5 Penyebab Kenapa Kucing Menjadi Sering Buang Air Besar Sembarangan

Sebagai orang yang memelihara kucing, pastinya kita tahu bahwa kucing memiliki banyak perilaku unik. Perilaku unik tersebut ada yang bisa membuat kita sebagai pemilik tertawa bahagia lalu ada pula perilaku yang membuat kita sebagai pemilik kesal dan marah.

 

Gambar Kucing Yang Menjadi Sering Buang Air Besar Sembarangan

 

Salah satu contoh perilaku kucing yang dapat membuat kita sebagai pemilik kucing marah adalah kucing yang selalu buang air besarnya sembarangan. Padahal kita telah menyediakan litter box di dalam rumah untuk kucing buang air besar atau buang air kecil tetapi tetap saja si kucing sembarangan dalam buang air.

Kucing yang berperilaku seperti ini tentunya akan membuat kita keheranan dan bertanya dalam hati kenapa si kucing selalu buang air besar sembarangan. Lalu kenapa kucing berperilaku seperti ini ? Simak penjelasannya di sini.


Kenapa Kucing Sering Buang Air Besar Sembarangan

Tak akan ada asap jikalau tak ada api dan kucing tak akan buang air besar sembarangan jikalau tak ada sebabnya. Tak mungkin kucing mau melakukan hal ini tanpa sebab tertentu. Ada beberapa penyebab yang membuat kucing menjadi buang air besar sembarangan. Beberapa penyebabnya antara lain :

1. Faktor Kebiasaan

Penyebab yang pertama adalah karena kebiasaan. Kucing kamu mungkin belum terbiasa buang air besar di litter box dan masih terbiasa dengan kebiasaan lamanya yakni buang air besarnya di sembarang tempat.

Hal ini sering kali terjadi pada kucing yang di adopsi setelah ia dewasa bukan kucing yang di pelihara semenjak masih kecil. Kucing yang baru saja di adopsi ini sering kali buang air besar di tempat mana saja yang ia inginkan tanpa terkecuali.

Kucing dapat buang air besar di lantai, sofa, pakaian bahkan di atas tempat tidur kita sekalipun. Namun kamu tak perlu khawatir akan hal ini karena kamu masih bisa merubah kebiasaan kucing peliharaan kamu.

Mungkin agak sulit merubahnya apalagi jikalau kucing tersebut adalah kucing yang telah dewasa. Untuk merubah kebiasaan kucing dewasa di butuhkan kesabaran dan tekun dalam melakukannya.

 

2. Kucing Sudah Tak Tahan Lagi

Bila ruangan tempat di mana kucing biasa buang air tak bisa ia masuki dan kucing sudah tak mampu menahan kotorannya agar tak keluar maka si kucing peliharaan akan mengeluarkannya di sembarang tempat.

Ini pernah terjadi pada salah satu kucing kesayangan Anggora. Si kucing yang selalu pintar dan buang air besarnya di kamar mandi tiba-tiba buang air di ruang tamu. Awalnya Anggora berpikir bahwa si kucing mulai berprilaku nakal atau terkena penyakit tertentu.

Namun setelah di cari tahu penyebabnya ternyata si kucing sebenarnya ingin buang air besar di dalam kamar mandi. Namun karena pintunya terkunci karena ada orang di dalamnya yang sedang memakai kamar mandi, jadinya si kucing tak bisa buang air di dalamnya.

Kucing yang sudah tak tahan lagi dan ingin segera buang air besar, mau tak mau ia mencari tempat alternatif lainnya yang nyaman menurutnya sebagai tempat untuk buang air besar. Setelah ia menemukan tempat yang tepat si kucing pun akan segera mengeluarkan kotoran dalam perutnya.

Karena itulah di saat kucing buang air besar sembarangan, kucing bukannya tak ingin buang air besar di tempat yang tepat tapi karena tempatnya tak bisa di akses dan kucing tak tahan lagi makanya ia buang air besar sembarangan.

 

3. Tempat Tersebut Baunya Busuk Sperti Di Tempat Sampah

Lihatlah di mana kucing sering membuang kotorannya secara sembarangan, bila kucing sering membuangnya di tempat yang itu-itu saja berarti ada yang salah di tempat tersebut. Besar kemungkinan tempat tersebut baunya busuk seperti di tempat sampah.

Ini membuat kucing menandai tempat tersebut sebagai tempat yang boleh untuk buang air berdasarkan bau tempat itu sendiri. Oleh sebab itulah bila kucing kamu buang air besarnya sembarangan maka kamu jangan marah dulu karena penyebabnya bisa jadi bukan dari kucing itu sendiri melainkan dari tempat-tempat di dalam rumah kamu.


4. Kucing Sedang Stress

Penyebab yang ketiga adalah stress. Kucing ternyata sama seperti manusia, sama-sama bisa mengalami stress hanya saja saat kucing stress ia tak bisa bisa mengatakannya pada pemiliknya bahwa ia sedang stress.

Kita hanya bisa mengetahuinya lewat ciri tertentu yang di tunjukkan oleh kucing. Nah salah satu ciri kucing yang sedang stress adalah kucing menjadi lebih sering membuang kotoran di sembarang tempat. Jadi jika kucing kamu suka sembarang buang kotoran, mungkin kucing kamu sedang stress.


5. Kucing Memiliki Penyakit Tertentu

Kucing mungkin terkena penyakit tertentu yang membuatnya tak bisa menahan kotorannya untuk tak keluar sebelum ia mencapai litter box sehingga kucing menjadi sembarangan dalam melakukan buang air besar.

Salah satu contoh penyakit yang membuat kucing berak sembarangan adalah diare. Penyakit diare bisa membuat kucing penderita menjadi sering buang kotoran, kotorannya menjadi encer dan terkadang kotorannya bakal keluar sendiri dari lubang duburnya.

Banyak hal yang menjadi penyebab kucing mengalami diare. Beberapa penyebabnya antara lain :

  • Kucing meminum susu yang mengandung laktosa

  • Kucing meminum air yang mentah

  • Kucing memakan makanan mentah

  • Kucing sembarangan memakan makanan yang terletak di jalanan atau tempat sampah dan lainnya

 

Beberapa penyebab di atas membuat kucing mengalami masalah dengan perutnya sehingga ia mengalami diare. Selain diare, cacingan juga bisa membuat kucing menjadi buang kotoran secara sembarangan.

Kucing yang menderita cacingan akan mengalami perubahan nafsu makan. Ia menjadi rakus tetapi tubuhnya malah menjadi semakin kurus. Bukan cuma itu saja, kucing yang sebelumnya selalu buang kotoran di tempat yang benar akan menjadi sering sembarangan membuang kotorannya.


Lalu Bagaimana Cara Agar Kucing Tak Buang Air Besar Lagi ?

Berdasarkan beberapa penyebab yang telah di uraikan di atas sebenarnya kita bisa menyimpulkan bagaimana cara mengatasinya.  Cara mengatasinya yakni menghilangkan penyebabnya. Cara yang bisa kamu lakukan yaitu :

  • Mengubah kebiasaan kucing dengan cara melatihnya setiap hari untuk buang air besar di litter box atau tempat lainnya yang memang di khususkan untuk kucing buang air besar atau buang air kecil

  • Pindahkan litter box di tempat yang terjangkau dan selalu terbuka untuk kucing sehingga kucing yang kebelet ingin buang air besar bisa langsung membuangnya di tempat yang tepat

  • Bersihkan tempat-tempat di dalam rumah yang dianggap berbau busuk. Bla perlu, semprotkan wewangian di tempat yang telah di bersihkan

  • Hilangkan stress kucing, caranya bisa kamu cari di situs ini dengan kata kunci "9 Cara Menghilang Stress Kucing"

  • Obati penyakit kucing

 

Itulah beberapa penyebab mengapa kucing sering buang air besar sembarangan. Kini kamu sudah tahu apa saja sebabnya. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url