Kucing Makan Belalang Boleh Gak Sih ? Ini Penjelasannya !

Kucing Makan Belalang, Boleh Gak Sih ? | Siapa sih yang tak kenal dengan serangga yang satu ini. Belalang yang merupakan golongan hewan invertebrata ini sering kali kita temukan di tempat kita tinggal.

 

Kucing Makan Belalang
Kucing Makan Belalang Quotesgram.com

 

Terutama bagi kamu yang tinggal di dekat pedesaan, adanya belalang merupakan pemandangan yang sudah tak asing lagi. Ketidak asingan ini bahkan juga berlaku dengan sobat bulu kesayangan kita, mereka sering kali menemukan, menangkap dan mempermainkan belalang.

Tak hanya mempermainkannya saja bahkan kucing peliharaan kita juga tak jarang akan memakan belalang hasil buruan mereka. Sebagai majikan yang baik saat melihat kucing menangkap belalang, tentunya kita akan langsung membuang belalang karena menganggapnya berbahaya.

Ya kita akan langsung membuangnya tanpa berpikir apakah kucing boleh makan belalang. Lantas apakah kucing boleh makan belalang dan bahayakah kucing makan belalang ? Cari tahu jawabanya dengan menyimak tulisan Anggora di bawah ini sampai akhir. 

 

Kucing Kamu Pernah Makan Belalang ?

Pastinya jawabannya iya. Sebab saat kamu membaca tulisan ini, itu berarti kucing kamu pernah atau baru saja memakan belalang. Kucing makan belalang merupakan hal umum terjadi baik itu pada kucing liar maupun kucing rumahan sekalipun.

Tak hanya memakan belakang, kucing pun juga seringkali kita temukan memakan jenis serangga lainnya yakni jangkrik dan juga hewan-hewan sejenisnya yang memiliki ukuran kecil dan biasa menjadi hewan buruan kucing

Bukan cuma suka makan belalang, kucing pun suka makan ikan. Lihat alasan kucing suka makan ikan dengan mengklik di sini.

 

Kenapa Kucing Hobi Menangkap Belalang ?

Ini di karenakan naluri liar kucinglah yang membuatnya sangat senang menangkap belalang. Di samping itu bagi kucing, belalang merupakan salah satu hewan yang bisa di jadikan makanan ataupun cemilan alami.

Tak hanya sebagai makanan, kucing pun suka menjadikan hewan yang satu ini mainan. Belalang seringkali di jadikan mainan oleh anak-anak kucing dan setelah belalang mati, anak kucing biasanya akan meninggalkannya ataupun memakannya.

 

Kucing Berburu Belalang Apa Yang Mesti Kita Lakukan ?

Kalau melihat kucing berburu belalang, apa yang harus kita lakukan ? Ya tinggal kita hentikan saja kucingnya dan buang jauh jauh belalang.  Buanglah belalang ke tempat di mana kucing tak akan menemukannnya lagi atau ke tempat yang sulit di jangkau oleh kucing.

Meskipun belalang adalah mangsa alami kucing memakan belalang tetap saja merugikan bagi kucing. Kerugian ini menurut Anggora sendiri lebih banyak di bandingkan manfaat yang di terima oleh tubuh kucing ketika ia memakan belalang.

Ternyata bahaya loh kalau kucing makan nasi. Lihat apa saja bahaya kucing makan nasi di sini.

 

Kucing Terlanjur Makan Belalang, Bolehkan Atau Larang ?

Mungkin kalau kita memergoki kucing kesayangan kita tengah berburu belalang kita masih bisa melarangnya dan membuang jauh belalang. Tetapi lain cerita kalau kucing sudah terlanjur memakan belalang.

Di saat ini terjadi mau tak mau kita mesti membolehkan atau membiarkan kucing memakannya. Namun jika kamu melihat kucing belum memakan seluruh tubuh belalang, sebaiknya sisa belalang yang ada dalam mulutnya kamu ambil dan jangan biarkan ia memakannya.

Ini kita lakukan untuk meminimalisir resiko kucing jatuh sakit akibat kucing memakan belalang. Sebab seperti yang kita tahu bahwa makanan mentah tak baik bagi organ pencernaan dan tubuh kucing karena kemungkinan mengandung banyak parasit berbahaya.

 

Bahayakah Bila Kucing Makan Belalang ?

Sebenarnya kucing makan belalang sama saja dengan kucing makan jangkrik sama-sama tak berbahaya. hanya saja tetap ada resiko kucing akan jatuh sakit akibat memakan belalang dalam kondisi mentah.

Sebab di dalam tubuh belalang hidup parasit yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti sakit perut, mencret ataupun cacingan. Selain dapat membuat kucing jatuh sakit, memakan belalang pun dapat membuat kucing beresiko mengalami keracunan.

Di dalam tubuh belalang sendiri tak ada senyawa yang dapat membuat kucing keracunan. Keracunan ini sendiri di picu oleh belalang yang tak sengaja makan tumbuhan yang telah di beri racun anti hama atau tubuh belalang terkena semprotan racun hama.

Akibatnya kucing yang memakan belalang yang terkena racun, mengalami keracunan yang di tandai dengan mulut kucing berbusa dan yang terparah adalah kejang-kejang.

Pembahasan lengkap mengenai bahaya kucing makan jangkrik dapat kamu lihat mengklik di sini.


Ciri-Ciri Kucing Sakit Setelah Makan Belalang

Umumnya ada beberapa ciri yang dapat di di lihat pada kucing yang sakit setelah makan belalang. Beberapa ciri kucing sakit karena belalang antara lain : 

  • Tak Mau Makan

  • Gatal-Gatal

  • Tubuh Kucing Panas

  • Sakit Perut

  • Mencret

  • Sering Muntah

  • Kucing Tampak Lemas Dan Lesu

  • Busa Keluar Dari Mulutnya

  • Kucing Mengeluarkan Banyak Air Liur

  • Kucing Jadi Tak Aktif Dan Lebih Banyak Diam Serta Tidur

 

Beberapa saat atau beberapa hari setelah kucing makan belalang dan kamu menemukan 3-4 ciri di atas pada kucing kamu. Maka ada kemungkinan bahwa kucing jatuh sakit adalah karena ia baru saja memakan belalang.

 

Jika Kucing Sakit Apa Yang Mesti Kita Lakukan ?

Sewaktu kucing sakit yang mesti kita lakukan adalah mengobati kucing. Tetapi sangat sulit bagi kita untuk mengetahui secara pasti apakah ini di sebabkan karena belalang itu sendiri ataukah karena kucing keracunan.

Karenanya cara termudah unuk mengobati kucing sakit sehabis makan belalang adalah dengan cara membawa kucing ke dokter hewan terdekat. Cara ini mudah sekaligus efektif untuk mengobati kucing yang sakit hanya saja kita mesti keluar uang sedikit.

Tetapi jika kamu sudah pengalaman dan tahu pasti bahwa penyebab kucing jatuh sakit adalah karena kucing keracunan maka kamu bisa menggunakan susu beruang atau air kelapa muda sebagai obat penawar bagi kucing keracunan ringan

Cara mengobati kucing keracunan dengan kelapa serta susu beruang dapat kamu lihat di sini dan di sini.

 

Apa Saja Manfaat Kucing Makan Belalang ?

Sebenarnya ada beberapa manfaat yang mungkin di dapatkan ketika kucing berburu dan memakan belalang yang sehat dan tak terkena racun. Beberapa manfaat kucing makan belalang antara lain sebagai berikut :

  • Menjaga Otot Kucing Tetap Sehat

  • Melatih Otot-Otot Kucing Agar Semakin Kuat

  • Meningkatkan Stamina Kucing

  • Makanan Tambahan Alami

  • Sumber Protein Hewani

  • Menjaga Serta Melatih Insting Liar Kucing

  • Hadiah Untuk Pemilik Tersayang

  • Mainan untuk Di Mainkan

 

Mungkin cuma itu saja pembahasan seputar kucing makan belalang dan bahayanya bila di konsumsi oleh kucing. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu dalam memahami mengenai kucing makan belalang, menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url