6 Penyebab Kenapa Kitten Tidak Mau Makan Dryfood

Setiap makhluk hidup wajib untuk makan demi keberlangsungan hidup mereka masing-masing dan kucing adalah termasuk salah satu makhluk hidup yang wajib makan agar tetap hidup. Meskipun makan adalah suatu keharusan bagi kucing namun ada saat di mana kucing tak mau makan.

 

Kitten Tidak Mau Makan Dryfood

 

Kucing atau anak kucing tak akan mau makan meskipun kita telah menyediakan makanan seperti dry food ( makanan kering ) yang di sukai kucing. Kucing hanya akan melihat makanan saja kemudian kucing akan pergi meninggalkannya.

Melihat hal ini tentunya dalam hati kita yang merupakan pemilik kucing akan bertanya-tanya mengapa kucing tak mau memakan dry food yang kita berikan padanya ?Apa yang membuat kucing menjadi seperti ini ?

Bagi kamu yang ingin tahu jawabannya, sobat Anggora dapat mengetahuinya dengan membaca tulisan di bawah ini.

 

6 Penyebab Kenapa Kitten Tidak Mau Makan Dryfood

Ketika anak kucing atau kitten kesayangan kita mogok makan maka wajib bagi kita untuk mencari tahu apa sih yang membuat si kitten tak mau makan. Ini penting kita lakukan supaya kita tahu penyebabnya dan juga supaya kitten tak jatuh sakit.

Berdasarkan pengalaman Anggora sendiri ada beberapa hal yang mejadi penyebab utama mengapa kitten tak mau makan dry food. Beberapa penyebabnya yakni :

1. Kucing Masih Merasa Kenyang

Jangan negatif dulu, kitten kamu yang gak mau makan dry food mungkin saja karena ia masih kenyang. Karena itulah pada saat kamu menawarkan makanan tersebut padanya ia malah cuek dan tak mempedulikan makanan tersebut sama sekali.

Tunggulah beberapa saat, kira-kira satu atau dua jam-an kemudian coba tawarkan lagi dry food tersebut pada kitten kamu. Jika ia mau memakannya maka bisa kita simpulkan bahwa sebelumnya si kucing masih kenyang.

Bila kucing masih tak mau memakannya, mungkin ada penyebab lain yang membuat kucing tak mau memakannya seperti makanan kering kucing sudah tak bisa di makan.

 

2. Makanan Yang Kamu Beri Sudah Tak Bisa Di Makan

Coba periksa dahulu makanan yang kamu berikan. Periksa apakah makanan kering atau dry food yang kamu beri itu masih bagus atau tidak. Jika setelah di periksa dan ternyata dry food rusak atau kadaluarsa maka mungkin inilah alasan kitten gak mau makan.

Ketika makanan kucing sudah rusak, akan ada perubahan yang terjadi pada makanan tersebut. Makanan bisa saja menjadi terasa pahit, asam, tak berbau atau malah baunya menjadi sangat tak enak di cium oleh kitten.

Inilah mengapa anak kucing menjadi malas makan, ia tak mau makan karena ia menganggap makanan yang kita sajikan padanya tak layak untuk di makan.

 

3. Kucing Tak Suka Dry Food Yang Kamu Beri

Penyebab yang ketiga adalah kemungkinan besar kucing tak suka dengan makanan kucing yang kamu beri. Seperti manusia, beberapa kucing hanya suka makanan tertentu. Kucing tak akan mau makan makanan yang kita beri bila ia tak menyukainya meskipun makanan itu adalah makanan mahal.

Di saat kitten tak mau makan dry food yang kamu beri, cobalah memberi kucing makanan dry food dengan merk atau varian rasa lainnya. Jikalau si kucing mau makan dry food yang lain maka dapat di pastikan kucing tak suka dry food yang pertama kamu berikan  padanya.


4. Bau Dry Food Berubah

Penyebab selanjutnya adalah bau dry food berubah sehingga kitten menjadi tak tertarik memakannya. Bau makanan mungkin tak lagi harum atau bau makanan telah berubah menjadi berbau busuk. Perubahan bau makanan sering kali terjadi pada makanan yang kemasannya tak di tutup rapat.

Selain itu hal ini juga sering kali terjadi pada makanan yang sudah rusak ataupun kadaluarsa. Pernah dahulu ketika Anggora memberi kucing makan dry food mereka tak mau memakan dry food tersebut sama sekali. Setelah dry foodnya di ganti dengan yang baru, barulah mereka mau makan.

Padahal dry foodnya sama-sama dari brand yang sama dan dengan varian rasa yang sama namun mereka lebih memilih yang baru di bandingkan yang lama. Setelah di periksa ternyata makanan yang lama tak lagi harum.

Dari sini Anggora bisa menyimpulkan bahwa ternyata bau makanan juga mempengaruhi nafsu makan kucing atas dry food.


5. Kucing Suka Memilih-Milih Makanan

Ini mungkin terdengar konyol bagi sebagian orang yang membacanya namun faktanya ini adalah kebenaran. Sebagian kucing suka memilih-milih makanan yang ingin ia makan. Jika kucing tak suka makanan tersebut maka ia tak akan memakannya. 

 

6. Kucing Sedang Sakit

Anak kucing tak akan mau makan ketika ia sakit. Ini akan membuat kucing menolak makanan apapun yang kita berikan padanya termasuk dry food. Hal ini di sebabkan penyakit yang ia derita yang membuat kucing kehilangan nafsu makannya.

Kehilangan nafsu makan pada kucing yang sedang sakit umumnya di sebabkan oleh :

  • Tubuh terasa sakit

  • Tubuh terasa tak enak

  • Perut sakit

  • Indra penciuman terganggu

  • Dan lainnya

 

Lalu Bagaimana Agar Kitten Mau Makan Dry Food Lagi ? 

Setelah mengetahui apa yang menyebabkan kucing tak mau makan dry food maka selanjutnya yang wajib kita lakukan adalah mencari solusi yang sesuai dengan kucing kita. Kamu bisa menggunakan beberapa cara berikut ini agar kitten kamu kembali mau makan makanan kering ( dry food ) :

  1. Cobalah memberikan kucing makan waktu makan utama contohnya pada pagi hari, siang hari ataupun malam hari 

  2. Berikan kucing dry food yang ia sukai

  3. Ganti makanan kucing dengan merk ataupun varian rasa yang lain

  4. Beri kucing makanan yang masih baru

  5. Obati kucing agar ia sembuh dan kembali bernafsu makan

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai beberapa penyebab anak kucing tak tak mau makan dry food dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu.

Oh ya jangan lupa terus ikuti informasi terbaru dari kami secara gratis dengan memasukkan email pada menu subcribe pada halaman bagian terbawah.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url