close

Kapan Kucing Bisa Dimandikan Setelah Melahirkan ? Ini Penjelasannya !

Ketika induk kucing baru saja melahirkan, tubuh induk kucing akan kotor dan juga bau. Bulu-bulunya yang tadinya indah dan terawat kini menjadi kusam, kotor juga bau. Kotor serta baunya tubuh  kucing ini adalah sebab air ketuban serta darah yang mengenai tubuhnya ketika melahirkan.

 

Kapan Kucing Bisa Dimandikan Setelah Melahirkan
Foto Induk Kucing Yang Sudah Bisa Di Mandikan

 

Melihat kondisi kucing kita saat ini tentunya banyak di antara kita yang hendak memandikan sobat bulu kesayangan kita. Tapi kita mengurungkan niat kita karena kita tak tahu apakah boleh memandikan kucing setelah ia baru saja melahirkan.

Dan juga kita merasa bahwa kondisi kucing kita saat ini masih sangatlah lemah sehingga jauh lebih baik bagi sang induk kucing untuk beristirahat dahulu. Setelah kucing tampak sehat dan bertenaga lalu keinginan kita untuk memandikan induk kucing muncul lagi.

Agar tak salah tentunya kita akan mencari tahu dahulu apakah kucing baru melahirkan boleh di mandikan dan kapankah waktu yang tepat untuk memandikannya kemudian barulah memikirkan tindakan apa yang mesti kita lakukan.

Nah bagi kamu yang penasaran dan ingin tahu jawabannya, Good Readers dapat menyimak sampai akhir penjelasan Anggora di bawah ini untuk mengetahuinya

 

Bolehkah Kucing Di Mandikan Setelah Melahirkan ?

Apakah boleh memandikan kucing setelah melahirkan ? Jawabannya boleh dengan syarat kita harus memandikannya di saat waktu yang tepat. Bagaimana dengan kucing yang baru melahirkan, bolehkah kita memandikannya sesaat setelah ia baru saja melairkan.

Jawabannya adalah tidak boleh. Sekotor dan sebau apapun induk kucing setelah ia melahirkan ia tak boleh langsung di mandikan begitu saja. Sebaiknya biarkan kucing memulihkan kondisinya terlebih dahulu.

Serta biarkan ia menikmati waktu berharganya bersama dengan anak tersayangnya yang baru terlahir. Ada 3 alasan mengapa kucing tak boleh di mandikan sesaat setelah ia melahirkan. Alasan tersebut antara lain :

1. Fisik Dan Daya Tahan Tubuh Kucing Lemah

Kucing yang baru saja melahirkan memiliki kondisi tubuh fisik yang sangat lemah. Di samping itu daya tahan tubuh kucing juga ikut melemah. Memaksa kucing mandi dengan kondisi ini hanya akan membuat kucing jatuh sakit ( demam, flu dan sejenisnya ).

Ketika kucing demam, kamu bisa mengobatinya sendiri. Caranya bisa kamu baca dengan mengklik di sini.


2. Hormon Di Tubuh Kucing Belum Stabil

Alasan lainnya yakni kondisi hormon dalam tubuh kucing yang baru saja melahirkan belum stabil. Memandikan kucing dengan kondisinya bukannya membuat ia sehat dan bersih malah hanya akan membuat kucing jatuh sakit serta semakin tak terawat.


3. Kucing Tak Suka Air

Kucing merupakan hewan yang sering di deskripsikan sebagai hewan yang sangat membenci air. Ketika kucing hendak di mandikan, kebanyakan kucing akan meronta dan melawan sehingga pemiliknya kesulitan untuk memandikannya.

Ini juga berlaku pada kucing yang baru saja melahirkan. Meskipun fisik lemah dan ia kehilangan banyak tenaga akibat baru saja melahirkan, kucing tetap akan meronta ketika ia hendak di mandikan. Ini bisa membuat kucing semakin lemah dan memperburuk kesehatannya.

Ada kasus di mana kucing yang kehabisan energi saat baru saja melahirkan mengalami kematian. Itulah mengapa ketika kucing baru saja melahirkan ia tak boleh begitu saja langsung di mandikan. Kita harus bersabar dan menunggu waktu yang tepat untuk memandikannya.

Selain tak suka air, kucing pun tak suka timun. Baca selengkapnya di sini.


Beberapa alasan di atas mungkin dapat membuat kita tersadar bahwa kita tak boleh memandikan kucing yang baru saja melahirkan. Mengurungkan niat kita memandikan kucing adalah pilihan terbaik untuk saat ini serta sabar menunggu kapan waktu yang tepat untuk memandikan kucing.


Lalu Kapan Kucing Bisa Dimandikan Setelah Melahirkan ?

Kamu bisa memandikan kucing saat kondisinya telah benar-benar pulih. Biasanya ini akan membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 4 minggu. Di saat inilah kamu bisa memandikan kucing kamu agar tubuhnya kembali bersih dan harum.

Mungkin kamu berpikiran sebulan adalah waktu yang lama dan membiarkan kucing terus seperti ini adalah hal yang tak baik. Meskipun ini memang bukanlah hal yang " agak baik " tapi ini adalah hal yang terbaik untuk kucing.

Hal ini juga sama sekali tak membuat kucing mengalami masalah kesehatan jika tubuhnya di biarkan demikian karena kucing bisa membersihkan dirinya dengan mnejilati tubuhnya sendiri. Meskipun ini tak sebersih memandikan dengan shampoo khusus kucing tapi ini tetap baik untuk kucing.

Jadi, untuk saat ini bersabar adalah tindakan terbaik yang bisa kita lakukan mengingat kondisi kucing kita dan demi kesehatan induk kucing serta kebaikan pertumbuhan anak-anak kucing yang telah menjadi bagian dari keluarga kita.

 

Bagaimana Dengan Anak Kucing Yang Baru Lahir, Bolehkah Kita Memandikannya ?

Sama dengan induk kucing yang baru saja melahirkan, anak kucing yang baru saja lahir pun tak boleh di mandikan. Ini karena kondisi anak kucing masih lemah dan belum memiliki daya tahan tubuh. Mereka masih membutuhkan ASI untuk melengkapi imunitas tubuh mereka.

Selain itu anak kucing harus memiliki suhu yang terjaga yakni tak boleh di bawah 27 derajat celcius. Jika di bawah suhu itu maka anak kucing rentan mengalami kematian akibat masalah hipotermia. Jadi, jangan memandikan anak kucing jika ia belum benar-benar dewasa.

Tunggulah anak kucing sampai menginjak usia di atas 2 bulan barulah setelahnya kamu boleh memandikan anak kucing. Ketika kucing sudah berusia di atas 2 bulan tubuh fisik kucing dan imunitas tubuhnya sudah kuat.

Di usia ini juga tulang rawan kucing sudah kuat dan kucing tak rawan mati sebab ia sudah mampu mengendalikan suhu tubuhnya. Meskipun tubuh serta imunitasnya sudah cukup kuat dan mampu dengan baik mengendalikan suhu tubuhnya, kita mesti memandikan kucing dengan cara yang benar.

Cara yang benar meliputi :

  • Memilih waktu yang tepat untuk memandikan kucing

  • Menggunakan air yang agak hangat

  • Menggunakan produk shampoo khusus kucing

  • Memandikan kucing dengan lembut

  • Mengeringkan tubuh kucing hingga benar-benar kering

 

Bagaimana cara merawat anak kucing yang baru lahir agar tak mati ? Lihat caranya di sini.


Apa Yang Mesti Kita Lakukan Dengan Kucing Kita Yang Baru Saja Melahirkan ?

Di bandingkan memikirkan untuk memandikan kucing kesayangan kita yang baru saja melahirkan lebih baik kita memikirkan perawatan apa saja yang mesti kita lakukan terhadap kucing kesayangan kita yang baru saja melahirkan.

Yang bisa kita lakukan antara lain :

1. Membersihkan Tubuh Induk Kucing

Tubuh kucing yang baru saja melahirkan pastinya kotor dan bau tetapi kita tak bisa memandikan kucing mengingat kondisinya yang lemah karena baru saja melahirkan. Walaupun tak bisa memandikan kucing, kamu bisa memakai cara lain.

Caranya dengan mmbersihkan tubuh kucing dengan menggunakan kain lap bersih yang sebelumnya telah di basahi dengan air hangat. Oh ya kain lap yang di gunakan jangan terlalu basah ya. Bersihkan tubuh kucing yang kamu rasa kotor dan bau dengan kain lap tersebut.

Untuk membersihkan tubuh kucing kamu tak perlu mengangkatnya, cukup lap tubuhnya dengan posisinya yang berbaring. Dengan cara ini kamu bisa sedikit membersihkan tubuh kucing tanpa membuat kucing bergerak ataupun meronta.

Apakah cara ini bisa juga di lakukan untuk anak kucing ? Sebaiknya jangan menggunakan cara ini untuk anak kucing sebab ada kemungkinan bau anak kucing akan berubah sehingga induk kucing tak bisa mengenali anaknya dan membuat ia tak mau menyusui dan merawatnya.

Anak kucing kamu mati mendadak. Ketahui penyebabnya dengan membacanya di sini


2. Pindahkan Induk Dan Anak Kucing Ke Tempat Yang Bersih

Tempat kucing yang baru saja melahirkan biasanya bau dan kotor. Ini akibat adanya cairan seperti air ketuban dan darah yang tercecer. Dua hal ini sudah membuat tempat tersebut kotor di tambah lagi bau yang keluar dari dua hal tersebut semakin membuatnya lebih kotor dan bau.

Pindahkan induk kucing beserta anaknya ke tempat yang lebih aman yang tak ada kucing atau hewan lain disekelilingnya dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Pastikan juga tempat tersebut bukan cuma aman tetapi juga bersih dan nyaman untuk di tempati induk kucing bersama dengan anak-anaknya.


3. Jika Induk Kucing Tak Mau Pindah Maka Biarkan Ia Tetap Di Sana

Ada banyak kasus di mana induk kucing tak mau pindah dari tempat di mana ia melahirkan anak-anaknya. Jika kita memindahkan anaknya ke tempat lain justru sang induk akan membawa anak tersebut dengan menggunakan mulutnya untuk kembali ke tempat semula.

Jika ini terjadi pada kucing kesayangan kita maka solusinya hanyalah membiarkan mereka tetap di sana. Hanya saja kita perlu membersihkan terlebih dahulu tempat tersebut dari cairan, darah dan bau yang menyengat.

Kemudian barulah kita memberikan alas kain yang bersih sebagai tempat tidur kucing dan untuk membantu tubuh anak kucing tetap dalam kondisi hangat.

Kucing kamu melahiirkan sungsang ? Lihat 7 cara membantunya melahirkan di sini.


4. Menyediakan Seluruh Kebutuhannya Di Dekatnya

Induk kucing yang baru saja melahirkan memiliki sikap yang terlalu overprotektif dan selalu waspada dengan keberaadaan sekitarnya. Hal ni menyebabkan induk kucing akan selalu cemas jika ia meninggalkan anaknya tanpa pengawasannya terlalu lama.

Ini membuat induk kucing sulit dan tidak bisa makan serta minum dengan tenang. Karena itulah sebaiknya kita menyediakan seluruh makan dan minumnya tepat di dekat anaknya berada. Tempatkan juga litter box di dekat atau di depan tempat kucing dan induknya tinggal.

Dengan cara ini kamu dapat membuat kucing kamu bisa makan dan minum dengan tenang sehingga ia bisa lebih fokus dalam menjaga dan merawat anak-anaknya.

 

5. Memberikan Makanan Yang Bernutrisi 

Makanan yang kita berikan ke kucing mestilah makanan yang sehat dan bernutrisi. Di samping dapat memulihkan energi serta kondisi induk kucing yang habis melahirkan. Makanan ini juga dapat menjamin kucing tetap sehat, senang dan kenyang.

Ada kalanya kucing tak mau makan setelah melahirkan. Apa saja penyebabnya bisa kamu lihat di sini.


6. Melakukan Pemeriksaan Kesehatan

Sama seperti manusia, kucing pun perlu melakukan tes kesehatan setelah melahirkan. Hal ini wajib kita lakukan untuk menghindarkan kucing dari penyakit yang biasa di alami kucing yang baru saja melahirkan. Penyakit tersebut seperti mastitis, endrometitis dan hypocalcemia.

 

7. Membawa Kucing Ke Dokter Hewan

Sewaktu kita merasa ada yang tak beres dengan induk kucing dan anak-anaknya sebaiknya segera membawa kucing ke dokter hewan terdekat untuk di periksa dan segera di obati. Deteksi masalah kesehatan secara dini akan membuat penyakit lebih mudah di obati. 

Ada kalanya anak kucing mati di dalam perut kucing. Jika ini terjadi apa yang mesti di lakukan ? Lihat tindakan yang tepat dengan mengklik di sini.


Itulah pembahasan mengenai bolehkah induk kucing di mandikan setelah baru saja melahirkan dan kapan waktu yang tepat untuk memandikannya. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu mendapatkan jawaban yang memuaskan.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url