close

Cara Mandiin Kucing Kampung, Begini Caranya

Cara Mandiin Kucing Kampung | Sebagai pemilik kucing tentunya kita wajib menjaga kebersihan kucing kita. Ini kita lakukan demi menjaga agar kucing sehat dan memiliki bulu yang indah. Tak hanya itu kucing yang bersih juga membuat kita nyaman dan aman saat berinteraksi dengannya. Salah satu cara menjaga kebersihannya adalah dengan memandikannya setiap 2 minggu atau minimal sebulan sekali.


Cara Mandiin Kucing Kampung, Cara Memandikan Kucing Kampung

Memandikan kucing adalah hal yang mesti kita lakukan pada kucing ras apapun, termasuk kucing kampung atau kucing domestik. Karenanya penting bagi kita selaku majikan mengetahui bagaimana cara memandikan atau mandiin kucing kampung. Sebab bila kita asal memandikan kucing bisa jadi kita terkena cakaran kucing atau kucing menjadi sakit.


Cara Mandiin Kucing Kampung

Sebenarnya memandikan kucing kampung tergolong hal yang mudah bilamana kita tahu caranya. Hanya ada beberapa hal yang perlu kita lakukan di saat akan memandikan kucing kampung. hal-hal tersebut antara lain : 

  • Persiapan Sebelum Kucing Mandi

  • Tata Cara Saat  Kucing Mandi

  • Yang Perlu Di lakukan Sesudah Kucing Mandi


Ke tiga hal di atas adalah beberapa hal yang perlu kita ketahui di saat kita hendak memandikan atau mandiin kucing kampung. 


Persiapan Sebelum Kucing Mandi

Sebelum memandikan kucing, kita perlu mempersiapkan  atau melakukan hal di bawah ini terlebih dahulu :

Cari Waktu Yang Tepat Untuk Memandikan Kucing

Kucing merupakan hewan yang cenderung menjaga kestabilan suhu tubuhnya, sebab itu penting bagi kita untuk menetukan waktu yang baik dan tepat untuk mandiin kucing kampung kita. Jam 10 pagi hingga jam 1 siang adalah waktu yang baik untuk memandikan kucing. Karena di saat itu suhu udara tidak terlalu dingin jua tak terlalu panas.

Jangan memandikan kucing di saat jam 5 ke atas atau di malam hari. Karena jika di mandikan di jam malam, kucing kampung bisa beresiko terkena hipotermia.


Potong Kuku Kucing Sebelum Kucing Mandi

Saat memandikan kucing mungkin kamu akan di cakar ketika kucing merasa tidak suka di mandiin. Kucing bahkan akan mencakar benda apapun di dekatnya bahkan kucing tak segan mencakar tuannya sendiri. Jadi sebelum mandiin kucing kampung lebih baik kita memotong terlebih dahulu kuku-kukunya.

Potong bagian pingggir kukunya yang putih susu saja, jangan sampai memotong kuku yang warnanya kemerah-merahan karena di dalamnya terdapat syaraf-syaraf kucing. Jika kamu memotongnya, bisa bisa kucingmu akan terluka dan kukunya akan mengeluarkan dari. Jadi berhati-hatilah saat memotong kuku kucingmu jika kamu tak ingin kucing kamu terluka.


Pakai Shampo Kucing atau Shampo bayi

Saat memandikan kucing pakailah shampo khusus kucing atau shampo bayi. Shampo khusus kucing atau bayi merupakan produk yang aman ketika memandikan kucing dan tak akan terasa perih saat terkena mata kucing. Dan tentunya shampo ini aman jika sedikit masuk ke mulut kucing. Sangat di rekomendasikan menggunakan shamp khusu kucing.

Apalagi shampo tersebut adalah shampoo anti jamur, anti kutu ataupun anti parasit. Produk ini pastikan akan membuat bulu kucing lebih sehat dan berkilau dan menghindarkan kucing terkena berbagai gangguan kesehatan kulit dan berbagai penyakit lainnya.


Siapkan Peralatan Mandi Kucing

Siapkan peralatan mandi kucing dahulu sebelum memandikannya. Ini di lakukan agar kamu bisa fokus memandikan kucing kamu dan tak perlu ke sana-kemari mengambil peralatan mandi kucing saat kamu sedang mandiin kucing kampungmu. Persiapkan alat-alat berikut saat hendak memandikan kucing :

  • Air hangat kuku

  • Baskom tempat air

  • Gayung, selang atau semprotan air

  • Shampo kucing atau sampo bayi

  • Handuk

  • Pengering rambut ( hairdryer )

  • Kandang atau keranjang kucing

 

Tata Cara Saat Kucing Mandi

Berikut ini tata cara  memandikan kucing kampung di rumah :

 

1. Bawa Kucing Ke Tempat Mandi

Bawa kucing ke yempat di mana ia akan di mandikan. Kemudian pegang di posisi tengkuknya dengan satu tangan untuk mencegah kucing melawan atau kabur. Saat memegang tengkuk kucing, pastikan kaki kucing menyentuh lantai. Jika kucing melawan saat di mandikan maka mintalah bantuan anggota keluarga untuk memegangi kucing selama di mandikan.

 

2. Basahi Tubuh Kucing

Basahi tubuh kucing secara perlahan dengan air hangat tadi. Basahi perlahan mulai dari posisi kepala hingga ujung ekor. Jangan membilas tubuh kucing dengan banyak air sekaligus, jangan juga membasahi wajah kucing dengan cara meniram atau menyemprotkan air. Ini bisa membuat kucing panik dan sekuat tenaga berontak ketika di mandikan.

Saat mencuci muka kucing sapu sedikit air dengan tangan dan hindari air masuk ke mata hidung atau mulut kucing.

 

3. Sampo  Badan Kucing

Jika seluruh tubuh kucing sudah basah, selanjutnya adalah menyampo tubuh kucing. Tuang sedikit shampo ke tangan kemudian gosokkan ke seluruh bagian tubuh kucing secara lembut serta perlahan hingga tubuh kucing sedikit berbusa.

 

4. Bilas Badan Kucing

Setelah seluruh badan kucing sudah di beri shampo lalu bilaslah badan kucing dengan air hangat, Bilaslah sampai badan kucing benar-benar bersih dari sampo. Bila tak di bilas bersih, sampo bisa membuat kotoran menempel di tubuh kucing dan menyebabkan iritasi kulit.

 

5. Bersihkan wajah kucing

Sesudah membilas seluruh badan kucing, kini yang perlu kamu lakukan adalah membersikan wajah kucing dengan kain lap basah. Bersihkan wajah kucing dari sisa sampo atau kotoran secara perlahan. Berhati-hatilah saat membersihkan sekitar mata dan telinga, daerah ini tergolong aamat sensitif untuk kucing.


Yang Perlu Di lakukan Sesudah Kucing Mandi

Setelah selesai memandikan kucing maka langkah selanjutnya adalah mengeringkan badan kucing. 


Mengeringkan Badan Kucing

Gunakan handuk atau kain lap yang lembut dan kering. Usap-usap tubuh kucing dengan kain atau handuk tersebut hingga tak ada air yang menetes lagi dari bulu-bulunya. Lalu keringkan bulu kucingmu dengan pengering rambut atau hair dryer.

Kalau kamu kesulitan mengeringkan kucing kamu dengan hair dryer karena ia takut dan lari ketika di dekatkan dengan hair dryer. Maka kamu bisa mengurungnya di kandang untuk mempermudah pengeringan badan kucing dengan hair dryer.


Mengurung Kucing

Kurunglah kucing di dalam kandang yang bersih atau ruangan yang hangat hingga bulu-bulu kucing benar-benar kering total. Karena jikalau bulu kucing belum kering total, di khawatirkan kotoran dan parasit akan mudah menempel di bulu-bulu kucing. Apabila bulu kucing benar-benar telah kering maka kamu bisa mengeluarkan kucing kamu dari kandang atau ruangan tersebut.

Setelah kucing keluar kandang ajaklah kucing kampungmu bermain atau berilah ia mainan kesukaannya agar kucing kembali rilek, tenang dan senang.

Mungkin itu saja cara mandiin kucing kampung yang bisa kamu lakukan di rumah. Dengan mengikuti cara di atas semoga kamu bisa lebih mudah memandikan kucing kampungmu dan kucing bisa lebih sehat dan bersih setelah dimandikan. Jika kamu masih memiliki pertanyaan lainnya seputar kucing, silahkan tinggalkan komen di kolom komentar ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url