7 Penyebab Kenapa Kucing Menyendiri Saat Sedang Sakit

Kucing tak akan selamanya dalam keadaan sehat, ada saat di mana kucing akan merasakan yang namanya sakit. Meskipun kita merasa bahwa kucing memiliki tubuh yang sehat dan kuat tetapi tetap saja ia bisa jatuh sakit.

 

Kenapa Kucing Menyendiri Saat Sakit


Hal ini berlaku bagi semua jenis kucing tanpa terkecuali. Mau itu kucing liar yang tergolong memiliki tubuh yang kuat atau kucing rumahan yang di rawat dengan sebaik mungkin oleh pemiliknya, mereka juga bisa jatuh sakit di saat tertentu.

Bicara soal kucing yang jatuh sakit, ada suatu perilaku yang terbilang unik dan selalu kucing lakukan di saat mereka sedang sakit, yakni kucing akan selalu pergi menyendiri dan menjauhi keramaian ataupun tempat-tempat ramai.

Beberapa dari kita yang melihat ini tentunya akan bingung dengan perilaku kucing yang seperti ini. Apalagi setiap kali kucing yang kita pelihara jatuh sakit maka mereka pasti selalu melakukan hal serupa yakni selalu menjauh atau pergi menyendiri.

Lalu kenapa sih kucing seperti ini dan apakah ada hal yang dapat kita perbuat agar si kucing tak berbuat seperti ini lagi ? Bagi sobat yang penasaran akan hal ini maka kamu dapat mengetahui jawabannya dengan membaca tulisan Anggora di bawah ini. 

 

Sedikit Pembahasan Seputar Kucing Sakit

Sewaktu kucing sakit perubahan perilaku adalah sesuatu yang umum terjadi pada kucing contohnya saat kucing mengalami stress maka kucing akan menjadi berubah 180 derajat dari perilakunya yang biasanya.

Perubahan tersebut antara lain kucing menjadi lebih pendiam, penyendiri, pemarah agresif dan perubahan lainnya.Hal ini tak cuma terjadi pada kucing yang mengalami stress, ini juga terjadi pada kucing dengan penyakit lainnya.

Karena itulah sewaktu kucing mengalami perubahan perilaku termasuk kucing yang selalu menyendiri, ini adalah hal yang wajar terjadi pada kucing yang sedang sakit.


7 Penyebab Kenapa Kucing Menyendiri Saat Sakit

Kucing menyendiri bukanlah sesuatu yang kucing lakukan tanpa adanya alasan. Kucing melakukan ini karena memang kucing punya alasan tersendiri di balik tindakannya yang satu ini. Memang sih sala  satu alasannya adalah karena memang kucing sedang sakit tapi ada lagi selain itu.

Berdasarkan pengalaman Anggora, kucing melakukan hal ini karena beberapa sebab tertentu. Penyebabnya antara lain :

1. Kucing Melakukan Hal Ini Karena Ia Sedang Sakit

Kucing melakukannya karena memang ia sedang sakit. Rasa sakit yang kucing rasakan pada tubuhnya membuat kucing ingin menyendiri. Di samping itu bagi kucing yang sedang sakit elusan ataupun belai-an dari orang di sekitarnya termasuk pemiliknya sangat menggangu.

Ini juga membuat kucing merasa bahwa rasa sakitnya menjadi bertambah ketika manusia melakukan hal tersebut padanya. Karena itulah kucing yangt sakit akan pergi menyendiri demi menghindari hal ini.

 

2. Kucing Ingin Merasakan Ketenangan

Sama halnya dengan manusia, kucing pun ingin merasakan ketenangan di kala ia sakit. Bagi kucing suara yang berisik atau manusia yang ingin berinteraksi dengannya hanyalah membuat si kucing tak bisa merasakan ketenangan.

Tempat yang berisik dan manusia yang berada di sekitar tempat itu hanya membuat kucing merasa bahwa kondisinya semakin buruk dan penyakitnya semakin terasa sakit. Di samping itu kucing yang sedang sakit tak akan bisa tidur jika ia berada di tempat-tempat seperti ini.

Agar bisa merasakan ketenangan dan sekaligus bisa beristirahat, kucing akan lebih memilih tempat sepi dan tak ada manusianya.

 

3. Kucing Tak Bisa Tidur

Seperti yang Anggora jelaskan di atas bahwa kucing sakit tak bisa tidur di tempat yang berisik dan banyak orangnya. Ini membuat kucing akan mencari-cari tempat yang di rasanya sepi dan agak tersembunyi sehingga ia bisa menghabiskan waktunya untuk beristirahat dengan tertidur.

 

4. Kucing Tak Ingin Di Ganggu

Sewaktu kucing sedang sakit, apapun yang tadinya ia anggap menyenangkan kini hanyalah gangguan. Makanan, minuman, permainan, kucing lainnya ataupun interaksi dengan tuannya kini tak berarti apa-apa selain hanya membuat ia terganggu saja.

Kucing sadar bahwa semua hal tersebut mengganggunya apalagi manusia. Ia tahu bahwa manusia sangat menyayangi dan ingin berinteraksi dengannya dan ia paham bahwa manusia tak akan paham atas ucapannya untuk tak di ganggu.

Inilah mengapa kucing tak ingin membuang waktunya dengan hal ini dan lebih memilih untuk menyendiri di tempat yang ia anggap nyaman untuknya.


5. Kucing Tak Mau Membuat Pemiliknya Sedih

Bila kucing sedang sakit tentunya hal ini akan membuat pemiliknya yang ia sayangi sedih. Apalagi jikalau sang pemiliknya terus-terusan melihat kondisinya maka tentu saja hal ini malah membuat pemilik si kucing semakin sedih.

Karena kucing tak ingin membuat pemiliknya sedih maka kucing akan lebih memilih menyendiri. Meskipun kucing tak mengerti bahasa manusia tetapi ia mengerti apa yang pemiliknya rasakan. Bagi para pemilik kucing pastinya paham akan hal ini.

 

6. Menyendiri Membuat Tubuhnya Terasa Lebih Baik

Bagi kucing, menyendiri merupakan salah satu hal yang membuat tubuhnya yang sedang terasa sakit menjadi terasa sedikit lebih baik. Ini adalah alasan mengapa kebanyakan kucing yang sakit melakukan hal ini.


7. Persiapan Kucing Sebelum Ia Mati

Yang terakhir adalah karena kucing tahu ia akan mati karena itulah kucing akan menyendiri ataupun pergi menjauh dari orang yang ia sayangi. Ada banyak alasan yang membuat kucing melakukan ini salah satunya adalah kucing tak ingin melihat tuannya bersedih.

Bagi kamu yang ingin tahu apa alasan lainnya maka kamu dapat mencari artikel berjudul Penyebab Kenapa Kucing Yang Akan Mati Selalu Menjauh Dari Kita pada situs ini.


Adakah Yang Dapat kita Lakukan Untuk Kucing Agar Ia Tak Selalu Menyendiri ?

Kita tahu bahwa kucing melakukan hal ini karena ia sakit jadi agar si sobat bulu tak menyendiri lagi maka untuk mengatasinya sederhana saja sih. Caranya cukup dengan mengobati kucing kesayangan kita saja.

Bawalah kucing berobat ke dokter hewan terdekat kemudian obatilah ia hingga penyakitnya benar-benar sembuh. Di saat kucing sembuh maka perilaku menyendirinya ini akan hilang dengan sendirinya dan sobat bulu kita pun akan kembali riang seperti biasanya serta tak hobi lagi menyendiri.


Kesimpulan

Ada alasan yang membuat mengapa kucing selalu menyendiri di saat ia sakit. Umumnya kucing melakukan hal ini karena penyebab tertentu bukan karena ia membenci kita pemiliknya. Adapun penyebabnya antara lain :

  • Kucing melakukan hal ini karena ia sedang sakit

  • Kucing ingin merasakan ketenangan

  • Kucing tak bisa tidur

  • Kucing tak ingin di ganggu

  • Kucing tak mau membuat pemiliknya sedih

  • Menyendiri membuat tubuhnya terasa lebih baik

  • Persiapan kucing sebelum ia mati

 

Itulah dia alasan kenapa kucing kesayangan kita selalu menyendiri saat sakit. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membuat kamu mendapatkan jawaban atas pertanyan kamu dan bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url