terkam. Kucing yang hendak menerkam biasanya adalah kucing yang lebih kuat dari lainnya.

Sementara untuk kucing yang membentuk gerakan tubuh hendak di terkam ( kepala cenderung menunduk atau lebih rendah dari posisi tubuh sembari melihat ke musuhnya ) maka kucing ini adalah kucing yang lebih lemah.

Kucing yang melakukan posisi ini adalah untuk memudahkan ia kabur di kala ia di serang kucing lainnya.

 

4. Melakukan Gerakan Akan Mencakar

Selain melakukan gesture menerkam atau di terkam terkadang kucing akan melakukan gerakan akan mencakar yakni kucing akan menaikkan salah satu tangannya ke atas seolah ia menunjukkan bahwa ia akan mencakar musuhnya bila mana ia mendekat.

Gerakan ini juga dilakukan kucing sebagai pertanda bahwa ia siap menyerang atau siap untuk menyerang balik lawannya yang akan menyerangnya.

 

5. Kucing Akan Saling Membantingkan Tubuh Dan Saling Mencakar Sembari Saling Mengigit

Bila kamu melihat kucing dalam posisi ini maka kamu bisa pastikan bahwa kucing kamu itu benar sedang berkelahi dengan kucing yang menjadi lawannya. Jikalau kamu tak ingin kucing kamu hilang, terluka ataupun merusak benda-benda yang ada di sekitar mereka akibat mereka berkelahi maka segeralah hentikan perkelahian dan pisahkan mereka.

 

4 Cara Efektif Menghentikan Kucing Berkelahi

Melihat kucing peliharaan berkelahi dengan kucing lainnya maka sebagai pemilik kucing tentunya kita akan berusaha mencegah ataupun menghentikan kucing agar tak berkelahi dengan kucing lainnya. Namun dalam menghentikan perkelahian kucing tak boleh di lakukan sembarangan.

Bila di lakukan asal-asalan yang ada kita bisa terluka akibat tak sengaja di gigit dan di cakar oleh kucing peliharaan ataupun kucing lainnya yang sedang berkelahi. Lalu bagaimanakah cara mengatasi kucing berantem atau berkelahi yang tepat ?

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan :

1. Menggunakan Air

Kamu dapat mengatasi kucing yang sedang berkelahi dengan cara ini. Cara ini merupakan cara yang umum di lakukan untuk menghentikan kucing sewaktu mereka tengah berantem. Biasanya kita akan menyiram kucing sampai mereka berhenti melakukan perkelahian.

Sebenarnya cara ini benar sih hanya saja kurang efektif kalau yang di siram hanyalah bagian tubuh kucing saja. Butuh berkali kali siraman agar kucing bisa berhenti kalau menyiramnya tak benar. Untuk menghentikan kucing berkelahi kamu cukup siram tepat di bagian wajahnya.

Biasanya setelah satu atau dua kali siraman kucing akan langsung berhenti dan berusaha kabur menjauh. Di saat inilah kamu mengambil kucing kamu kemudian membawanya masuk ke dalam rumah supaya ia tak melanjutkan perkelahiannnya lagi dengan kucing yang tadi memusuhinya.

Oh iya saat kamu menyiram kucing pastikan menyiramnya dari jarak yang cukup aman. Ini untuk menghindar kamu terkens cakaran atau gigitan kucing sekaligus supaya baju kamu tak terkena percikan air yang memantul dari tanah.

 

2. Menggunakan Kain Atau Handuk

Jika cara di atas gak berhasil membuat kucing kamu berhenti berkelahi maka kamu dapat mencoba cara ini. Cobalah untuk menghentikan perkelahian mereka dengan menggunakan 2 buah kain atau 2 buah handuk.

Dekati kucing yang sedang berkelahi namun jangan terlalu dekat ya soalnya nanti bisa tak sengaja tergigit atau tercakar kucing yang tengah berkelahi. Setelah kamu berada pada jarak yang cukup dekat dan aman lalu lemparkan kain atau handuk tersebut ke kepala masing-masing kucing.

Pastikan seluruh kepala kucing dan tangan depannya tertutup kain atau handuk. Kemudian segeralah ambil kucing kamu yang sedang berkelahi dan bawa menjauh atau bawa masuk ke dalam rumah.

Sesudah kucing di bawa masuk ke dalam rumah maka kamu sekarang hanya perlu mengusir kucing lainnya dan mengambil kembali kain atau handuk yang kamu lemparkan tadi.

 

3. Menggunakan Sapu Ijuk

Selain menggunakan dua cara di atas, kamu juga bisa menggunakan sapu ijuk untuk memisahkan sekaligus menghentikan kucing yang berkelahi. Gunakan sapu ijuk untuk mengusir kucing lain yang mengajak kucing kamu berkelahi.

Bila kucing tak mau di usir dan tetap diam di tempat maka kamu bisa mendorong tubuh kucing tersebut menggunakan sapu ijuk sampai menjauh. Selanjutnya kamu juga bisa mendorong tubuh kucing kamu menjauh. Pastikan untuk tidak memegang kucing saat ia baru saja berkelahi.

Karena ada kemungkinan kucing akan bersikap agresif dan malah menyerang kamu sang pemiliknya. Sebaik tunggu kucing sampai tenang kemudian barulah kamu bisa membawanya kembali ke dalam rumah.

 

4. Menggunakan Sapu Lidi

Untuk mengusir kucing yang tengah berkelahi cukup hempas-hempaskan sapu lidi di dekat kucing yang tengah berkelahi. Biasanya kucing yang melihat sapu lidi yang di hempaskan akan terkejut ketakutan kemudian mengambil langkah seribu untuk melarikan diri.

Cara ini merupakan salah satu cara efektif untuk mengatasi kucing yang tengah berantem soalnya kebanyakan kucing sangat takut dengan sapu lidi yang di hempas-hempaskan ke tanah dengan kuat. Ada satu hal yang perlu kamu perhatikan jikalau kamu menggunakan cara ini.

Pastikan kamu tak mengenai tubuh kucing saat Menghempas-hempaskan sapu lidinya agar tak melukai mereka atau tak terkena mata mereka. Kalau cuma terkena badan kucing mungkin si sobat bulu cuma agak kesakitan kalau, lain cerita kalau terkena mata. Si kucing bisa mengalami kebutaan permanen.

 

Mungkin itu saja cara yang menurut Anggora bisa kamu gunakan untuk menghentikan kucing yang sedang berantem atau berkelahi. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url