close

9 Cara Mengobati Kucing Yang Terkena Virus Panleukopenia

Cara Mengobati Kucing Yang Terkena Virus Panleukopenia | Virus panleukopenia merupakan virus yang menyebabkan gangguan kesehatan bagi kucing. Virus ini merupakan salah satu virus yang berbahaya bagi kucing karena bisa menyebabkan kematian mendadak. Tak hanya itu panleukopenia juga merupakan jenis virus yang bisa menular dengan sangat cepat.


Cara Mengobati Kucing Yang Terkena Virus Panleukopenia
Cara Mengobati Kucing Yang Terkena Virus Panleukopenia
 

Panleukopenia merupakan penyakit yang di sebabkan oleh virus parvo. Jika kucing terjangkit virus ini maka ia akan dengan mudah menularkannya ke kucing lainnya. Penularan yang paling cepat adalah di tempat di mana banyak kucing berkumpul, seperti peternakan kucing, penangkaran kucing, toko hewan ataupun penitipan hewan.

 

Cara Mengobati Kucing Yang Terkena Virus Panleukopenia

Saat kucing kita terinfeksi virus panleukopenia maka harapan hidup kucing agar sembuh adalah 1 persen. Sisanya adalah kematian. Karena sampai saat ini belum di temukan obat yang bisa menyembuhkan penyakit panleukopenia ini. Kucing yang terkena serangan panleukopenia akan lemas, malas makan dan lebih sering tidur.

Untuk mengobati penyakit panleukopenia ini yang bisa kita lakukan adalah mencoba beberapa cara. Berikut ini cara yang biasa anggora lakukan ketika kucing saya sakit parah.

 

1. Berikan Makan Dan Minum Tiap 2 Jam

Cara yang pertama untuk mengobati virus panleukopenia adalah dengan memberikan makanan dan minuman bagi kucing tiap 2 jam. Untuk makanan berikan makanan wet food atau makanan basah yang encer sehingga memudahkan kucing untuk menelannya. Kamu bisa menggunakan spuit khusus kucing untuk mempermudah pemberian makanan dan minuman kucing.

Untuk air minum sendiri pastikan berikan minuman yang sudah di masak. Karena air yang telah di masak lebih aman di bandingkan yang mentah. Pemberian makanan dan minuman tiap 2 jam bertujuan agar kucing bertenaga dan mampu berjuang melawan penyakitnya.

 

2. Berikan Air Kelapa Muda

Air kelapa seringkali di gunakan sebagai obat keracunan bagi kucing. Namun selain obat keracunan, air kelapa muda juga bisa di gunakan sebagai suplemen ataupun vitamin untuk membantu kucing agar tubuhnya mampu bertahan melawan penyakit, terutama penyakit parah seperti panleukopenia.

Berikan air kelapa muda tiap 2 jam sekali pada kucing yang sakit.

 

3. Berikan Madu + Telor

Madu plus telor bisa di berikan ke pada kucing untuk menambah stamina kucing yang sakit panleukopenia. Berikan campuran madu plus telor 2 kali sehari ( pagi dan malam ). Gunakan spuit agar kucing tak tersedak dan memudahkan pemberian madu plus telor ini.

 

4. Berikan Vitamin

Berikan vitamin 2 kali sehari untuk membantu kesehatan kucing dan agar kucing kuat dalam melawan penyakit panleukopenia ini. Jika kamu sudah melakukan cara nomor 2 dan 3 maka kamu bisa mengabaikan cara ini.

 

5. Berjemur

Cara yang terakhir yakni berjemur. Jemur kucing di saat pagi hari dan saat matahari tak terlalu panas. Yakni jam 11 sampai jam 12 setiap harinya. Jemur sebentar saja sekitar 5 menitan. Setelah itu berikan kucing air minum karena mungkin ia kehausan setelah berjemur.

Kenapa saya anjurkan berjemur, karena manusia jikalau sakit dan berjemur biasanya badannya akan merasa lebih baikkan. Hal ini juga berlaku bagi kucing dan juga di anjurkan oleh dokter hewan.


6. Tidurkan Kucing Di tempat Yang Hangat

Tidurkanlah kucing di tempat yang hangat. Seperti di dekat lampu, atau kardus yang di dalamnya sudah di lapisi kain. Hal ini untuk menjaga tubuh kucing agar tetap hangat dan membuatnya merasa nyaman dan tak kedinginan saat tidur di malam hari.


7. Elus-Elus Kepala Kucing

Saat kucing sakit, tetaplah mengelus kepala dan tubuhnya seperti di kala ia sehat. Elusan ini akan membuat kucing mengerti bahwa kamu sedih karena dia sakit dan ia tahu bahwa kamu menyayanginya dan ingin agar dirinya segera sehat.

Mengelus-elus kepala kucing juga akan membuatnya berjuang untuk melawan penyakitnya dan semangat bertahan hidup.


8. Bersihkan Tubuh Kucing

Saat kucing sakit panleukopenia, kucing tak akan mampu membersihkan tubuhnya lagi. Bersihkan tubuh kucing dengan kain bersih yang sedikit basah kemudian lapkan ke bagian-bagian tubuh kucing yang bau atau kotor. 

Kita melakukan ini agar tubuh kotor kucing yang sakit tidak menjadi sarang baru bagi virus ataupun bakteri lainnya, juga agar tubuh kucing tak bau dan di hinggapi lalat. Badan kucing yang bau, kotor dan banyak lalatnya bisa menurunkan semangat hidup kucing serta memperburuk kondisi kesehatannya.


9. Doakan Kucing Kita

Walaupun tingkat kesembuhannya sangat rendah namun masih ada harapan kucing akan kembali sehat bila yang kuasa berkehendak. Doakan kucing kita agar tetap sembuh sesuai dengan agama kita masing-masing. Bila kamu yakin dalam berdoa pastinya doa kamu akan di kabulkan dan kucing yang tadinya sakit panleukopenia akan sembuh dan lebih sehat dari sebelumnya.

 

Apakah Dengan Cara Ini Kucing Bisa Sembuh Dari Virus Panleukopenia ?

Seperti yang anggora katakan di awal bahwa tingkat kesembuhan kucing hanyalah sekitar 1 persen, sisanya adalah kematian. Tapi dengan menerapkan cara di atas tingkat kesembuhan kucing yang sakit panleukopenia bisa meningkat.

Dari 6 kucing saya yang terkena panleukopenia 2 di antaranya berhasil bertahan hidup setelah menerapkan cara di atas. 


Apakah Perlu Membawa Kucing Ke Dokter Hewan ?

Membawa kucing ke dokter hewan boleh kamu lakukan, tindakan ini malah justru baik bagi kucing. Kamu bisa meminta vitamin, suntikan atau pun obat apapun yang mampu mengurangi rasa sakit kucing. Kamu juga bisa menanyakan perawatan apa yang bisa di lakukan untuk kucing.

Tapi perlu kamu tahu bahwa dokter juga akan berkata bahwa tingkat kesembuhan kucing rendah, Jadi sebelum kamu ke dokter hewan, kamu perlu mempersiapkan hati untuk menerimanya.

 

Itulah beberapa cara yang biasa saya lakukan ketika kucing saya sakit parah seperti panleukopenia dan beberapa di antaranya banyak yang berhasil sembuh. Demikian artikel cara mengobati kucing yang terkena virus panleukopenia. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, kamu dapat membagikannya ke kerabatmu ataupun ke sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url