16 Cara Mudah Merawat Kucing Anggora Agar Bulunya Tidak Rontok

Kucing Anggora merupakan salah satu jenis kucing yang memiliki bulu panjang dan lebat. Terutama pada bagian ekornya yang memiliki bulu yang lebih tebal serta panjang di bandingkan dengan bulu-bulu yang ada diseluruh tubuhnya.

 

Cara Merawat Kucing Anggora Agar Bulunya Tidak Rontok

 

Karena kucing ini memiliki bulu yang lebat dan panjang di bagian ekornya tak jarang kucing ini di juluki kucing berekor kemoceng. Julukan ini di berikan berdasarkan ekor kucing yang terlihat mirip kemoceng.

Bulu-bulu lebat, tebal dan indah pada kucing Anggora bukanlah hal yang bisa didapatkan tanpa adanya perawatan yang baik. Bila kucing Anggora tak di rawat dengan baik yang ada kucing ini malah akan memiliki bulu, tipis, kusam bahkan bulu-bulu kucing pun tak jarang akan mengalami kerontokan.

Tentunya kita tak mau jikalau hal ini terjadi pada kucing Anggora kesayangan kita. Nah agar kucing kita tak mengalami hal ini maka sebagai pemilik yang baik kita perlu tahu bagaimana cara merawat bulu kucing Anggora yang benar sehingga bulu kucing senantiasa lebat, panjang, indah dan tak mengalami kerontokan.

Lalu bagaimana caranya ? Caranya bisa Good Owner lihat pada tulisan Anggora di bawah ini. Baca hingga akhir ya.

 

16 Cara Merawat Kucing Anggora Agar Bulunya Tidak Rontok

Merawat kucing Anggora kesayangan kita dengan baik adalah sebuah keharusan. Merawat kucing Anggora tak hanya sekedar memenuhi kebutuhan makan dan minumnya saja tetapi juga mesti memperhatikan kesehatan tubuhnya termasuk salah satunya adalah memperhatikan kesehatan bulu kucing.

Untuk merawat bulu kucing Anggora agar bulunya lebat, panjang dan tak mudah rontok membutuhkan beberapa cara tertentu. Berikut ini beberapa acaranya :

1. Sisir Bulu Kucing

Biasakanlah menyisir bulu kucing minimal sekali sehari setiap harinya secara teratur. Hal ini akan membantu kucing membersihkan bulunya dari kotoran dan bulu-bulu yang rontok sehingga bulu kucing menjadi semakin sehat.

Selain itu ini juga mampu mengurangi resiko kucing mengalami masalah hairball. Untuk menyisir bulu kucing kamu perlu menggunakan sisir khusus kucing, sisir ini dapat kamu beli di petshop ataupun di toko online.

Harganya cukup murah kok, cuma sekitar 20 ribuan. Oh iya saat menyisir bulu kucing pastikan kamu menyisirnya dengan lembut dan perlahan ya agar tak menyakiti kucing kesayangan kita. Dengan menyisir bulu kucing kamu tak hanya menjaga bulu kucing tetap sehat, kamu juga menjaga kulit kucing tetap sehat, mengurangi resiko hairball dan mencegah masalah kerontokan pada kucing.

 

2. Memandikan Kucing

Mandikan kucing tiap seminggu sekali, saat memandikan kucing pastikan kamu menggunakan produk shampoo yang memiliki manfaat menjaga kesehatan bulu kucing, anti kutu, anti fungal dan juga anti bakteri dan aman di gunakan untuk kucing.

Shampoo jenis ini sangat baik di gunakan bagi kucing karena tak hanya mampu menjaga kesehatan bulu juga mampu mencegah masalah kulit pada kucing. Perlu kamu tahu bahwa masalah kulit pada kucing merupakan salah satu penyebab utama mengapa bulu kucing Anggora mengalami kerontokan.

Masalah kulit pada kucing dapat membuat kucing menjadi lebih sering menjilati kulit sekaligus bulu di tubuhnya akibatnya bulu yang di jilati tersebut menjadi mudah rontok dan terkadang menyebabkan iritasi ataupun luka pada kulit kucing.

Karena itulah agar bulu kucing tetap sehat dan kuat pastikan kucing di mandikan sekali seminggu atau 2 kali dalam sebulan dan gunakan produk shampoo yang baik untuk kesehatan bulu dan mampu membuat bulu kuat dan tak mudah rontok.

 

3. Berikan Kuning Telur

Kuning telur kaya akan protein dan memiliki manfaat yang baik terhadap bulu kucing. Selain itu pemberian kuning telur di nilai juga mampu membuat tubuh kucing gemuk dan bagus untuk kesehatan kulit kucing. Cobalah memberikan kuning telur 3 kali dalam seminggu sebagai suplemen bagi kucing.

Saat kamu memberikan kuning telur pada kucing pastikan hanya memberikan bagian kuningnya saja ya dan hindari memberikan bagian putih telur pada kucing. Ini karena putih telur tak baik untuk di berikan pada kucing kesayangan dan mampu memberi pengaruh buruk pada kesehatan kucing.


4. Vitamin E

Bukan cuma kuning telur saja, kamu juga dapat memberikan kucing kamu vitamin E loh. Ya vitamin E yang biasa di konsumsi oleh manusia dapat kamu berikan pada sobat bulu kamu. Pemberian vitamin E pada kucing dapat mencegah kerontokan pada bulu-buku kucing.

Selain itu vitamin E bagi kucing juga bermanfaat sebagai :

  • Antioksidan

  • Menjaga kesehatan kulit kucing

  • Baik untuk kucing hamil

  • Menjaga keseimbangan hormon

  • Dan lainnya.

 

Sebelum kamu memberikan Vitamin E pada kucing, mintalah saran dokter mengenai dosis pemberian vitamin E yang sesuai dengan kucing. Ini di lakukan agar pemberian vitamin E aman bagi kucing dan kucing dapat merasakan secara maksimal efek positifnya.

 

5. Minyak Ikan

Selain vitamin E, minyak ikan pun bagus untuk memperkuat bulu kucing Anggora kita. Ini karena minyak ikan banyak mengandung Omega-3. Cobalah untuk memberikan pada kucing minyak ikan 2 kali dalam sebulan.

Bagi kamu yang tak tahu di mana bisa membeli minyak ikan, kamu bisa membelinya di apotek terdekat di rumah kamu ataupun membelinya di petshop dan dari dokter hewan langganan kamu.


6. Makanan Bergizi

Cara ke enam untuk mengatasi bulu kucing Anggora agar tidak mudah rontok adalah dengan memberikan makanan bergizi pada kucing. Memberikan makanan bergizi bagi kucing tak hanya akan mampu membantu kucing tetap sehat dan membantu tumbuh kembangnya juga agar bulu kucing tidak mudah rontok.

 

7. Berikan Kucing Makanan Khusus Untuk Kesehatan Bulu Kucing

Memberikan kucing makanan khusus untuk kesehatan bulu kucing juga merupakan salah satu upaya yang dapat kamu lakukan agar bulu kucing Anggora kamu tidak mudah rontok. Makanan jenis ini bisa kamu beli di petshop ataupun toko online.

Beberapa contoh merk makanan kucing yang bagus untuk mencegah kerontokan dan memperlebat bulu kucing antara lain :

  • Royal Canin Hair And

  • Pro Plan Derma Plus

  • Ori Cat Kitten Hair And

  • Dan lainnya


8. Jemur Kucing Secara Teratur Di Bawah Sinar Matahari

Jemurlah kucing secara teratur pada pagi hari di bawah sinar matahari. Matahari pagi sangat baik bagi kucing karena sinar matahari ini mengandung vitamin alami yang mana sangat baik untuk kesehatan tubuh dan bulu kucing.

Dengan rajin menjemur kucing di pagi hari akan memperkuat bulu kucing sehingga bulu-bulu nya tidak mudah rontok. Ini juga akan membuat kucing terlihat lebih menawan. Oh iya saat kamu menjemur kucing di bawah sinar matahari sebaiknya jemur sekitar 5- 10 menitan atau beberapa saat saja.

Karena jikalau terlalu lama menjemur kucing maka kucing akan merasa kepanasan dan bisa-bisa terkena dehidrasi.

 

9. Atur Suhu Ruangan Agar Sejuk

Mungkin banyak di antara kita yang berpikir bahwa panas tak akan berpengaruh pada bulu kucing padahal sebenarnya panas bisa mempengaruhi bulu kucing dan membuat bulunya mudah rontok. Karena itulah untuk menghindari hal ini sebaiknya atur ruangan agar tetap sejuk.

Bila kamu memiliki AC di rumah maka sebaiknya aturlah suhu udara ruangan pada suhu sekitar 25-30 derajat celcius.

 

10. Beri Bedak Kucing

Setiap kucing selesai di mandikan maka berikanlah kucing bedak khusus kucing. Produk ini dapat membersihkan bulu dari kotoran dan juga lemak, selain itu produk ini juga dapat membantu mengantisipasi jamur, bakteri dan mencegah kerontokan pada bulu kucing.

 

11. Obat Dan Vitamin

Berikan juga pada kucing obat dan vitamin yang di formulasikan secara khusus untuk kesehatan bulu kucing. Dengan memberi kucing obat dan vitamin khusus bulu kucing, ini akan membuat bulu kucing kuat, tak mudah rontok serta terlihat lebih lebat dan indah.

Kamu bisa membeli obat dan vitamin ini Petshop ataupun toko online. Sebelum memberikan kucing obat dan vitamin, kamu harus terlebih dahulu memabaca petunjuk yang ada di luar kemasan atau mintalah rekomendisasi dokter.

Ini kita lakukan untuk menjaga bulu-bulu dan kulit kucing tetap sehat dan pemberian vitamin dapat di berikan secara amana pada kucing.

 

12. Hindari Stress Pada Kucing

Hindari stress pada kucing, bila kucing memiliki stress maka sebaiknya segera di atasi. Stress pada kucing dapat membuat kucing menjadi memiliki perilaku abnormal seperti kucing menjadi senang menggigiti kulitnya dan sering menjilati bulu-bulunya akibatnya bulu kucing mudah rontok serta kucing mengalami kebotakan pada area tertentu.

 

13. Jangan Berikan Kucing Makanan Laut Terlalu Sering

Jangan memberikan kucing makanan laut seperti ikan asin, udang, ikan tongkol dan makanan laut lainnya ke kucing Anggora kita. Karena makanan ini dapat menyebabkan masalah kulit pada kucing Anggora peliharaan kita.

Lalu apa hubungannya masalah kulit dengan bulu kucing yang rontok ? Bila kulit kucing bermasalah maka otomatis kucing Anggora kesayangan kita akan menjadi sering menjilati tubuhnya yang ia rasa gatal.

Jika kucing sering menjilati tubuhnya maka kamu tahu sendirilah apa yang terjadi pada bulu yang sering di jilati kucing Anggora tersebut. Ya benar. Bulu kucing akan mengalami kerontokan di area tersebut.

Pemberian makanan yang berasal dari laut boleh di berikan ke kucing dengan catatan makanan tersebut hanya sesekali saja di berikan ke kucing kita.


14. Makanan Berprotein Tinggi

Pada umumnya makanan kucing instan memang mengandung protein yang cukup tinggi namun tak ada salahnya bagi kita untuk memberikan makanan tambahan berprotein tinggi bagi kucing sebagai makanan ataupun sekedar cemilan.

Karena makanan berprotein tinggi sangat baik bagi kesehatan kulit dan untuk bulu-bulu kucing. Makanan jenis ini mampu meregenerasi sel kulit, membantu pertumbuhan bulu, memperkuat bulu kucing serta bisa membantu melebatkan bulu kucing.


15. Usahakan Kucing Tak Berkelahi Dengan Kucing Lainnya

Kerontokan pada bulu kucing Anggora tak semata-mata di karenakan makanan ataupun perawatan yang buruk tetapi bisa juga di karenakan kucing yang sering berkelahi dengan kucing lainnya. Karena itulah usahakan agar kucing Anggora kamu tidak berkelahi dengan kucing lainnya.

Agar kucing tak berkelahi dengan kucing lainnya kamu dapat melakukan :

  • Mengurung kucing dalam kandang

  • Mengurung kucing dalam rumah

  • Melakukan strerilisasi pada kucing

  • Memelihara kucing yang berlainan jenis kelamin

  • Mengusir kucing lain yang masuk ke dalam rumah

 

16. Periksa Ke Dokter Hewan Secara Teratur

Yang terakhir adalah memeriksa kucing ke dokter hewan secara teratur. Ini kita lakukan untuk memantau kondisi kesehatan kucing sekaligus meminimalisir kucing terkena penyakit tertentu yang mana bisa mempengaruhi pertumbuhan bulu dan menyebabkan kerontokan pada bulu kucing.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai cara mudah merawat kucing Anggora agar bulunya tidak mudah rontok. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu mendapatkan jawaban yang memuaskan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url