3 Makanan Untuk Kucing Kampung Hamil Terbaik

Sama halnya dengan manusia maka kucing hamil pun perlu makanan dengan nutrisi yang baik untuk kesehatannya dan janinnya. Karenanya sebagai majikan perlu bagi kita mengontrol serta mengawasi kucing kita pada masa kehamilannya.


Makanan Untuk Kucing Kampung Hamil

Masa hamil kucing biasanya sekitar 2 bulanan lebih. Di masa kehamilannya ia mesti di beri makanan dengan kandungan gizi yang cukup. Usahakan untuk tidak memberi sembarangan makanan dan memberi makanan secara berlebihan karena takutnya kucing nantinya akan mengalami obesitas pada masa kehamilannya.

Hal ini tentunya akan memberi dampak buruk bagi kesehatan bayi dan ibunya dan akan mengganggu proses kelahiran. Di sini anggora akan menjelaskan apa saja makanan untuk kucing kampung yang hamil terbaik yang bisa kamu berikan sebagai majikan.

 

3 Makanan Untuk Kucing Kampung Hamil Terbaik

Berikut beberapa jenis makanan untuk kucing kampung hamil :

1. Makanan Alami

Makanan alami merupakan jenis makanan yang belum di olah dan kaya akan nutrisi. Jenis makanan alami yang di sarankan yakni makanan rendah lemak dan bergizi. Berikut beberapa jenis makanan alami yang bisa kamu berikan :

Ikan

Ikan akan protein serta omega 3, kandungan lemak jenuhnya terbilang rendah dan mengandung vitamin juga mineral yang baik untuk kucing. 

Sebelum di jadikan bahan makanan untuk kucing sebaiknya ikan di rebus atau pun di kukus hingga matang agar bakteri dan kuman jahat mati. Hal ini bertujuan agar ikan aman untuk di konsumsi dan tidak akan menimbulkan berbagi penyakit jika di konsumsi kucing.


Daging Ayam 

Selain ikan, daging ayam juga kaya akan sumber protein, vitamin, mineral serta senyawa anti kanker.Rebus daging ayam tanpa menambahkan bumbu agar sehat & aman di konsumsi kucing.


Telur ayam 

Selain 2 jenis makanan di atas, telur ayam juga mengandung banyak protein serta vitamin seperti vit B6, vit D, vit E, vit K, & zic


2. Makanan Kering Atau Dry Food Khusus Kucing Hamil

Walaupun kucing kita bukanlah kucing ras namun memberikan makanan khusus kucing hamil yang di jual di pasaran bukanlah hal yang salah malah sangat di sarankan. Tetapi sebelum memberikan kucing dry food pastikan makanan kucing tersebut juga rendah magnesium.

Beberapa Merk produk khusus kucing hamil yang bisa kamu berikan ke kucing kampung antara lain :

  • Royal CaninPro Queen

  • Royal CaninPro Mother & Baby Cat

  • Pro Plan Kitten

  • Blackwood Kitten Food

  • Equilibrio

  • Maroktops Kitten & Mother

 

3. Vitamin Untuk Kucing Yang Sedang Hamil

Sebagai pelengkap nutrisi maka kamu juga bisa memberikan vitamin khusus kucing hamil. Ikuti instruksi yang ada pada kemasan untuk pemberian vitamin. Atau jika kamu ragu, sebaiknya berkonsultasi dahulu ke Dokter hewan untuk mendapatkan takaran yang sesuai untuk kucing kita.


Cara Memberi Makan Kucing Hamil

Peralihan makanan lama ke makanan baru harus di lakukan. Jangan asal-asalan dalam pemberian makanan kucing hamil walaupun kucing kita hanya ras kampung. Karena peralihan secara perlahan perlu dilakukan untuk menghindari masalah pencernaan kucing akibat diet mendadak.

Mulai dengan mengganti 25% makanan dengan makanan baru, kemudian 50% makanan baru, 75% lalu 100%. 

Jika sewaktu-waktu kucing hilang nafsu makan cobalah memberikan makanan  favoritnya untuk meningkatkan nafsu makannnya.


Dari penjelasan di atas kamu mungkin telah tahu makanan apa saja yang baik bagi kucingmu dan cara memberi makanannya. Demikian artikel ini. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url