6 Cara Mudah Mengatasi Kucing Yang Kedinginan

Kucing merupakam hewan mamalia yang lucu serta menggemaskan. Yang mana hewan yang satu ini karena kelucuannya tersebut sering kali di jadikan peliharaan. Tak hanya itu saja kucing pun punya banyak tingkah yang unik yang seringkali membuat orang di dekatnya bahagia serta selalu ingin berada di dekat mereka.

 

Cara Mengatasi Kucing Yang Kedinginan

 

Sebagai balasan dari kucing yang membuat kita bahagia tentunya mereka atau kita yang menjadi pemilik kucing akan merawat kucing dengan baik. Namun walalupun kita sang pemilik kucing telah merawat kucing dengan baik, pastinya akan ada saja banyak masalah yang terjadi pada kucing.

Salah satu dari sekian banyak masalah tersebut adalah kucing kedinginan. Kucing kedinginan memang terkesan masalah yang sepele terutama bagi mereka yang baru saja masuk dunia perkucingan atau pemula dalam memelihara kucing.

Bagi mereka hal ini memang sepele namun sebenarnya tidak, masalah seperti kucing kedinginan bukanlah hal yang sepele karena bila di biarkan bisa membuat kucing menderita penyakit seperti demam, flu serta bahkan hal ini dapat merenggut nyawanya.

Kematian pada kucing akibat kedinginan pada kucing sendiri kebanyakan di sebabkan kucing mengalami Hipotermia. Hipotermia adalah kondisi di mana tubuh kucing mengalami penurunan suhu tubuh yang drastis sehingga organ vital pada tubuh seperti jantung, ginjal dan sejenisnya beresiko mengalami kegagalan fungsi.

Tentunya kita tak ingin hal ini terjadi pada kucing kesayangan kita, bukan ? Karena itulah di saat kucing tengah kedinginan, bersegeralah untuk mengatasinya. Lalu bagaimanakah cara mengatasi kucing yang sedang kedinginan ?

Bagi Good Owners yang ingin tahu caranya, kamu dapat menyimak tulisan Anggora di bawah ini. Baca hingga akhir ya.

 

6 Cara Mudah Mengatasi Kucing Kedinginan

Seperti yang Anggora jelaskan di atas bahwa kucing kedinginan bukanlah hal yang tergolong sepele dan harus segera di atasi. Untuk mengatasi hal ini sebenarnya cukup mudah apalagi jikalau kita sudah tahu caranya.

Bagi kamu yang ingin membuat kucing tak lagi kedinginan maka kamu dapat mencoba cara berikut ini :

1. Pastikan Bahwa Kucing Memanglah Kedinginan

Sebelum kita mulai mengatasi kucing kedinginan, lebih baik kita pastikan dulu apakah si kucing benar-benar kedinginan atau tidak. Karena nantinya bakal lucu jikalau kita berusaha membuat kucing tak kedinginan padahal si kucing sebenarnya bukanlah kedinginan.

Kucing yang kedinginan sering kali di tandai dengan kucing bersin. Namun bersin tak bisa di jadikan patokan, ada beberapa ciri lain dari kucing kedinginan berdasarkan sepengetahuan Anggora. Beberapa ciri tersebut seperti : 

  • Kucing gemetaran

  • Bulu kucing berdiri

  • Kucing lebih sering tidur

  • Kucing hilang nafsu makan untuk sesaat

  • Kucing tidur melingkar

  • Dan lainnya


2. Selimuti Kucing Dengan Selimut Atau Kain Tebal

Sesudah yakin bahwa sobat bulu kesayangan kita sedang kedinginan maka langkah pertama yang dapat kita lakukan untuknya adalah dengan menyelimuti tubuhnya dengan selimut atau kain tebal. Kamu dapat menggunakan selimut atau kain yang berbahan dasar wol atau flanel.

Selimuti kucing dari ujung kaki bagian belakang hingga bagian leher saja. Ini kita lakukan supaya kucing masih bisa bernafas dengan bebas serta tubuhnya bisa menjadi lebih hangat. Bila kucing tak mau di selimuti maka kamu bisa meletakkan kain di dekatnya saja.

Kucing yang kedinginan biasanya akan langsung mendekati kain kemudian kucing akan duduk atau berbaring di atas kain tersebut. Ini adalah respon umum yang kucing lakukan di saat ia kedinginan, ia akan mencari tempat yang hangat seperti tumpukan kain agar ia tak kedinginan lagi.

Ketika kucing sudah merasa nyaman dengan posisinya juga merasa tubuhnya agak hangat biasanya kucing yang di selimuti kain atau berada di atas kain akan tertidur. Kucing akan terus tertidur pulas, kucing hanya akan terbangun di saat ia ingin pipis, pup, minum, makan ataupun di saat ia merasa tubuhnya atau udara di sekitarnya tak lagi terasa dingin.


3. Buat Kucing Makan Lebih Banyak Dari Biasanya

Bukan cuma untuk menggemukkan kucing saja, dengan membuat kucing makan lebih banyak bisa mengatasi masalah kedinginan pada kucing. Ini karena dengan banyaknya makanan yang masuk ke dalam tubuh maka tubuh akan bekerja untuk mencerna makanan.

Nah di saat makanan ini di cerna tubuh kucing maka tubuh kucing akan hangat. Alasannya karena saat mencerna makanan, tubuh akan membakar energi makanya tubuh kucing terasa hangat. Untuk makanan yang di berikan sebaiknya berikan daging, terserah mau daging ikan, daging ayam atau sejenisnya.

Karena makanan di atas jauh lebih efektif di berikan dalam jumlah banyak untuk membuat tubuh kucing hangat dan makanan di atas lama di cerna sehingga hangat tubuh kucing bisa terjaga dalam waktu yang lumayan lama.

Bila kamu tak punya daging di rumah maka kamu masih bisa kok menggantinya dengan makanan lain. Intinya kamu memberi kucing makan dalam jumlah banyak dan makanan yang kamu berikan adalah makanan yang aman di konsumsi oleh kucing.


4. Berikan Kucing Tempat Yang Hangat

Cara yang keempat adalah dengan memberikan kucing tempat yang hangat. Contohnya adalah membiarkan kucing tidur pada tempat yang hangat seperti sofa, tempat tidur, di atas perangkat elektronik, di bawah lampu tidur dan di dekat perapian.

Terkadang sebagian kucing masih tetap merasa kedinginan meskipun telah di beri kain atau selimut sementara sebagian lainnya tak suka di  berikan kain atau selimut tebal, mereka malah memilih untuk mencari tempat yang hangat untuk tidur seperti beberapa tempat yang Anggora sebutkan di atas.

Jadi di saat kucing merasa selimut atau kain tak cukup untuk menghangat tubuh mereka maka berikan mereka tempat yang hangat untuk tidur.

 

5. Jemur Kucing Di Bawah Panasnya Sinar Matahari

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk membuat kucing kamu yang merasa kedinginan menjadi baikan adalah dengan cara menjemur kucing di bawah sinar matahari di saat cuaca sedang cerah.

Kamu dapat menjemur kucing dengan cara mengurungnya dalam kandang yang di letakkan di bawah sinar matahari ( Lakukan ini jika kamu takut kucing kamu hilang atau kabur ). Kamu juga bisa membiarkan kucing kamu berada di luar rumah untuk bermain atau berkeliaran di saat cuaca sedang panas.

Jemur sampai kucing terlihat tak kedinginan lagi, jangan jemur terlalu lama takutnya kucing bisa dehidrasi atau kepanasan. Pastikan juga kamu menjemur kucing di tempat yang terkena sinar cahaya mahari langsung, bukan di tempat yang tak terkena matahari langsung ataupun sinar mataharinya redup.

Oh iya selain mampu mengatasi kedinginan pada kucing, cara ini juga bermanfaat membuat bulu kucing menjadi lebih sehat.

 

6. Letakkan Kucing Di Ruangan Yang Hangat

Bila cuaca sedang tak cerah sehingga tak mungkin bagi kita untuk menjemur kucing di bawah panasnya sinar matahari maka untuk membuat kucing yang kedinginan menjadi merasa lebih hangat, kita hanya perlu memindahkannya ke ruangan yang lebih hangat.

Seperti memindahkan kucing ke dalam ruangan yang ada penghangatnya, seperti dekat perapian ataupun ruangan sejenisnya. Bila saat ini kamu berada di ruangan yang menggunakan kipas angin atau AC maka sebaiknya matikan kedua alat elektronik ini sehingga suhu ruangan tak dingin.


Mudah bukan untuk mengatasi kucing yang tubuhnya kedinginan. Oh iya bila cara di atas tak berhasil dan kondisi kucing malah semakin memburuk sebaiknya segera bawa kucing berobat ke dokter hewan ya untuk menghindari hal-hal yang tak kita inginkan.

Cukup sampai di sini pembahasannya. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat membuat kamu paham lebih dalam mengenai hal ini dan bisa membantu kamu mengatasi masalah ini.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url