close

Makanan Kucing Kampung Agar Bulu Tidak Rontok

Makanan Kucing Kampung Agar Bulu Tidak Rontok | Banyak yang bisa menyebabkan bulu kucing kampung menipis atau rontok. Beberapa penyebabnya antara lain alergi, parasit, sakit, stress, gangguan endoktrin, karena obat, kanker dan juga karena makanan. Pemilihan makanan yang baik tentunya akan membuat bulu kucing tidak mudah rontok dan bulunya akan lebat serta bagus.

 

Makanan Kucing Kampung Agar Bulu Tidak Rontok
Ilustrasi Kucing Kampung


Kucing membutuhkan makanan untuk kelangsungan hidupnya dan untuk memenuhi nutrisi yang di butuhkan tubuh. Salah memberi makanan pada kucing bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan dari mulai yang ringan hingga yang berat.

Termasuk masalah kesehatan dan pertumbuhan bulu kucing. Nah di sini Anggora akan berbagi informasi apa saja saja makanan kucing kampung agar bulunya tidak rontok.


Makanan Kucing Kampung Agar Bulu Tidak Rontok

Ada 3  jenis makanan yang mempengaruhi perkembanganan bulu kucing, yaitu :

 

Makanan Yang Menyebabkan Bulu Kucing Kampung Mudah Rontok

Makanan jenis ini kebanyakan merupakan makanan yang berasal dari laut. Namun bukan berarti makanan ini tidak boleh di konsumsi kucing kampung. Makanan jenis ini boleh di berikan sesekali pada kucing kampung dan tidak di berikan setiap hari.

Beberapa contoh makanan yang tidak boleh sering di berikan setiap hari pada kucing yakni :

A. Ikan Asin

Sebagian kucing kampung mungkin menyukai jenis ikan ini namun ikan ini bisa menyebabkan masalah kulit pada kucing kampung jika di berikan setiap hari. Masalah kulit ini tentunya akan berpengaruh pada bulu kucing yang menyebabkan bulu kucing kampung akan rontok dengan sendirinya.

 

B. Ikan Tongkol

Sama halnya dengan ikan asin, ikan ini akan menyebabkan masalah kulit pada kucing kampung. Memang dampaknya tidak secepat dan separah pemberian ikan asin tetapi tetap saja akan membuat masalah bulu rontok pada kucing kampung.

 

C. Udang

Selain ikan, udang merupakan salah satu makanan yang di sukai oleh kucing kampung. Hal ini di karenakan kulitnya yang renyah dan dagingnya yang nikmat yang sangat menggoda hasrat kucing kampung.

Namun kamu mesti tahu bahwa udang ternyata juga bisa menyebabkan masalah kulit yang dapat menyebabkan bulu kucing kampung mudah rontok.


D. Kepiting

Mungkin kita jarang memakan kepiting di karenakan harganya yang kurang terjangkau. Kepiting merupakan salah satu makanan yang bisa menyebabkan masalah kerontokan pada bulu kucing kampung jika kucing memiliki alergi pada makanan ini.


Catatan : Masalah kulit sebenarnya tidak begitu berimbas pada rontoknya bulu namun rasa gatal atau sakit dari masalah kulit tersebut akan menyebabkan kucing terus menerus menjilati bagian tersebut dan hal inilah yang menyebabkan bulu mengalami kerontokan.

 

Makanan Yang Tidak Menyebabkan Bulu Kucing Kampung Mudah Rontok

Umumnya makanan kucing yang tidak menyebabkan efek samping bulu rontok yakni makanan yang bukan berasal dari laut. Makanan ini biasanya berasal dari sungai dan darat.

 

A. Makanan Sungai

Ikan mas, ikan nila, ikan kembung dan ikan lainnya biasanya aman di berikan ke kucing terus-terus menerus setiap harinya ke kucing kampung. Makanan ini umumnya tidak menyebabkan masalah pada kulit kucing.

Namun bukan berarti semua makanan sungai aman untuk kulit kucing. Udang sungai adalah salah satu contoh makanan dari sungai yang bisa menjadi penyebab masalah kulit.


B. Makanan Darat Atau Ternak

Ayam, sapi, telur, lele merupakan makanan darat atau ternak yang mengandung nutrisi yang komplit dan baik bagi kucing.

Makanan seperti ayam dan sapi memang tak akan menyebabkan masalah gangguan kulit pada kucing kampung tetapi jika berlebihan maka di khawatirkan akan menyebabkan masalah obesitas dan gangguan pencernaan.

 

Makanan Yang Baik Bagi Bulu Dan Memperlebat Bulu Kucing

Makanan kucing dengan jumlah karbohidrat, protein, dan lemaknya seimbang. akan membuat bulu yang lebih sehat dan lebih tebal. Kebutuhan nutrisi yang seimbang biasa terdapat pada produk makanan kering ( Dry Food ) kucing yang banyak di jual di pasaran.

Beberapa rekomendasi produk untuk kucing kampung kamu antara lain :

 

1. Nice

Nice merupakan makanan kering untuk kucing yang di jual dengan harga yang terjangkau alias murah hanya 20 ribuan per 1 Kg-nya. Merk ini memiliki kandungan protein sebesar 11%, multi vitamin dan rendah magnesium yang aman bagi pencernaan kucing terutama kucing kampung.


2. Felibite

Asupan nutrisi pada merk Felibite antara lain 28% protein, 3% serat,  8% lemak dan 10% kadar air. Kandungan magnesium pada Felibite sekitar 0.9 % Untuk harga sendiri, harga merk felibite terbilang cukup terjangkau untuk dompet yakni sekitar 25 ribuan untuk kemasan 1 Kg.


3. Markotops

Markotop merupakan produk asal thailand yang tinggi akan protein dan mengandung multi vitamin, taurine, crude fiber. Selain kandungan nutrisi yang cukup komplit, harganya juga ramah untuk kantongg. Untuk kemasan repack 1 Kg Markotops di jual dengan harga 25 ribuan.

 

4. Friskies

Friskies memiliki banyak variasi rasa seperti rasa sarden, tuna, deep sea delight dan ocean platter. Di pasaran produk ini di jual dengan harga mulai dari Rp. 17.000 untuk kemasan 450 gram. Untuk kandungan nutrisi makanan, Friskies memiliki kandungan yang cukup lengkap bagi kebutuhan nutrisi kucing ras atau kucing kampung.


5. Universal

Universal Kitten Mengandung 30% persen protein alami, 10 % persen lemak alami, 4% serat alami dan 10 % kandungan air, taurin dan multi vitamin juga mengandung protein susu untuk perkembangan tubuh dan otot kucing.

Merk universal biasanya di jual dengan harga 25 ribuan untuk makanan kering kemasan 1 Kg.


Kini kamu mungkin sudah paham makanan kucing kampung agar bulunya tidak rontok dari artikel di atas. Demikian artikel Makanan Kucing Kampung Agar Bulu Tidak Rontok. Semoga bermanfaat.


Tags : Makanan Kucing Kampung Agar Bulu Tidak Rontok, Makanan Kucing Agar Bulu Tidak Rontok, Makanan Kucing Supaya Bulu Tidak Rontok, Makanan Kucing Kampung, Makanan Kucing Kampung Agar Bulu Lebat, Seputar Kucing.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url