3 Cara Mencampur Minyak Ikan Pada Makanan Kucing Dengan Mudah

3 Cara Mencampur Minyak Ikan Pada Makanan Kucing Dengan Mudah | Minyak ikan kaya akan nutrisi seperti  omega-3, asam alfa-linoleat (ALA), asam eicosapentaenoic (EPA), dan asam docosahexaenoic (DHA). 

 

Cara Mencampur Minyak Ikan Pada Makanan Kucing
Ilustrasi Cara Mencampur Minyak Ikan Pada Makanan Kucing Dengan Mudah

 

Minyak ikan memiliki beberapa manfaat baik bagi kucing seperti  mencegah berbagai penyakit, membantu penyembuhan penyakit ginjal, baik bagi pertumbuhan bulu kucing, sumber lain nutrisi bagi kucing, mencegah sel kanker dsb.

Mungkin saat kamu kamu mencari artikel ini, kucing kamu mengalami masalah kesehatan pada bulu-bulunya. Kenapa saya tahu ? Ya karena hal serupa dahulu pernah terjadi pada kucing Anggora milik saya.

Sebagai orang yang masih awam dalam dunia perkucingan, mungkin kamu kebingungan tentang bagaimanakah cara mencampur minyak ikan pada makanan kucing. Agar kamu tidak kebingungan yuk simak saja pembahasannya pada artikel berikut ini.


3 Cara Mencampur Minyak Ikan Pada Makanan Kucing

Minyak ikan yang biasa saya gunakan untuk kucing peliharaan di rumah, biasanya saya memakai yang berbentuk softgel. Karena mudah ditakar dosisnya untuk pemberian ke kucing, terutama bagi kamu yang punya banyak kucing. Berikut beberapa cara mencampur minyak ikan pada makanan kucing.

 

1. Tuangkan Minyak Ikan Dalam Wadah Makanan Dan Letakkan Makanan Di Atasnya

Caranya ini cukup mudah, cukup letakkan minyak ikan dalam wadah kemudian letakkan makanan favoritnya di atas makanan, kamu bisa menggunakan ikan tongkol, tuna, wet food atau yang lainnya. Tak perlu mencampurnya sama sekali.

Namun jangan terlalu banyak meletakkan makanan di atasnya. Karena jikalau ia kekenyangan bisa jadi dia tidak akan menghabiskan seluruh minyak ikan. Atau parahnya lagi ia bahkan tidak mau menyentuhnya.


2. Campurkan Minyak Ikan Ke Dalam Makanan Kucing

Cara ini mungkin hampir sama dengan cara di atas namun yang membedakan hanyalah di sini kamu harus mencampurkan makanan kucing langsung dengan minyak ikan. Makanan kucing yang biasa saya campurkan adalah jenis makanan basah atau wetfood.

Alasan memakai wet food ialah untuk menyamarkan minyak ikan ke dalam makanan kucing. Namun jika kamu adalah pecinta kucing low budget masih bisa kok mencampurnya dengan ikan.

Saya biasa memakai merk Pro Plan Wet Food. Namun kamu juga bisa memakai alternatif wetfood lain seperti Purina Wet Cat Food, Royal Canin Instinctive Adult Wet Food, Whiskas Tuna Wet Food atau merk yang lainnya.

Untuk makanannya sendiri jangan di campurkan terlalu banyak, cukup campurkan secukupnya saja. Hal ini agar kucing menghabiskan seluruh makanan yang sudah dicampurkan. Jika makanan tersisa kadang kala kucing tidak mau memakannya akibat aromanya yang tidak harum lagi.

3. Suapkan Makanan Yang Di campur Minyak Ikan Langsung Ke Mulut Kucing

Cara ini merupakan opsi terakhir jika kucing kamu tidak mau memakannya. Gunakan jari tengah dan ibu jari untuk memaksa mulut kucing terbuka. Selanjutnya, masukkan sedikit makanan yang telah di campur minyak ikan ke mulutnya.

Jangan kebanyakan memasukkan makanan, karena takutnya kucing akan tersedak atau dia malah memuntahkan makanan tadi. Biasanya setelah satu suapan, jika ia menyukainya maka ia akan langsung memakan makanan sisanya tanpa harus perlu di suapi lagi.

Namun jika ia tidak berinisiatif memakannya sendiri maka sebagai majikan mau tidak mau kita terpaksa harus menyuapinya lagi.


Berapa Banyak Minyak Ikan Yang Boleh Diberikan Pada Kucing ?

Untuk bentuk softgel saya biasa memberi 1 sampai 2 butir tiap dua minggu. Jadi total pemberian dalam sebulan antara 4 - 8 butir. Untuk anak kucing berikan 1 butir tiap 2 minggu sementara untuk kucing dewasa bisa 1 - 2 butir setiap 2 minggu.

Takaran ini adalah dosis normal, jadi tidak akan ada efek samping yang akan di dapatkan kucing. Jika kamu memberi produk minyak ikan khusus kucing maka sebaiknya ikuti takaran dosis yang tersedia pada label kemasan.

 

Bolehkah Memberi Minyak Ikan Untuk Manusia Ke Kucing ?

Boleh saja selama kamu mengikuti pemberian dosis seperti contoh di atas. Untuk produk minyak ikan untuk manusia yang biasa saya kasih ke kucing adalah Cod Liver Oil dan Om3 Heart.

Baca juga 6 cara mudah memberikan makanan pada kucing yang sakit dengan mengklik di sini.


Setelah membaca penjelasan di atas kini kebingungan kamu atas cara mencampur minyak ikan pada makanan kucing sudah terjawab dan kamu tidak akan ragu atau takut lagi memberikannya.

 

Tags : Cara Mencampur Minyak Ikan Pada Makanan Kucing, Seputar Kucing, Cara Memberi Vitamin Kucing.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url