3 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Bulu Kucing

Bagi mereka yang memelihara kucing, kucing dengan bulu yang tebal, lembut, kuat dan indah merupakan nilai lebih pada kucing. Alasan inilah yang membuat para pemilik kucing berlomba-lomba untuk melakukan perawatan terhadap bulu kucing mereka.

 

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Bulu Kucing


Ada yang melakukan perawatan terhadap bulu kucing dengan bantuan bahan kimia yakni dengan menggunakan vitamin, shampoo kucing dan hal-hal lainnya yang mereka rasa bisa membuat bulu kucing mereka jauh lebih baik.

Ada juga yang menggunakan metode alami dalam merawat bulu kucing mereka. Mereka menempuh cara ini dengan anggapan bahwa cara ini terbilang cukup aman untuk di lakukan karena menggunakan bahan alami dan bahannya pun mudah di temukan.

Salah satu cara alami untuk merawat serta memperindah bulu kucing adalah dengan minyak zaitun. Banyak manfaaat yang bakal kita dapatkan dengan memberi minyak zaitun untuk bulu kucing. Apa saja manfaatnya dapat kamu lihat di bawah ini.


Sedikit Info Mengenai Minyak Zaitun

Pastinya sobat Anggora tahu apa itu minyak zaitun. Minyak zaitun merupakan minyak yang berasal dari buah zaitun yang merupakan pohon tradisional dari basin mediterania. Ketika tumbuh pohon ini dapat mencapai ketinggian hingga 50 meter.

Tak hanya itu saja pohon ini pun dapat hidup dengan usia yang cukup panjang yakni sekitar 500 tahunan. Pohon zaitun yang berumur paling tua di perkirakan berusia lebih dari 500 tahunan yakni sekitar 5500 tahun.

Pohon zaitun tertua ini di temukan di tepi barat, Palestina. Buah zaitun memiliki warna hijau ketika mentah dan saat buah telah matang, ia akan berubah menjadi kekuning-kuningan. Menurut Anggora buah ini agak mirip dengan Anggur hijau.

Minyak zaitun sendiri banyak di gunakan dalam keperluan bidang kosmetik, obat, herbal, sabun serta seringkali di gunakan dalam memasak. Selain itu minyak zaitun pun sering di gunakan untuk beberapa hal lainnya seperti untuk di berikan pada kucing.


Bolehkah Minyak Zaitun Di Berikan Ke Kucing

Boleh di berikan dengan catatan pemberian minyak zaitun tak boleh di berikan dengan jumlah yang berlebihan. Pemberian minyak zaitun yang terlalu berlebihan pada kucing dapat membuat kucing menderita diare.

Ini karena minyak zaitun memiliki sifat seperti obat pencahar bila diberikan dalam takaran tertentu. Selain tak boleh di berikan secara berlebihan, pemberian minyak zaitun harus memperhatikan kondisi si kucing

Contohnya bila kucing yang di berikan minyak zaitun 1 sendok teh tak menunjukan reaksi negatif seperti muntah ataupun diare dan lainnya sesudah pemberian maka dalam takaran ini minyak zaitun aman di berikan ke kucing.

Bila perlu maka boleh menambahkan takaran minyak zaitun lagi untuk di berikan ke kucing.Intinya kamu boleh memberikan kucing kamu minyak zaitun dengan takaran tertentu yang bisa di toleransi oleh tubuh kucing.

Umumnya takaran minyak zaitun yang aman untuk di berikan ke kucing adalah sekitar satu sendok teh yang di berikan 2 hingga 3 kali dalam seminggu.


Lalu Bagaimana Dengan Bulu Kucing, Bolehkah Bulu Kucing Diberikan Minyak Zaitun ?

Pemberian minyak zaitun pada bulu kucing boleh di lakukan. Tak ada larangan dalam hal ini dan tak akana ada efek samping yang terjadi pada kucing jikalau kita memberikan minyak zaitun dalam takaran yang wajar.

Bahkan walaupun kucing secara tak sengaja menelan minyak zaitun, ini tak akan membuat kucing jatuh sakit ataupun menderita keracunan. Namun pemberian minyak zaitu untuk bulu kucing tak di rekomendasikan karena tak akan memberi manfaat sama sekali untuk bulu kucing.

Hanya di sarankan menggunakan minyak zaitun untuk menjaga kesehatan kulit kucing ataupun untuk mengobati penyakit seperti scabies secara alami. Untuk mendapatkan manfaat untuk bulu kucing sebaiknya minyak zaitun di campurkan ke makanan kucing dan di berikan setiap 2-3 kali dalam 1 minggu. Takaran yang di anjurkan adalah 1 sendok ke dalam makanan.

 

3 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Bulu Kucing

Tentunya kita tak akan memberikan minyak zaitun pada kucing peliharaan tanpa mengetahui manfaatnya. Lalu apa sih manfaat  minyak zaitun untuk bulu kucing ? Beberapa manfaat minyak zaitun untuk bulu kucing adalah sebagai berikut :

1. Mengatasi Hairball Pada Kucing Peliharaan

Sebenarnya hal ini tidak terkait langsung dengan bulu kucing namun ini masih ada hubungannya dengan bulu kucing. Ini karena hairball sendiri merupakan salah satu masalah yang umum terjadi pada kucing.

Masalah ini di sebabkan oleh bulu kucing yang rontok dan tanpa sengaja tertelan oleh kucing di saat ia tengah menjilati tubuhnya. Hairbal pada kucing dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan pada kucing, salah satunya adalah sembelit.

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa menggunakan minyak zaitun yang berfungsi sebagai pencahar. Berikan 1 sendok teh minyak zaitun ke dalam makanan kucing kemudian berikan selama 3 hari berturut-turut.

Ketika kamu sudah merasa bahwa pencernaan kucing sudah tak bermasalah, contohnya kucing tak mengalami masalah sembelit lagi dan telah mampu buang air besar dengan lancar maka kamu dapat menurunkan pemberian minyak zaitun menjadi 1 kali tiap 3 hari atau kamu dapat menghentikannya.

 

2. Menjaga Kulit Kucing Agar Tetap Sehat

Tahu tidak bahwa banyak dari masalah kerontokan pada bulu kucing di sebabkan oleh masalah kulit pada tubuh kucing. Ketika kulit kucing bermasalah maka akan membuat kucing merasakan gatal pada area kulit tersebut yang berakibat kucing akan terus menjilati area ini terus menerus.

Kucing yang menjilati tubuhnya secara terus menerus akan membuat bulu-bulunya mengalami kerontokan. Ini akan membuat bulu kucing menipis bahkan dapat membuat bulu kucing mengalami kerontokan.

Dengan menggunakan minyak zaitun kita dapat mencegah hal ini serta menjaga kesehatan kulit kucing. Cara meggunakan minyak zaitun untuk kulit kucing terbilang mudah. kamu cukup mengoleskan minyak zaitun ke tangan kamu.

Selanjutnya kamu bisa memijit-mijit area kulit dan bulu kucing. Lakukan ini beberapa jam sebelum memandikan kucing agar minyak menyerap terlebih dahulu ke kulit kucing sebelum kucing kita mandikan.


3. Untuk Melembutkan Bulu Kucing Dan Membuatnya Lebih Berkilau

Kamu juga bisa memanfaatkan minyak Zaitun untuk membuat bulu kucing indah. Dengan menggunakan minyak zaitun maka bulu kucing akan semakin lembut dan berkilau. Untuk mendapatkan manfaat ini untuk kucing kamu, cukup mencampurkan zaitun ke dalam makanan kucing.

Campurkan satu sendok teh minyak zaitun ke dalam makanan dan lakukan hal ini sebanyak 3 kali dalam seminggu. Bila kamu merasakan manfaatnya pada kucing kamu dapat melanjutkan peemberian minyak zaitun dengan dosis yang serupa.

Namun bila tak ada manfaat yang di rasa atau kucing mengalami reaksi negatif seperti muntah-muntah maka sebaiknya segera hentikan pemberian minyak zaitun dan segera periksa ke dokter hewan. Hal ini memang amat jarang terjadi pada kucing yang memakan minyak zaitun tetapi tak ada salahnya berjaga-jaga jikalau ini terjadi pada kucing kita.

 

Adakah Bahaya Minyak Zaitun Untuk Kucing ?

Selama pemberian dalam batas yang wajar dan sesuai takaran tampaknya tak akan ada bahaya yang terjadi pada kucing. Namun beberapa kucing tentunya memiliki respon yang berbeda terhadap minyak ini.

Ada yang bisa di berikan dalam jumlah di atas satu sendok makan dan ada juga yang hanya bisa di berikan sedikit. Karena itulah di saat kita baru saja memberikan minyak zaitun ke kucing peliharaan sebaiknya lihat bagaimana reaksi mereka.

Jika reaksinya tak menghasilkan reaksi negatif maka takaran tersebut aman di berikan ke kucing dan bila reaksinya negatif maka pada pemberian selanjutnya kurangi takaran minyak zaitun sampai kucing tak menunjukkan reaksi negatif.

Reaksi negatif tersebut biasanya berupa diare. Ini adalah hal yang umum terjadi pada kucing yang di berikan minyak zaitun dengan takaran yang terlalu berlebih pada tubuhnya. Mungkin karena minyak zaitun sendiri punya efek sebagai obat pencahar dan bila di berikan dalam jumlah yang di luar toleransi tubuh kucing maka kucing akan menderita diare.

Oh iya bila kucing muntah-muntah sesudah di berikan minyak zaitun maka sebaiknya hentikan pemberian minyak kemudian segeralah membawa kucing ke dokter hewan terdekat untuk di periksa.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai mafaat minyak zaitun untuk bulu kucing. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url