12 Cara Mudah Menenangkan Kucing Kecil Yang Mengeong Terus

Bagi kamu yang memelihara kucing, memiliki anak kucing yang masih kecil merupakan sesuatu hal yang menyenangkan. Bagaimana tidak, anak kucing memiliki perilaku yang riang, sangat senang berinteraksi dengan kita manusia dan sikap polosnya saat bermain seringkali mengundang gelak tawa bagi kita.

 

Cara Menenangkan Kucing Kecil Yang Mengeong Terus

 

Walaupun anak kucing terkenal riang, senang bermain dan terbilang sangat aktif bergerak tetapi akan ada saat di mana anak kucing yang masih kecil tersebut menjadi muram, tak mau bermain dan malah mengeong terus-terusan.

Sewaktu ini terjadi sebagai pemilik kucing kecil tersebut, pastinya kita akan berusaha sebaik mungkin untuk membuat kucing tenang, aman dan tak mengeong terus-terusan. Untuk menenangkan kucing kecil yang terus mengeong tentulah membutuhkan cara tertentu.

Lalu bagaimanakah cara menenangkan kucing kecil yang mengeong terus ? Bagi Sobat Anggora yang ingin mengetahuinya, kamu dapat melihat caranya di bawah ini. Baca hingga akhir ya.

 

13 Penyebab Kenapa Kucing Kecil Atau Anak Kucing Mengeong Terus 

Berdasarkan pengalaman Anggora sendiri ada beberapa hal yang menjadi penyebab utama mengapa anak kucing atau kucing yang bertubuh kecil mengeong terus. Beberapa penyebabnya antara lain :

  • Kucing kelaparan

  • Kucing kehausan

  • Kucing merasa kesepian

  • Kucing mencari ibunya

  • Kucing ingin tidur

  • Kucing mencari perhatian orang di sekitarnya

  • Kucing merasa stress

  • Karena pindah pemilik

  • Karena pindah rumah

  • Kucing mabuk perjalanan

  • Kucing ingin keluar rumah atau ruangan

  • Kucing ingin kencing atau pipis

  • Kucing ingin buang air besar

 

Jadi, bila kucing kamu yang masih anak-anak atau bertubuh kecil sering mengeong maka bisa jadi penyebabnya adalah salah satu dari beberapa penyebab yang Anggora sebutkan di atas.


12 Cara Mudah Menenangkan Kucing Kecil Yang Mengeong Terus

Nah setelah tahu apa saja yang menyebabkan kucing kesayangan kita mengeong terus maka langkah selanjutnya bagi kita adalah mencoba menenangkan kucing agar ia bisa berhenti mengeong dan kembali berprilaku normal seperti biasanya.

Lantas bagaimana cara kita menenangkan kucing ? Kamu dapat menggunakan beberapa cara di bawah ini :

1. Beri Kucing Makanan

Anak kucing atau kucing kecil yang sering mengeong biasanya di di karenakan kucing sedang merasa kelaparan. Karena itulah untuk menenangkan kucing supaya ia tak lagi mengeong maka caranya hanyalah dengan memberi kucing makanan.

Cobalah memberikan kucing makanan ( di sarankan menggunakan makanan yang mudah di kunyah kucing seperti wet food ), jikalau ia mau makan lalu setelahnya ia berhenti mengeong maka ini berarti kucing mengeong gelisah karena ia merasa kelaparan.

Untuk kucing yang masih belum bisa makan atau masih menyusui maka agar ia berhenti mengeong adalah dengan cara membuat induknya menyusuinya atau kamu bisa memberikan kucing susu khusus kucing dengan menggunakan spuit ( suntik tanpa jarum ) untuk memudahkan pemberian susu.


2. Temani Kucing

Beberapa kucing ada yang sifatnya unik yakni bila ia di tinggal sendirian dan ia merasa kesepian maka ia akan mengeong-ngeong terus-terusan. Barulah setelah kita bersamanya atau ia melihat ada kucing di sekitarnya, kucing akan tenang dan berhenti mengeong.

Jadi jika kucing kamu mengeong karena ia merasa kesepian maka cobalah untuk memanggilnya dan bawa ia ke dekat kamu atau carikan kucing lain untuk menemaninya.

 

3. Beri Kucing Minum

Kucing kamu yang masih kecil mungkin mengeong terus karena ia kehausan. Untuk mengatasinya kamu hanya perlu memberikan kucing minum. Berikan kucing minum air putih, pastikan kamu memberi kucing air yang sudah di masak matang ya.

Karena kalau di berikan air mentah, kucing bisa sakit perut dan mengalami masalah pencernaan yang di akibatkan oleh infeksi parasit atau bakteri yang banyak terkandung dalam air mentah. Oh iya jikalau kucing tak mau di beri air minum maka cobalah memberikan kucing kamu yang masih kecil air susu.

Setelah kucing minum biasanya kucing yang tadinya selalu mengeong akan berhenti mengeong dan kembali bersikap biasa seperti sebelumnya.

 

4. Bawa Kucing Ke Dekat Ibunya

Kucing kecil yang gelisah biasanya karena ia kehilangan ibunya. Supaya kucing bisa tenang dan tak mengeong-ngeong mencari ibunya maka kamu hanya perlu membawa ia ke ibunya atau membawa ibunya ke dekatnya.


5. Buat Kucing Tidur

Bila si kucing kecil milikmu tak sendirian, tak kelaparan, tak kehausan dan ia bersama dengan induknya maka bisa jadi ini di karenakan kucing kelelahan serta ingin tidur. Kamu bisa membuat kucing diam dengan cara menidurkannya.

Memang sulit sih menidurkan kucing namun tak ada salahnya mencobanya. Cara menidurkan kucing dengan membawa kucing ke tempat ia biasa tidur kemudian mengusap-ngusap kepalanya sampai ia tertidur.

Biasanya jikalau kucing benar kelelahan maka beberapa saat setelah kamu melakukan cara tersebut, kucing akan tertidur.

 

6. Dekati Kucing

Kucing mengeong terus bisa jadi hanya kerena ia ingin di perhatikan. Cobalah untuk mendekati kucing lalu berinteraksilah dengannya. Bila benar kucing hanya ingin di perhatikan maka setelah kamu berinteraksi dengannya, kucing akan berhenti mengeong.


7. Atasi Stress Kucing

Sewaktu kucing stress, kucing akan mengalami perubahan perilaku seperti kucing yang tadinya aktif menjadi pendiam, hilang nafsu makan, menjadi lebih agresif atau lebih sering tidur. Tak hanya itu saja kucing pun terkadang akan menjadi lebih sering mengeong.

Satu-satunya cara untuk menghentikan meongan kucing adalah dengan menghilangkan rasa stress pada kucing itu sendiri.

Untuk menghilangkan stres pada kucing, kamu bisa mencoba cara yang ada di sini.


8. Biarkan Kucing Terbiasa Dengan Rumah Barunya

Pindah rumah juga akan membuat kucing yang baru saja tiba di rumah barunya menjadi sering mengeong. Namun kamu jangan khawatir akan hal ini, kucing dengan sendirinya akan berhenti setelah ia terbiasa dengan suasana rumah barunya.

Sedikit catatan, jikalau kamu baru pindah rumah sebaiknya jangan biarkan kucing keluar rumah sampai ia terbiasa dengan rumah barunya karena jika kamu membiarkan kucing keluar rumah maka kucing akan kabur lalu hilang.

Saat baru pindah rumah, kurung kucing dalam rumah hingga ia terbiasa, kurung selama 1 atau 2 minggu . Serlama ia di kurung, bawalah ia sesekali jalan-jalan keluar rumah agar ia semakin mengenal lingkungan barunya.

Cara ini berlaku hanya untuk kucing yang di bebaskan keluar masuk rumah, untuk kucing yang biasa di kandangkan atau di kurung dalam ruangan maka cara ini tak perlu di lakukan.


9. Buat Si Kucing Mengakui Kamu Sebagai Pemiliknya

Bila kamu baru saja mengadopsi kucing kecil milik kamu maka hal yang wajar bagi kucing untuk terus-terusan mengeong. Ini terjadi karena pemiliknya berubah sehingga kucing merasa bahwa ia tak bersama pemiliknya yang sebenarnya ( seperti merasa sedang di culik ).

Selain itu perubahan tempat tinggal dan kucing yang merasa kebingungan juga merupakan bagian dari penyebab kucing menjadi lebih sering mengeong. Cara untuk mengatasi hal ini hanyalah dengan merawat kucing dengan baik dan membiarkan ia terbiasa dengan keberadaan kamu ataupun lingkungan barunya.

Biasanya jika kamu merawat kucing dengan baik serta penuh kasih sayang juga kucing telah terbiasa dengan rumah barunya maka kucing akan tenang dan tak akan mengeong terus-terusan lagi. Umumnya ini membutuhkan waktu sekitar seminggu hingga dua mingguan.

 

10. Biarkan Kucing Ke Tempat Yang Ia Inginkan

Sama seperti manusia, kucing pun tak akan suka jikalau ia di kurung terus-terusan pada suatu ruangan dalam waktu yang cukup lama. Kucing yang ingin keluar dari ruangan tersebut biasanya akan mengeong-ngeong terus hingga ia di perbolehkan keluar.

Bagaimana cara kita supaya tahu bahwa kucing ingin keluar ruangan ? Cukup dengan melihat di mana kucing mengeong, bila ia mengeong tepat di depan pintu, maka kucing kecil atau anak kucing kesayangan kamu ingin keluar dari ruangan tersebut.

Dengan membuka pintu dan membiarkan kucing keluar ruangan, biasanya kucing kecilmu akan berhenti mengeong terus-terusan.

 

11. Hilangkan Rasa Mabuk Kucing

Kalau kucing kecil milik kamu sering mengeong-ngeong dalam perjalanan atau sesudah tiba di tempat tujuan, bisa jadi ini di akibatkan kucing mabuk. Loh memang bisa kucing mabuk ? Ya bisa, hanya saja sewaktu kucing mabuk ia tak bisa mengatakan pada kita bahwa ia mabuk.

Untuk mengetahui bahwa kucing mabuk adalah dengan melihat ciri tertentu yang ia tunjukkan di saat ia mabuk, salah satu ciri-cirinya adalah kucing menjadi sering mengeong. Agar kucing tenang dan tak mengeong lagi, kamu cukup mengatasi mabuk kucing.

 

12. Tunjukkan Kucing Tempat Di Mana Ia Bisa Buang Air Besar Atau Kecil

Mungkin kucing kamu sedang ingin buang air besar atau kecil sehingga ia terus-terusan mengeong. Biasanya ini sering terjadi pada anak kucing yang masih kecil, mereka mengeong karena ingin buang air besar atau buang air kecil.

Mereka akan mengeong sambil mengais-ngais lantai, kalau kamu melihat kucing melakukan ini sebaiknya kamu segera mengangkat kucing ke kamar mandi atau ke atas litter box. Setelah di bawa ke kamar mandi atau ke litter box maka kucing biasanya akan buang air lalu setelahnya kucing akan tenang.


Itulah pembahasan 12 cara mudah mengatasi atau menenangkan kucing kecil yang mengeong-ngeong terus-terusan. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu mendapatkan jawaban yang memuaskan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url