7 Penyebab Kenapa Kucing Betina Nungging Terus

Pernah tidak kamu melihat kucing yang sedang nungging ? Pastinya walaupun kamu bukan seorang pemilik kucing sekalipun, kamu pernah melihat kucing betina sedang nungging. Mau itu kucing liar ataupun kucing rumahan keduanya pasti pernah kita lihat melakukan hal ini.


Kenapa Kucing Betina Nungging Terus


Bagi yang baru saja memelihara kucing betina ataupun orang yang tak memelihara kucing sama sekali maka hal ini tentunya mengherankan dan mengundang rasa penasaran bagi tiap-tiap orang yang melihatnya.

Anggora sendiri saat pertama kali melihat kucing betina nungging juga meras keheranan dan bertanya-tanya kenapa sih kucing bertingkah seperti ini. Pastinya ada sebuah alasan ataupun penyebab di balik tingkah laku kucing ini.

Lantas apa sih yang menyebabkan kucing menaikkan bokongnya ke atas dan apakah hal ini memang biasa di lakukan oleh kucing betina ? Nah bagi kamu yang penasaran mengapa kucing menunggingkan pantatnya ke atas, maka dapat mengetahuinya dengan membaca penjelasan Anggora di bawah ini.

 

7 Penyebab Kenapa Kucing Betina Nungging Terus

Sebenarnya kucing betina tak asal begitu saja melakukan hal ini. Kucing melakukan hal ini karena ada alasan atau penyebab tertentu dan hal ini umumnya tak terkait dengan masalah kesehatan kucing. Jadi kamu tak perlu khawatir bila mana si kucing kesayangan kamu melakukannya.

Bicara soal penyebab kucing yang nungging terus-terusan, berdasarkan sepengetahuan Anggora sendiri ada beberapa penyebab pasti yang membuat kucing melakukan tindakan konyol ini. Apa saja penyebabnya ? Berikut ini beberapa di antaranya :

1. Kucing Masuk Masa Kawin Atau Birahi

Penyebab pertama yang membuat kucing melakukan hal ini adalah karena kucing sedang birahi. Biasanya ini terjadi ketika kucing memasuki masa kawin. Kucing betina yang sedang birahi biasanya akan mengalami beberapa perubahan sikap.

Seperti kucing menjadi lebih manja, lebih teritorial, pemarah terhadap kucing lainnya, sering mengeong keras bahkan saat malam hari dan termasuk melakukan hal aneh seperti terus menaikkan bokongnya ke atas.

Bila kamu melihat kucing kamu melakukan hal ini maka kamu bisa pastikan bahwa ia sedang berada dalam fase kawin atau sedang birahi. Bila kamu merasa bahwa kucing tak boleh kawin karena bisa menyusahkan kamu apabila ia telah memiliki banyak anak.

Maka dengan melihat pertanda ini maka kamu bisa mencegah kucing melakukan perkawinan dengan pejantan lainnya sampai masa birahinya selesai. Setelah selesai maka kamu dapat melakukan cara yang lebih efektif untuk menghentikan kucing agar tidak memasuki masa kawin lagi.

Yakni dengan melakukan sterilisasi pada kucing. Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa kucing tak boleh di steril ketika masih dalam masa birahi ? Sebenarnya boleh di lakukan tetapi kamu harus berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter mengenai hal ini.

Bila dokter berkata iya maka ini bisa di lakukan dan sebaliknya. Ada kemungkinan bahwa dokter akan menolaknya karena itulah untuk melakukan steril sebaiknya menunggu sampai masa birahi kucing selesai.

 

2. Pertanda Bahwa Kucing Telah Siap Kawin

Selain sebagai pertanda bahwa kucing sedang dalam masa kawin atau sedang dalam mode birahi. Ini juga merupakan pertanda bahwa kucing peliharaan kesayangan kita sudah siap kawin. Kucing siap kawin dengan pejantan manapun yang menarik perhatiannya.

 

3. Menarik Perhatian Pejantan

Kucing nungging terus-terusan juga merupakan salah satu cara untuk kucing betina dalam menarik perhatian para pejantan yang di sekitarnya ataupun yang di sukainya. Dengan melakukan hal ini biasanya si pejantan akan tertarik dengan si kucing.

Bila si kucing betina bersedia kawin dengan pejantan tersebut maka perkawinan akan bisa di lakukan dan kucing akan masuk ke fase berikutnya yang lebih intim.

 

4. Memancing Pejantan Untuk Kawin Dengannya

Seperti yang Anggora sebutkan di atas bahwa kucing betina melakukan hal ini untuk memancing perhatian pejantan dan juga untuk membuat pejantan yang berada di dekatnya ataupun yang ia sukai untuk kawin dengannya.

Umumnya cara ini berhasil di lakukan kucing untuk membuat pejantan yang ia sukai kawin dengannya namun tak jarang juga cara ini tak berhasil di lakukan, yang ada malah pejantan lainnya yang tertarik kawin dengannya.

 

5. Kucing Ingin Melakukan Hubungan Intim

Biasanya kucing yang melakukan hal ini adalah kucing yang hendak mengajak kucing jantan lainnya melakukan hubungan intim. Ini adalah pertanda bagi pejantan yang ada di hadapannya bahwa si kucing betina sedang ingin melakukan hubungan intim. 

Pejantan yang melihat kucing melakukan hal ini umumnya akan segera menghampiri sangat betina kemudian melakukan hubungan yang lebih intim dengannya. 


6. Posisi Yang Tepat Untuk Melakukan Perkawinan

Alasan yang ke 6 adalah kucing melakukan hal ini karena posisi ini merupakan posisi yang paling tepat untuk kucing melakukan perkawinan. Pastinya kamu tak akan pernah melihat kucing kawin dengan posisi selain dari pada posisi ini. 

Mustahil kucing akan melakukan perkawinan tanpa melakukan posisi ini. Posisi ini merupakan sebuah posisi tubuh untuk kawin bagi kucing yang mana sudah ada semenjak generasi kucing sebelumnya. Bisa di bilang ini adalah warisan perilaku hidup dari pendahulu mereka. 

Warisan perilaku ini di turunkan oleh nenek moyang kucing ke generasi selanjutnya melalui informasi yang tersimpan dalam DNA mereka. Itulah mengapa kucing akan melakukan hal ini ketika mereka melakukan perkawinan.

Di samping itu posisi ini merupakan posisi yang mana bisa memudahkan kucing melakukan hubungan intim alias perkawinan. 

 

7. Penyakit

Penyebab yang terakhir adalah kucing kamu kemungkinan sedang mengalami penyakit tertentu seperti infeksi parasit dan lainnya. Kucing dengan infeksi parasit seperti cacingan terkadang juga akan melakukan pose seperti mengangkat pantatnya terus menerus dalam jangka waktu tertentu.

Ini kucing lakukan di saat ia merasa tak nyaman pada lubang duburnya yang mana hal ini kemungkinan besar karena adanya cacing yang bersarang di daerah tersebut.

Oleh sebab itulah bila kamu merasa kucing yang melakukan pose ini terlihat sakit seperti kucing terlihat kurus meskipun sering makan, lemas  dan sering tidur maka sebaiknya bawa kucing berobat ke dokter hewan.


Apakah Hal Ini Biasa Di Lakukan Oleh Kucing ? 

Hal ini memang biasa di lakukan oleh kucing, terutama untuk kucing betina yang sedang dalam masa kawin. Jadi kamu tak perlu terlalu khawatir akan hal ini dengan catatan sobat bulu kamu yang melakukan pose ini adalah kucing yang sehat atau sedang tak menderita penyakit tertentu.

Karena bila kucing sakit yang melakukan hal ini maka kamu wajib curiga bahwa kemungkinan besar hal ini di sebabkan kucing menderita penyakit tertentu.


Itulah dia beberapa penyebab kenapa kucing nungging terus dan hal yang berkaitan dengannya semoga dengan adanya artikel ini dapat membuat kamu paham akan hal ini dan bisa bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url