7 penyebab Kenapa Kucing Tidak Mau Makan Dry Food

Semua makhluk hidup yang hidup di muka bumi ini butuh makan agar mereka bisa menjaga kelangsungan hidup masing-masing dan kucing merupakan salah satu bagian dari makhluk hidup tersebut.


Kenapa Kucing Tidak Mau Makan Dry Food

 

Kucing butuh makan untuk terus hidup namun ada saat di mana kucing tak akan mau makan sama sekali. Mereka tak akan mau memakan makanan yang kita berikan. Bahkan makanan kering atau dry food yang biasa menjadi makanan favorit mereka, akan kucing tolak mentah-mentah.

Tentunya kucing yang tak mau makan ini akan membuat kita sebagai pemilik khawatir kalau kucing akan jatuh sakit dan heran kenapa kucing tak mau makan dry food. Tak hanya itu saja kita pun akan berusaha semampu kita untuk membuat kucing kesayangan kembali mau makan.

Lalu apa saja yang membuat sobat bulu kesayangan tak mau memakan dry food lagi dan bagaimanakah cara mengatasinya ? Cari tahu jawabannya dengan membaca tulisan Anggora di bawah ini.

 

7 Sebab Kenapa Kucing Tidak Mau Makan Dryfood

Di saat sobat bulu kita tak bernafsu untuk memakan jenis makanan kering seperti dry food maka penting bagi kita untuk mencari tahu apa yang menyebabkan kucing menjadi seperti ini. Dengan mengetahui penyebabnya nantinya kita dapat mencarikan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini.

Berdasarkan pengalaman Anggora, beberapa penyebab yang umumnya menjadi penyebab utama atas masalah ini, yakni :

1. Si Kucing Masih Kekenyangan

Jangan langsung memutuskan bahwa kucing yang tak mau makan dry food adalah karena ia sedang sakit. Jangan terburu-buru dalam menyimpulkan sesuatu, bisa jadi kucing kamu cuma masih kekenyangan sehingga membuat ia tak ingin makan sama sekali.

Cobalah menunggu sampai kucing merasa benar-benar lapar atau tunggu hingga 2 sampai 3 jam lagi sebelum memberikan kembali makanan kucing. Bila setelah 2-3 jam kucing mau makan makanan yang kita sajikan padanya, itu berarti kucing tidak mau makan karena sebelumnya ia masih kekenyangan.

Dan sebaliknya jika kucing masih tetap tak mau makan sama sekali, ini bisa di sebabkan oleh penyebab lainya seperti kucing masih belum merasa lapar. 


2. Si Kucing Belum Merasa lapar

Mungkin kucing kamu belum lapar karena itulah meskipun kamu memberikan ia makanan kering yang ia sukai tetap saja si kucing gak akan mau memakannya. Jadi agar kucing mau memakannya kamu cuma mesti menunggu sampai ia lapar.


3. Kucing Tak Menyukai Dry Food Tersebut

Bila kucing tak menyukai makanan yang kita berikan pada mereka maka kucing tak akan mau memakannya. Tak peduli makanan jenis apa yang kita berikan padanya, bila ia tak suka maka tak akan ia makan.

Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk memberikan kucing makanan kering dengan brand ataupun varian rasa yang berbeda dengan apa yang selama ini biasa kamu berikan. Bila ternyata setelah di ganti, kucing mau kembali makan maka bisa di pastikan kucing tak menyukai dry food yang sebelumnya kamu berikan padanya.

 

4. Kucing Merasa Bahwa Makanan Sudah Tak Layak Di Makan

Sebelum memberikan kucing makanan kucing, pastikan untuk memeriksa makanan kucing terlebih dahulu. Periksa apakah makanan yang kamu beri masih layak untuk di makan atau tidak. Kalau makanan tak layak di makan maka mungkin inilah penyebab kucing gak mau makan makanan tersebut.

Mekipun kucing adalah hewan yang tergolong rakus ketika menemukan makanan namun kucing tetap adalah hewan yang memilah-milah makanan. Sewaktu ia merasa bahwa makanan tersebut tak layak di makan maka ia akan mengabaikan makanan tersebut.

Kucing mengetahui bahwa makanan tak layak di makan dengan mencium bau makanan dan merasakan rasa makanan. Bagi mereka makanan yang baunya tak enak di cium dan terasa aneh adalah makanan yang tak layak di makan.

Oh iya, ketika makanan kucing telah rusak sebaiknya jangan lagi di berikan ke kucing. Jangan di berikan ke kucing jikalau kamu tak mau kucing kamu jatuh sakit akibat kucing mengalami sakit perut, masalah pencernaan ataupun keracunan.


5. Bau Dari Dry Food Mungkin Telah Berubah

Selain karena makanan sudah tak layak lagi di makan, bagi kucing bau makanan juga akan mempengaruhi nafsu makan kucing sehingga membuat si kucing tak akan mau memakan makanan tersebut.

Kejadian ini mirip seperti kita manusa yang ketika mencium bau makanan sudah berubah menjadi bau, maka kita akan kehilangan niatan untuk memakan makanan tersebut. Perubahan bau makanan sering kali terjadi akibat kelalaian pemilik.

Kelalaian tersebut dapat berupa lupa menutup bungkus kemasan makanan, tak menutup rapat kemasan makanan, salah menempatkan makanan kering dan sebagainya. Bila kamu tak percaya bahwa bau makanan dapat membuat kucing tak mau memakan makanan kering maka kamu dapat melakukan sebuah percobaan.

Cobalah memberikan kucing 2 dry food dengan jenis dan varian rasa yang sama yang membedakan adalah yang satu adalah makanan kucing yang baunya telah berubah dan yang satu adalah makanan kucing yang masih baru dan belum ada perubahan bau.

Dari percobaan ini nantinya kamu akan menemukan bahwa kucing akan lebih memilih memakan makanan dry food yang baunya masih belum berubah dan tak akan mau menyentuh dry food yang baunya telah berubah.


6. Kucing Kamu Mungkin Tipe Pemilih

Bukan cuma manusia saja loh yang bisa memiliki sifat pemilih makanan tetapi ternyata kucing pun memilikinya, Beberapa kucing ada yang suka memilah-milah makanan yang akan di makannya. Kucing hanya akan memakan makanan yang ia suka dan akan menghindari makanan yang tak ia suka.

 

7. Kucing Kamu Mungkin Sakit

Ketika kucing sedang sakit merupakan hal yang wajar bagi kucing kesayangan kita untuk tak mau makan. Penyebab utamanya adalah akibat kucing kehilangan nafsu makannya karena ia merasa tubuhnya sakit.

Selain karena tubuh terasa sakit, penyebab lainnya yang membuat kucing kehilangan nafsu makan, yaitu :

  • Badan kucing terasa tak nyaman

  • Sakit pada bagian tertentu seperti sakit pada mulut yang terjadi pada kucing dengan masalah radang gusi, radang mulut, radang tenggorokan dan lainnya

  • Kemampuan indra penciuman yang mengalami penurunan atau terganggu

  • Sakit pada perut kucing

  • Dan lainnya

 

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Hal Ini ?

Setelah kita tahu apa saja yang membuat kucing tak mau memakan dry food maka tindakan berikutnya yang musti kita lakukan adalah mengatasi hal ini. Nah untuk mengatasi hal ini kamu bisa mencoba mengggunakan beberapa cara yang ada di bawah ini :

  1. Beri kucing makan di saat waktu makan

  2. Berikan kucing dry food yang masih bagus

  3. Pastikan kamu menyimpan dry food dengan baik agar makanan tak cepat rusak atau baunya berubah

  4. Bila kucing tak mau makan makanan yang lama maka cobalah menggantinya dengan makanan yang masih baru

  5. Bila kucing masih tetap saja tak mau makan, cobalah ganti dry food dengan merk lain atau varian rasa lain

  6. Ketika kucing sakit, obatilah kucing

 

Itulah dia 7 penyebab kenapa kucing tak mau makan dry food dan bagaimana cara mengatasi masalah ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu.

Oh ya jangan lupa terus ikuti informasi terbaru dari kenangananggora.com secara gratis dengan memasukkan email pada menu subcribe pada halaman bagian terbawah.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url