8 Alasan Kenapa Kucing Mengeluarkan Suara Seperti Mendengkur

Cat lovers pastinya tahu bahwa sobat bulu kesayangan bisa mendengkur layaknya manusia. Namun tak seperti manusia, kucing mendengkur tak hanya di saat tertidur saja juga pada saat kucing dalam keadaan terbangun.

 

Kenapa Kucing Mengeluarkan Suara Seperti Mendengkur

 

Sewaktu kucing mendengkur, signal di kirimkan ke otot kotak suara dan diafragma yang mengembang saat bernapas. Signal ini akan merangsang pita suara bergetar. Jadi, bisa di katakan bahwa udara bergerak melintasi otot yang bergerak di saat kucing tengah bernapas ataupun mengeluarkan napas.

Selama kucing mendengkur, kucing akan mendengkur pada proses inhalasi atau exhalasi, sehingga suara dengkuran terjadi tanpa jeda. Selama ini kebanyakan dari kita beranggapan bahwa kucing mendengkur di karenakan kucing merasa senang ataupun puas.

Padahal sebenarnya kucing mendengkur bukan hanya sekedar mendengkur saja. Tetapi ada alasan lain mengapa kucing mengeluarkan suara mendengkur. Lalu apa sajakah alasan kucing mengeluarkan suara mendengkur ?

Bagi Good Readers yang penasaran serta ingin tahu apa saja alasannya maka kamu bisa membaca tulisan Anggora di bawah ini untuk mengetahuinya. Baca hingga akhir ya Good Readers.


8 Alasan Kenapa Kucing Mengeluarkan Suara Seperti Mendengkur

Kucing bisa mendengkur seperti manusia dan kucing dapat mendengkur pada saat-saat tertentu. Namun kucing tak dapat begitu saja mendengkur, biasanya kucing hanya akan berdengkur dengan alasan tertentu saja.

Nah apa saja alasannya, berikut ini beberapa di antaranya :

1. Kucing Ingin Di Berikan Makanan

Alasan pertama yakni kucing ingin agar dirinya di berikan makanan. Kucing yang meminta makanan akan mendengkur sembari menggosok-gosokkan tubuhnya ke tubuh pemiliknya. Kucing akan terus melakukan hal ini sampai sang pemilik memberi ia makanan.

Jika si pemilik mengabaikannya, kucing akan terus-terusan menggosokkan tubuhnya bahkan ia juga akan mengikuti si pemiliknya berjalan ke sana-ke mari. Setelah di beri makan biasanya si kucing akan berhenti mendengkur serta berhenti mengikuti kita kemanapun kita pergi.

Jadi, jika kucing kamu mendengkur dan setelah kucing di berikan makanan ia berhenti mendengkur serta berhenti mengikuti kamu maka bisa di pastikan alasan kucing mendengkur adalah karena ia ingin di berikan makanan.


2. Kucing Merasa Nyaman

Bukan cuma karena kucing ingin minta di beri makanan saja, saat kucing merasa nyaman pun kucing akan mendengkur. Contohnya saat kucing tengah duduk atau berbaring di dekat kita lalu kita mengelus-ngelus kepalanya, kucing kemudian akan mendengkur.

Ini berarti kucing merasa nyaman ketika kamu elus-elus. Selain itu kucing juga tak jarang mendengkur sendiri pada saat mereka berada di pangkuan ataupun di dekat kamu. Dengkuran ini juga adalah pertanda bahwa si kucing merasa sangat aman serta nyaman saat berada di dekat kamu.

 

3. Kucing Merasa Senang

Alasan lainnya kucing mendengkur adalah karena kucing merasa senang, bahagia atau puas. Ini mirip dengan bagaimana anjing yang mengibaskan ekornya di kala ia merasa senang, bahagia ataupun merasa puas.

Mendengkur merupakan bentuk komunikasi non verbal antara kucing dan pemiliknya. Komunikasi ini membuat pemilik tahu bahwa kucing kesayangannya sangat senang dengan dengan situasi saat ini. Sewaktu kucing senang terkadang mereka juga akan mengibaskan ekornya sembari mendengkur.

 

4. Kucing Sedang Mengobati Dirinya Sendiri

Cat lovers pastinya pernah melihat induk kucing mendengkur setelah ia melahirkan. Apa sih arti dengkurannya itu ? Menurut dugaan para ahli dengkuran ini adalah salah satu cara kucing untuk mengobati dan mengendalikan rasa sakit yang ia rasakan.

Dugaan ini di dasarkan penelitian para peneliti yang menemukan bahwa dengkuran kucing pada frekuensi tertentu akan merangsang penyembuhan, terutama penyembuhan pada tendon dan tulang. Dengkuran ini pun memiliki kemampuan tertentu.

Kemampuan tersebut seperti :

  • Memudahkan pernapasan

  • Mengurangi rasa sakit

  • Membangun otot

  • Dan lainnya

 

5. Membimbing Anaknya

Alasan selanjutnya adalah kucing mendengkur karena ingin membimbing anaknya yang baru lahir. Getaran yang di hasilkan oleh dengkuran kucing akan membantu menuntun sang anak yang matanya belum mampu melihat ( buta ) menuju sang induk.

Penglihatan dan pendengaran anak kucing seiring berjalannya waktu akan mereka dapatkan. Biasanya kucing akan mendapatkan penglihatan dan pendengaran normal sewaktu kucing telah menginjak usia 2 bulan lebih.

Nah selama kucing belum mendapatkan penglihatannya, anak kucing hanya akan bergantung pada dengkuran induknya.

 

6. Menenangkan Diri

Alasan kucing mendengkur lainnya adalah karena kucing berusaha menenangkan dirinya. Ini sering terjadi pada kucing yang berada di rumah sakit hewan. Kucing-kucing ini mendengkur karena ingin menenangkan dirinya.

 

7. Kucing Ketakutan

Sewaktu kucimg ketakutan, kucing juga akan mendengkur. Ini kucing lakukan untuk menekan rasa takutnya dan mengurangi rasa stressnya. Kucing yang ketakutan sambil mendengkur, bisa kamu lihat jika kamu mengunjungi tempat penampungan hewan.


8. Menjaga Tulang Dan Otot Tubuh

Yang terakhir adalah kucing mendengkur untuk menjaga tulang dan otot tubuhnya. Menurut para ahli dengkuran ini adalah bagian dari mekanisme untuk menjaga tulang dan otot kucing agar tetap dalam kondisi prima. 

 

Bagaimana Menentukan Arti Dengkuran Kucing ?

Perlu kita ketahui bahwa dengkuran kucing bisa saja memiliki alasan atau arti yang berbeda-beda seperti yang telah Anggora jelaskan di atas. Lalu bagaimanakah cara kita menetunkan arti dengkuran kucing peliharaan kita ?

Caranya sebenarnya cukup mudah, kamu cuma perlu menyesuaikannya dengan perilaku kucingnya dan tempat ia berada. Misalnya jika kucing mendengkur saat duduk di pangkuanmu itu berarti kucing merasa nyaman denganmu.

Bila kucing mendengkur karena kamu elus-elus dan iapun mengkibas-kibaskan ekornya, itu berarti kucing senang dan merasa puas. Jikalau kucing mendekati kamu tiba-tiba dan selalu meengikuti kamu kemana-mana sambil mendengkur itu berarti kucing kamu meminta makanan.

Kamu bisa dengan mudah menentukan arti kucing kamu yang mendengkur berdasarkan perilaku dan tempatnya. Pada awalnya mungkin kamu akan sedikit kesulitan membedakan arti dengkuran kucing yang satu dengan yang lainnya.

Namun seiring berjalannya waktu dan kamu lebih berpengalaman seperti Anggora, kamu bisa dengan mudah mengerti apa alasan ataupun arti dari dengkuran kucing. Ketika kamu memahami arti dengkuran kucing, secara tak langsung kamu bisa berkomunikasi secara non verbal dengannya. 

Oh iya bila kucing kamu mendengkur tetapi dia bertingkah aneh dan berbeda dari biasanya atau terlihat tampak takut serta terluka. Di sarankan untuk membawa kucing berobat ke dokter hewan agar segera mendapatkan perawatan.

 

Itulah 8 alasan atau penyebab mengapa kucing mengeluarkan suara seperti mendengkur atau arti kucing mengeluarkan suara seperti mendengkur. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu menjawab pertanyaan kamu seputar alasan kenapa kucing bersuara mendengkur.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url