7 Alasan Kenapa Kucing Tiba-Tiba Mendekati Kita

Kucing merupakan salah satu hewan yang banyak di temukan di Indonesia. Karena itulah tak jarang kita akan menemukan kucing di daerah sekitar kita. Keberadaan kucing sendiri sudah seperti hal yang umum atau biasa bagi orang indonesia.

 

Kenapa Kucing Tiba-Tiba Mendekati Kita

 

Tak hanya berada di sekitar kita, kucing-kucing ini pun tak jarang akan mendekati kita. Bahkan jikalau mereka kucing liar sekalipun, mereka juga terkadang akan mendekati kita. Bagi Catlovers sendiri, hal ini adalah hal yang normal dan mereka akan berinteraksi balik dengan si kucing yang mendekatinya.

Namun bagi kamu yang tak begitu menyukai kucing atau sama sekali tak memelihara kucing maka hal ini adalah hal aneh. Melihat kucing yang tiba-tiba mendekati kamu, pastinya dalam hati kamu akan bertanya kenapa sih kucing ini tiba-tiba mendekat ?

Jika kamu penasaran ingin tahu alasan mengapa para kucing mendekati kamu secara tiba-tiba maka wajib bagi kamu membaca tulisan Anggora di bawah ini hingga akhir untuk mengetahui alasan kucing mendekati kamu.


7 Alasan Kenapa Kucing Tiba-Tiba Mendekati Kita

Sebenarnya banyak alasan kenapa kucing mendekati kita secara tiba-tiba. Bagi yang memelihara kucing pastinya sudah tahu apa saja alasan si sobat bulu mendekat dengan kita. Tetapi bagi mereka yang tak memelihara kucing tentunya bingung dan tak tahu mengapa kucing mendekati mereka.

Lalu apa saja sih alasan kucing mendadak mendekati seseorang ? Berikut ini beberapa di antaranya :

1. Kamu Adalah Orang Yang Ramah, Baik Dan Bersuara Lemah Lembut

Alasan pertama adalah kucing menganggap kamu adalah orang yang ramah dan baik. Inilah alasan yang membuat kucing berani mendekati kamu secara tiba-tiba. Mungkin bagi kamu alasan pertama ini terdengar konyol namun kenyataannya memang itulah alasannya.

Hal ini berdasarkan riset yang dilakukan oleh Galvan dan Vonk dari Universitas Oakland di Kota Rochester. Mereka menguji 12 kucing berbeda dan kucing-kucing tersebut memiliki pola perilaku berbeda saat berhadapan dengan orang asing.

Percobaan pertama mendapat sikap positif saat kucing di hadapkan dengan orang ramah, baik, bersuara lembut serta murah senyum. Percobaan kedua memberi hasil negatif, kucing akan menjauh ketika di hadapkan dengan orang berwajah mengkerut, bernada tinggi saat berbicara dan marah.

Jad berdasarkan penelitian tersebut dapat di simpulkan bahwa kucing akan selalu menjaga jarak dengan orang yang jahat dan pemarah. Kemudian sebaliknya, kucing akan senang berada di sekitar orang yang ramah, baik dan bersuara lembut ( bernada rendah ).

 

2. Tubuh Kamu Berbau Kucing

Alasan selanjutnya adalah tubuh kamu berbau kucing. Pastinya kamu pernah melihat seorang pecinta kucing selalu di dekati oleh kucing lain yang berada di dekatnya. Hal ini karena adanya bau kucing lain pada tubuh atau di pakaian orang tersebut.

Bau di sini bukan hanya pada sedikit area tertentu saja tetapi pada beberapa area pakaian atau tubuh. Bau kucing terdapat pada tubuh kamu adalah karena interaksi yang pernah kamu lakukan pada kucing sehingga bau mereka tertinggal di pakaian kamu.

Kucing yang mencium adanya banyak bau kucing lainnya pada tubuh kamu, menyimpulkan bahwa kamu adalah orang yang baik dan ramah terhadap kucing sehingga mereka tak perlu takut saat kamu berada di dekat mereka, malahan mereka justru merasa aman di dekat kamu.

Itulah mengapa tak jarang mereka tiba-tiba datang di dekat kamu untuk sekedar duduk, tidur ataupun menyapa kamu.

 

3. Karena Bau Makanan

Sewaktu kucing mendekati kamu tiba-tiba mungkin karena adanya bau makanan. Mungkin kamu sedang membawa makanan dalam plastik atau sedang makan sesuatu. Dan bisa juga karena ada bau makanan yang masih menempel di tangan atau mulut kamu yang membuat kucing tertarik pada kamu.

Karena itulah kucing tiba-tiba datang mendekati kamu dengan harapan kamu akan memberinya sedikit dari makanan kamu. Jika alasan kucing mendekati kamu adalah karena makanan maka alangkah baiknya memberikan mereka sedikit makanan sehingga bisa mengisi perutnya yang kosong.

Apalagi jika kucing yang mendekati kamu adalah kucing liar yang tampak lemas dan sangat kelaparan tiada salahnya kita bersedekah sedikit untuk mereka. Bahkan jika yang kelaparan bukan kucing melainkan adalah manusia atau hewan lainnya maka wajib bagi kita untuk membantu mereka.


4. Karena Orang Lain

Mungkin alasan kucing mendadak mendekati kamu bukanlah karena ia ingin mendekati kamu tetapi ia ingin mendekati orang lain yang berada di dekat kamu. Alasan kucing mendekati orang tersebut mungkin karena ia baik, pecinta kucing ataupun karena ia berbau makanan.

Ini pernah terjadi pada Anggora dahulu, Anggora mengira bahwa kucing liar ingin mendekati saya padahal sebenarnya si kucing hanya ingin mendekati ibu saya yang kebetulan duduk di dekat saya. Ini terjadi di saat kami tengah mengantri di puskesmas terdekat untuk mendapatkan vaksin corona.


5. Kucing Salah Mengira Kamu Adalah Pemiliknya

Kucing mengira kamu adalah pemiliknya. Pada dasarnya kucing sama dengan manusia, sama-sama bisa melakukan kesalahan. Kucing bisa salah mengira bahwa kamu adalah pemiliknya ataupun tuan yang selama ini merawatnya.

Inilah mengapa si kucing, tiba-tiba mendekati kamu, menggosok-gosokkan badannya ke tubuhmu atau duduk dan berbaring di dekat kamu. Bila kucing sadar bahwa kamu bukanlah pemiliknya maka si kucing nantinya akan pergi dengan sendirinya menjauh dari kamu.


6. Meminta Pertolongan

Coba perhatikan kucing yang tiba-tiba mendekati kamu. Bila kamu melihat kucing terluka, kelaparan dan kehausan maka ia mendekati kamu karena ia hendak meminta belas kasih kamu agar kamu mau menolongnya.

Kamu mungkin adalah harapan terakhirnya agar ia bisa bertahan hidup di dunia yang kejam ini. Karena itulah ketika kamu melihat kucing terluka, kelaparan atau kehausan maka bantulah ia mesikpun bantuan yang kamu berikan hanyalah sekedar bantuan kecil saja.


7. Takdir

Pernah dengar kata-kata seperti ini ? Kucing di takdirkan bertemu dengan orang yang bisa mengubah hidupnya atau bukan kamu yang memilihnya tapi takdirlah yang membuat kamu memilih kucing  tersebut sebagai hewan peliharaan kamu.

Bagi mereka yang tak sengaja menemukan hewan ( termasuk kucing ) yang terlantar kemudian memutuskan memelihara mereka dan membuat hidup mereka lebih berwarna maka mereka akan percaya akan hal ini. 

Dan bukan mereka saja yang percaya akan hal ini tapi Anggora yang pernah mengalaminya pun percaya bahwa pertemuan dengan kucing adalah bagian dari takdir, termasuk salah satunya adalah bertemu dengan kucing yang tiba-tiba mendekati kita.

Jadi, bila ada kucing yang mendekati  kamu besar kemungkinan itu adalah kucing yang di takdirkan untuk kamu pelihara. Tapi jika kamu tak ingin memeliharanya pun sebenarnya tak masalah, hanya saja setidak berikan si kucing makanan agar ia tak lapar untuk sementara waktu.

Oh iya sebelum kamu memutuskan untuk mengadopsi ( memelihara ) kucing liar, pastikan tidak ada kalung yang menempel di lehernya. Soalnya kucing yang di lehernya ada kalung, itu berarti kucing tersebut sudah ada pemiliknya.

Bila kamu bersikeras mengambilnya maka kamu bisa-bisa di anggap telah melakukan tindakan kriminal dan di tuduh sebagai pencuri.

 

Apa Yang Mesti Kita Lakukan Jika Kucing Mendekati Kita ?

 Ketika Kucing mendekati kamu, kamu bisa melakukan beberapa hal ini :

  • Memberi makan kucing agar ia tak kelaparan

  • Memberi minum kucing agar ia tak kehausan

  • Mengelus-elus kucing

  • Jika kucing terluka kamu bisa merawatnya atau membawanya ke dokter hewan

  • Jika kamu tak suka kucing kamu dapat mengusirnya tetapi usirlah dengan cara yang tak akan menyakitinya

  • Yang terakhir kamu dapat mengadopsinya

 

Demikian pembahasan mengenai alasan kucing mendadak mendekati kita. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu dalam menjawab pertanyaan yang timbul mengenai hal ini. Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url