Bolehkah Kucing Makan Buah Naga ? Ternyata Ini Jawabannya !

Kita tak akan pernah tahu apa saja yang di lakukan kucing sewaktu berada dalam rumah. Ketika kucing penasaran, ia akan bermain dengan benda yang ada di sekitarnya. Bahkan tak jarang ia memakan benda tersebut bila mana ia merasa hal itu bisa ia makan.

 

Kucing Boleh Makan Buah Naga
Foto Buah Naga


Karena itulah penting bagi kita sebagai pemilik kucing untuk sadar akan potensi bahaya dalam rumah. Sebab benda dan makanan yang ada dalam rumah mungkin aman bagi kita manusia tapi untuk kucing bisa sebaliknya.

Kedua hal tersebut bisa saja membahayakan kucing atau merusak kesehatannya. Membahas soal makanan, salah satu makanan yang terkadang ada di rumah adalah buah naga. Buah naga merupakan buah yang dahulu sempat populer.

Buah yang satu ini merupakan buah tropis yang sangat lezat. Pada saat kita memakan buah naga pastinya pernah terlintas di pikiran kita untuk memberikan buah naga pada kucing peliharaan. Lantas apakah boleh memberikan buah naga untuk di makan pada kucing ?

Mari cari tahu jawabannya dengan membaca tulisan Anggora di bawah ini sampai akhir.


Apa Itu Buah Naga ?

Kenapa buah ini di beri nama buah naga ? Ia di beri nama buah naga karena berdasarkan bentuknya yang bersisik hijau serta kulitnya yang merah sehingga buah ini seolah seperti naga yang bersisik. Dahulu buah naga merupakan buah yang sempat sangat amat populer di Indonesia.

Karena populernya buah ini, dahulu banyak sekali jenis snack yang di buat dari bahan pokok buah naga, yang di jual di pasaran. Tahukah kamu buah naga itu sendiri sebenarnya adalah buah tropis, yaitu buah yang hanya tumbuh di daerah yang bersuhu 25 derajat celcius atau lebih.

Dari mana sih buah ini berasal ? Buah eksotis ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Buahnya tumbuh di kaktus Hylocereus, biasa disebut sebagai ratu Honolulu. Yang paling unik dari kaktus ini adalah bunganya hanya terbuka di malam hari.

Selain di sebut dengan nama buah naga, buah ini pun memiliki nama lain yakni pir strawberry, pitahaya dan pitaya. Pada zaman ini buah naga tak hanya di budidayakan di satu tempat tertentu saja tapi kini di berbagai belahan dunia dengan varietas umum daging putih dan biji yang hitam.

Sebenarnya ada varietas lain seperti daging merah, kulit kuning dan lainnya tetapi varietas ini terbilang sangat jarang. Buah naga merupakan buah yang tak di ragukan manfaat kesehatannya bagi tubuh manusia jika di konsumsi.

Beberapa manfaat buah naga bagi manusia antara lain : 

  • Prebiotik

  • Kaya vitamin C

  • Kaya serat

  • Kaya antioksidan

  • Bermanfaat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

  • Meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh

 

Walaupun buah naga memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh manusia namun bukan berarti hal yang sama berlaku bila kucing mengkonsumsinya.

 

Lalu Bolehkah Kucing Makan Buah Naga ?

Ya, kucing boleh makan buah naga tetapi makanan ini hanya bisa di berikan sebagai snack saja. Buah naga tak bisa di berikan sebagai makanan utama kucing. Buah naga juga bukanlah buah yang beracun. Jadi, jika kucing secara tak sengaja memakan buah naga yang terletak di meja, ini bukanlah masalah.

Bagi manusia buah naga mungkin adalah buah yang sangat bergizi namun untuk kucing yang merupakan hewan karnivora, makanan ini bukanlah makanan yang baik bagi tubuh mereka. Ini karena kucing tak dapat mencerna nutrisi dari tanaman dengan baik.

Nutrisi yang mudah mereka cerna hanyalah nutrisi yang berasal dari daging dan semua kebutuhan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh kucing juga hanya terdapat pada daging. Sehingga tak ada gunanya melengkapi diet kucing dengan buah naga.

 

Bagaimana Dengan Buah Yang Lain ? Bolehkah Kucing Memakannya ?

Pada dasarnya kucing adalah hewan Karnivora sehingga dapat kita simpulkan bahwa buah-buahan tak baik di konsumsi oleh kucing. Bukan hanya karena kurangnya nutrisi tapi juga akibat pencernaan kucing yang sulit mencernanya.

Namun kalau berbicara tentang buah-buahan yang sekedar tak beracun dan aman ketika di makan oleh sobat bulu kesayangan kita maka ada beberapa jenis buah-buahan yang mereka dapat makan. Tetapi kucing hanya boleh memakan buah-buahan ini dalam porsi kecil saja.

Bila kucing memakannya dalam jumlah yang banyak maka di khawatirkan akan mengganggu kesehatannya. Masalah kesehatan saluran pencernaan seperti diare, mual, muntah, konstipasi bisa terjadi jika kucing memakan buah ini dalam porsi besar.

Berikut ini beberapa buah yang aman di konsumsi oleh kucing bila di berikan dalam porsi yang sedikit dan tak terlalu sering :

  • Apel

  • Semangka

  • Mangga

  • Aprikot

  • Blackberry

  • Stroberi

  • Bluberry

  • Timun

  • Pisang

  • Pir

  • nanas

  • Raspberry


Buah Yang Tidak Boleh Di Makan Kucing

Selain buah di atas, ada juga buah lain yang tidak boleh di makan oleh kucing. Buah-buahan ini sangat tidak aman jika di makan oleh kucing karena bisa menyebabkan keracunan. Jika kucing kamu memakannya sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan pertolongan.

Untuk menghindarkan kucing dari masalah keracunan, wajib bagi kita untuk tahu apa saja buah yang beracun bila di makan oleh kucing. Buah yang tidak boleh di makan tersebut antara lain :

  • Anggur

  • kismis

  • jeruk nipis

  • lemon

 

Kesimpulan

Buah naga boleh di berikan pada kucing peliharaan kita dan buah naga aman di konsumsi oleh kucing kesayangan karena tak menyebabkan masalah keracunan. Meskipun boleh di makan, buah naga tak boleh di berikan terlalu sering serta dalam porsi yang banyak pada kucing.

Alasannya karena buah naga sama sekali tak berisi nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh kucing. Selain itu buah naga juga merupakan jenis makanan yang berasal dari tanaman, ini membuat buah naga sulit di cerna oleh pencernaan kucing.

Jadi bisa di simpulkan buah naga boleh di makan kucing selama buah naga hanya di beri dalam porsi yang sedikit.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai apakah boleh kucing makan buah naga. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu menjawab pertanyaan kamu atas hal ini. Serta menambah wawasan dan bisa bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url