Kapankah Kitten Bisa Makan Dry Food ? Ternyata Ini Jawabannya !

Dengan adanya kitten atau anak kucing di rumah merupakan sesuatu hal yang menyenangkan sekaligus membuat khawatir. Soalnya dengan adanya anak kucing ini di rumah membuat kita sang pemilik akan selalu mengkhawatirkan kondisi anak kucing.

 

Kapan Kitten Bisa Makan Dry Food

 

Kekhawatiran ini adalah hal yang wajar mengingat kita ingin agar kitten tetap sehat dan dapat tumbuh dengan baik. Bicara soal hal yang mengkhawatirkan mengenai kondisi anak kucing, ada satu hal yang dapat membuat pemilik yang baru memelihara kucing akan khawatir.

Kondisi tersebut adalah kapan kitten mulai boleh makan-makanan seperti dry food. Mereka khawatir jikalau mereka tak segera memberi anak kucing makanan maka mereka bisa jatuh sakit.

Lalu jikalau mereka memberi makan anak kucing dry food terlalu cepat maka ini hanya akan menyebabkan kesehatan kucing terganggu.

Sebenarnyanya kapankah waktu yang tepat untuk memberikan makanan seperti wet food ( makanan basah) dan dry food ( makanan kering) pada anak kucing ? Bagi sobat Anggora yang ingin tahu jawabannya maka kamu dapat mengetahuinya dengan membaca tulisan Anggora berikut ini.

 

Kapan Kitten Bisa Makan-Makanan Selain Susu Ibu ?

Berdasarkan sepengetahuan Anggora sendiri kucing mulai bisa memakan makanan selain susu induknya adalah ketika kucing berusia 6-8 mingguan. Banyak tulisan yang menyatakan bahwa kucing bisa memakan makanan lain selain Asi pada usia 4-5 mingguan.

Pada usia ini mereka memang mulai bisa memakan makanan selain Asi namun meskipun kucing sudah mulai bisa memakan makanan selain susu induknya tetapi mereka belum cukup mampu memakan makanan tersebut.

Mereka mungkin kelihatan tertarik dengan makanan tersebut dan ingin memakannya hanya saja makanan tersebut tak bisa mereka kunyah dengan baik dan sering kali malah nyangkut di mulut bagian atas kucing.

Ini membuat kita sebagai pemilik  terpaksa mengeluarkan makanan yang nyangkut tersebut agar tak menyebabkan masalah bagi si kucing. Hal ini pernah Anggora alami dahulu, di saat memberi kucing dewasa makanan.

Beberapa anak kucing yang berusia 5 mingguan mulai mendekati makanan yang di siapkan untuk kucing dewasa dan ikut-ikutan memakannya. Mereka tampak kesulitan memakannya dan makanan tersebut sering nyangkut di mulut bagian dalam mereka.

Melihat hal ini Anggora memutuskan bahwa sebaiknya kitten dengan usia ini tak di perbolehkan dahulu memakan makanan kucing dewasa sampai mereka menginjak usia di atas 8 minggua

Dari sinilah Anggora juga menyimpulkan bahwa anak kucing belum bisa di beri makan berbentuk padat jikalau gigi mereka belum tumbuh besar dan kuat.

 

Bolehkah Kucing Usia 4-5 Minggu Memakan Wet Food ?

Seperti apa yang Anggora jelaskan di atas bahwa kitten yang berusia 4-5 mingguan memang sudah mulai menunjukkan ketertarikannya pada sumber makanan lain selain susu ibunya namun pada usia ini kucing masih belum bisa di beri makanan padat.

Lalu bagaimana dengan wet food ? Bolehkah kucing memakan makanan jenis ini ? Wet food boleh di berikan ke kucing karena makanan jenis ini tak susah di makan apalagi oleh anak kucing yang gigi-giginya belum tumbuh sempurna.

Namun untuk wet food yang di berikan ke kucing sebaiknya pilih produk wet food yang memang di khususkan untuk anak kucing. Berikan wet food dengan cara memberi makanan menggunakan mangkuk makanan yang kecil serta mudah di jangkau anak kucing dan biarkan kucing memakannya dengan sendirinya.

Bila kucing tak mau memakannya jangan di paksa sebab kemungkinan besar anak kucing sudah kenyang karena meminum susu ibunya.

 

Bolehkah Kucing Usia 4-5 Minggu Memakan Dry Food ?

Tidak di perbolehkan karena makanan kucing jenis dry food ini sangat sulit untuk di makan anak kucing. Bahkan walaupun makanan ini di berikan sebagai cemilan bagi anak kucing tetap tidak di sarankan atau di perbolehkan sama sekali.

Meskipun anak kucing ingin memakannya namun ia tak akan bisa memakan makanan ini karena giginya yang belum tumbuh kuat juga sempurna dan akibat tekstur makanan yang terbilang cukup keras. Selain itu organ pencernaan kucing pun kemungkinan besar masih kesulitan mencernanya.

Karena itulah dari pada memberikan anak kucing dry food lebih baik memberikannya susu khusus kucing atau bisa juga memberikan wet food sebagai makanan tambahan atau makanan untuk kucing yang mulai belajar makan.

 

Lalu Kapan Kitten Atau Anak Kucing Bisa Makan Dry Food ?

Sebaiknya kitten di beri makan dry food sebagai makanan utama ataupun cemilan di saat anak kucing telah menginjak usia 2 bulan atau lebih sebab di usia ini gigi anak kucing sudah terbilang cukup kuat untuk mengunyah makanan padat seperti dry food.

Selain itu pada usia ini makanan kucing tak akan menyebabkan masalah pada tubuh kucing karena bisa dengan mudah di cerna oleh tubuhnya. Untuk jenis dry food, pastikan kamu memberikan dry food yang memang di peruntukkan untuk anak kucing.

Ini karena kebutuhan nutrisi harian anak kucing berbeda daripada kucing dewasa di sebabkan anak kucing lebih aktif di bandingkan kucing dewasa. Mereka akan membutuhkan kalori 3 kali lipat lebih banyak dan juga nutrisi yang lebih banyak agar mereka tumbuh dengan baik dan juga sehat.

Bila kucing kamu belum menginjak usia 2 bulanan sangat tidak di sarankan untuk memberikan makanan keras seperti dry food.

 

Apa Yang Terjadi Jikalau Kita Memberi Dry Food Sebelum Kitten Berusia 2 Bulan ?

Berdasarkan pengalaman Anggora sendiri beberapa anak kucing yang di beri dry food sebelum ia bisa memakannya hanya membuat kucing tersebut berusaha memakan dengan cara mengunyah makanan tersebut dengan gigi-giginya kecilnya.

Namun karena ia merasa bahwa makanan ini sulit di makan, mereka pun akan meninggalkan makanan ini. Selain tak bisa memakannya, anak kucing pun bisa tersedak bila mana ia di beri makan dry food saat ia belum sanggup untuk memakannya.

Anak kucing juga dapat mengalami gangguan pencernaan dan mengalami konstipasi ( sulit buang air besar. Jadi sebaiknya sebelum kucing bisa memakan dry food, lebih baik jangan memberinya ke anak kucing.

Lebih di sarankan memberi anak kucing yang berusia 4-6 minggu makanan yang basah atau mudah di makan seperti wet food.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai kapan anak kucing bisa makan dry food dan halal yang berkaitan dengannya. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url