close

3 Makanan Kucing Hamil Yang Bagus Dan Menyehatkan

3 Makanan Kucing Hamil Yang Bagus Dan Menyehatkan | Selayaknya manusia maka kucing hamil juga perlu makanan baik yang mengandung nutrisi yang tinggi untuk kesehatannya dan janinnya. Untuk itu sebagai majikan kita perlu mengontrol dan mengawasi kucing kita di masa-masa kehamilannya.

 

Makanan Kucing Hamil Yang Bagus Dan Menyehatkan
Ilustrasi Makanan Kucing Hamil Yang Bagus Dan Menyehatkan

 

Kehamilan pada kucing biasa anatara 60 sampai 70 hari. Dan di masa ini kucing hamil mesti di beri makanan bergizi secara cukup. Jangan memberikan sembarangan makanan dan jangan memberi makanan yang berlebihan yang bisa membuat kucing mengalami obesitas di tengah kehamilannya.

Karena akan menggangu kesehatan bayi dan ibunya dan juga mengganggu proses kelahiran nantinya. Di sini anggora akan memberi info mengenai makanan kucing hamil yang bagus dan menyehatkan.

 

Makanan Kucing Hamil Yang Bagus Dan Menyehatkan


1. Makanan Alami

Ada banyak jenis makanan alami yang bisa kamu berikan sebagai makanan untuk kucing hamil. Makanan ini rendah lemak dan kaya akan nutrisi :


Ikan

Ikan merupakan makanan yang kaya akan protein dan omega 3, memiliki lemak jenuh yang rendah dan memiliki vitamin dan mineral yang baik bagi kucing. Sebelum memberikan ikan ke kucing sebaiknya ikan di rebus atau di kukus dahulu sampai matang.

Ini di lakukan agar bakteri dan kuman jahat pada ikan hilang dan mencegah penyakit pencernaan dan cacingan pada kucing, terutama pada kucing hamil.


Daging Ayam 

Sama dengan ikan, daging ayam juga merupakan sumber protein yang tinggi, kaya vitamin dan mineral dan mengandung senyawa anti kanker. Berikan daging ayam dalam kondisi matang dan tanpa campuran bumbu sebagai makanan untuk kucing yang hamil.


Telur ayam 

Telur ayam mengandung protein dan vitamin seperti vitamin B6, vitamin D, vitamin E, vitamin K, dan mineral zinc dalam jumlah yang cukup.Berbagai kandungan di dalamnya tentunya sangat baik bagi kesehatan kucing hamil.


2. Makanan Kering Atau Dry Food Khusus Kucing Hamil

Sebenarnya ada berbagai produk makanan kering yang di khususkan untuk kucing hamil. Produk ini mengandung set nutrisi lengkap yang di butuhkan kucing dan calon bayinya dan bermagnesium rendah. Merk produk tersebut antara lain :


  • Pro Plan Kitten
  • Blackwood Kitten Food
  • Equilibrio
  • Royal CaninPro Queen
  • Royal CaninPro Mother & Baby Cat
  • Maroktops Kitten & Mother

 

3. Vitamin Untuk Kucing Hamil

Selain 2 jenis makanan di atas, kamu dapat juga memberikan vitamin khusus kucing hamil sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi bagi kucing hamil. Sesuaikan takaran pemberian vitamin dengan instruksi yang ada pada kemasan. Atau jika kamu ragu, sebelum memberi kucing vitamin sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke Dokter hewan terdekat.


Cara Memberi Makan Kucing Hamil

Untuk memberi makan kucing hamil tidak bisa di lakukan sembarangan. Harus di lakukan peralihan dari makanan lama ke makanan baru agar tidak terjadi masalah pencernaan pada kucing akibat diet yang mendadak.

Mulai dengan mengganti 20% makanan dengan makanan baru, setelah beberapa hari tambah menjadi 50% makanan baru, kemudian 75% lalu 100%. Cara ini khusus untuk makanan kering. Jika kucing kehilangan nafsu makan cobalah sesekali untuk memberikan makanan yang di sukainya untuk mendongkrak nafsu makannnya.

Jangan Lupa juga untuk menyediakan air minum baginya. Air minum yang di sediakan haruslah dalam keadaan matang untuk menghindari resiko kesehatan yang tidak di inginkan akibat mengkonsumsi air minum mentah.

Dari penjelasan di atas kini kamu mungkin telah tahu makanan apa saja yang bagus dan menyehatkan bagi kucing hamil  dan cara pemberian makanannya. Demikian artikel Makanan Kucing Hamil Yang Bagus Dan Menyehatkan. Semoga bermanfaat.


Tags : Makanan Kucing Hamil Yang Bagus, Makanan Kucing Hamil Yang Menyehatkan, Seputar Kucing.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url