6 Penyebab Kenapa Kucing Sering Buang Air Besar Di Depan Rumah

Kucing adalah hewan unik berperilaku random. Yang mana perilakunya ini sulit sekali kita tebak. Ini mengakibatkan kucing sulit sekali untuk di pahami apa yang dia pikirkan dan apa yang ia mau. Salah satu perilaku random kucing yang membuat kita bingung adalah kucing sering buang air besar di depan rumah.

 

Foto Kucing Yang Sering Buang Air Besar Di Depan Rumah

 

Kucing seringkali membuang kotorannya di sana. Padahal kita sudah menyiapkan tempat khusus seperti Litterbox di dalam rumah untuknya buang air tetapi tetap saja kucing buang air besar di tempat yang sama. Ia melakukan hal ini setiap harinya sehingga membuat kita kesal sekaligus kebingungan.

Sebenarnya setiap hal yang di lakukan kucing pastinya di karenakan alasan tertentu. Semua hal termasuk hal buruk sekalipun seperti kucing buang air besar sembarangan di depan rumah. Lalu apa sih yang membuat kucing menjadi seperti itu dan bagaimana cara mengatasinya ?

Untuk mengetahui apa penyebab yang membuat kucing buang air besar di depan rumah dan bagaimana cara mengatasinya maka kamu wajib membaca tulisan Anggota di bawah ini.

 

6 Penyebab Kenapa Kucing Sering Buang Air Besar Di Depan Rumah

Seperti yang Anggora katakan di atas bahwa semua yang di lakukan kucing pasti ada alasan atau penyebab yang membuat kucing terpaksa melakukan hal ini. Lalu apa saja penyebabnya? Berikut ini beberapa di antaranya :

1. Karena Kucing Sudah Terbiasa

Mungkin selama ini kamu selalu membiarkan kucing kamu buang air besar di depan rumah kamu dan kamu sama sekali tak mengusir atau melarang kucing untuk buang air besar di sana. Akibatnya kucing mengira bahwa perilakunya ini bukanlah yang salah di hadapan pemiliknya.

Karena tak adanya protes dari sang pemilik maka kucing pun terus melakukan hal ini berulang-ulang setiap harinya dan jadilah hal ini sebagai salah satu kebiasaan kucing. Selain itu hal ini juga bisa di sebabkan karena ini merupakan kebiasaan kucing sebelum kamu adopsi.

Contohnya di saat kamu mengambil kucing jalanan untuk di pelihara di rumah maka tak jarang kucing akan memiliki kebiasaan buruk seperti kucing sering buang air besar sembarangan termasuk sering buang air di depan rumah.

Mungkin agak sulit merubahnya apalagi jikalau kucing tersebut adalah kucing yang telah dewasa. Untuk merubah kebiasaan kucing dewasa di butuhkan kesabaran dan tekun dalam melakukannya. Hal ini sebenarnya tak perlu terlalu kamu khawatirkan karena kebiasaan buruk ini bisa di rubah.

Bisa di rubah dengan melatih kucing untuk buang kotoran di litter box dengan rutin dan sabar setiap harinya sampai si kucing paham bahwa ketika ia ingin buang kotoran ia mesti buang air di dalam litter box.

 

2. Kucing Tak Ada Pilihan Lain Selain Buang Air Besar Di Depan Rumah

Coba perhatikan kucing kamu. Perhatikan apakah baru kali ini ia melakukan hal tersebut. Jika iya maka besar kemungkinan hal ini di karenakan ia tak ada pilihan lain selain buang air besar di halaman atau tepat di depan rumah kamu.

Ini biasanya di sebabkan kucing tak bisa memasuki tempat di mana ia seharusnya buang air besar sehingga mau tak mau dia harus melakukan hal itu untuk mengosongkan isi perutnya dan untuk membuat ia merasa lebih baik.

Dahulu ini pernah terjadi pada salah satu kucing kesayangan Anggora. Si kucing yang tadinya selalu buang air besar di tempat yang tepat seperti di dalam kamar mandi atau di dalam litter box. Tiba-tiba si kucing malah sembarangan buang kotoran di depan rumah.

Mulanya Anggora berpikir bahwa kucing mungkin sedang sakit makanya perilakunya menjadi berubah tetapi setelah di selidiki ternyata si kucing buang air besar di depan rumah karena pada waktu itu ia tak dapat masuk ke dalam kamar mandi. Waktu itu kamar mandinya sedang di pakai.

Kucing yang tak tahan ingin segera buang air besar maka secara insting akan memutuskan mencari tempat lain yang aman serta nyaman untuk mengeluarkan kotoran dalam tubuhnya. Akibatnya kucing pun memutuskan untuk buang air besar di depan rumah.

 

3. Mungkin Di Depan Rumah Kamu Kotor Dan Baunya Agak Busuk

Lihatlah di bagian mana kucing kesayangan kamu sering kali membuang kotorannya dan tandai daerah tersebut. Setelah itu periksalah tempat tersebut, periksa apakah tempat tersebut dalam kondisi kotor atau berbau busuk.

Jika setelah di periksa ternyata tempat tersebut dalam keadaan kotor atau berbau busuk maka mungkin inilah penyebabnya. Karena keadaan tempat tersebut, kucing menjadi beranggapan bahwa tempat itu adalah tempat yang di perbolehkan untuk buang air besar.

 

4. Ada Timbunan Tanah Atau Pasir

Adanya timbunan tanah atau pasir akan membuat kucing menjadi senang untuk buang air besar di sana. Jika kamu tak ingin kucing kamu buang air besar di depan rumah kamu karena hal ini maka kamu bisa menyingkirkan timbunan tanah atau pasir tersebut dari sana.

 

5. Tanah Di Depan Rumah Tergolong Lunak

Selain karena ada timbunan tanah atau pasir, tanah yang tergolong lunak dan mudah di gali juga merupakan salah satu alasan yang membuat kucing senang buang air besar di depan rumah. Untuk mengatasi hal ini maka kamu dapat meletakkan batu ataupun kerikil di atas tanah tersebut.

Pastikan untuk menggunakan potongan batu ataupun kerikil yang berukuran cukup besar agar kucing tak akan mudah menggali tanah lagi di sekitaran tempat tersebut sehingga ia tak bisa buang air besar lagi di tempat itu.

 

6. Kucing Mengalami Stress

Memangnya kucing bisa stress? Tentu saja bisa. Kucing mirip dengan manusia, keduanya bisa sama-sama mengalami stress. Ketika kucing sedang stress umumnya kucing akan menunjukkan perubahan perilaku tertentu dari perilakunya yang biasanya.

Salah satu perubahan perilaku tersebut adalah kucing menjadi sembarangan buang air besar. Kucing menjadi lebih senang buang air besar di depan rumah, halaman rumah ataupun di tempat mana saja yang ia inginkan. 

Jadi, jika kucing kamu tiba-tiba buang air di depan rumah maka bisa jadi ini karena kucing cuma sedang stress.

 

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Hal Ini ?

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa terlebih dahulu mencari apa penyebab kucing yang membuat ia melakukan hal ini. Kemudian kamu bisa mencari solusi yang sesuai dengan penyebab utama. Adapun cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya adalah sebagai berikut :

  • Bila penyebabnya adalah kebiasaan kucing maka yang kamu harus merubah kebiasaan kucing dengan cara melatih kucing agar mau buang air besar ataupun kecil di dalam litter box. Latih kucing secara rutin dan sabar hingga kucing mengerti untuk buang air di litter box

  • Pindahkan letak litter box ke tempat yang mudah untuk di jangkau kucing kesayangan sehingga ia bisa mudah buang air besar di saat ia sedang sangat ingin buang air besar

  • Bersihkanlah tempat yang kucing anggap kotor dan bau di area sekitar depan rumah

  • Hilangkan timbunan tanah atau pasir yang berada di sekitar rumah 

  • Tutupi tanah yang lunak dengan batu atau kerikil agar tanah tak mudah di gali oleh kucing dan kucing merasa tempat tersebut tak cocok untuk membuang air besar

  • Atasi stress kucing, cara mengatasinya dapat kamu cari di situs ini dengan mengetikkankata kunci "9 Cara Menghilang Stress Kucing"

 

Itulah beberapa penyebab mengapa kucing sering buang air besar di depan rumah dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url