close

Hukum Memotong Kuku Kucing Dalam Islam

Hukum Memotong Kuku Kucing Dalam Islam | Kucing merupakan hewan peliharaan yang termasuk golongan karnivora. Karenanya kucing memiliki kuku-kuku yang tajam. Kuku-kuku ini bisa kucing gunakan untuk menangkap serta mengoyak tubuh mangsanya. Umumnya kucing senang memangsa hewan yang lebih kecil dari besar ukuran tubuhnya.


Hukum Memotong Kuku Kucing Dalam Islam
Ilustrasi Kucing Menunjukkan Kukunya Yang Di potong


Kecoa, kadal, tikus, cicak, kodok, anak ayam merupakan hewan yang sering di jadikan sasaran buruan kucing. Bicara tentang kuku kucing, kuku kucing sering kali membuat kita ingin memotongnya. Banyak hal yang mendasari keinginan kita tersebut seperti agar kucing tak mencakar kita, agar kucing tak sakit dan berbagai alasan lainnya.

Namun sebagai muslim atau muslimah yang baik kita tak boleh begitu saja main potong kuku kucing. Kita perlu tahu bagaimana hukum memotong kuku dalam islam.

 

Hukum Memotong Kuku Kucing Dalam Islam

Menurut islam sendiri tidak ada hadis ataupun ayat alquran yang menjelaskan perihal memotong kuku hewan termasuk kuku kucing. Tapi berdasarkan pendapat ulama, boleh memotong kuku kucing dan tak berdosa di lakukan dengan syarat :

 

1. Tidak Melukai Kucing

Memotong kuku kucing sebaiknya tidak sampai melukai kucing. Karena bila kucing sampai terluka maka di haramkan dan berdosa bagi kita karena telah memotong kukunya. Hal ini berdasarkan hadis riwayat bukhari yang menjelaskan seseorang yang melukai dan menyiksa kucing.

Dari Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW telah bersabda,“ Seseorang perempuan dimasukkan ke dalam neraka sebab seekor kucing yang ia ikat serta tak ia berikan makan apalagi tidak diperkenankan makan binatang- binatang kecil yang terdapat di lantai ”( HR Bukhari )

 

2. Memotong Sedikit Saja

Potonglah sedikit kuku saja. Ini bertujuan agar kucing masih bisa menggunakan kukunya seperti biasanya.

 

3. Tidak memotong habis kuku kucing

Memotong habis kuku kucing sama saja dengan menghilangkan haknya sebagai hewan untuk memiliki kuku. Tak hanya itu memotong kuku kucing sampai habis bisa melukai kucing secara langsung karena pada sebagian kuku kucing terdapat syaraf tertentu. Itulah alasan kenapa kita tak boleh asal potong kuku kucing begitu saja.


4. Punya tujuan yang baik

Ketika hendak memotong kuku kucing hendaklah kita mempunyai niat dan tujuan yang baik. Seperti memotong kukunya agar ia tak terkena penyakit seperti cacingan, supaya tidak melukai kita atau anak kita dan niat baik lainnya.


Bila memenuhi 4 syarat di atas maka tidak berdosa dan di perbolehkan bagi kita memotong kuku kucing. Selain syarat di atas ada juga jenis kucing yang boleh dan tak boleh di potong kukunya.


Jenis Kucing Yang Boleh Di Potong Dan Tidak Boleh Di Potong Kukunya

Ada 2 jenis kucing yang boleh dan tak boleh di potong kukunya. 2 jenis kucing tersebut antara lain :

1. Kucing Rumah

Kucing yang sangat di perbolehkan untuk memotong kukunya adalah kucing rumah. Pemotongan kuku kucing biasanya bertujuan untuk menghilangkan keburukan yang di akibatkan oleh kuku tersebut. Berikut ini daftar tujuan yang memperbolehkan memotong kuku kucing :

  • Mencegah penyakit kucing

  • Menghilangkan penyakit kucing

  • Agar kondisi penyakit kulit kucing tak semakin parah

  • Agar tak terluka ketika di cakar

  • Untuk melindungi kita dan anak kita

  • Supaya sofa tak rusak di cakar

  • Supaya jok motor tak rusak di cakar


2. Kucing Liar

Kucing yang tak di perbolehkan di potong kukunya adalah kucing liar. Sebab kuku kucing sangat di perlukan kucing liar dalam mencari makanan dan perlindungan dirinya. Kukunya biasanya ia gunakan untuk menangkap serangga dan mangsa lainnya, mengais tempat sampah, mengambil makanan, dll.

Sementara untuk perlindungan, kukunya bisa di gunakan untuk memanjat pohon atau bangunan ketika ia di kejar predator, kucing lainnya ataupun manusia. Untuk melawan hewan lainnya, memperkuat pegangannya ketika ia melompat dari satu tempat ke tempat lainnya, dan banyak fungsi lainnya.

Memotong kuku kucing liar bisa membuat ia sulit mencari makanan dan mempertahankan dirinya. Inilah sebab kenapa memotong kuku kucing liar sangat tak di perbolehkan dan berdosa jika kita lakukan


Larangan Memotong Kuku Kucing Menurut Islam

Seperti di jelaskan di atas bahwa tak ada dalil atau ayat yang menjelaskan hukum memotong kuku kucing. Namun ulama sependapat bahwa di perbolehkan memotong kuku kucing jika tujuannya baik dan tak melukai kucing.

Adapun yang di larang menurut islam dalam memotong kucing bila terdapat sebab-sebab seperti berikut ini :

  • Memotong kuku kucing yang sakit karena di khawatirkan kucing meronta-meronta sehingga energinya semakin terkuras dan kondisi sakitnya semakin parah

  • Memotong kuku kucing yang bukan milik atau peliharaan kita, karena bukan hak kita melakukannya

  • Memotong kuku kucing liar yang membuat ia kehilangan kemampuan bertahan hidupnya

  • Memotong sebagian atau seluruh kuku kucing hanya untuk bermain-main


Bahayakah Jika Asal Memotong Kuku Kucing ?

Memotong kuku kucing secara sembarangan dapat membuat kucing terluka dan merasakan rasa sakit yang luar biasa. Tak hanya itu rasa sakit yang di akibatkan bisa mengubah perilaku kucing. Kucing yang tadinya riang dan aktif bisa menjadi pendiam dan muram. Rasa sakit akibat luka juga bisa membuat nafsu makan kucing menghilang.

Bahkan bila kita sodorkan whiskas sekalipun kucing tak akan mau memakannya. Sebab itulah mengapa pemotongan tak boleh di lakukan sembarangan atau asal-asalan. Kita perlu tahu caranya yang benar terlebih dahulu sebelum melakukan pemotongan kuku.


Lalu Bagaimana Cara Memotong Kuku Kucing Yang Benar ?

Memotong kuku kucing yang benar yakni dengan memotong bagian yang berwarna putih susu saja. Jangan memotong sampai kuku yang terlihat kemerah-merahan. Karena pada bagian kuku yang kemerah-merahan atau yang dekat dengan tangannya kucing, di sana terdapat syaraf kucing.

Bila kamu memotongnya secara sengaja maka kucing akan kesakitan, terluka dan tangannya akan keluar darah. Untuk lebih amannya bisa memotong kuku sedikit saja di bagian pangkal kuku kucing. Gunakan potong kuku yang khusus kucing untuk memudahkan memotong kuku kucing sekaligus agar pemotongan bisa berlangsung cepat dan tentunya aman.


Perlukah Membawa Kucing Ke Dokter Hewan Untuk Memotong Kukunya ?

Bila kamu takut untuk memotong kuku kucing atau ragu untuk melakukannya sendiri maka kamu bisa membawa kucingmu ke dokter hewan terdekat. Ini sangat di sarankan untuk di lakukan dan lebih aman bagi kamu yang ragu atau takut untuk melakukannya sendiri.


Bagaimana Jika Kucing Terluka Setelah Di Potong Kukunya ?

Kalau kucing terluka sesudah kita potong kukunya apa yang mesti kita lakukan ? Bersihkan bagian yang terluka dari darah dengan alkohol, kemudian balut dengan kapas atau kain yang bersih untuk menutup luka dan menekannya agar darah tak banyak keluar. Selanjutnya segera bawa kucing kita ke dokter hewan agar segera mendapatkan perawatan.

Pastikan kamu mengikuti cara memotong yang benar yang telah saya bagikan di atas agar hal seperti ini bisa di hindari.


Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai bagaimana hukum memotong kuku kucing menurut islam. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat silahkan membagikannya ke kerabat ataupun akun sosial media milik kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url