close

5 Sebab Kucing Sakit Kaki Belakang Lemah

5 Sebab Kucing Sakit Kaki Belakang Lemah | Sebagai seseorang yang memelihara kucing kita tak selalu berada dalam situasi yang menyenangkan. Kadang kala kita akan di hadapkan dengan situasi di mana kucing kita mengalami sakit yang mendadak.

 

Kucing Sakit Kaki Belakang Lemah Lemas Lumpuh
Ilustrasi Kucing Sakit Kaki Belakang Lemah, Lemas, Lumpuh

 

Salah satu contoh penyakit yang kadang kala muncul secara mendadak adalah kaki belakang kucing sakit dan terlihat lemah. Saking lemahnya kaki kucing terlihat seolah kucing sedang mengalami kondisi lumpuh sebagian yakni pada kaki-kaki belakangnya.

Kaki belakang yang lemah dan terlihat lumpuh ini menyebabkan kucing kesulitan berjalan sehingga membuat kucing berjalan seperti mengesot atau lebih memilih berdiam diri seharian. Hal ini pastinya akan membuat kita sebagai pemilik kasian terhadap kondisi kucing dan khawatir kalau-kalau penyakit kucing adalah penyakit yang berbahaya.

Bila penyakit ini di biarkan saja maka kemungkinan kaki belakang yang terlihat lemah tadi dapat  berubah menjadi lumpuh permanen. Umumnya kaki lemah atau lumpuh sementara ini lebih sering terjadi pada kaki belakang kucing.

Namun bukan berarti kaki depan kucing tak mungkin sakit dan lumpuh sesaat. Selain membuat kucing mengalami kesulitan berjalan, penyakit ini juga dapat menyebabkan kucing sulit meraih makanan dan minum dan kesulitan saat ia hendak buang kotoran.

Kucing akan memilih buang air ataupun kotoran di tempat ia berada saat ini akibat tak bisa bergerak menuju litter box. Banyak cara mengobati kucing yang lemah pada kaki belakangnya. Mulai dari pengobatan medis hingga pengobatan alternatif seperti pengobatan tradisional.

Bagi yang tak memiliki dana lebih mungkin akan memilih perobatan alternatif untuk mengobati sakit pada kaki kucing namun sebagai cat lover saya lebih merekomendasikan kucing yang kaki belakangnya lemah untuk di bawa ke dokter hewan.

Karena pengobatan medis di nilai lebih efektif dan lebih mempercepat proses kesembuhan di bandingkan menempuh jalur pengobatan alternatif. Untuk mengenal lebih dalam mengenai penyakit kaki kucing bagian belakang lemah dan seperti lumpuh, silahkan simak penjelasan Anggora di bawah ini.

 

Penyebab Kucing Sakit Kaki Belakang Lemah

Kenali dahulu penyebab mengapa kaki kucing tiba-tiba menjadi lemah, lemas atau mendadak lumpuh sebelum kita memberikan pengobatan terhadap kucing. Dengan mengetahui penyebabnya, kita dapat memberikan penanganan yang tepat sehingga proses penyembuhan dapat berlangsung lebih singkat serta menghemat dana di kantong.

Apa saja sih yang menjadi penyebab kenapa kaki kucing bagian belakang lemah, lemas ataupun mendadak lumpuh ? Berikut ini 5 penyebabnya :

1. Di Tabrak Kendaraan

Ketika kucing kamu pergi keluyuran dan pulang-pulang ke rumah mendadak kaki belakang menjadi lemah, lemas dan seolah lumpuh maka bisa jadi ini sebabkan kucing kamu di tabrak kendaraan yang melintas.

Dulu saya sempat tinggal di rumah yang dekat dengan jalan perumahan ( bukan jalan raya ). Saat itu saya membiarkan kucing saya bebas keluyuran, karena saya merasa jalan itu aman karena jarang sekali melintas kendaraan.

Suatu hari kucing saya kembali ke rumah berlari. Awalnya kondisi kaki kucing normal saja lalu beberapa jam kemudian saya sadar bahwa kaki kucing saya sudah lemas dan seolah lumpuh. Saya yakin bahwa ini sebab ia di tabrak sepeda motor yang melintas.

Karena sesaat sebelum ia berlari masuk rumah, saya mendengar suara kendaraan sepeda motor yang melintas di depan rumah.

Mungkin kamu juga pernah secara tak sengaja menabrak kucing lalu kucingnya mati. Bagaimana kita yang beragama islam menyikapi hal ini, simak penjelasannya dengan mengklik di sini.

 

2. Penyakit Distemper

Distemper merupakan salah satu penyakit yang bisa menyebabkan kucing berjalan sempoyongan akbat kaki belakang melemah. Penyakit ini pun dapat menjadi penyebab kelumpuhan mendadak pada kaki kucing.

Penyakit ini merupakan merupakan penyakit yang timbul akibat infeksi virus. Jadi bila kucing kamu kakinya mendadak lemah dan lumpuh bisa jadi ini akibat ia menderita penyakit di stemper. Supaya semakin yakin, kamu bisa membawa kucingmu untuk di periksa dahulu jenis penyakitnya ke dokter hewan agar kita tahu apakah penyebab pastinya adalah distemper atau bukan.

 

3. Bawaan Lahir

Faktor bawaan lahir pun dapat menjadi sebab kenapa kaki kucing lemah, lemas ataupun lumpuh. Saat kucing di lahirkan ada kalanya ia terlahir dalam kondisi cacat atau terlahir tak sempurna.

Pengen tahu gimana sih anak kucing anggora yang baru saja terlahir. Lihat photomya di sini.

 

4. Kecelakaan

Selain di tabrak kendaraan, kecelakaan pun dapat membuat kucing kakinya sakit dan lumpuh. Seperti kucing terjatuh sendiri saat bermain dari ketinggian, kaki kucing terbentur tembok dengan kuat ketika berkelahi dan bermain ataupun menerima pukulan yang keras di area kaki secara sengaja dari orang yang tak bertanggung jawab.

Kaki kucing yang lemah ataupun lumpuh berhubungan dengan kaki kucing yang mengalami kerusakan saraf ataupun traumatik yang mengubah kondisi kaki kucing.

 

5. Geriatrik

Geriatrik adalah kelumpuhan yang terjadi akibat menuanya usia kucing. Serupa seperti manusia,  semakin tua usia kucing maka tulang yang ada dalam tubuh terutama pada tangan dan kaki akan semakin melemah.

Karenanya saat kucing semakin menua maka ia akan semakin kesulitan untuk berjalan dan bisa mengalami kelumpuhan.

Kucing tua pun bisa mengalami stress, ketahui cara mengatasinya dengan mengklik di sini.


Bagaimana Cara Mengobati Kucing Lumpuh

Nah setelah kita tahu apa saja sih penyebab mengapa kucing mendadak kakinya lemah ataupun pincang maka langkah selanjutnya adalah memilih cara pengobatan yang tepat untuk mengobati kucing ke sayangan kita.

Beberapa cara pengobatan yang bisa di lakukan antara lain pengobatan dengan menggunakan obat maupun secara tradisional. Cara tersebut antara lain :

1. Terapi Jalan

Sama dengan manusia yang melakukan terapi jalan karena mengalami masalah kaki lemah atau kelumpuhan pada kaki akibat kecelakaan maupun penyakit. Kucing dengan kondisi yang sama pun butuh melakukan terapi jalan. Namun yang berbeda pada terapi jalan kucing hanya dilakukan ketika kucing hendak ingin berjalan.

Seperti kucing ingin pergi berjalan ke litter box untuk buang air kecil ataupun besar. Tanda bila kucing ingin berjalan biasanya kucing akan mengeong atau menggumam dan memaksa tubuhnya untuk bergerak.

Saat kucing ingin berjalan angkatlah badannya kemudian biar kan ia berusaha menggerakkan kaki belakangnya sembari menggeser tubuhnya secara perlahan ke tempat tujuan. Lakukan hal ini secara rutin setiap kali kucing hendak bergerak dengan harapan kondisi kucing akan semakin membaik.

 

2. Terapi Akupuntur

Akupuntur merupakan pengobatan tradisional memakai jarum dan menusukkannya ke bagian yang sakit. Banyak orang yang percaya terapi ini mampu menyembuhkan kucing yang mengalami kelumpuhan.

Terapi akupuntur biasanya di lakukan pada kucing dengan kondisi kaki yang telah parah tapi tak kunjung sembuh meskipun telah berobat medis dan meminum banyak obat-obatan. Terapi ini aman dilakukan untuk menyembuhkan kucing lumpuh.

Terapi akupuntur bekerja dengan cara meningkatkan imun tubuh serta sel darah merah juga fungsi alat gerak tubuh. Akupuntur pun bisa merelaksasi bagian-bagian tubuh. Saat kucing melakukan terapi akupuntur sebaiknya pegangi kucing dengan kuat sebab mungkin kucing akan berontak.

 

3. Memijat Kaki Kucing

Bila kaki lemas, lemah ataupun kelumpuhan pada kucing di rasa tak terlalu parah. kucing masih mengkonsumsi obat-obatan dan tak kunjung sembuh. Kamu bisa melakukan pemijatan pada kaki kucing untuk mengatasinya.

Lakukan pemijatan pada bagian kaki yang lumpuh secara perlahan-lahan serta hati-hati. Tujuannya adalah supaya otot-otot kaki yang tadinya kaku bisa lentur kembali dan sarafnya pulih. Lakukan hal ini setiap harinya secara teratur terhadap kucing.   

 

4. Beri Multivitamin

Saat kaki kucing sakit lemah, lemas, lumpuh ataupun pincang. Biasanya kucing akan kehilangan nafsu makannya. Padahal kucing yang sakit perlu energi serta mutrisi dari makanan untuk membantunya agar cepat sembuh.

Karenanya perlu bagi kita untuk memberikan multivitamin dan penambah napsu makan. Ini bertujuan untuk mengembalikan nafsu makan kucing, menjaga kucing tetap sehat dan meningkatkan imun tubuhnya.

 

5. Berobat Ke Dokter Hewan

Ketika kucing yang kakinya lemah, sakit ataupun lumpuh tak kunjung sembuh setelah kita melakukan berbagai terapi tradisional serta memberikan obat-obatan kimia. Maka langkah terakhir yang bisa kita lakukan adalah membawa kucing ke dokter hewan.

Karena mungkin kondisi kucing ini adalah sebab kucing tertabrak kendaraan atau mengalami kecelakaan yang mengakibatkan cedera serius di kakinya. Dokter akan mengoperasi kucing bila penyebabnya adalah hal di atas.

Tetapi bila penyebabnya adalah penyakit akibat virus, bakteri dan sejenisnya maka dokter hanya akan memberikan obat-obatan untuk mengobati ataupun meringankan kondisi penyakit si kucing penderita.

 

Bagaimana Bila Ternyata Kucing Menderita Distemper ?

Kaki kucing lemah, sakit, lemas ataupun kelumpuhan bisa terjadi akibat distemper. Lalu bagaimana bila si kucing ternyata menderita distemper ? Mungkin kita harus bersabar dengan kondisi kucing kita dan tetap melakukan perobatan rutin sebab penyakit distemper sampai saat ini belum ada obatnya.

Pengobatan rutin di lakukan untuk meringankan rasa sakit ataupun nyeri pada kaki kucing. Kamu juga dapat membuatkan kucing yang menderita distemper alat bantu jalan supaya kucing bisa beraktivitas walau hanya menggunakan kaki depannya untuk bergerak.

Itulah beberapa penyebab kucing sakit kaki belakang lemah, lemas ataupun kelumpuhan. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu memahami mengenai kelumpuhan mendadak sementara ataupun permanen pada kaki kucing, menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.
 
Tags : kucing jalannya ngesot , kaki belakang kucing lemas, kaki kucing lemas, kaki kucing lemah, punca kaki belakang kucing lemah, kaki belakang anak kucing lemas, anak kucing kaki lemas, punca kaki kucing lemah, kaki kucing pincang dan lemas, kaki kucing lemas seperti lumpuh

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url