Bolehkah Kucing Di Beri Minum Air Hangat ?

Kucing serupa dengan manusia, mereka bisa merasakan rasa lapar maupun rasa haus. Di saat mereka lapar mereka akan memakan makanan yang bisa membuat tubuh mereka kenyang serta memenuhi nutrisi harian mereka.


Kucing Minum Air Hangat

 

Begitu juga di saat mereka kehausan, mereka akan membutuhkan minuman untuk di minum sebagai penghilang rasa haus. Dalam sehari kucing bisa minum 50 mililiter untuk setiap kilogram berat tubuh yang mereka miliki.

Bila mereka memiliki berat badan sekitar 4 hingga 5 kg maka itu berarti mereka membutuhkan minum air sebanyak 200 sampai 250 mililiter setiap harinya. Namun kucing tak akan meminum semua air tersebut sekali teguk, kucing akan meminumnya dalam beberapa kali minum.

 

Berapa Kali Kucing Minum Dalam Sehari ?

Setiap kucing mungkin memiliki caranya tersendiri untuk minum. Namun kebanyakan dari kucing akan minum sebanyak 4 kali atau lebih dalam sehari. Dan jumlah minum kucing akan meningkat di kala ia merasa suhu udara sangat panas.

Bukan cuma jumlah minum kucing saja yang meningkat namun kucing juga akan semakin banyak minum air dalam sekali minum jikalau kucing merasa bahwa udara sangat panas dan membuat kucing kehausan. Kucing akan minum untuk menghilangkan rasa hausnya.

Selain itu kucing pun meminum banyak air untuk membantu mengatur suhu tubuhnya agar tak terlalu panas. Walaupun kucing memiliki kemampuan mengatur suhu tubuhnya untuk bisa menyesuaikan diri dengan suhu udara di lingkungan ia berada tapi tetap saja kucing akan membutuhkan hal lainnya untuk membantu memaksimalkan kemampuannya ini.

Dan juga kucing tetap akan membutuhkan air jikalau ia merasa bahwa suhu udara benar-benar terlalu panas. Begitu juga sebaliknya jikalau suhu udara terlalu dingin maka kucing membutuhkan alat penghangat lainnya untuk membantu menghangatkan tubuhnya.

Biasanya kucing membutuhkan bantuan untuk mengatur suhu tubuhnya agar suhu tubuhnya dalam kondisi normal di saat kucing berada di lingkungan dengan suhu udara panas dan dingin yang terbilang ekstrim.

 

Air Apa Yang Boleh Di Berikan Sebagai Minuman Untuk Kucing ?

Bagi orang yang baru saja mulai memelihara kucing pertanyaan semacam ini sering kali muncul dalam pikiran mereka. Kemunculan pertanyaan ini wajar mengingat kita yang merupakan pemilik kucing yang baik tak mau asal sembarang memberikan kucing minuman.

Karena bila mana kita memberikan kucing sembarang minuman, kita khawatir jikalau kucing akan jatuh sakit. Kekhawatiran ini bukanlah hal yang salah dan apa yang kita khawatirkan itu memanglah benar.

Kucing bisa jatuh sakit jikalau meminum sembarang air. Contohnya jikalau kucing meminum air yang kotor kucing bisa jatuh sakit dan kalau kucing meminum air mentah maka ia bisa terinfeksi bakteri atau parasit yang berada dalam air serta mengalami masalah dengan pencernaannya.

Masalah seperti cacingan, diare, kotoran berdarah sering terjadi pada kucing yang asal di berikan air minuman. Lalu air apa yang boleh di berikan ke kucing ? Air yang di sarankan untuk kucing dan baik bagi kesehatannya adalah air yang telah di masak matang.

Ini karena Air yang telah di masak matang sudah tak lagi mengandung mikroorganisme berbahaya seperti parasit. Karena itulah air ini aman bila di berikan pada sobat bulu peliharaan kita dan tak akan membuat kesehatannya terganggu.

Jadi, kalau kamu berniat memberikan kucing kamu air minum maka sebaiknya berikan air yang sebelumnya telah di masak matang sebagai minuman untuk kucing kesayangan kamu.


Bolehkah Kucing Minum Air Hangat ?

Kucing dapat menentukan sendiri air seperti apa yang ingin ia minum. Bila kucing mau meminum air putih matang dan hangat yang kita berikan padanya dan ia meminumnya terus-terusan sampai ia merasa bahwa telah cukup meminumnya maka ini berarti bagi kucing minuman ini baik untuknya.

Dan bila kucing tak mau meminumnya maka minuman ini tak dianggap minuman oleh kucing. Sebenarnya menurut pengalaman Anggora sendiri air hangat boleh di berikan ke kucing dan aman di berikan untuk kucing.

Hanya saja kamu harus memastikan airnya hanya hangat-hangat kuku alias tak terlalu panas. Bila kucing merasa airnya terlalu panas maka kucing akan meminumnya sedikit saja dan akan langsung pergi menjauhi air minum tersebut.

Dan sebaliknya bila kucing merasa bahwa air hangatnya bisa di minum maka kucing akan meminum air tersebut hingga ia merasa puas meminumnya. Anggora sendiri terkadang sering memberikan air hangat sebagai minuman kucing di kala cuaca cukup dingin.

Sampai saat ini tak ada efek negatif yang kucing Anggora rasakan dan mereka sampai saat ini sehat-sehat saja. Oh iya satu hal lagi yang perlu kamu ingat bahwa jikalau kucing tak mau meminum air hangat tersebut maka biarkan saja, jangan di paksa.

Nantinya bila ia merasa bahwa airnya bisa di minum dan ia merasa haus maka kucing dengan sendirinya akan meminum air yang tadi kita sediakan. Jadi dapat di simpulkan bahwa kucing boleh minum air hangat.

 

Bagaimana Dengan Air Es Apakah Kucing Boleh Meminumnya ?

Memberikan air es pada kucing untuk di minum sangat tak di sarankan. Karena kucing sama dengan manusia, bila tubuhnya tak cocok dengan air es tersebut maka kucing bisa jatuh sakit. Kucing bisa mengalami sakit perut, demam dan sebagainya, jadi sebaiknya jangan memberikan kucing air ini.

 

Kalau Air Dingin Bagaimana, Bolehkah Di Minum Oleh Kucing ?

Bila air dingin tersebut tak sedingin es atau air minumnya hanya air dingin seperti yang biasa kita minum sehari-hari maka tak masalah bila kita memberikannya ke kucing. Kucing yang di berikan minuman ini biasanya akan langsung meminum air tersebut tanpa keraguan sedikitpun.

Karena kucing mau meminumnya ini berarti air tersebut boleh dan aman di berikan ke kucing. Selama ini Anggora pun sering memberikan kucing air dingin ( air yang biasa kita minum atau bukan air yang sedingin air es ), kucing Anggora sampai saat ini sehat-sehat saja.

 

Sewaktu Kucing Sakit Sebaiknya Kucing Di Berikan Minum Air Apa ?

Di antara kamu mungkin ada nih yang bertanya "Air apa yang cocok di berikan ke kucing yang sedang sakit ?" Jawabannya simpel saja sih yakni air yang telah di masak matang dan di berikan dalam keadaan dingin ( tak panas ) pada kucing.

Kalau air hangat bolehkah di berikan ke kucing? Ini tergantung penyakit apa yang kucing derita. Jikalau kucing demam atau kedinginan maka air hangat sangat di rekomendasikan di berikan pada kucing dengan kondisi ini.

Namun bila ternyata kucing yang di beri air hangat adalah kucing dengan penyakit seperti sariawan, radang gusi, radang tenggorokan dan penyakit lain sejenisnya maka pemberian air hangat akan membuat kucing merasakan sakit dan merasa tak nyaman.

Kucing sakit boleh di berikan air hangat tergantung penyakit apa yang sedang di derita oleh kucing kesayangan kita.

 

Itulah dia pembahasan mengenai bolehkah kucing meminum air hangat. Setelah membaca tulisan Anggora ini semoga kamu mendapatkan jawaban yang kamu inginkan dan menghilangkan keraguan kamu.

Jangan lupa untuk mengikuti informasi terbaru dari kami dengan menekan tombol subsribe yang ada pada bagian bawah situs ini. Kamu dapat mengikutinya secara gratis.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url