11 Cara Mengetahui Anak Kucing Jantan Atau Betina

11 Cara Mengetahui Anak Kucing Jantan Atau Betina | Saat kamu memelihara kucing betina mungkin kamu kelak akan memiliki saat di mana kucing kamu hamil dan melahirkan anak-anak kucing yang lucu dan menggemaskan.

 

Cara Mengetahui Anak Kucing Jantan Atau Betina
Ilustrasi Cara Mengetahui Anak Kucing Jantan Atau Betina

 

Nah pada saat ini mungkin kamu akan kepikiran dan penasaran apakah anak kucing dari kucing kamu adalah anak kucing jantan atau anak kucing betina.Menentukan kelamin anak kucing saat kucing masih baru lahir ataupun baru berumur beberapa minggu mungkin akan sulit.

Namun jika kamu benar-benar memperhatikan secara teliti maka menentukan jenis kelamin anak kucing apakah jantan ataukah betina mungkin tidaklah terlalu sulit. Bahkan tanpa harus ke dokter hewan sekalipun kamu bisa menentukan jenis kelamin anak kucing kamu.


11 Cara Mengetahui Anak Kucing Jantan Atau Betina

Mengetahui apakah anak kucing berkelamin jantan atau mudah bisa di bilang gampang-gampang sulit. Sulit jika kita tak ada niatan untuk mempelajarinya dan mudah jika kita tahu ilmunya dan sudah terbiasa dalam menentukan gender anak kucing milik kita atau orang lain.

Banyak hal dari anak kucing yang bisa membantu kita dalam menentukan jenis kelamin anak kucing. Mulai dari bentuk tubuh, muka dan perilaku dapat membantu kita dalam menentukan apakah anak kucing kita jantan ataukah betina.

Untuk lebih jelasnya mengenai hal ini, saya akan memberitahukan secara detail cara mengetahui anak kucing jantan atau betina dalam kesempatan ini. Berikut ini langkah-langkah cara menentukan jenis kelamin anak kucing menurut versi anggora.

 

1. Tunggu Hingga Anak Kucing Berumur 3 Atau 4 Minggu

Semakin berumur anak kucing maka akan semakin mudah bagi kita untuk menentukan apakah anak kucing adalah jantan ataukah betina. Karena dengan bertambahnya umur anak kucing maka alat kelamin juga akan bertumbuh semakin besar dan bentuknya semakin menjadi jelas.

Bisa saja bagi kita untuk memeriksa jenis kelamin anak kucing saat beberapa hari sesudah kelahiran. Namun tingkat kesalahan validasi kelamin kucing bisa menjadi besar kecuali jika penentuan jenis kelamin di lakukan oleh orang yang memang ahli seperti dokter, maka kesalahan akan menjadi rendah.

Saya bisa berkata begitu karena dahulu ketika saya memeriksa anak kucing berumur 1 minggu dan yakin bahwa anak kucing tersebut adalah betina. Siapa sangka setelah ia berumur 1 bulanan saya sangat terkejut bahwa anak kucing tersebut adalah kucing jantan.

Bukan berarti kelaminnya berubah ajaib secara tiba-tiba tetapi sayalah yang salah menentukan jenis kelaminnya saat ia baru berumur beberapa hari.

 

2. Pilih Lokasi Yang Nyaman Dan Aman

Sebelum memulai untuk menentukan jenis kelamin anak kucing maka lebih baik terlebih dulu kita mencari lokasi tempat yang aman dan nyaman bagi anak kucing. Lokasi yang aman dan nyaman harus memiliki beberapa kriteria berikut ini :

Tempat Atau Lokasinya Merupakan Ruangan Yang Hangat

Perlu kita ketahui bahwa anak kucing sangat rentan atas suhu yang rendah. Itulah alasan mengapa anak kucing sangat bergantung pada suhu dari ibunya. Namun tempat atau lokasi yang di pilih mestilah hangat namun tidak terlalu panas karena hal ini juga bisa membuat anak kucing mengalami gangguan kesehatan.


Memiliki Alas Yang Lembut Untuk Anak Kucing Berbaring

Alas yang lembut berfungsi agar anak kucing tetap merasa nyaman dan aman ketika sedang bergerak aktif atau pun ketikz anak kucing sedang tertidur. Hal ini juga akan memudahkan kita dalam memeriksa alat kelamin anak kucing.


Tidak Ada Kucing Ataupun Hewan lain

Sifat kanibalisme pada kucing jantan akan muncul ketika ada anak kucing jantan yang baru lahir atau masih berumur di bawah 1 bulanan di sekitarnya. Sifat kanibalisme ini juga mungkin tak hanya berlaku pada kucing lain namun juga terdapat pada hewan lainnya. Saat melakukan pemeriksaan jenis kelamin anak kucing penting bagi kita untuk memastikan apakah tidak ada kucing jantan lain atau hewan lainnya di sekitar kita saat pemeriksaan berlangsung.

Untuk sifat kanibalisme ini sendiri biasanya hanya di miliki kucing jantan dewasa dan target yang biasa mereka incar adalah bayi kucing jantan. Namun tak jarang juga ada kasus kucing jantan yang memangsa bayi kucing betina juga. Karena kucing anggora juga dulu sempat di mangsa kucing jantan dewasa lainnya padahal bayi anak kucing saya sendiri adalah bayi betina


Tidak Memiliki Permukaan Yang Menyerap Panas

Sebaiknya jangan meletakkan anak kucing di atas permukaan seperti marmer dan lainnya yang mungkin bisa menyerap panas dari tubuh anak kucing dan membuat suhu anak kucing semakin memanas dan kepanasan.


Bisa Di jangkau Sang Induk

Memisahkan anak kucing dengan sang induk bisa membuat anak kucing menjadi sakit karena anak kucing sangat bergantung pada panas dan susu dari induknya.


3. Angkat Ekor Anak Kucing

Untuk memeriksa apakah anak kucing jantan ataukah betina maka terlebih dahulu kita mengangkat ekor anak kucing dan membersihkan bagian pantatnya. Bersihkan bagian pantatnya sampai bersih untuk memudahkan kita dalam memeriksa jenis kelamin kucing.

Bersihkan dengan menggunakan kapas atau benda lainnya agar tidak melukai kulit anak kucing yang masih sensitif. Lalu angkat anak kucing dan peganglah ekornya lalu angkatlah ekor kucing ke atas dengan lembut.

Jika anak kucing tak mau mengangkat ekornya maka jangan memaksanya dan menariknya ke atas. Kamu bisa menggeser ekornya ke kanan atau ke kiri jika anak kucing tak mau ekornya di angkat ke atas.

Setelah ekor di angkat maka kini kamu bisa lebih leluasa untuk melihat kelamin anak kucing kamu.


4. Cek Bentuk Kelamin Anak Kucing

Setelah ekor anak kucing di angkat maka kamu bisa menentukan alat kelamin kucing kamu. Biasanya anak kucing betina akan memiliki seperti bentuk I jika di hubungkan bersama pantatnya.

Sementara anak kucing jantan akan berbentuk I plus titik dua atau tonjolan di antara huruf I tersebut sehingga bentuk nya menjadi seperti +.


5. Periksa Jarak Kelamin Dengan Lubang Anus Anak Kucing

Biasanya lubang kelamin anak kucing betina akan terlihat lebih dekat dengan anus di bandingkan dengan anak kucing jantan yang posisi kelaminnya terlihat sangat jauh di bandingkan anak kucing betina.

Agar kamu lebih yakin dalam membedakan anak kucing betina dan jantan dengan cara ini. Maka kamu bisa membandingkan jarak posisi alat kelamin dari kucing jantan dan betina secara bersamaan.


6. Periksa Bagian Skrotum Anak Kucing

Lihatlah di bagian bawah anus anak kucing apakah ada dua benjolan kecil atau tidak. Jika kamu menemukannya namun masih ragu maka kamu dapat mengelus lembut bagian tersebut untuk merasakan adanya 2 benjolan kecil seukuran kacang polong.

Benjolan kecil ini bahasa ilmiahnya adalah skrotum. Skrotum merupakan bagian dari alat reproduksi jantan dan bagian ini tidak akan di temukan pada kucing betina. Jika kucing kamu memiliki skrotum maka bisa di pastikan anak kucing kamu adalah kucing jantan.

Sementara jika tidak memilikinya maka anak kucing kamu adalah kucing betina.

 

7. Warna Bulu Anak Kucing

Kucing yang memiliki warna calico atau kucing belang tiga dan kucing yang memiliki warna tortoishell ( hitam kemerah-merahan ) membutuhkan dua kromosom X untuk muncul. Dua kromosom X biasanya hanya di miliki kucing betina sementara kucing jantan hanya memiliki satu buah kromosom X.

Nah jika anak kucing kamu memiliki 2 warna ini bisa di pastikan anak kucingmu adalah betina. Bisa saja anak kucing jantan memiliki warna ini tetapi itu hanya terjadi pada kucing dengan penyakit genetik yang langka saja. Sementara jika anak kucing berwarna oren bergaris garis maka kucing tersebut cenderung ke jenis kucing jantan.


8. Perhatikan Tanda Estrus pada Kucing

Kucing betina akan mengalami siklus panas yang biasa di sebut (Estrus ). Setelah berusia di atas 4 mingguan, kucing betina yang tak mandul akan mengalami demam estrus. Demam ini bisa terjadi atau berlangsung selama 2-19 hari.

Siklus estrus rata-rata pada kucing betina yang belum kawin sekitar 8 hari, namun siklus ini biasanya lebih pendek pada kucing kawin karena kawin memicu ovulasi. Kucing akan mengalami siklus estrus jika ia adalah betina. Tanda kucing yang mengalami estrus adalah sebagai berikut :

  • Menjadi lebih sering mengeong dan suara meongannya sangat keras bahkan seperti sedang menjerit.

  • Selalu ingin kabur keluar rumah.

  • Sangat baik dan sangat manja.

  • Kucing betina akan berdiri dengan kaki depan sambil meregangkan tubuh ke belakang, mengangkat bagian belakang tubuh serta ekornya.

  • Suka menyemprot atau kecing sembarangan


9. Cek Bau Air Kencing Kucing

Kucing jantan dewasa yang sudah siap kawin biasanya akan mulai spraying atau menyemprotkan air seninya secara sembarangan. Kucing akan spraying di tembok atau di lokasi mana sajapun yang ia hendaki.

Perilaku spraying akan di alami semua kucing jantan tanpa terkecuali bahkan jika kucingmu adalah kucing yang penurut sekalipun. Bau air seni kucing jantan sangat menyengat dan tidak di sukai banyak orang.

 

10. Lihat Bentuk Tubuh dan Muka Kucing

Kamu juga bisa memastikan jenis kelamin anak kucing kamu dengan melihat bentuk tubuh dan mukanya. Kucing jantan akan memiliki otot yang lebih kuat dan badan yang lebih besar di bandingkan betina dan bagian bagian bawah ekornya akan mengeluarkan senyawa minyak yang biasa di sebut sebum.

Sekresi senyawa ini bisa kamu lihat di bagian dasar ekor seperti bulu berminyak, rambut menipis, komedo ruam atau infeksi kulit serta bau tak sedap. Sementara muka kucing betina biasanya lebih kecil dan lebih memanjang di bandingkan muka kucing betina.

 

11. Tanyakan Pada Ahlinya

Jika kamu masih merasa kesulitan ataupun belum bisa menentukan jenis kelaminnya maka kamu bisa bertanya ke orang yang lebih ahli. Seperti ke dokter hewan, petshop, komunitas pecinta kucing dan orang orang ahli lainnya.

Dengan bertanya ke yang lebih akan lebih mudah dan mungkin lebih meyakinkan bagi kamu yang kesulitan atau ragu dengan jenis kelamin anak kucing kamu.


Kesimpulan

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memeriksa jenis kelamin anak kucing. Tahapan cara tersebut antara lain :

  1. Tunggu Hingga Anak Kucing Berumur 3 Atau 4 Minggu

  2. Pilih Lokasi Yang Nyaman Dan Aman

  3. Angkat Ekor Anak Kucing

  4. Cek Bentuk Kelamin Anak Kucing

  5. Periksa Jarak Kelamin Dengan Lubang Anus Anak Kucing

  6. Periksa Bagian Skrotum Anak Kucing

  7. Warna Bulu Anak Kucing

  8. Perhatikan Tanda Estrus pada Kucing

  9. Cek Bau Air Kencing Kucing

  10. Lihat Bentuk Tubuh dan Muka Kucing

  11. Tanyakan Pada Ahlinya

 

Mungkin itu saja informasi yang bisa saya bagikan tentang cara mengetahui anak kucing jantan atau betina. Semoga dengan membaca artikel ini bisa membantu kamu dalam mengetahui jenis kelamin anak kucing kamu dan bermanfaat bagi kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url