9 Alasan Kenapa Kucing Grooming Dirinya Sendiri

Kucing merupakan hewan yang bersih dan suka kebersihan. Karena itulah sebagian waktu hariannya ia gunakan untuk grooming ( perawatan ) dirinya sendiri, kucing akan membersihkan bulunya, mencakar kayu atau benda lain untuk mengasah kukunya, mengigiti kulitnya untuk menyingkirkan kutu dan sebagainya.

 

Kucing Grooming Dirinya Sendiri

 

Bagi kebanyakan orang atau pecinta kucing mungkin grooming yang sering di lakukan kucing adalah tindakan biasa dan ini wajar di lakukan kucing. Tapi sebenarnya kucing melakukan ini semua bukan hanya bertujuan untuk perawatan tubuhnya namun ada alasan lain mengapa kucing melakukan hal ini.

Lalu apa saja alasan kucing grooming dirinya sendiri. Bagi Sobat Anggora yang penasaran apa saja alasannya maka kamu dapat membaca tulisan Anggora berikut ini untuk mengetahuinya.

 

9 Alasan Kenapa Kucing Grooming Dirinya Sendiri

Seperti yang baru saja Anggora jelaskan di atas bahwa kucing melakukan grooming sendiri bukan hanya karena bertujuan untuk merawat tubuhnya tetapi ada alasan lain mengapa kucing peliharaan kita melakukan hal ini. Berikut ini beberapa alasan mengapa kucing suka grooming dirinya sendiri.

1. Merawat Tubuh Mereka

Alasan pertama yakni kucing melakukan grooming sendiri hanya karena ingin merawat tubuh mereka. Mereka menjilati tubuhnya untuk membersihkan diri atau mandi, menggigiti tubuhnya untuk mematikan kutu di tubuhnya, mencakar karpet atau kayu untuk mengasah kukunya, memakan rumput untuk membersihkan perutnya dari bulu atau benda yang sulit di cerna pencernaan dan lainnya.

Ke semua hal ini kucing lakukan dengan satu tujuan yakni mereka hanya sekedar merawat tubuh mereka agar mereka memiliki penampilan yang bersih, bisa melindungi diri dan juga untuk menjaga kesehatan tubuh mereka.

 

2. Karena Kebiasaan

Grooming merupakam suatu kebiasaan yang telah ada dari zaman nenek moyang kucing. Kebiasaan ini terus di turunkan pada generasi selanjutnya melalui DNA. Kebiasaan ini tertanam dalam DNA kucing dan saat kucing terlahir, kucing tersebut akan membawa kebiasaan ini.

Itulah mengapa ketika kucing sudah beranjak lumayan besar di atas umur 2 bulan, kucing akan bisa melakukan gerakan menjilati tubuh, menggaruk kayu, menggigiti tubuhnya dan tindakan lainnya tanpa perlu di ajari oleh induknya sama sekali.

Mungkin sebelum membaca tulisan ini banyak di antara kita yang berpikir bahwa kucing yang masih baru dewasa belajar melakukan semua tindakan di atas dengan mengamati induknya. Padahal sebenarnya ini adalah kebiasaan atau cara hidup yang tertanam dalam DNA mereka.

Sehingga mereka akan bisa melakukannya tanpa perlu di ajari oleh siapapun termasuk induk mereka sendiri. 


3. Mendinginkan Tubuhnya

Kucing juga melakukan grooming dengan tujuan untuk mendinginkan tubuhnya. Sewaktu kucing merasa bahwa suhu udara sekitarnya terlalu panas maka kucing akan menjilati tubuhnya dengan tujuan mendinginkan tubuhnya.

Kucing akan memanfaatkan penguapan air liur pada bulunya untuk mendinginkan suhu tubuhnya. Dengan cara ini kucing mampu mengontrol sepertiga proses pendinginan pada tubuhnya yang terasa panas.

Bagi kita yang melihat kucing sedang menjilati tubuhnya mungkin akan mengira bahwa kucing hanya sekedar membersihkan tubuhnya dari kotoran dan bau tertentu. Padahal sebenarnya mereka tengah asyik mendinginkan tubuh mereka.

 

4. Menghangatkan Tubuhnya

Selain bertujuan mendinginkan tubuhnya, kucing terkadang melakukan groooming dengan tujuan menghangatkan tubuhnya. Kucing akan menjilati tubuhnya untuk meratakan minyak alami yang ada di sekitar bulu-bulunya.

Nah dengan meratanya minyak alami pada tubuh kucing, kucing akan terlindung dari udara lembab sekaligus membuat tubuhnya terasa lebih hangat.


5. Merangsang Sirkulasi Darah

Kegiatan grooming seperti menjilati tubuhnya ternyata kucing lakukan untuk merangsang sirkulasi darah pada tubuhnya. Kucing melakukan hal ini dengan menggunakan bulu-bulu kecil yang ada pada lidahnya.


6. Untuk Menyenangkan Diri

Bukan cuma untuk merangsang sirkulasi darah saja, tapi self grooming pada kucing juga kucing lakukan untuk menenangkan dirinya. Bagi kucing self grooming adalah kegiatan yang menyenangkan yang mana dapat memberikan rasa nyaman serta relaksasi pada kucing.

Tindakan ini juga sering kali kucing lakukan untuk menyenangkan manusia, kucing lain ataupun anak-anaknya sendiri.


7. Membuat Luka Kucing Tetap Terjaga Bersih

Dalam air liur kucing terdapat enzim yang mana dapat di gunakan kucing sebagai antibiotik alami. Sehingga sewaktu kucing melakukan perawatan pada bulu atau kulitnya maka secara tak langsung ia menjaga tubuhnya dari infeksi.

Bila ada luka ringan di tubuh kucing maka luka yang ia jilati akan terjaga tetap bersih dari kuman dan bakteri. Tetapi sebaiknya bila kucing terluka, di sarankan untuk membawa kucing segera berobat ke dokter hewan.


8. Tujuan Kesehatan

Kucing tak sekedar melakukan grooming terhadap dirinya sendiri hanya agar tubuhnya tetap terawat namun kucing juga melakukannya dengan tujuan kesehatan. Kucing melakukan hal ini agar tubuh, kulitnya dan perutnya tetap sehat.


9. Melindungi Dirinya Dari Predator

Meskipun kucing yang kita pelihara telah menjadi kucing rumahan tetapi tetap saja si kucing masih memiliki kebiasaan liarnya. Kucing akan membersihkan dirinya dengan tujuan menghilangkan segala jejak bau dirinya, bau lainnya ataupun makanan pada tubuhnya.

Ini kucing lakukan agar si predator atau musuh alami kucing tak dapat menemukan keberadaannya sehingga secara tak langsung hal ini akan membuat kucing terlindung dari bahaya yang di timbulkan oleh predator serta menjamin dirinya tetap aman.


Kini kamu telah tahu apa saja penyebab mengapa kucing melakukan grooming pada dirinya sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu.

Oh iya jangan lupa untuk mengikuti informasi terbaru kami secara gratis dengan subsribe atau berlangganan melalui menu subscribe yang berada di halaman paling bawah.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url