close

Apa Kucing Hamil Boleh Dimandikan ?

Apa Kucing Hamil Boleh Dimandikan | Bagi seorang yang baru saja memelihara kucing terutama kucing hamil pasti ada saja yang menjadi sumber kekhawatiran kita seperti apakah kucing hamil boleh makan makanan ini, kenapa kucing hamil jarang makan, kenapa kucing hamil sering tidur, apakah kucing hamil boleh di mandikan, kenapa kucing hamil mengeong terus dan kenapa kucing hamil terus menarik kucing lainnya ke arahnya.

 

Apa Kucing Hamil Boleh Dimandikan


Karena sumber kekhawatiran tersebut kita akan mencari jawabannya dengan bertanya ke cat lovers lainnya atau browsing di internet. Nah kebetulan kamu singgah di situs dan artikel ini. Karena di sini saya akan berbagi pengalaman dan pengetahuan saya seputar memandikan kucing hamil.


Apa Kucing Hamil Boleh Dimandikan ?

Mungkin kamu merasa was-was dan khwatir sebab kamu baru saja memelihara kucing dan kebetulan kucing yang kamu pelihara adalah kucing betina. Kekhawatiran ini hal yang wajar karena perasaan sayang kita terhadap peliharaan kita. Tetapi ada juga faktor lain yang membuat kita semakin cemas karena adanya rumor memandikan kucing hamil.

 

Rumor Mengenai Memandikan Kucing Hamil

Bagi kamu yang pernah pertama kalinya memelihara kucing hamil mungkin beberapa rumor seputar memandikan kucing hamil ini pernah membuat kamu khawatir. Beberapa rumor tersebut antara lain :

  • Kucing hamil mudah demam jika dimandikan.

  • Kucing hamil tidak boleh di mandikan sebab bisa membuat kucing hamil keguguran.

  • Kucing hamil tidak boleh di mandikan sebab kucing sudah mandi dengan menjilati bulunya sendiri.

  • Kucing hamil tidak boleh di mandikan sebab bisa membuat kucing betina yang hamil stress, gelisah serta sakit.

  • Kucing hamil tidak boleh di mandikan sebab bisa membuat perkembangan janin kucing hamil menjadi terganggu.


mungkin rumor seputar memandikan kucing hamil di ataslah yang membuat kita takut untuk memandikan kucing kita. Namun jangan khawatir karena jika kita memandikan kucing hamil kita secara tepat maka hal yang di khawairkan di atas tidak akan terjadi.

 

Waktu Yang Tepat Untuk Memandikan Kucing

Perlu kamu ketahui bahwa siklus kehamilan kucing umumnya adalah sekitar dua bulan. Menurut pengalaman saya sendiri waktu yang tepat untuk memandikan kucing hamil adalah ketika kandungan kucing berumur di bawah 3 mingguan. Karena di saat kehamilan kucing sudah berumur 4 mingguan perut mereka sudah semakin besar dan pada minggu ke empat kucing sangat mudah mengalami stress dan kegelisahan.

Ketika kamu melihat bahwa perut kucingmu sudah terlalu besar yakni pada minggu ke 5 masa kehamilan, sebaiknya jangan memandikannya karena ia bisa menjilati tubuhnya sendiri. Jika kamu bersikeras untuk membersihkan tubuhnya maka sebaiknya membersihkan tubuhnya dengan kain lap basah saja.


Bagaimana Cara Agar Kita Bisa Tahu Bahwa Kucing Kita Sedang Hamil

Berikut beberapa cara yang paling mudah untuk memastikan apakah kucing betina kita sedang hamil atau sakit :

 

1. Periksa Puting Susu Kucing

Untuk mengetahui apakah kucing hamil atau bukan maka hal yang pertama yang bisa kita lakukan melihat apakah kucing betina mengalami lemas dan tak mau makan setelah 2 minggu paska perkawinannya. Jika iya maka periksalah putingnya. Puting kucing hamil akan terlihat membengkak atau membesar dan berwarna pink. Kucing sakit tidak akan memiliki puting besar dan pink.

 

2. Perhatikan Pola Makan Kucing

Pada awal kehamilan kucing akan terlihat lemas seperti kucing sakit. Pada tubuh kucing betina sebenarnya sedang terjadi pembangunan rahim untuk pertumbuhan blastula. Karenanya banyak segali energi yang di serap dari tubuh kucing untuk pembangunan rahim ini.


3.Perilaku Tidak Biasa

Pada masa awal kehamilan, sikap kucing akan berubah tiba-tiba. Kucing hamil yang tadinya aktif akan menjadi pendiam dan tak banyak bergerak. Jika setelah di periksa ternyata dia tidak mengidap penyakit apapun maka bisa di pastikan kucing kamu sedang mengalami tahapan awal kehamilan ( hamil muda ).

 

4. Lakukan USG Di Dokter Hewan

Jika setelah melakukan 3 langkah di atas namun kamu tetap saja ragu apakah kucing kamu hamil ataukah tidak maka langkah ini bisa menjadi langkah terakhir sekaligus langkah akurat untuk memastikan apakah kucing kesayangan kita tersebut sedang hamil ataukah tidak.

Setelah 2 minggu masa kehamilan maka bawalah kucing ke dokter hewan dan mintalah pemeriksaan USG. Jika kucing sedang hamil maka dalam pemeriksaan akan tampak blastula berukuran biji ceri. Dengan cara ini keraguanmu apakah kucing kamu sedang hamil atau bukan akan benar-benar terjawab.

 

Cara Memandikan Kucing Hamil

Untuk memandikan kucing yang hamil sama saja seperti memandikan kucing biasa. Kamu bisa memandikannya dengan menggunakan shampo dan anti kutu. Namun ada beberapa hal yang musti kamu perhatikan saat sebelum kamu memandikan kucing hamil. Berikut beberapa hal yang mesti kamu perhatikan sesaat sebelum kamu hendak memandika kucing hamil :

Pastikan Umur Kehamilan Kucing Di Bawah 3 Minggu

Memandikan kucing hamil saat umur kehamilan 3 minggu atau di bawah minggu merupakan saat yang aman berdasarkan pengalaman Anggora sendiri. Ini karena masa kehamilan masih muda, kucing masih kalem dan tidak terlalu gelisah dan penakut, dan berat tubuh kucing masih terbilang ringan karena kehamilannya yang memang masih muda.


Gunakan Shampo Anti Jamur Ataupun Kutu Khusus Kucing

Penggunaan shampo anti jamur dan kutu kucing bertujuan agar saat memandikan kucing, shampo tidak perih di tubuh ataupun mata kucing. Ini akan membuat kucing merasa nyaman dan aman saat di mandikan dan membuat ia tidak terlalu meronta-ronta. Memandikan kucing dengan shampo anti kutu sebulan sebelum masa kelahiran juga akan menghilangkan kutu dan jamur.

Sehingga ketika kucing melahirkan dan menyusui anaknya maka kita tidak perlu khawatir parasit serta kutu dan bakteri berpindah ke tubuh anak kucing yang bisa menyebabkan berbagai gangguan bagi bayi kucing yang sistem imun tubuhnya masih belum terbangun sempurna.

 

Mandikan Kucing Dengan Lembut Dan Hati Hati

Ketika memandikan kucing hamil sebaiknya kita lakukan dengan lembut dan hati-hati agar kita tidak menyakiti kucing dan janinnya.

 

Jika Kucing Terlalu Meronta Sebaiknya Berhenti Memandikannya

Saat di mandikan, kucing hamil mungkin berpotensi meronta-ronta karena takut air. Jika ia terlalu meronta-ronta maka sebaiknya berhenti memandikannya dan cobalah membersihkan tubuhnya dengan kain lap basah saja. Karena jika kita memaksa bisa jadi terjadi benturan pada janin saat ia meronta-ronta.

Dan kemungkinan terburuknya bisa jadi ia melompat karena panik dan terpleset sehingga perutnya terbentur ke lantai atau tembok saat ia di mandikan. Tentu saja ini akan berpotensi membuat calon bayi akan terlahir cacat atau mungkin resiko keguguran dan kematian saat di lahirkan.

 

Jangan Memandikan Kucing Dengan Kandungan 1 Bulan Lebih

Bila kucing hamil masa kandungannya telah 1 bulan atau lebih dari 1 bulan maka sebaiknya jangan memandikannya secara langsung. Karena di masa ini kucing hamil cenderung lebih mudah stress dan panik sehingga ia mungkin akan melawan atau meronta saat di mandikan. Sebaiknya mandikan saja dengan membersihkan tubuhnya menggunakan lap basah agar tubuhnya tidak kotor dan bau.

 

Mandikan Kucing Saat Cuaca Cerah

Kucing merupakan hewan yang selalu berupaya menjaga kondisi suhu tubuhnya agar tetap stabil. Jadi sangat di sarankan untuk memandikan kucing yang tidak hamil maupun kucing yang hamil pada jam 10 sampai jam 11. Karena di jam-jam ini suhu udara tidak terlalu dingin ataupun terlalu panas.

Jangan memandikan kucing jika hari dingin atau sedang turun hujan karena di khawatirkan kucing akan demam dan bulu beresiko berjamur akibat suhu udara yang lembab.

 

Kenapa Memandikan Kucing Hamil Muda Lebih Mudah Dari Pada Kucing Hamil Tua ?

Simple saja sih jawabannya yakni berdasarkan berat badan dan mood. Kucing yang hamil muda memiliki berat bada yang ringan karena belum adanya penambahan bobot tubuh karena usia kandungannya yang masih muda. Tubuh kucing hamil yang ringan tentunya akan membuat kita mudah mengangkat tubuhnya saat membasuh area tertentu

Sementara kucing hamil tua mengalami penambahan bobot atau massa tubuh akibat perkembangan janin di dalam rahim. Yang berakibat kita sulit mengangkat tubuhnya saat di mandikan serta harus membasuh tubuh secara perlahan terutama pada area tertentu seperti bagian perut.

Kucing hamil muda juga memiliki mood yang biasa. Karenanya ia tidak akan terlalu melawan saat ia sedang di mandikan. Hal ini berbeda sekali dibandingkan memandikan kucing hamil tua. Kucing hamil tua memiliki mood yang mudah berubah dan gampang stress yang akibatnya saat di mandikan ia bisa saja meronta dan melawan karena panik dan takut.

Maklum saja mungkin ini juga akibat sifat keibuan yang merasa terancam dan sifat ini memang lumrah ada pada setiap makhluk hidup.


Apakah Kucing Hamil Boleh Diberi Shampo Anti Kutu Dan Anti Jamur Saat Mandi ?

Penggunaan shampoo anti kutu dan anti jamur boleh saja di berikan karena penggunaannya hanya di luar tubuh namun pastikan untuk membilas bersih tubuh kucing selesai memandikannya untuk menghindarkan sisa shampo terjilat saat kucing menjilat bulu-bulunya.

Shampo kucing mungkin di desain khusus aman ketika tertelan secara tak sengaja namun lebih baik usahakan agar samponya tak tertelan kucing atau terjilat. Karena bisa saja sampo kucing aman untuk kucing dewasa namun tak aman untuk janin kucing.

Lalu bagaimana dengan obat anti kutu dan anti jamur dan obat-obatan lainnya ? Kamu boleh memberikannya dengan syarat harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter hewan terdekat untuk mengetahui apakah obat tersebut aman di konsumsi saat kucing hamil dan tak mengganggu perkembangan janin

 

Kucing Hamil Kutuan Saat Hamil Tua Bagaimana Mengatasinya ?

Saat kucing hamil tua mungkin akan sulit bagi kita memandikannya dan kita mungkin hanya bisa memandikannya dengan kain lap basah untuk membersihkan tubuhnya yang kotor ataupun bau. Untuk menghilangkan kutuan pada kucing hamil tua, kamu bisa mencoba menggunakan obat kutu merk Revolutioner & Frontline Plus.

Penggunannya cukup mudah yakni cukup di teteskan pada kulit kucing area tengkuk. Obat anti kutu Frontline Plus dan Revolution adalah obat yang di formulasikan khusus untuk membunuh kucing dan bekerja dengan cara  menyebar sendiri ke seluruh jaringan kelenjar minyak pada tubuh kucing. Itulah mengapa kamu hanya perlu meneteskan obat ini di satu area saja. 

Obat ini akan memusnahkan kutu dengan cepat dan melindungi kucing selama 1 bulan penuh. Ikutilah aturan yang tertera di kemasan agar obat aman digunakan. Obat ini juga aman di gunakan untuk kucing hamil loh. Saat kucing hamil jangan memberikan obat suntik jamur dan kutu karena cara bekerja obat yang di nilai bisa mempengaruhi perkembangan janin karena menyebar melalui darah dan daging.

Jika ingin di suntik maka konsultasilah terlebih dahulu ke dokter hewan, agar kucing kamu yang hamil akan aman saat di suntik.

 

Jadi, Apa Kucing Hamil Boleh Dimandikan

Berdasarkan penjelasan saya di atas, kucing hamil boleh di mandikan. Namun untuk memandikan kita mesti melihat usia kehamilan kucing. Jika kucing hamil muda maka boleh di mandikan namun jika kucing hamil tua maka kita hanya bisa memandikannya dengan membersihkan tubuhnya dengan kain lap basah saja.

Saat memandikan kucing hamil kamu bisa menggunakan shampo anti kutu dan anti jamur. Tetapi setelah memandikannya pastikan tubuh kucing hamil telah di bilas bersih dengan air bersih dan tak meninggalkan sisa-sisa shampo kucing pada bulu-bulunya. Ini demi menghindari shampo tertelan saat kucing menjilat tubuhnya.

Mungkin itu saja informasi yang bisa saya berikan seputar apa kucing hamil boleh di mandikan. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url