7 Alasan Kenapa Kucing Sering Berantem Di Malam Hari

Ada satu hal dari tingkah laku kucing yang sangat menjengkelkan baik itu bagi pemilik kucing ataupun orang yang berada di sekitarnya. Perilaku tersebut adalah kucing yang senang berantem pada malam hari. Ia sering kali melakukan hal ini beberapa kali dalam seminggu.

 

Alasan Kenapa Kucing Sering Berantem Di Malam Hari


Seolah hal ini merupakan salah satu perilaku yang menjadi kebiasaan kucing dan tak bisa di hilangkan dari diri kucing itu sendiri. Menurut Anggora sendiri hal ini telah ada sejak zaman dahulu, saat di mana nenek moyang kucing masih hidup

Mereka melakukan pertengkaran atau perkelahian tersebut dengan tujuan tertentu. Jika hal itu terpenuhi maka kucing akan mendapatkan kepuasan tersendiri atas tindakannya ini. Perkelahian ini masa demi masa terus ada hingga sampai saat ini.

Lalu apa saja sih alasan atau penyebab yang membuat kucing, baik itu kucing peliharaan ataupun kucing liar hobi berantam dengan kucing lainnya. Bagi sobat Anggora yang penasaran ingin tahu jawabannya maka kamu wajib membaca tulisan Anggora di bawah ini sampai akhir untuk mengetahuinya.


7 Alasan Kenapa Kucing Sering Berantem Di Malam Hari

Seperti apa yang Anggora sebutkan di atas bahwa kucing yang melakukan hal ini seolah ini sudah menjadi bagian hidupnya, ia memiliki alasan tertentu kenapa ia melakukannya. Banyak alasan yang membuat kucing melakukan hal ini di malam hari.

Mulai dari alasan yang terkesan sepele ataupun karena alasan yang menyangkut hal-hal penting tertentu. Apa saja alasan kenapa kucing bertengkar di malam hari adalah sebagai berikut :

1. Kebiasaan Yang Sudah Ada Dari Pendahulu Kucing

Dalam beberapa kasus kamu mungkin akan keheranan kenapa kucing bisa belajar sesuatu seperti groming tubuhnya, mengubur kotorannya di dalam tanah, melahirkan atau merawat anaknya padahal ia baru pertama kali melakukannya dan lainnya.

Ia bisa melakukan hal ini meskipun tak ada kucing lainnya yang berada didekatnya dan mengajarinya. Meskipun ada, kucing lain tersebut tak akan punya kemampuan untuk mengajari kucing lainnya mengenai cara mereka hidup.

Kamu mungkin berpikir bahwa kucing memiliki kecerdasan tertentu sehingga ia mampu mempelajarinya sendiri atau menirunya dari kucing lainnya tetapi yang kamu pikirkan adalah salah besar.

Kucing bisa mengetahui hal tersebut karena kebiasaan hidup yang telah tersimpan di dalam DNA kucing. Sehingga ini bisa membuat kucing mengetahui bagaimana cara hidup yang benar meskipun kucing tak memiliki kecerdasan tertentu dan hanya mengandalkan instingnya.

Jadi salah satu alasan kucing berantem di malam hari adalah karena adanya kebiasaan hidup yang di wariskan secara tururn temurun dalam DNA kucing.


2. Kucing Bukanlah Hewan Yang Hidup Berkelompok

Dari kucing yang senang berkelahi dengan kucing lainnya bisa kita ambil kesimpulan bahwa kucing bukanlah hewan yang hidup dengan cara berkelompok. Mereka hidup dengan sendiri-sendirinya tanpa adanya intervensi kucing lainnya.

Mereka hidup di dalam satu wilayah tertentu yang mereka klaim sebagai wilayah kekuasaan mereka sendiri. Walalupun area itu adalah halaman atau bagian dalam rumah pemiliknya., kucing rumahan tetap akan menganggap area tersebut miliknya.

Karena itulah di saat ada kucing yang masuk wilayah kekuasaanya kucing, si pemilik area akan langsung menghajar dan mengusir kucing yang masuk bahkan walaupun mereka memasuki area tersebut pada tengah malam.

Namun ini jarang sekali terjadi pada kucing betina yang memasuki area kucing tertentu. Kucing jantan yang mengaku sebagai pemilik area tersebut malah tak akan berbuat apa-apa serta membiarkan kucing betina memasuki wilayahnya.

Mungkin karena gendernya betina makanya si kucing jantan acuh-acuh saja padanya hehehe.


3. Untuk Mempertahankan Wilayah Yang Ia Kuasai

Sewaktu kucing menganggap bahwa area tertentu adalah wilayah yang ia kuasai maka kucing akan berantem dengan kucing lainnya yang sembarangan memasuki wilayahnya. Ia melakukan hal ini meskipun itu di temhah malam.

Bukan cuma dengan kucing liar saja, sering kali kucing akan berkelahi dengan kucing lainnya dalam rumah sebab ia menganggap kucing tersebut ingin merebut wilayahnya. Padahal kucing lain tersebut adalah kucing yang sama-sama tinggal seatap dengannya.

Umumnya ini sering terjadi pada kucing dengan jenis kelamin yang sama dan belum steril contohnya jantan dengan jantan dan betina dengan betina. Untuk kucing yang sudah steril, perkelahian ini jarang terjadi.


4. Bertahan Hidup

Alasan lainnya karena kucing mungkin ingin bertahan hidup. Karena itulah kucing memasuki wilayah milik kucing lainnya demi mendapatkan makanan sisa di area tersebut dan bisa menghilangkan rasa laparnya.

Kucing melakukan hal ini di malam hari sebab menganggap pemilik wialayah sedang tertidur namun ternyata ia bangun dan terjadilah perkelahian.

 

5. Memperebutkan Kucing Betina Idamannya

Bukan cuma di dunia manusia saja, perkelahian karena wanita sering kali terjadi pada kucing. Mereka akan berkelahi satu sama lain untuk menentukan pemenangnya dan mengusir pihak yang kalah pergi menjauh.

Di samping itu kucing yang menang pun akan tampak hebat di mata sang betina dan berkesempatan memenangkan hati sang betina pujaannya. Perkelahian akan hal ini normalnya terjadi ketika para kucing memasuki masa birahi atau masa kawin.

Ketika ini terjadi maka perkelahian tak akan terelakkan bahkan perkelahian akan terjadi antar kucing yang memiliki darah yang sama atau bersaudara.


6. Insting Alami Kucing

Selain karena kebiasaan yang di turunkan secara turun temurun, insting alami kucing juga adalah salah satu pemicu kucing dapat berkelahi di malam hari. Kucing yang melihat kucing lain yang merupakan ancaman akan langsung secara insting menyerangnya di saat ia yakin ia akan menang.

Jikalau kucing tak yakin ia menang melawan kucing lainnya maka insting alaminya akan mengatakan padanya untuk berlari menjauh dari dekat kucing yang menjadi musuhnya.


7. Kucing Memang Hobi Berkelahi

Beberapa kucing memamng memiliki karakteristik sendiri dan salah satunya adalah kucing hobi berkelahi. Ini sering kali di miliki oleh kucing jantan yang bertubuh besar dan kuat yang mana sering kali menang berantem dengan kucing lainnya.

Karena inilah kepercayaan diri kucing meningkat sehingga pada akhirnya ia menjadi kucing yang hobi berkelahi. Seiring berjalannya waktu, kucing akan kehilangan hobinya ini karena lama kelamaan ia akan merasa bahwa tubuhnya semakin lemah karena penuaan dan ia merasa kucing muda lainnya menjadi semakin kuat.


Kesimpulan

Setelah membaca tulisan di atas kamu kini dapat mengetahui apa saja penyebab yang membuat kucing sering kali berkelahi di malam hari. Penyebabnya antara lain :

  • Kebiasaan kucing yang telah ada sejak jaman dahulu

  • Kucing bukan golongan hewan yang hidup berkelompok

  • Demi mempertahankan wilayah yang ia kuasai

  • Demi bertahan hidup

  • Memperebutkan kucing betina

  • Insting alami si kucing

  • Si kucing memang hobi berkelahi


Itulah dia 7 alasan kenapa kucing peliharaan ataupun kucing liar senang berkelahi dengan kucing lainnya di malam hari. Semoga artikel ini bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url