Berapa Lama Kucing Betina Pergi Dari Rumah Untuk Kawin ? Ini Jawabannya !

Ketika makhluk hidup memasuki usia dewasa maka mereka akan memasuki tahap perkembangbiakan yang di sebut dengan masa perkawinan. Hal ini berlaku pada hampir keseluruhan makhluk hidup, termasuk salah satunya adalah kucing.

 

Berapa Lama Kucing Betina Pergi Dari Rumah Untuk Kawin

 

Kucing yang usianya telah matang dan siap kawin umumnya akan memiliki tingkat ketertarikan yang tinggi terhadap lawan jenisnya. Mereka akan berusaha mengejar ataupun menarik perhatian lawan jenisnya agar bisa melakukan perkawinan.

Bahkan beberapa di antara kucing tersebut ada yang melakukan cara paksaan terhadap lawan jenisnya ( sering dilakukan pejantan ). Kondisi keinginan kuat untuk kawin pada kucing biasa kita sebut dengan birahi.

Kucing yang sedang birahi ( ingin kawin ) akan menunjukkan pertanda seperti sering mengeong bahkan di malam hari, spraying ( kencing ke tembok ), berkelahi, tak mau makan dan tak jarang kucing pergi dari rumah dalam waktu yang tak lama.

Untuk kucing jantan, kucing pergi dari rumah dan kembali sesudah 1 hari, 3 harian, semingguan ataupun yang terlama sekitar 1 bulanan. Lalu bagaimana dengan kucing betina ? Apakah mereka juga melakukan hal serupa dan berapa lama kucing betina pergi dari rumah untuk kawin ?

Bagi kamu yang penasaran akan jawabannya, kamu dapat membaca tulisan Anggora di bawah ini. Baca hingga akhir ya Good Readers.


Benarkah Kucing Betina Benar-Benar Sedang Birahi ?

Sebelum masuk ke pembahasan utama, perlu bagi kita untuk memastikan bahwa kucing betina peliharaan kita pergi dari rumah karena ia sedang birahi ( ingin kawin ). Cara memastikannya adalah dengan mengingat apakah kucing tersebut sebelumnya menunjukkan ciri umum kucing birahi.

Ini penting kita lakukan. Kenapa ? Supaya kita tak salah menyimpulkan serta dapat mengambil tindakan yang tepat. Karena bisa jadi kucing kita yang kabur atau pergi tersebut bukanlah karena ia hendak kawin melainkan karena sebab lainnya.

Seperti kucing di curi orang, kucing tersesat, kucing di bawa anak-anak yang melintas dan lainnya. Untuk memastikan kucing yang pergi karena sedang birahi maka kamu dapat mencocokkan ciri umum kucing birahi yang ada di bawah ini dengan kucing peliharaan kamu :

  • Kucing betina yang tadinya jarang mengeong kini menjadi sering mengeong bahkan berulang-ulang kali

  • Meongannya tak datar dan menjadi lebih bernada seolah sedang memanggil atau bernyanyi

  • Beberapa kucing betina terkadang juga melakukan spraying

  • Kucing menjadi lebih teritorial, suka marah dan berkelahi dengan jantan atau betinya yang berada di sekitarnya

  • Selalu mencoba menarik perhatian kucing jantan lainnya

  • Sering menaikkan bagian belakang tubuhnya ke atas sementara posisi kepala merendah mendekati lantai

  • Lebih senang berada di luar rumah

  • Kucing jarang pulang ke rumah

Bila ada minimal 6 kecocokan antara ciri kucing birahi di atas dengan kucing betina kamu maka itu berarti kucing kesayangan kamu benar-benar sedang dalam masa kawin.

 

Berapa Lama Kucing Jantan Pergi Dari Rumah Untuk Kawin ?

Berbeda dengan kucing jantan yang hendak kawin yang mana dapat pergi dari rumah selama sehari, berhari-hari, satu dua minggu atau bahkan bisa pergi sekitar sebulanan. Kucing betina sendiri relatif pergi dalam jangka waktu yang lebih sebentar di bandingkan kucing jantan.

Kucing betina yang sedang dalam masa kawin ( birahi ) umumnya paling kuat akan pergi dalam waktu 3 hari atau semingguan sebelum pada akhirnya pulang ke rumah. Paling lama kucing akan pergi selama semingguan namun ini hanya terjadi pada satu atau dua kucing saja alias jarang terjadi.

Sering kali kucing betina hanya akan pergi selama beberapa jam saja. Beberapa kucing betina juga bisa pergi selama 24 jam kemudian esok harinya kucing akan kembali ke rumah untuk makan atau minum.

Lalu kucing akan berdiam di rumah sebentar atau bisa juga kucing akan kembali pergi setelah ia makan, minum dan beristirahat. Untuk kucing betina yang tak kunjung pulang setelah sehari sebaiknya kamu segera mencarinya.

Karena banyak kasus di mana kucing tak pulang setelah sehari adalah karena kucing di curi atau tersesat.

 

Apa Yang Mesti Kita Lakukan Ketika Kucing Tak Kembali Pulang ?

Tunggulah hingga satu atau dua harian. Bila ternyata kucing tak pulang juga ke rumah maka carilah kucing. Kamu bisa mencarinya di daerah sekitar rumah, di rumah tetangga yang paling sering ia kunjungi, tempat yang banyak kucing berkumpul atau cari di dekat tempat pembuangan sampah.

Atau carilah di tempat di mana di sana terdapat banyak makanan sisa, cari juga di tempat-tempat yang tersembunyi ataupun tempat tinggi di rumahmu atau di sekitar lingkungan kamu tinggal. Biasanya kucing betina akan berada di sekitar tempat-tempat yang barusan Anggora sebutkan.

 

Bagaimana Cara Mencegah Kucing Agar Tak Pergi Dari rumah ?

Mencegah kucing betina yang biasanya sering kita biarkan bebas keluar masuk rumah akan sangat sulit di lakukan. Satu-satunya cara agar kucing tak pergi dari rumah hanyalah dengan cara memasukkan kucing dalam kandang lalu mengurungnya.

Pengurungan di lakukan sampai kucing telah melewati masa kawinnya. Cara ini memang efektif hanya saja kucing yang di kurung terlalu lama dalam kandang dapat mengalami stress. Tak hanya itu saja kucing juga beresiko mengalami gangguan kesehatan pada saluran  kelamin. Bahkan kucing pun beresiko terkena kanker.

Lalu adalah cara alternatif yang dapat kita lakukan agar si kucing tidak pergi dari rumah dan tanpa berpengaruh atas kesehatannya ? Tentu ada, tapi cara ini membutuhkan dana lebih untuk bisa di lakukan. Caranya adalah melakukan sterilisasi pada kucing betina peliharaan kita. 

Untuk melakukan hal ini kamu membutuhkan dana sekitar 500 ribuan untuk kucing betina domestik, sementara untuk biaya steril kucing betina ras akan membutuhkan dana lebih dari 500 ribuan. Steril kucing ras bisa mencapai satu jutaan atau bahkan lebih. 

Besar biaya steril ini tergantung apakah kucing merupakan ras murni dan berdasarkan jenis ras kucing itu sendiri. Untuk melakukan steril kucing, kamu cukup mengunjungi klinik dokter hewan di mana kamu tinggal. Sesudah melakukan sterilisasi kemudian kucing akan menjadi steril.

Kucing yang telah di sterilkan akan menjadi lebih senang berada dalam rumah dibanding berkeliaran di luar rumah. Perilaku kucing juga turut berubah seperti kucing menjadi lebih ramah dengan kucing lainnya, tak suka berkelahi dan kebiasaan spraying akan menghilang. 

Apakah setelah kucing di sterilkan, kemampuan bereproduksi kucing hanya hilang sementara saja ? Jawabannya adalah tidak sebab kemampuan reproduksi kucing akan hilang secara permanen atau hilang selama-lamanya.

Karena itulah sebelum melakukan sterilisasi pada kucing sebaiknya kamu memikirkan hal ini dengan matang terlebih dahulu. Pikirkan secara matang apakah ini adalah hal terbaik yang dapat kamu lakukan pada sobat bulu kesayanganmu.

Walaupun kucing yang telah steril lebih cenderung senang berada dalam rumah, tak menutup kemungkinan kucing masih tetap akan pergi ke luar rumah. Kucing pergi keluar rumah mungkin karena ingin bermain, buang kotoran, ingin pipis atau sekedar ingin berjemur di bawah panas matahari. 

 

Itulah pembahasan seputar berapa lamakah kucing betina pergi dari rumah untuk kawin. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu yang menjawab rasa penasaran kamu. Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url