close

4 Penyebab Kucing Baru Adopsi Mengeong Terus

Sebagian dari kita mungkin hendak memelihara kucing karena merasa hewan yang satu ini lucu, menyenangkan dan bisa mendatangkan kebahagian tersendiri bagi pemiliknya. Ketika kita hendak memelihara kucing tentunya kita akan menentukan kucing jenis apa yang akan kita pelihara.

 

Kucing Baru Adopsi Mengeong Terus
Foto Kucing Baru Adopsi Mengeong Terus

 

Lalu setelah kita telah menentukan jenis ras kucing yang hendak kita pelihara di rumah barulah kita mencari cat lovers ataupun toko hewan yang menyediakan jenis ras kucing yang serupa dengan keinginan kita.

Kemudian langkah selanjutnya yang akan kita lakukan adalah mengadopsi kucing tersebut. Proses adopsi dari cat lovers ataupun toko hewan biasanya akan mengeluarkan tak sedikit dana. Namun jika kita tak ingin mengeluarkan modal maka kita bisa mencari cat lovers yang menghibahkan kucingnya. 

Setelah kucing di adopsi awalnya akan ada beberapa masalah yang terjadi pada kucing yang baru saja di adopsi. Salah satu masalah tersebut adalah kucing yang baru saja kita adopsi ketika tiba di rumah kucing akan mengeong terus menerus dan juga terlihat kebingungan.

Melihat hal ini pastinya sebagai pemilik kita akan bertanya dalam hati mengapa kucing bertingkah aneh seperti ini ? Nah untuk menjawab rasa penasaran kamu atas hal ini, Good Reader dapat menyimak tulisan Anggora berikut ini.


Sebab Kucing Baru Adopsi Mengeong Terus

Ketika kucing yang baru saja di adopsi tiba di rumah sering kali kucing akan mengeong terus. Meongan ini jelas sangat mengganggu sekaligus membuat kita tak berhenti bertanya-tanya dalam hati mengapa kucing terus mengeong ?

Berdasarkan pengalaman Anggora sendiri bahwa ada beberapa hal yang menjadi penyebab utama kenapa kucing adopsi mengeong terus. Beberapa penyebabnya antara lain :

1. Kucing Tak Mengenali Tempat Tersebut ( Merasa Asing )

Penyebab pertama adalah kucing tak mengenali tempat tinggal barunya. Hal ini wajar mengingat kucing yang ada di toko hewan biasanya hanya di biarkan terkurung di dalam kandangnya dan selalu melihat hewan lain serta banyak orang yang lalu lalang di sekitarnya.

Ketika kucing berada di tempat yang baru maka kucing akan merasa tempat tersebut asing. Rasa asing tersebut adalah karena suasananya sangat berbeda dengan saat ia berada di toko hewan. Di samping itu kondisi tempat tersebut pun jauh berbeda dengan kondisi ruangan yang ada di toko hewan.

Perasaan asing ini membuat kucing mengeong terus-terusan dan tak jarang setelah kucing adopsi yang baru saja tiba di rumah di keluarkan dari dalam kandangnya maka si kucing akan berlarian dan mondar mandir ke sana kemari menelusuri seluruh area rumah.

Oh iya hal ini juga berlaku pada kucing yang di adopsi dari cat lovers lainnya atau di adopsi dari jalanan. Suasana yang berbeda dan perasaan asing akan tempat baru adalah salah satu pemicu kucing yang baru saja adopsi sering mengeong ketika baru saja tiba di rumah.

Kucing kamu sering mengeong di malam hari ? Cari tahu apa sebabnya dengan mengklik di sini


2. Kucing Mengalami Stress Ketika Dalam Perjalanan Menuju Ke Rumah

Banyak kucing yang tak menyukai perjalanan menggunakan mobil ataupun kendaraan lainnya karena kucing merasa ketakutan ketika berada di dalamnya. Kucing yang merasa takut biasanya sering kali mengeong-ngeong di dalam kendaraan tersebut.

Meskipun kucing hanya berada dalam waktu sekitar 10-15 menitan di dalam mobil tetapi rasa takut ini cukup bisa menyebabkan kucing mengalami stress. Ketika kucing mengalami stress maka kucing yang telah di keluarkan dari kendaraan dan telah tiba di rumah barunya akan tetap saja terus mengeong.

Untuk masalah yang satu ini biasanya ketika kamu merawat kucing dengan baik maka dalam beberapa hari rasa stress kucing akan menghilang. Dengan hilangnya stress kucing maka kucing peliharaan yang baru saja kamu adopsi juga akan berhenti sering mengeong.


3. Kucing Mengira Kamu Adalah Orang Jahat

Kucing adalah hewan yang mampu membedakan siapa pemiliknya dan siapa yang bukan pemiliknya. Salah satu yang biasa di gunakan oleh kucing untuk membedakan pemiliknya dengan orang lain adalah bau tubuh.

Sewaktu kita baru saja mengadopsi kucing tentunya kita akan menjadi pemilik baru dari kucing tersebut tetapi bagi kucing kamu masihlah belum di anggap sebagai majikan barunya. Kucing masih merasa bahwa kamu adalah orang asing yang jahat yang hendak memisahkannya dengan pemiliknya.

Inilah alasan mengapa kucing terus mengeong ketika baru saja di adopsi. Meongan kucing yang terus menerus adalah pertanda bahwa kucing mencari-cari pemilik lamanya sekaligus merasa bahwa ia berada di dalam tempat yang asing baginya.

Bagaimana cara kucing mengenali pemiliknya bisa kamu lihat di sini.


4. Kucing Mabuk Perjalanan

Bukan cuma manusia saja yang bisa mabuk dalam perjalanan, kucing pun juga bisa mengalaminya. Kucing yang merasakan rasa yang tak nyaman pada perutnya seperti rasa mual membuat kucing akan sering mengeong.

Bukan cuma di dalam kendaraan saja bahkan sesampainya di rumah barunya sekalipun kucing akan terus mengeong jika ia masih merasa tubuhnya tidak enak. Tapi jangan khawatir jika kucing sudah merasa baikan maka kucing akan berhenti mengeong teus-terusan.

Bila kamu tak ingin kucing kamu mengalami mabuk saat perjalanan maka kamu bisa menggunakan obat kucing anti mabuk seperti Catystress atau obat sejenisnya. Berikan empat atau enam tetes ke kucing kamu yang sedang mabuk.

Untuk harga obat ini sendiri di jual dengan harga yang cukup terjangkau yakni dengan harga 15 ribu rupiah untuk ukuran 30 mililiter. Obatnya dapat kamu beli dengan mudah di Pet shop ataupun membelinya secara online.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Hal Ini ?

Setelah melihat beberapa penyebab utama yang ada di atas maka kita menjadi tahu mengapa kucing berperilaku demikian. Tak hanya itu saja kita bisa mengatasi masalah ini dengan melihat apa penyebab utamanya.

Misalkan kucing merasa asing di rumah tersebut maka cara mengatasinya cukup memberikan waktu kucing untuk beradaptasi sendiri. Kalau penyebab utamanya adalah karena kucing mabuk atau stress maka untuk mengatasinya kita bisa memberikan kucing obat mabuk atau stress.

Lalu jika kucing menganggap kita orang asing atau orang jahat maka kita bisa membuat kucing mengakui kita sebagai pemiliknya dengan cara merawat kucing dengan baik serta menyayanginya setulus hati.

Nah dengan melakukan cara-cara di atas kucing akan berhenti mengeong terus-terusan hanya dalam beberapa hari atau minggu. Ketika mengadopsi kucing ingatlah bahwa apapun yang terjadi pada kucing kamu harus merawatnya dengan baik. Jangan cuma habis manis sepah di buang.

Baca juga 6 penyebab mengapa kucing Persia jarang mengeong dengan mengklik di sini.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai penyebab kucing baru adopsi mengeong terus. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu memahami apa yang membuat kucing terus mengeong dan bagaimana cara mengatasinya.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url