8 Cara Sederhana Agar Kucing Betah Di Rumah Baru

Kucing adalah hewan yang memang bisa di pelihara dalam rumah. Ketika kucing terbiasa tinggal di dalam rumah yang lama maka kucing akan betah tinggal di dalamnya. Meskipun kucing keluar rumah, kucing tak akan pergi jauh dan hanya bermain sebentar di luar sebelum akhirnya kembali ke rumah.

 

Cara Sederhana Agar Kucing Betah Di Rumah Baru


Namun bila kita terpaksa tinggal di lingkungan baru karena suatu alasan dan kucing ikut bersama kita, kucing akan tampak tak betah tinggal di dalam rumah baru tersebut. Kucing akan selalu berusaha kabur.

Kucing yang kabur seolah ingin kembali ke rumah lamanya dan merasa bahwa tempat saat ini bukanlah rumah baginya. Ia masih belum menganggap tempat tersebut rumah barunya meskipun sang pemilik tinggal di sana bersamanya.

Kucing bersikap seperti ini memang karena kucing sensitif terhadap lingkungan sekitarnya. Karena itulah saat terjadi perubahan di sekitarnya maka kucing akan merasa aneh dan berusaha kabur. Untuk mengatasi hal ini maka kamu hanya harus membuat kucing betah di rumah barunya.

Lalu bagaimana cara supaya kucing betah berada dalam rumah barunya ? Ketahui caranya dengan membaca tulisan Anggora di bawah ini sampai akhir. Baca dengan perlahan sampai akhir ya sobat Anggora.

 

8 Cara Sederhana Agar Kucing Betah Di Rumah Baru

Agar kucing tak selalu ingin keluar rumah atau ingin selalu kabur ke luar rumah maka kita sebagai pemilik kucing perlu melakukan hal tertentu untuk membuat kucing menjadi betah di rumah barunya. Lalu apa saja yang mesti kita lakukan agar kucing betah di rumah barunya ?

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat kucing betah berada dalam rumah :

1. Kenali Dahulu Karakteristik Kucing Kamu

Kucing pun memiliki karakteristiknya masing-masing, ada yang penakut, pemberani, pemalu dan semacamnya. Bila kucing kamu penakut maka cara agar ia betah di rumah ialah dengan membuat kucing tak takut lagi dan merasa tempat tersebut adalah aman baginya seperti rumahnya dahulu.

Bila kucing kamu adalah kucing liar yang baru saja kamu adopsi atau pungut dari jalanan maka untuk membuat kucing betah di rumah hanyalah dengan cara membuat kucing tersebut jinak terlebih dahulu dan mengakui kamu sebagai pemiliknya.

 

2. Pastikan Kucing Tak Bisa Keluar Rumah

Saat baru saja menempati rumah baru, pastikan bahwa kucing peliharaan kamu tak bisa keluar rumah. Jangan izinkan kucing untuk keluar sekalipun. Karena apa ? Karena kucing bisa kabur kemudian menghilang sesaat kamu melepasnya keluar rumah.

Ini juga sering kali terjadi pada kucing yang di biarkan bebas di dalam rumah lalu ia kabur melalui jendela atau pintu yang di biarkan terbuka. Jadi, sebaiknya jangan biarkan atau bolehkan kucing keluar rumah hingga seminggu atau dua mingguan sampai kucing terbiasa dengan bagian dalam rumah.

Setelah kucing di rasa terbiasa di dalam rumah kemudian kucing tampak tenang, nyaman dan juga tak terlihat kebingungan atau ketakutan maka kucing akan merasa betah berada di dalam rumah.

Dan sekarang kamu juga bisa membiarkan kucing keluar rumah dengan catatan kamu juga mesti mengawasinya ketika ia berada di luar rumah.


3. Awasi Kucing Ketika Di Luar Rumah

Sewaktu kucing berada di luar rumah sebaiknya awasi kucing dan biarkan ia menjelajah lingkungan barunya. Ini kita lakukan supaya kucing paham akan lingkungan barunya sehingga saat ia berada di luar rumah, ia bisa kembali ke rumah lagi tanpa tersesat.

Lakukan hal ini selama seminggu hingga dua mingguan sampai di rasa kucing sudah terbiasa dengan lingkungan barunya. Oh iya cara ini hanya berlaku pada kucing yang di bebaskan keluar masuk rumah seperti jenis kucing kampung atau kucing biasa lainnya.

Untuk jenis kucing ras sepertinya cara ini tak di perlukan untuk membuat kucing bisa beradaptasi dan betah dengan rumah barunya. Karena kucing ras sendiri tak boleh di biarkan bebas di luar rumah tanpa pengawasan.

Kalau di biarkan di luar rumah tanpa pengawasan yang ada si kucing malah hilang di curi orang. Mereka mencurinya untuk di jual kembali dengan harga murah.

 

4. Manjakan Kucing Dengan Makanan Dan Cemilan Yang Ia Sukai

Manjakanlah kucing kamu dengan makanan atau cemilan yang ia sukai terutama di saat kucing masih belum terbiasa dengan rumah barunya. Untuk awalnya kucing mungkin akan menolak makanan dan cemilan yang kamu berikan.

Tapi kamu jangan khawatir, ini bukan karena kucing sedang sakit dan ini merupakan hal wajar bagi kucing yang tengah kebingungan dengan lingkungan barunya. Tunggulah sampai ia terbiasa kemudian manjakanlah ia dengan makanan yang ia sukai.

Berikan juga makanan atau cemilan setiap kali kucing hendak ke luar rumah. Namun sebelum memberi kucing makanan sebaiknya kamu panggil namanya berulang-ulang dan biarkan ia menghampirimu. Bila ia telah datang ke dekatmu maka berilah ia kembali makanan.

Tujuan melakukan hal ini adalah untuk membuat kucing senang berada di dalam rumah karena ia sering di berikan makanan sekaligus untuk melatih kucing agar tak senang keluar rumah.


5. Membuka Tirai Jendela Rumah

Di eropa para pemilik kucing biasanya sering membuka tirai jendela sampai tak menutupi jendela rumahnya untuk membuat kucing bisa melihat keluar rumah. Ini mereka lakukan supaya kucing tak bosan terus berada di dalam rumah dan bisa melihat ke dunia luar.

Cara ini juga biasa mereka lakukan untuk membuat kucing betah meskipun harus berada di dalam rumah atau apartemen seharian. Mereka mengurung kucing di dalam rumah bukan tanpa alasan. Mereka melakukannya agar kucing tak hilang dan juga agar tak mengganggu tetangga.

Orang eropa memang terkenal dengan kedisiplinannya dan tak mau mengganggu orang lain. Di samping itu ada alasan lainnya mengapa mereka melakukan hal ini. Ini karena orang eropa sama saja dengan mereka yang tinggal di negara ini.

Ketika mereka terganggu dengan kucing bisa saja mereka melukai atau membunuh kucing tersebut bahkan mereka bisa membuang kucing ke tempat yang jauh. 

 

6. Memberikan Kucing Mainan

Selain memberikan kucing makanan atau cemilan yang ia sukai. Kamu juga bisa memberikan kucing mainan. Berikan kucing jenis mainan yang umumnya kucing suka untuk memainkannya seperti mainan bola, ular-ularan dan mainan sejenisnya.

Mainan ini akan membantu menghilangkan kebosanan pada kucing kesayangan sehingga ia menjadi semakin betah rumah.

 

7. Memakai Tali Khusus Kucing

Nah cara yang ke tujuh ini bisa kamu coba jikalau 5 cara di atas gagal untuk membuat kucing betah berada di dalam rumah. Cara ini mungkin tergolong agak memaksa karena harus mengikat kucing dengan menggunakan tali khusus kucing.

Tapi cara ini menurut Anggora jauh lebih baik bila di bandingkan dengan kita harus kehilangan kucing kita karena sering berkeliaran di luar rumah. Mereka bisa hilang karena tersesat, di curi orang ataupun mati di tabrak dan karena alasan lainnya.

Untuk tali pengikatnya sendiri tergolong aman meskipun kucing berontak karena tali ini memang di buat kusus untuk kucing. Tali ini juga di jual dengan harga terjangkau loh. Harganya cuma sekitar 40 ribuan dan kamu bisa membelinya di petsore ataupun melalui toko online.

Pada awalnya kucing mungkin agak tak nyaman dengan cara ini dan terlihat berontak namun lama kelamaan seiring berjalannya waktu maka kucing akan terbiasa dan tak akan merasa terganggu. Oh iya sebaiknya gunakan cara ini di saat tertentu saja.

Misalnya saat pintu rumah harus di buka lebar dan tak boleh di tutup. Gunakan di saat-saat tertentu saja supaya kucing kesayangan tak merasa terkekang.

 

8. Mensterilkan Kucing

Kucing kamu mungkin tak betah berada di rumah karena ia sedang berada dalam masa birahi. Pada masa ini kucing akan cenderung lebih senang keluar rumah dan pergi mencari betina yang mau menjadi pasangannya.

Bila kucing ternyata memang sedang berada dalam masa birahi maka satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara melakukan steril pada kucing. Sterilisasi pada kucing dapat kamu lakukan di dokter hewan terdekat.

Dengan melakukan cara ini biasanya kucing akan menjadi lebih tenang dan lebih senang berada di dalam rumah.

 

Kesimpulan

Jadi berdasarkan tulisan di atas ada 8 cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk membuat si kucing betah berada dalam rumah yang baru. Beberapa cara tersebut antara lain :

  • Mengenali karakteristik kucing

  • Pastikan kucing tak bisa keluar rumah

  • Awasi kucing ketika berada di luar rumah

  • Manjakan kucing dengan makanan atau cemilan yang ia sukai

  • Membuka tirai jendela rumah 

  • Berikan kucing mainan

  • Memakai tali khusus kucing

  • Mensterilkan kucing

 

Itulah dia pembahasan mengenai cara mudah membuat kucing betah berada di dalam rumah. Semoga ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url