9 Cara Mudah Mengatasi Kucing Yang Takut Dengan Manusia

Di Indonesia sendiri banyak yang memelihara kucing. Baik itu jenis kucing ras, kucing mix dome, kucing kampung, semuanya sering di jadikan peliharaan. Memelihara kucing punya kesenangan tersendiri dan juga sebaliknya memelihara kucing pun memiliki kesulitannya sendiri.


Cara Mengatasi Kucing Yang Takut Dengan Manusia

 

Salah satu kesulitan memelihara kucing antara lain adalah kucing yang takut bila mana di dekatnya ada manusia. Masalah ini sering kali terjadi pada kucing liar yang di adopsi langsung dari jalanan dan kucing tersebut sudah tergolong dewasa yakni sekitar 2 bulan ke atas.

Kucing liar yang baru kita adopsi dan ketakutan terhadap manusia akan menyulitkan kita berinteraksi dengannya. Bukan cuma itu saja, kucing pun cenderung akan lebih sering bersembunyi di tempat yang sempit serta gelap dan akan kabur ke luar rumah di kala ia punya kesempatan untuk kabur.

Kucing yang takut akan manusia tak bisa kita biarkan begitu saja. Masalah ini harus segera kita atasi agar kucing bisa aman juga nyaman hidup bersama kita. Selain itu hal ini juga mesti segera di atasi supaya kita bisa berinteraksi dengan si kucing, menikmati tingkah lucunya dan terhibur dengan perilaku tak terduganya.

Bagi kamu yang bermasalah dengan hal ini dan ingin agar kucing kamu bisa seperti kucing peliharaan lainnnya yang tak takut dengan pemiliknya ataupun orang-orang yang berada di sekitarnya maka kamu bisa mencoba mengatasinya dengan cara yang ada di bawah ini.


9 Cara Mengatasi Kucing Yang Takut Dengan Manusia

Melihat kucing yang baru aja kita adopsi ketakutan terhadap manusia membuat kita merasa khawatir akan kondisi si kucing. Di samping itu ini juga membuat kita tak bisa hidup berdampingan secara dekat dengan si kucing karena ia masih menganggap kita adalah sebuah ancaman yang mesti di waspadai setiap saat.

Karena itulah kita ingin segera menghilangkan ketakutan si kucing akan manusia sehingga kucing bisa bersikap selayaknya kucing peliharaan lainnya. Untuk mengatasi rasa takut kucing akan manusia maka kamu bisa mencoba beberapa cara yang biasa Anggora lakukan. Berikut ini beberapa caranya :

1. Biasakan Kucing Berada Di Dekat Kamu

Membiasakan kucing berada di dekat manusia adalah salah satu cara untuk mengatasi rasa takut kucing. Ambil kucing yang ketakutan kemudian dekatkan ia dengan kamu lalu peganglah kucing beberapa menit saja.

Kamu bisa melakukannya selama 5 atau 10 menit. Ulangi cara ini beberapa kali dalam sehari. Lakukan sampai si kucing menjadi terbiasa dengan adanya manusia di dekatnya. Kucing yang terbiasa nantinya secara perlahan akan kehilangan rasa takutnya pada manusia.

Lalu pada akhirnya kucing tak lagi menganggap manusia yang berada di dekatnya adalah makhluk besar yang dapat menyakitinya kapan saja.

 

2. Sering Mengelus Tubuh Kucing

Cara selanjutnya adalah dengan sering mengelus tubuh kucing. Lakukan hal ini berbarengan dengan membiasakan kucing berada di dekat kamu. Mungkin kucing liar atau kucing baru yang kamu adopsi ketakutan serta terlihat berontak ketika dia berada di dekat kamu dan saat kamu elus.

Biarkan saja kucing bersikap berontak, teruslah elus kepalanya sampai pangkal ekornya berulang-ulang meskipun ia menolaknya. Lakukan hal ini dengan rutin setiap harinya. Lakukan kapanpun kamu ingin memegang kucing ataupun lakukan sebelum memberi kucing makan.

Pada awalnya mungkin cara ini terlihat kurang efektif namun seiring berjalannya waktu ( kurun waktu 3 mingguan ) maka kamu akan melihat perubahan pada diri kucing kamu. Kucing akan terlihat tak begitu ketakutan lagi terhadap orang yang berada di dekatnya.

Kucing akan perlahan mulai berani berinteraksi dengan kamu, selain itu kucing pun tak lagi hobi bersembunyi ataupun mengeong marah di saat kita hendak mengelus tubuhnya. Oh iya satu hal yang penting saat memegang atau mengelus kucing yang ketakutan yaitu jangan terlalu memaksanya.

Bila kucing terlihat sangat berontak dan kamu khawatir kalau terlalu lama memegang kucing dapat membuatnya terluka sebaiknya kucing yang ketakutan di lepaskan saja. Elus kembali kucing beberapa jam atau elus kembali kucing di saat kamu merasa bahwa kucing telah cukup tenang.


3. Beri Kucing Makan Dan Minuman

Memenuhi kebutuhan kucing merupakan salah satu cara agar kucing mengenali kita ssebagai orang yang baik. Kebutuhan yang paling pokok untuk kita penuhi adalah kebutuhan makan dan minum kucing.

Berilah kucing makan dan minum setiap harinya. Untuk pemberian makanan sendiri lakukan secara terjadwal yakni pagi, siang dan malam hari. Berikan kucing makanan yang mengenyangkan dan bernutrisi.

Di sarankan menggunakan makanan khusus kucing yang mana makanan ini sangat baik bila di berikan ke kucing peliharaan. Makanan ini tergolong murah yakni sekitar 25 ribuan tiap 1 kgnya untuk jenis makanan kucing standar seperti makanan kucing merk bolt, felibite dan makanan kucing sejenisnya.

Bila kamu berniat memberikan makanan lain selain makanan khusus kucing, seperti memberikan kucing ikan, daging atau sejenisnya maka ini bukanlah masalah. Hanya saja pastikan makanan yang akan kamu beri harus di masak matang terlebih dahulu dan tak di masak menggunakan bumbu.

Ini untuk menjaga agar kucing tak terinfeksi parasit atau bakteri, menderita masalah pencernaan ataupun mengalami keracunan. Lakukan juga hal serupa pada minuman kucing yakni dengan memasaknya terlebih dulu sebelum di berikan ke kucing agar kucing tetap terjaga kesehatannya.

Di saat kamu memenuhhi kebutuhan makan dan minum kucing maka kucing yang tadinya ketakutan terhadap kamu akan menyadari bahwa kamu adalah orang baik, bisa di andalkan dan tak perlu di takuti.

Dengan melakukan hal ini kamu tak hanya bisa menghilangkan rasa takut dalam dirinya juga bisa membuat kamu di akui sebagai pemiliknya. Namun cara ini tak begitu saja bisa berhasil, cara ini juga membutuhkan waktu untuk bisa berhasil.


4. Berikan Kucing Cemilan

Di saat-saat jeda waktu antara waktu makan utama berikanlah kucing cemilan. Cemilan di sini dapat berupa makanan khusus kucing ataupun makanan lainnya yang kucing bisa makan contohnya adalah ikan dan sejenisnya.

Berikan kucing cemilan untuk membuat kucing semakin mengenal dan dekat dengan kamu, berikan juga kucing cemilan sebagai hadiah jikalau kucing berkelakuan baik. Lakukan hal ini setiap harinya untuk membuat kucing sadar bahwa ia tak perlu takut dengan kamu dan untuk membuat ia dekat dengan kamu.

Perlu di perhatikan bahwa di saat kamu memberi kucing cemilan berikan secukupnya saja untuk menghindari kucing menderita obesitas.

 

5. Sisir Bulu Kucing Sekali Seminggu

Sisirlah bulu kucing setiap sekali seminggu. Lakukan hal ini untuk menghilangkan bulu yang gugur yang mana bisa menyebabkan kucing menderita hairbal sekaligus sebagai salah satu upaya untuk membuat kucing lebih dekat dengan kamu sehingga ketakutannya bisa hilang dengan sendirinya.


6. Mandikan Kucing

Mungkin memandikan kucing tak berkaitan langsung dengan menghilangkan rasa takutnya pada manusia namun hal ini bisa membuat hubungan antara kamu dan kucing semakin dekat. Kucing memang benci mandi dengan air namun ia tak membenci tubuhnya di rawat.

Setelah kucing di mandikan, kucing justru merasa bahwa tubuhnya semakin nyaman karena kotoran, kutu ataupun bau aneh di tubuhnya menghilang. Selain itu melakukan hal ini juga bisa membuat bulu dan kulit kucing sehat.

Untuk memandikan kucing kamu wajib menggunakan shampoo khusus kucing agar tak perih di mata kucing serta tak membuat kucing keracunan saat tak sengaja tertelan. Pastikan juga shampoo tersebut punya manfaat anti kutu, tungau dan anti bakteri agar semakin baik buat tubuh kucing.

Kamu juga wajib memandikan kucing ketika suhu udara cukup panas dan menggunakan air yang hangat untuk memandikan kucing agar kucing tak jatuh sakit sesaat sesudah ia di mandikan.

 

7. Sering Berinteraksi Dengannya

Berinteraksi dengan kucing juga bisa mengatasi rasa takut kucing terhadap manusia. Kucing kamu yang tadinya berburuk sangka pada kamu dan menganggap kamu orang jahat, kini ia akan menarik kembali pikiran buruknya tersebut.

Kucing akan menganggap bahwa apa yang selama ini pikirkan adalah salah sehingga kucing yang sering berinteraksi dengan kamu akan mendapatkan keberaniannya terhadap kamu dan bisa semakin dekat dengan kamu.

Interaksi dengan kucing dapat kamu lakukan dengan cara bermain dengan kucing, mengelus-elus tubuh kucing, tidur bersama kucing dan lainnya.

 

8. Obatilah Kucing Di Saat Ia Sakit

Percayakah kamu bila mana kamu mengobati kucing di saat ia sakit maka ketika kucing telah sembuh, kucing akan menunjukkan pertanda bahwa ia berterima kasih padamu. Tanda tersebut dapat berupa kucing semakin dekat dengan kamu, semakin manja dengan kamu dan ingin selalu bersama dengan kamu.

Tak hanya itu saja, kucing yang ketakutan pada kamu sebelumnya juga akan menjadi tak takut padamu malahan ia akan senang ketika kamu berada di dekatnya.  Bagi orang yang awam dan orang yang baru saja memelihara kucing dan belum pernah merasakan kondisi ini.

Mungkin bagi mereka hal ini aneh juga terdengar seperti bualan semata. Namun bila kamu merasakannya sendiri maka kamu akan meyakininya. Di saat kucing sakit, obatilah kucing. Kamu tak harus melakukannya sendiri, kamu bisa meminta pertolongan dokter hewan untuk mengobati penyakitnya.


9. Jaga Kesehatan Kucing

Sebisa mungkin jagalah kesehatan kucing, memang ini tak terlihat bisa mengatasi rasa takut kucing. Namun perasaan tulus kamu terhadap kucing dan ingin selalu kucing berada dalam kondisi yang sehat akan membuat perasaan kamu tersampaikan kepadanya.

Ini akan membuat kucing tak takut lagi pada kamu, yang ada malah kucing semakin sayang dan manja kepada kamu.

 

Berapa Lama Cara Di Atas Berhasil Bila Di Terapakan ?

Cara di atas tak akan berhasil dalam waktu singkat. Lalu berapa lama cara ini berhasil ? Berdasarkan pengalaman Anggora sendiri, cara ini baru bisa berhasil setelah satu bulan atau lebih. Karena itulah jikalau cara di atas masih belum berhasil dalam semingguan,  jangan berputus asa.

Lakukan terus hingga satu atau dua bulanan. Niscaya kucing kamu yang takut manusia kini akan bersikap biasa bila mereka berada di dekatnya.

 

Mungkin itu saja sih beberapa cara yang menurut Anggora bisa membuat kucing tak takut lagi dengan manusia terutama terhadap pemiliknya sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url