8 Cara Mengatasi Kucing Stres Karena Pindah Pemilik

Kucing adalah salah satu hewan yang paling banyak di jadikan sebagai hewan peliharaan di Indonesia. Alasannya karena kucing adalah hewan yang lucu, imut juga menyenangkan. Selain itu kucing juga selalu memiliki perilaku unik yang terkadang sering kali mampu mengundang gelak tawa.

 

Cara Mengatasi Kucing Stres Karena Pindah Pemilik

 

Banyaknya orang yang memelihara kucing membuat kucing tak jarang juga di jual-belikan, di hibahkan atau kawin kontrak. Pada saat inilah beberapa kucing bisa mengalami stress sebab tempat tinggal berubah, begitupun pemiliknya ikut berganti.

Jika ini terjadi jangan khawatir, ini adalah hal yang wajar bagi kucing. Tetapi hal ini tak boleh di biarkan begitu saja, sebab ini tentunya akan menjadi masalah tersendiri bagi kucing juga bagi pemilik baru kucing.

Untuk itu perlu bagi kita segera mengatasi masalah ini, lalu bagaimanakah cara mengatasinya ? Cara mengatasinya dapat kamu lihat pada tulisan Anggora di bawah ini. Simak sampai akhir ya Good Readers.

 

8 Cara Mengatasi Kucing Stres Karena Pindah Pemilik

Seperti yang telah Anggora jelaskan di atas bahwa hal ini adalah normal bagi kucing. Bukan cuma kucing saja bahkan beberapa hewan peliharaan lainnya juga akan mengalami hal serupa ketika berpindah tempat juga berganti pemilik.

Kucing yang stress harus segera di tangani sebab bisa menyebabkan perilaku menyimpang seperti :

  • Coprophagia ( memakan sembarang benda )

  • Sering menggigiti atau mencakar tubuhnya

  • Pemarah

  • Menjadi lebih agresif 

  • Terus mengeong

  • Dan perilaku menyimpang sejenisnya

 

Lalu bagaimanakah cara mengatasi atau mengobati kucing yang stress karena pindah pemilik ? Berikut beberapa cara mengatasinya : 

1. Berikan Makanan Dan Minuman Kucing

Cara yang pertama adalah memberikan kucing makanan dan minuman. Makanan dan minuman adalah salah satu obat stress yang sangat manjur bagi kita manusia. Dengan kedua hal ini tak jarang kita mampu melepaskan atau menghilangkan rasa stress kita.

Hal ini pun berlaku pada kucing. Berikanlah makanan serta minuman pada kucing. Usahakan selalu memberikan kucing makanan tepat waktu. Pastikan juga makanan yang di berikan adalah makanan yang menyehatkan bagi kucing.

Kamu dapat menggunakan makanan home made khusus kucing, dry food ataupun wet food. Sementara untuk minuman kucing kamu wajib menggunakan air yang telah matang. Ini demi menjaga saluran pencernaan kucing tetap sehat serta agar kucing tak terinfeksi parasit berbahaya dalam air.

Selain ampuh untuk menghilangkan stress kucing, cara ini juga ampuh untuk membuat si kucing mengakui kamu sebagai pemiliknya yang baru.


2. Ajak Kucing Bermain Dengan Kamu

Cara selanjutnya adalah ajak kucing bermain bersama kamu. Mungkin pada awalnya kucing akan menolak lalu melakukan gerakan mengancam. Bila ini terjadi maka biarkan saja lalu cobalah mengajak kucing bermain hingga beberapa menit.

Kalau kucing masih saja menolak ajakan kamu maka kamu dapat berhenti kemudian melanjutkannya kembali ke esokan harinya. Lakukan hal ini terus menerus setiap harinya berulang-ulang. Seiring berjalannya waktu, lama-kelamaan kucing akan luluh dan mulai bermain dengan kamu.

Kucing yang mulai bermain dengan kamu rasa takutnya terhadapmu serta rasa stress yang di milikinya akan menghilang seiring berjalannya waktu. Lalu pada akhirnya kucing akan lupa atas stressnya, kucing juga lama kelamaan akan akrab dan jinak pada kamu.

 

3. Berikan Kucing Cemilan

Selain memberikan makanan dan minuman cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah memberikan kucing makan cemilan. Cemilan bisa kamu berikan di antara dua waktu makan utama kucing.

Sebelum memberi kucing makan cemilan, panggillah nama kucing kamu. Lalu setelah ia mendatangi kamu, usap-usaplah kepala dan seluruh tubunya dengan lembut kemudian barulah berikan kepadanya cemilan yang berada di tangan kamu.

Berikan cemilan satu persatu pada kucing, jangan langsung memberikan cemilan secara keseluruhan. Ini di lakukan sebagai cara untuk meningkatkan interaksi dan hubungan dengan kucing kamu yang baru saja di adopsi.

Oh iya cara ini juga merupakan salah satu cara yang efektif untuk membuat kucing bisa mengatasi rasa stressnya.


4. Terus Sapa Dan Usap-Usap Tubuh Kucing

Cara yang ke empat adalah menyapa dan terus mengusap-usap kucing. Cara ini merupakan cara yang bisa membuat kucing melupakan stress, sebagai interaksi antara pemilik baru dan kucingnya sekaligus bisa membuat kucing merasa nyaman dan aman berada di sisimu.

Sama dengan mengajak kucing bermain, pada awalnya kucing mungkin akan menolak di usap, tak jarang juga di antara mereka yang bakal kabur ketika melihat kamu mendekatinya. Bahkan kebanyakan di antara mereka juga tak segan menyerang kamu dengan cakarnya.

Namun seiring berjalannya waktu, kucing akan menjadi terbiasa dengan sapaan serta usapan kamu. Jadi jika kamu gagal pada percobaan pertama, cobalah seterusnya sampai si kucing merasa nyaman dengan kamu sehingga ia mampu menghilangkan rasa stressnya akibat kehilangan pemilik lamanya.


5. Sering Bersama Kucing Yang Baru Saja Di Adopsi

Sering bersama kucing yang baru saja kamu adopsi juga merupakan salah satu cara yang di nilai cukup efektif untuk membantu kucing dalam mengatasi rasa stressnya akibat di tinggal oleh pemiliknya yang lama.

Dengan sering bersama kucing, kucing akan bisa melupakan rasa stress juga rasa kehilangannya. Cara ini juga bisa membuat kucing merasa nyaman berada di dekatmu dan lama kelamaan kucing akan menganggap bahwa kamu bukan lagi orang asing.


6. Rawat Kucing Dengan Baik

Kucing tak akan mampu menghilangkan stressnya jika ternyata dia tak di rawat dengan baik oleh pemiliknya yang baru. Yang ada kucing malah akan semakin stress karena tubuhnya tak terawat. Kucing bahkan bisa jatuh sakit lalu mati jika kebutuhan hariannya tak di penuhi dengan baik.

Jadi jika kamu ingin mengatasi rasa stress pada kucing peliharaan kamu maka mulailah merawat si kucing dengan baik.


7. Bawa Kucing Berjalan-Jalan Di Luar Rumah

Kucing adalah hewan yang senang berada di luar rumah. Kucing sangat menyukai tempat-tempat yang banyak rumputnya dan hewan-hewan kecil. Selain itu kucing juga senang ketika berada di tempat yang baru pertama kali ia lihat.

Cobalah manfaatkan hal ini untuk menghilangkan stress kucing kesayangan yang baru saja kamu pelihara. Membawa kucing berjalan-jalan di luar rumah bisa membuat kucing senang sehingga ia bisa melupakan rasa stressnya.

Tapi ingat, ketika kamu membawa kucing berjalan-jalan di luar rumah, pastikan untuk menggunakan tali pengikat sehingga kamu bisa dengan mudah mengawasi kucing kamu serta menghindarkan ia dari masalah masalah yang kita tak inginkan.


8. Bersabar Dan Jangan Menyerah

Yang terakhir adalah bersabar. Setelah kamu melakukan beberapa cara di atas mungkin kamu akan tersadar bahwa semua cara di atas takkan bisa berhasil begitu saja dalam satu kali percobaan. Karena itulah kamu mesti bersabar dan jangan menyerah melakukannya secara rutin setiap harinya.

Percayalah jikalau kamu terus bersabar serta pantang menyerah maka lama kelamaan kucing kamu akan kembali normal ( tidak stress lagi ) bahkan kucing akan menjadi sayang, jinak serta menganggap kamu sebagai pemilik sekaligus keluarga barunya.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai bagaimana cara mengatasi kucing yang stress karena pemiliknya berganti. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membuat kamu bisa mengatasi masalah stress pada kucing kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url