7 Cara Mudah Mengatasi Kucing Yang Suka Menggigit

Serupa dengan manusia, kucing juga akan melampiaskan perasaannya dengan melakukan sesuatu. Salah satu yang biasa kucing lakukan untuk melampiaskan perasaannya adalah kucing akan menggigit sesuatu yang berada di dekatnya.

 

Cara Mengatasi Kucing Yang Suka Menggigit


Kucing akan menggigit benda atau bahkan orang-orang yang berada di sekitarnya. Mungkin di antara kita ada yang pernah merasakan gigitan kucing dan ini adalah hal yang biasa terjadi pada mereka yang memelihara kucing.

Walaupun sudah terbiasa namun jika kita terlalu sering di gigit oleh kucing, ini pastinya akan membuat kita kesal sehingga akan membuat kita berpikir bagaimana sih cara untuk membuat si sobat bulu kesayangan tidak punya kebiasaan menggigit orang di sekitarnya.

Untuk membuat kucing tak melakukan hal ini lagi tentunya membutuhkan cara tertentu. Lalu bagaimanakah cara membuat kucing tak suka menggigit lagi ? Cari tahu caranya dengan membaca tulisan Anggora berikut ini.

 

Kucing Suka Menggigit, Normalkah Perilaku Ini ?

Menggigit pada kucing adalah suatu yang normal jika kucing melakukannya dengan suatu alasan tertentu dan kucing tak melakukan hal ini terus menerus secara berulang-ulang dengan jarak waktu yang terbilang dekat.

Bila kucing melakukannya tanpa alasan tertentu dan ia melakukannya terlalu sering maka perilaku ini jelas tak normal dan wajib bagi kamu sang pemilik kucing curiga bahwa hal ini di sebabkan kucing mengalami masalah tertentu.

Contohnya kucing yang suka menggigit terlalu sering dan tanpa alasan yang jelas, bisa jadi di karenakan kucing sedang mengalami stress. Kucing yang mengalami stress umumnya mengalami perubahan perilaku seperti menjadi pemarah, agresif, melakukan sesuatu secara berlebihan dan lainnya.

Ketika kucing kamu mengalami masalah tertentu sebaiknya kamu segera mengatasi hal ini, di sarankan untuk membawa kucing ke dokter hewan.

 

Bagaimana Dengan Anak Kucing Yang Sering Menggigit Atau Mencakar Ketika Di Pegang ?

Mungkin di rumah kamu memiliki kucing yang memiliki anak kucing dan anak kucing ini setiap kali di pegang ia akan mencakar ataupun menggigiti tangan kamu. Lalu bagaimana dengan hal ini apakah hal  ini wajar ataukah kucing sedang mengalami masalah tertentu seperti stress dan lainnya ?

Jangan khawatir akan hal ini, anak kucing kamu tak mengalami masalah apapun dan sikapnya ini cukup normal untuk kucing seusianya. Ini karena kucing yang masih anak-anak cenderung lebih aktif dan senang bermain.

Sehingga setiap kali kamu mencoba memegang tubuhnya ia akan mengira bahwa kamu mencoba bermain dengannya sehingga ia akan menggigiti ataupun mencakar tangan serta kaki kamu. Atau bisa jadi setiap kali kamu memegangnya ia menganggap bahwa kamu mengganggu waktu bermainnya sehingga ia akan mencoba menggigiti atau mencakar tangan kamu untuk melepaskan dirinya.

Untuk kucing yang terbilang masih muda perilaku ini adalah hal yang wajar karena sifat mereka yang cenderung aktif, senang bermain dan ingin bebas berkeliaran. Jadi ketika anak kucing kamu senang melakukan hal ini maka kamu tak perlu mengkhawatirkannya

 

Beberapa Penyebab Yang Membuat Kucing Senang Menggigit Orang Disekitarnya

Sebelum masuk ke pembahasan bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi kucing yang suka menggigit, ada baiknya kita tahu penyebab yang membuat kucing menggigit kita. Dengan mengetahui hal ini nantinya bisa membantu kita mencegah dan mengatasinya.

Kucing menggigit orang di sekitarnya sebenarnya bukan tanpa sebab. Banyak hal yang membuat kucing terpicu melakukan tindakan ini. Penyebab tersebut bisa datang dari si sobat bulu itu sendiri ataupun dari pemilik ataupun orang-orang yang berada di ekitarnya.

Apa saja penyebabnya, berikut ini beberapa di antaranya :

1. Kucing Merasa Terganggu

Seperti halnya manusia kucing pun terkadang tak suka di ganggu. Sewaktu kucing merasa tindakan yang kita lakukan mengganggunya, biasanya kucing akan pergi meninggalkan kita dengan cara menjauh.

Bukan cuma itu saja kucing pun akan menegur kita. Teguran di sini bisa dengan meongan lalu jika ia merasa bahwa kita tak mengerti apa yang ia katakan, kucing tak jarang akan menangkap tangan kita lalu ia pun akan mengigitnya.

 

2. Kucing Merasa Tidak Ingin Di Pegang

Akan ada saat di mana kucing tak ingin di pegang. Saat-saat tersebut seperti saat kucing tengah asik grooming ( melakukan perawatan ) terhadap dirinya sendiri ataupun di saat kucing tengah berniat untuk tidur.

Bila kita memegang kucing di saat ia tengah tak ingin di pegang maka tak jarang si sobat bulu kesayangan akan mengunyah tangan kita dengan gemas.

 

3. Kamu Memegang Ekor Kucing

Ekor kucing merupakan salah satu bagian sensitif yang ada pada tubuh kucing. Bagian ini mengandung banyak sekali saraf, otot dan tulang yang terbilang rawan mengalami kerusakan jika terkena benturan keras atau hal lainnya yang bisa membuat ekornya terluka.

Bukan cuma itu saja, ekor juga berperan penting dalam menjaga keseimbangan tubuh kucing. Itulah mengapa kucing sangat menjaga sekali bagian ini. Karena itulah setiap kali kamu memegang ekor kucing maka kucing akan merespon dengan mencakar kamu ataupun menggigiti tangan kamu.

 

4. Kamu Memegang Perut Kucing

Selain ekor kucing, perut kucing juga merupakan area yang sensitif bagi kucing. Bila kamu memegang bagian ini, tak jarang kucing akan marah ataupun merasa terganggu. Ini karena ketika perut mereka di pegang kucing akan merasakan geli.

Karena itulah tak jarang sewaktu kita mengelus kucing kemudian tanpa sengaja atau secara sengaja kita mengelus perutnya maka kucing akan mendorong tangan kita dengan kakinya lalu jika kita masih bersikeras memegang perutnya maka si kucing akan menggigiti tangan yang hendak menyentuh perutnya.

 

5. Mencari Perhatian

Menggigit tangan juga merupakan salah satu cara kucing untuk mencari perhatian kita. Kucing yang mencari perhatian dengan cara ini biasanya ingin tubuhnya di elus-elus, ingin di ajak bermain ataupun ingin di manja oleh kita.


6. Kucing Ingin Bermain Dengan Kamu

Seperti yang barusan Anggora sebutkan di atas bahwa kucing yang menggigit tangan pemiliknya adalah bentuk perilaku kucing untuk mencari perhatian pemiliknya. Umumnya kucing melakukan ini agar ia mendapat perhatian pemiliknya atau orang yang berada di dekatnya supaya di temani bermain.

Kalau kucing kamu melakukan hal ini untuk mengajak kamu bermain maka luangkanlah waktu kamu untuk bermain dengannya meskipun kamu hanya bermain dengannya sekitar 5 sampai 10 menitan saja.

Dengan bermain bersama kucing, hubungan kalian akan semakin dekat serta kucing akan semakin sayang padamu. 


7. Kucing Sedang Emosian Atau Marah

Kucing yang sedang emosian atau marah biasanya akan cenderung lebih agresif dari pada biasanya. Jangan ganggu mereka ketika mereka sedang berada dalam situasi ini, karena kalau kamu bersikeras memegang mereka di saat mereka sedang marah maka kamu akan mendapatkan apa yang tak kamu inginkan.

Kucing akan mencakar ataupun tak segan-segan menerkam tangan kamu. Oleh sebab itulah di saat kucing sedang emosian atau marah sebaiknya kamu membiarkan ia sendiri dahulu sampai ia merasa benar-benar tenang.

Atau kamu juga bisa membantu meredakan amarahnya dengan menyingkirkan hal-hal yang membuat ia merasa marah.

 

8. Kucing Merasa Lapar

Penyebab lainnya yakni kucing sedang kelaparan sehingga kucing akan menggigiti benda-benda yang berada di sekitarnya untuk menghabiskan waktu sekaligus untuk mengalihkan pikirannya dari rasa lapar yang sedang ia rasakan.

Kucing pun juga akan melakukan hal ini untuk memberi tahu pemiliknya bahwa ia sedang lapar. 


9. Kucing Sedang Stress

Perubahan perilaku umum terjadi pada kucing yang sedang stress. Kucing yang tadinya ramah bisa saja menjadi agresif ketika ia mengalami stress. Kucing bisa menerkam dan mencakar siapapun yang berada di dekatnya termasuk pemiliknya sendiri.


Cara Mengatasi Atau Menghilangkan Kebiasaan Kucing Yang Suka Menggigit

Untuk mengatasi hal ini maka kamu hanya perlu melakukan beberapa cara mengatasi kucing yang suka menggigit berikut ini :

1. Jangan Pegang Kucing Di Saat Ia Sedang Sibuk Atau Sedang Marah

Agar kucing tak menerkam tangan kamu sebaiknya jangan memegang ataupun mengelus kucing di saat ia sedang sibuk ataupun sedang marah. Sebaiknya biarkan ia menyendiri dulu sampai ia tak sibuk lagi dan emosinya mereda.

 

2. Hindari Mengelus Area Sensitif Pada Tubuh Kucing

Kucing memiliki area sensitif yang tak boleh di sentuh yakni ekor dan bagian bawah perut. Kalau kucing kamu senang menerkam tangan kamu di kala kamu memegang 2 bagian tubuhnya ini maka bisa di pastikan inilah penyebabnya.

Jadi ketika kamu memegang kucing, pastikan kamu tak memegang area yang sensitif sehingga kucing tak menggigit tangan kamu.


3. Lakukan Interaksi Dengan Kucing Di Waktu Luang

Lakukan interaksi sesering mungkin dengan kucing. Karena ini dapat mempererat hubungan kamu dengan kucing dan membuat kamu tak asing baginya. Sewaktu kucing merasa dekat dengan kamu maka kucing akan tak tega melukai kamu.

Meskipun pada akhirnya kucing akan menggigiti tangan kamu namun ia akan melakukannya dengan tidak kuat supaya kamu tak terluka.


4. Ajak Kucing Bermain

Ajaklah kucing bermain, ini bisa melampiaskan perasaan kucing dan membuat ia lebih senang dan mengurangi tindakan agresif kucing


5. Penuhi Kebutuhan Kucing

Kucing yang kelaparan umumnya akan melakukan sesuatu hal yang menunjukkan ia lapar seperti menggigiti benda di sekitarnya ataupun menggigit tangan serta kaki pemiliknya. Untuk menghilangkan hal ini kamu cukup memenuhi kebutuhan makan dan minum kucing.


6. Tunggu Kucing Dewasa

Jikalau kucing yang senang menggigit kamu adalah anak kucing maka untuk mengatasi kebiasaannya ini kamu perlu menunggu ia dewasa. Kenapa ? Sebab kebiasaan ini sulit di hilangkan mengingat anak kucing sangat senang bermain di usianya ini.

Kucing senang bermain dengan menangkap, mengejar dan menggigiti benda apapun yang ia anggap mainan termasuk tangan dan kaki kita. Seiring berjalannya waktu dan kucing menjadi dewasa maka kebiasaan ini akan hilang dengan sendirinya.


7. Atasi Stress Kucing

Jika penyebabnya adalah stress maka kamu harus mengatasi hal ini dahulu supaya kucing tak lagi suka menggigit. Caranya bisa kamu cari di situs ini dengan kata kunci "cara menghilangkan stress pada kucing".


Demikian artikel ini semoga bermanfaat. Ikuti informasi terbaru dari kami secara gratis dengan menekan tombol subscribe yang ada pada halaman bawah.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url