6 Cara Mudah Agar Kucing Tidak Berantem Dengan Kucing Liar

Sewaktu kucing berada di luar rumah, kucing senang melakukan banyak hal. Mulai dari mengeksplorasi seluruh wilayah di mana ia tinggal, bermain di luar rumah sendirian, berburu hewan liar yang berukuran kecil seperti belalang dan sejenisnya serta melakukan banyak hal lainnya.


Cara Mudah Agar Kucing Tidak Berantem Dengan Kucing Liar


Bila kucing melakukan aktivitas yang tak mengganggu di luar rumah dan tak membahayakan dirinya maka sebagai pemilik tentunya kita akan dengan senang hati membiarkan kucing bermain di luar rumah selama yang ia mau.

Namun terkadang kucing tak seperti itu, kucing tak jarang melukai dirinya ketika berada di luar rumah. Ia terluka karena ia menyerang kucing lainnya yang ia anggap memasuki wilayahnya ataupun juga sebaliknya yaitu kucing lain menyerangnya karena merasa kucing tersebut memasuki wilayahnya.

 

Penyebab Kekhawatiran Pemilik Atas Kucingnya Yang Hobi Berkelahi

Melihat kucing yang terluka akibat berantem dengan kucing lainnya tentunya membuat kita khawatir. Kita khawatir bukan hanya karena kucing terluka di tubuhnya dan bulunya rontok sehingga membuat ia terlihat kurang imut lagi.

Ada beberapa hal yang membuat pemilik menjadi sangat khawatir terhadap kucingnya yang hobi berkelahi, beberapa hal tersebut antara lain :

  • Pemilik takut kucingnya terluka

  • Pemilik khawatir kucingnya menjadi jelek karena tubuhnya penuh luka 

  • Pemilik takut jikalau si kucing mati akibat perkelahian tersebut

  • Pemilik takut kucing yang berkelahi merusak benda-benda miliknya atau tetangganya ketika mereka sedang berkelahi

  • Pemilik takut kucing kabur dan hilang karena kalah berkelahi dengan kucing lain yang menjadi musuhnya

  • Pemilik takut tetangga membenci kucing yang sering berkelahi sehingga mereka meracuni ataupun membuang kucing ke tempat jauh


Karena alasan di ataslah para pemilik kucing menjadi khawatir di saat kucingnya tengah berkelahi dengan kucing liar atau kucing orang lain. Ini membuat pemilik kucing akan memikirkan bagaimana cara agar kucing tak berantem dengan kucing lainnya.


Lalu Bagaimanakah Cara Agar Kucing Tidak Berantem Dengan Kucing Liar ?

Kucing yang berkelahi memang membuat kita sebagai pemilik terganggu dan khawatir, ini juga dapat membuat kerukunan kita dengan tetangga akan terganggu. Karena itulah kita mesti melakukan beberapa cara agar si kucing tak berkelahi dengan kucing lainnya.

Untuk mencegah kucing agar tak berantem dengan kucing liar maka kamu bisa mencoba melakukan beberapa cara. Beberapa cara tersebut antara lain :

1. Mencegah Kucing Liar Masuk Ke Area Rumah Kamu

Kalau kucing peliharaan kita tak berjumpa dengan kucing liar maka mereka tentunya mereka tak akan berkelahi satu sama lain. Itulah mengapa kita perlu mencegah agar kucing liar tak memasuki area rumah kita.

Kamu bisa menutup celah-celah yang ada di pagar rumah ataupun lubang yang berada di tembok. Menutup bagian atap rumah yang bisa di masuki kucing dan menutupi bagian-bagian lainnya yang kita rasa kucing bisa dengan mudah memasukinya.


2. Mengusir Kucing Liar Yang Memasuki Rumah

Ada beberapa dari kita yang mungkin tak memiliki pagar atau tembok rumah ( umumnya rumah di pedesaan atau di lahan sempit ) sehingga kucing liar dapat dengan mudah keluar masuk area rumah kita.

Untuk mengatasi hal ini kamu cuma bisa rutin mengusir kucing liar yang sering memasuki area rumah kamu setiap harinya. Usir kucing liar dengan menyiramnya dengan air, jangan usir dengan cara yang menyakitkan dan dapat melukainya.

Biasanya dengan cara ini kucing liar akan menjadi malas berada di area sekitar rumah kamu dan akan lebih memilih menghindarinya karena ia merasa bahwa area tersebut berbahaya.


3. Mengurung Kucing Di Dalam Rumah

Bila kamu tak dapat mencegah kucing lain masuk ke rumah kamu maka kamu hanya bisa mengurung kucing kesayangan di dalam rumah untuk mencegah ia tak berantem dengan kucing liar. Cara ini umum di lakukan oleh mereka yang memelihara kucing di Negara Eropa.

Mereka melakukan hal ini untuk menghindari perkelahian kucing dan supaya kucing tak membuat tetangga mereka terganggu. Perlu kamu tahu bahwa orang eropa lebih serius dalam kehidupannya di banding orang yang tinggal di negeri ini.

Jikalau mereka merasa terganggu maka mereka akan langsung komplain pada pemiliknya atau mereka dapat mendisiplinkan kucing dengan cara mereka sendiri yakni mereka bisa mengirim kucing ke penangkaran hewan ataupun membuangnya.

 

4. Mengurung Kucing Dalam Kandang

Selain mengurung kucing dalam rumah, kamu juga dapat mengurung kucing dalam kandang khusus kucing. Pastikan kandang yang kamu gunakan untuk mengurung kucing tak terlalu kecil sehingga tak membuat kucing stress.

Oh iya jangan lupa untuk membawa kucing jalan-jalan ke luar rumah atau minimal mengeluarkan kucing dari kandangnya sesekali dalam seminggu agar ia senang dan tak merasa terkekang karena selalu di kurung dalam kandang.


5. Mengikat Kucing Memakai Tali Khusus Kucing

Mungkin kamu ingin mengeluarkan kucing kamu di pekarangan rumah namun kamu tak sempat untuk mengawasi kucing dan takut kucing kabur keluar rumah kemudian berkelahi dengan kucing lainnya maka kamu dapat menggunakan tali khusus kucing.

Dengan cara ini kamu bisa membiarkan kucing bermain di halaman rumah tanpa takut ia akan berantem dengan kucing lainnya sewaktu kamu sedang tak ada di dekatnya. Cara ini juga dapat mencegah kucing untuk keluyuran pergi ke luar rumah.

Untuk tali kucingnya sendiri dapat kamu beli di pet shop ataupun membelinya melalui toko online.


6. Mensterilkan Kucing

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan agar si kucing peliharaan berhenti berkelahi adalah dengan cara mensterilkannya. Kucing yang telah steril biasanya akan kehilangan keinginannya untuk berkelahi dengan kucing lainnya.

Bukan cuma itu saja, kucing pun akan menjadi tak suka keluyuran keluar rumah, menjadi lebih tenang dan ramah terhadap kucing lainnya. Untuk mensterilkan kucing, kamu bisa dengan mudah melakukannya dengan cara membawa sobat bulu kesayangan kamu ke dokter hewan terdekat yang ada di kotamu


Itulah dia beberapa cara mudah agar kucing tidak berkelahi dengan kucing liar. Kini kamu dapat mencegah kucing kamu tak berantem dengan kucing liar lagi. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url