Apakah Kucing Boleh Mandi Pakai Sabun Sunlight ? Ternyata Ini Jawabannya !

Kebanyakan dari kita mungkin beranggapan bahwa sabun cuci sunlight hanyalah sabun yang digunakan untuk mencuci piring. Karena itulah ketika ada yang menyarankan untuk menggunakan sabun sunlight untuk mandi kucing maka kita akan merasa keheranan. 

 

Apakah Kucing Boleh Mandi Pakai Sabun Sunlight


Para cat lovers lainnya menyarankan bahwa kita bisa menggunakan sabun ini sebagai sabun mandi kucing. Kata mereka sabun ini sangat direkomendasikan terutama untuk kucing yang mengalami masalah kutu sebab sunlight mampu membasmi kutu kucing.

Namun tentunya kita tak bisa begitu saja percaya terhadap apa yang orang lain katakan. Sebelum memakai sabun sunlight untuk mandi kucing, kita akan terlebih dahulu memastikan apakah informasi yang kit dengar ini benar atau tidak.

Ini perlu kita lakukan agar kita dapat mencegah suatu hal yang buruk terjadi pada kucing kesayangan dan agar kita merasa aman dan tak khawatir lagi ketika memberikan sabun ini pada kucing setelah kita mengetahui kebenarannya.

Nah bagi kamu yang ingin tahu apakah apakah kucing boleh mandi pakai sunlight maka kamu wajib membaca tulisan Anggora di bawah ini sampai akhir untuk mengetahui jawabannya.

 

Kandungan Sunlight

Sunlight merupakan sabun cuci yang banyak di jual di pasaran. Sabun ini sendiri merupakan salah satu dari beberapa sabun cuci yang cukup populer di kalangan ibu-ibu rumah tangga karena sunlight sendiri cukup ampuh untuk membersihkan piring kotor dan memiliki harga yang terjangkau.

Bicara soal sabun sunlight, sabun ini mengandung beberapa bahan aktif seperti :

  • Natrium Alkil benzena sulfonat

  • Natrium lauril eter sulfat

  • Garam

  • Nonyl phenol

  • Acil

  • Alpha  sulfonate

  • Sodium tri poly  phosphate

  • Dan beberapa bahan kimia lainnya

 

Lalu Apakah Kucing Boleh Mandi Dengan Sabun Sunlight ?

Saat kucing kita punya masalah dengan para kutu maka pemilik kucing lain atau para pecinta kucing lainnya mungkin akan menyarankan pada kita untuk memandikan kucing peliharaan kita dengan memakai sabun Sunlight.

Mereka mengatakan hal ini pada kita sebagai saran untuk solusi masalah yang terjadi pada kucing peliharaan mereka. Mereka mungkin merekomendasikan sabun ini pada kita karena mereka telah merasakan sendiri manfaatnya.

Lalu apakah memang benar sunlight boleh di gunakan sebagai sabun mandi kucing untuk membasmi kutunya? Berdasarkan beberapa informasi yang Anggora dapatkan dari sumber terpercaya bahwa memandikan kucing dengan sunlight boleh di lakukan.

Ini karena sabun sunlight aman di gunakan untuk kucing. Ini di buktikan sendiri oleh banyaknya pecinta kucing yang telah mencobanya. Mereka sudah mencoba memandikan kucing dengan sabun sunlight dan merasakan manfaatnya.

Setelah memandikan kucing dengan sabun sunlight hingga saat ini kucing mereka tetap dalam keadaan sehat-sehat saja. Kucing dalam kondisi yang sehat, tak ada pertanda yang menunjukkan bahwa kucing mengalami keracunan.

Selain itu sunlight juga tak memberikan efek samping seperti kerontokan bulu ataupun masalah kulit pada kucing. Sampai saat tulisan ini di buat, belum ada kasus yang menunjukkan bahwa kucing mengalami keracunan ataupun gangguan kesehatan setelah di mandikan dengan sabun sunlight.

Jadi, bagi kamu yang ingin memandikan kucing dengan sabun ini maka kamu tak perlu khawatir lagi. Sebab sabun ini aman di gunakan sebagai shampoo kucing untuk membasmi kutu-kutunya.

 

Bagaimana Cara Yang Benar Dalam Memandikan Kucing Dengan Sabun Sunlight ?

Memandikan kucing dengan sabun ini sebenarnya caranya tak jauh berbeda dengan memandikan kucing dengan cara biasanya. Bagi kamu yang ingin memandikan kucing dengan sabun sunlight ini maka kamu dapat mengikuti cara di bawah ini :

  • Siapkan peralatan mandi kucing

  • Siapkan air hangat untuk memandikan kucing. Pisahkan air hangat menjadi dua bagian,satu bagian untuk kucing berendam agar bisa menjaga suhu tubuhnya tetap stabil sehingga kucing tak kedinginan sementara satu bagian lainnya untuk membilas tubuh kucing dari sabun

  • Campurkan sunlight kedalam air yang di gunakan untuk kucing berendam tadi. Campurkan sabun ke dalam air sampai airnya tampak agak sedikit berbusa. Takaran umum sabun ini untuk kucing mandi adalah sekitar 1 sampai 2 sendok makan

  • Untuk ukuran airnya pastikan ukuran tingginya sampai setengah perut kucing

  • Sebelum memasukkan kucing ke bak mentari yang telah berisi campuran air dan sabun, gosok terlebih dahulu seluruh bagian leher kucing dengan sabun agar kutu tak bisa berpindah dari tubuh ke kepala kucing dan juga sebaliknya

  • Setelah itu masukkan kucing ke dalam bak mandi yang berisi campuran air sabun.

  • Selanjutnya gosokkan sabun sunlight pada seluruh tubuh kucing hingga berbusa

  • Lakukan pijatan lembut pada tubuh kucing sesaat setelah kamu menggosok seluruh tubuh kucing. Pijatan ini akan membuat kucing nyaman sekaligus membantu agar sabun tersebar merata pada kulit kucing

  • Setelah semua selesai maka bilaslah tubuh kucing hingga bersih menggunakan air hangat yang tadinya telah kita siapkan khusus untuk membilas tubuh kucing

  • Saat membilas tubuh kucing pastikan kamu membilasnya hingga tubuhnya benar benar bersih dari sabun yang menempel

  • Langkah terakhir adalah pengeringan. Keringkan tubuh kucing dengan memakai handuk ataupun hair dryer. Keringkan tubuh kucing sampai benar kering barulah kamu boleh lepaskan. Ini untuk mencegah tubuh kucing kotor lagi sesaat setelah kucing di mandikan

 

Oh iya untuk memandikan kucing kamu wajib memandikan kucing 2-3 kali dalam sebulan untuk menjaga kebersihan tubuhnya sekaligus untuk merawat serta menjaga kesehatan kulit, bulu-bulunya dan tubuhnya

 

Bolehkah Memandikan Kucing Secara Terus Menerus Menggunakan Sunlight ?

Memandikan kucing dengan menggunakan sunlight secara terus menerus aman di lakukan. Namun terus menerus di sini bukan di lakukan setiap harinya dalam jarak yang berdekatan. Kamu hanya boleh memandikan kucing  dengan sabun ini minimal 2-3 kali dalam sebulan.

 

Mana Yang Lebih Baik Sunlight Atau Sampoo Khusus Kucing ?

Kalau di tanya mana yang terbaik di antara kedua produk ini, Anggora pastinya akan menjawab bahwa shampoo kucing jelas lebih baik bila di bandingkan dengan sabun sunlight. Perbedaan ini jelas terlihat dari manfaat kedua produk ini sendiri.

Shampoo kucing diformulasikan secara khusus untuk kucing. Ini membuat produk ini jauh lebih baik dari sisi manapun untuk kucing. Jadi jika kamu punya dana yang berlebih Anggora sarankan kamu membeli shampoo untuk kucing peliharaan kamu. 

 

Itulah dia pembahasan mengenai bolehkah memandikan kucing dengan sunlight dan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan hal ini. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url