close

Ciri Ciri Wanita Mandul Karena Kucing, Adakah ?

Ciri Ciri Wanita Mandul Karena Kucing, Adakah ? | Mungkin kamu pernah dengar bahwa toksoplasma bisa menyebabkan infertilitas atau kemandulan pada wanita ? faktanya bahwa kuman ini  banyak terdapat pada kotoran kucing. Karena itulah banyak wanita yang takut atau tak mau memelihara kucing karena takut terserang toxoplasma atau parasit t gondii.


Ciri Ciri Wanita Mandul Karena Kucing, Adakah ?


Tapi apakah benar parasit toxoplasma dapat menyebabkan kemandulan dan apa saja ciri-ciri wanita mandul karena kucing ? Pada kesempatan ini Anggora akan menjelaskan mengenai apakah virus toksoplasma bisa menyebabkan kemandulan dan bagaimana ciri-ciri wanita yang mandul karena kucing.

 

Ciri Ciri Wanita Mandul Karena Kucing, Adakah ?

Sebelum masuk ke topik utama, mari kita terlebih dahulu mengenal apa itu virus toxoplasma gondii.

 

Apa Itu Toksoplasma

Toksoplasma merupakan parasit yang umumnya sering di temukan dalam kotoran kucing. Sebenarnya parasit toksoplasma ini tak terlalu bahaya bagi tubuh manusia karena sistem imun kita mampu dengan mudah mengatasinya selama sistem imun kita normal.

Namun tetap saja berbahaya jika menyerang orang yang kondisi imunnya sedang rendah seperti ibu hamil. Hal ini bisa menjadi sebab terjadinya penyakit komplikasi yang berat. Karena itu orang dengan imun rendah yang terjangkit toksoplasma harus di bawa sesegera mungkin ke dokter .

 

Apakah Toxoplasma Dapat Menyebabkan Kemandulan ?

"Sebenarnya kita sebagai wanita gak perlu takut karena memelihara kucing tidak menyebabkan kemandulan. Intinya semua itu hanya mitos. Gak ada hubungannya pelihara kucing dengan kemandulan selama kucingnya bersih, terjaga, dan kita juga menjaga kebersihan tubuh dan daya tahan tubuh dengan baik," di kutip dari perkataan Dr .Reisa Broto Asmoro"


Ciri Ciri Wanita Mandul Karena Kucing ?

Seperti yang telah di jelaskan oleh Dr, Reisa di atas bahwa kucing dengan kemandulan tidak ada hubungannya sama sekali dan itu hanyalah mitos. Namun untuk ciri-ciri atau gejala orang yang terserang parasit toksoplasma ( baik wanita ataupun pria ) adalah sebagai berikut :

Berikut beberapa ciri atau gejala toksoplasmosis yang menyerang orang dengan imun normal :

  • Demam

  • Nyeri pada otot

  • Merasa kelelahan

  • Radang tenggorokan

  • Pembengkakan di kelenjar getah bening

 

Gejala di atas umumnya akan segera membaik setelah di atas 6 minggu.

 

Sementara pada pengidap gangguan kekebalan tubuh, gejala toksoplasmosis sebagai berikut :

 Jika parasit menyerang otak :

  • Kesulitan untuk berbicara

  • Penglihatan menjadi terganggu

  • Pendengaran juga terganggu

  • Sering merasa kepala pusing

  • Linglung dan kebingungan

  • Kejang-kejang

  • Bisa Beresiko koma.

 

Jika menyebar ke seluruh tubuh :

  • Muncul ruam pada permukaan kulit

  • Demam tinggi

  • Merasa lemas

  • Menggigil

  • Sesak napas.


Cara Mencegah Toksoplasmosis Jika Untuk Wanita Yang Memelihara Kucing

Bagi kamu para wanita sekaligus cat lover yang takut terjangkit toksoplasmosis baik itu di saat kamu tidak hamil maupun saat kamu hamil. Mungkin beberapa tips ini bisa membantu kamu menghilangkan kekhawatiran sekaligus mencegah kamu terjangkit toxoplasma.

 

1. Pelihara Kucing Di Dalam Rumah

Tips pertama yakni menghindari kontak fisik antar kucing miliki kita dengan kucing ataupun hewan lainnya yang mungkin sudah terjangkit toksoplasmosis. Carannya cukup biarkan ia bermain di dalam rumah ataupun halaman rumah. Dan Saat kamu di luar rumah dalam waktu yang lama, kurunglah kucing di dalam rumah ataupun di dalam kandangnya.


2. Jangan Sentuh Langsung Kotoran Kucing

Saat hendak membersihkan kandang, litter box ataupun kandang kucing sebaiknya kamu menggunakan sarung tangan. Lalu cucilah tanganmu memakai sabun agar sisa kuman atau parasit yang mungkin menempel di tangan bisa bersih total. Usahakan untuk membersihkan kandang serta litter box maksimal sekali sehari.

 

3. Gunakan Makanan Instan

Makanan instan dry food atau wet foot biasanya memiliki manfaat mengurangi serta mematikan virus ataupun bakteri yang ada pada pup kucing. Tak hanya itu makanan ini juga bisa mengurangi  bau busuk pada kotoran kucing.

 

4. Rutin Memandikan Kucing

Memandikan kucing merupakan salah satu cara agar kucing dan kita terhindar dari serangan toksoplasma. Kucing yang minimal di mandikan 1 seminggu 2 kali memiliki risiko lebih rendah terjangkit parasit toksoplasma. Karenanya rajin-rajinlah membersihkan tubuh kucing agar kucing dan kita bisa sehat selalu dan terhindar dari berbagai serangan penyakit.

 

5. Beri Vaksin

Vaksin kucingmu di dokter hewan terdekat untuk menghindari infeksi virus toksoplasma gondii. Selain vaksin toksoplasma kamu juga bisa memberikan vaksin rabies, vaksin parvovirus dan lainnya ke kucingmu agar ia semakin kuat dan kebal terhadap berbagai penyakit mematikan.


Kesimpulan

Mitos atau rumor mengenai memelihara kucing adalah penyebab kemandulan adalah tidak benar. Saampai saat ini belum di temukan kasus bahwa seorang wanita mandul karena memelihara kucing. Namun sama seperti hewan lainnya kucing juga bisa membawa penyakit jika tidak kita rawat dengan baik dan benar. Namun sebagai orang yang benar benar menyayangi kucing, saya yakin kita adalah orang yang pandai merawat sekaligus menyayangi mereka dengan baik.


Itulah penjelasan mengenai ciri ciri wanita mandul karena kucing, Adakah ? dan cara mencegah penularannya jika kita memelihara kucing. Demikian artikel ini semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url