Dihampiri Kucing Saat Shalat, Begini Sikap Kita

Dihampiri Kucing Saat Shalat, Bagaimana Sikap Kita | Kucing merupakan hewan yang penuh rasa ingin tahu dan selalu mendekati tuannya ketika ia menginginkan sesuatu. Pasti ada saat-saat dimana kita sedang shalat kita di datangi atau di hampiri oleh kucing kita.


Dihampiri Kucing Saat Shalat
Ilustrasi Kucing Bermain Di Dekat Kita Saat Sedang Sholat

 

Ada kucing yang sekedar ingin berbaring di sajadah, mengelus kaki kita, ingin bermain dengan sarung kita, dan ada juga yang duduk di samping kita seolah ia ingin ikutan sholat atau beribadah dengan kita, dsb. Lantas apakah yang mesti kita lakukan jika hal ini terjadi pada kita dan bagaimanakah kita menyikapinya ?


Pertanda Apakah Jika Di Hampiri Kucing Saat Shalat ?

Di datangi atau di dekati kucing saat sholat banyak di artikan sebagian orang terhadap pertanda kemujuran atau kesialan tertentu. Sebagai muslim yang baik kita di larang untuk mempercayai hal demikian karena ini merupakan salah satu perbuatan sirik.

Di datangi kucing hanyalah pertanda bahwa kucing senang berada di dekat kita, menganggap kita manusia yang baik. Ini juga merupakan pertanda bahwa kita adalah manusia yang ramah, melindungi hewan serta tempat yang nyaman baginya berada.


Apa Yang Mesti Kita Lakukan Bila Di Ganggu Atau Di Hampiri Kucing Saat Shalat ?

Di ganggu atau di hampiri kucing saat shalat apa yang mesti kita lakukan ? Apakah kita mesti membatalkan sholat kita ataukah tetap melanjutkannya ? Yang mesti kita lakukan cukup melanjutkan shalat kita dan mengabaikan keberadaan kucing. Usahakan sebisa mungkin jangan tertawa ataupun marah saat sholat karena bisa membatalkan sholat kita.

Ada saat dimana saya dulu sempat tertawa karena kucing yang mendatangi saya saat sholat dan secara mendadak melakukan tindakan yang membuat tertawa. Akibatnya mau tak mau saya harus mengulang sholat saya kembali.


Bagaimana Jika Kucing Lewat Di Depan Kita Saat Shalat ? 

Jika saat kita sholat tiba-tiba ada kucing yang hendak lewat dari depan kita maka cegahlah dengan tangan dan dorong dengan lembut agar ia tak lewat di hadapan kita. Saya berpatokan pada hadis yang menunjukkan bagaimana tindakan kita bila manusia lewat di depan kita saat sedang shalat. Berikut ini hadisnya.

 

إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ إِلَى شَيْءٍ يَسْتُرُهُ مِنَ النَّاسِ فَأَرَادَ أَحَدٌ أَنْ يَجْتَازَ بَيْنَ يَدَيْهِ، فَلْيَدْفَعْهُ فَإِنْ أَبَى فَلْيُقَاتِلْهُ فَإِنَّمَا هُوَ شَيْطَانٌ

Ketika seorang dari kalian sholat menghadap sesuatu yang membatasinya dari orang, kemudian ada seseorang yang hendak lewat di hadapannya, maka hendaklah ia cegah. Bila dia tak mau maka paksalah dia, karena dia adalah setan.” (HR Al-Bukhari no. 509 serta Muslim no. 505)


Bagaimana Jika Kucing Diam Di Depan Kita Saat Shalat ?

Sama seperti ketika kucing akan lewat di hadapan kita, yang kita lakukan hanyalah mendorong atau menggeser tubuh kucing dengan lembut supaya tak lagi di duduk atau baring di depan kita.

Cukup dorong sampai posisinya tak ada di depan kita lagi. Lakukan dengan satu tangan saja, bisa memakai kaki, tangan kiri atau kanan.

 

Bagaimana Jika Kucing Bermain Di Dekat Kita Saat Shalat ?

Lihat terlebih dahulu di mana posisi kucing yang datang bermain. Kalau ada di depan kita tinggal kita geser posisinya agar tak menghalangi kita saat shalat. Kalau kucing cuma bermain-main di belakang atau di samping kita, abaikan saja. Dan usahakan saat sholat jangan tertawa ataupun marah, karena ini bisa membatalkan wudhu kita.

 

Bagaimana Kalau Kita Tertawa Atau Marah Saat Sedang Shalat ?

Bisa saja saat kita sholat, kita tertawa terbahak-bahak ataupun emosi karena tingkah kucing peliharaan yang mengganggu kita. Saat ini terjadi kita terpaksa harus kembali berwudhu dan mengulang sholat kita. Karena tertawa ataupun marah saat sholat adalah satu dari banyak hal yang menjadi penyebab batalnya sholat.

Ulangi wudhu dan sholatlah kembali. Agar sholat tak batal lagi, sholatlah dalam ruangan tertutup yang tidak bisa di masuki ataupun di datangi kucing.


Bagaimana Kalau Kita Dikencingi Saat Sedang Shalat ?

Kucing yang sedang birahi punya kebiasaan untuk spraying ( menyemprotkan semacam urin ) secara sembarangan. Di tengah menunaikan ibadah shalat bisa saja kucing birahi datang ke dekat kita kemudian mengencingi kita dan membuat shalat batal.

Kita terpaksa harus mandi dan menganti pakaian kita barulah kita boleh melaksanakan sholat kembali. Cegah hal ini terjadi dengan mengurung kucing di dalam kandang atau ruangan tertentu di saat kita hendak shalat.

 

Bagaimana Kalau Kucing Muntah Atau Buang Air Besar ?

Yang satu ini mungkin jarang terjadi namun bisa saja terjadi. Kucing datang menghampiri kita kemudian kucing muntah ataupun buang air besar dan kecil di sajadah kita. Nah bila ini terjadi maka kita terpaksa harus membatalkan sholat.

Kalau sarung atau kaki kita tak terkena muntahan atau kotoran kucing, sah bagi kita untuk melanjutkan shalat lagi. Tapi bila kamu masih ragu apakah kena atau tidak, kamu bisa mengganti sarung, membersihkan kaki dan kembali berwudhu.

Yang biasa saya lakukan ketika ini terjadi, saya akan berpindah tempat shalat dan membiarkan dulu kondisi sajadah yang kotor tadi tetap di tempatnya. Setelah selesai sholat barulah saya membersihkan sajadah tadi.

 

Bagaimana Kalau Kucing Membawa Anaknya Ke Atas Sajadah ?

Kucing yang anaknya berumur di atas semingguan atau satu bulanan seringkali membawa pindah anaknya ke tempat baru yang dia anggap lebih bersih, aman dan nyaman. Pernah ketika Anggora shalat di ruang shalat rumah, si Ai-chan ( nama kucing ) datang menggendong anaknya yang berumur satu minggu ke atas sajadah.

Terpaksa sebagai majikan, mengalah, berpindah tempat dan mengganti sajadah yang lainnya untuk shalat. Sebab takutnya bila kita cuma menggeser posisi kucing saat sholat, bisa saja anak kucing kencing atau buang air besar sembarangan. Yang namanya bayi belum bisa mengontrol kencing dan buang pupnya, jadi masih sembarangan pup dan BAK.


Bagaimana Mencegah Kucing Tak Mengganggu Saat Shalat ?

Supaya kita tak di datangi atau di ganggu kucing saat menunaikan shalat sebaiknya kita shalat di kamar atau ruangan yang tidak ada kucingnya serta tak bisa di masuki kucing. Bisa juga dengan mengurung sementara kucing di dalam kandangnya. 

Memberikan kucing makanan atau mainan untuk mengalihkan perhatiannya dari kita tak akan berhasil. Cara ini pernah Anggora terapkan, alhasil kucing tetap saja merusuh kembali saat saya sedang melakukan shalat, hehe.

Mengeluarkan kucing ke luar rumah saat sholat juga tak akan berhasil jika jendela rumah terbuka. Kucing akan kembali masuk lewat jendela dan akan kembali menggangu kita saat ia ingin di dekat majikannya tercinta. Cara ini cuma berhasil saat di lakukan malam hari, karena jendela rumah sudah tertutup semua.


Apakah Di Sentuh Kucing membatalkan Wudhu Dan Shalat ?

Mungkin ada kalanya waktu kita sudah selesai berwudhu dan sedang sholat, kucing menyentuh tubuh kita. Disentuh kucing dan terkena bulu kucing tidaklah membatalkan wudhu serta sholat. Ini karena kucing bukanlah hewan yang najis. Kucing sendiri merupakan hewan yang suci karena kebiasaannya yang suka membersihkan dirinya.

Bahkan air yang sudah di minum kucing dengan memakai lidahnya bisa di gunakan untuk berwudhu. Ini di jelaskan dalam hadis berikut ini :

  • Kucing bukan najis. Dia hewan yang terdapat di dekat kamu ( HR Abu Dawud serta Tirmidzi )

  • Kucing bagaikan perhiasan rumah tangga, dia tidak dikotori suatu ( HR Muslim )

  • Rasulullah bersabda: Kucing merupakan makhluk yang tubuh, keringat, sisa sisa santapan, dan air liurnya merupakan suci. Air liurnya suci dan mensterilkan. Hidupnya lebih bersih dari manusia ( HR. Malik).


Mungkin itu saja pembahasan mengenai bagaimana sikap kita ketika di hampiri atau di datangi kucing ketika shalat. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, bagikan juga ke kerabat ataupun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url