close

Cara Merawat Kucing Anggora Umur 3 Bulan, Begini 7 Caranya !

Cara Merawat Kucing Anggora Umur 3 Bulan | Mungkin di antara kamu ada yang ingin mulai memelihara kucing dan memutuskan untuk memelihara anak kucing anggora umur 2 bulan, 3 bulan atau di atasnya. Nah sebelum kamu mengadopsi anak kucing anggora ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu bagaimana sih cara merawat anak kucing anggora yang baik.

 

Cara Merawat Kucing Anggora Umur 3 Bulan


Merawat anak kucing anggora sangatlah berbeda dengan merawat anak kucing biasa. Perawatannya terbilang mudah-mudah sulit. Ini karena kucing anggora memiliki bulu yang yang lebat dan halus, sangat aktif dan butuh perhatian lebih dari sang majikan ketimbang kucing lainnya.

Kucing anggora adalah kucing yang tergolong manja dan sangat aktif. Karenya ia membutuhkan kasih sayang dan perhatian dari kita sebagi majikan. Kucing ini juga tergolong agak nakal apalagi jika ia tak pernah di perhatikan oleh pemiliknya.

 

Cara Merawat Kucing Anggora Umur 3 Bulan

Untuk kamu yang berniat memelihara atau mengadopsi kucing anggora, berikut beberapa cara merawat kucing anggora yang kenangan anggora sarankan.


1. Perhatikan Makanannya

Untuk makanan anak kucing anggora umur 3 bulan sebaiknya berikan jenis makanan basah ( Wet Food ). Loh bukannya bisa di kasih makanan kering ( Dry Food ). Memang benar sih kita bisa memberikan makan dry food namun pastikan untuk memilih produk khusus kitten ( Anak kucing ). Kalau saya sendiri lebih memilih untuk memberi makanan wet food untuk anak kucing anggora saya.

Alasannya sih jenis makanan ini lebih mudah di cerna atau di makan oleh anak kucing di banding dengan dry food, walaupun dry foodnya itu sendiri khusus untuk kitten. Dahulu saya juga sering memberikan dry food untuk anak kucing anggora saya, namun setelah saya perhatikan setiap ia makan ia agak kesulitan. akhirnya saya putuskan beralih ke makanan wet food.

Untuk makanannya sendiri pastikan ia memiliki kandungan protein yang tinggi dan makanan kucing bermagnesium rendah. Protein tinggi sangat baik untuk kesehatan dan perkembangan bulu kucing Anggora. Sementara magnesium rendah agar kucing terhindar dari gangguan pencernaan dan aman untuk di cerna.

 

2. Memberikan Susu Sebagai Nutrisi Tambahan

Anak kucing anggora tentunya membutuhkan nutrisi tambahan dalam proses tumbuh kembangnya. Kamu bisa memberikan susu untuk anak kucing sebagai pelengkap nutrisinya. Untuk produk susu kucing sendiri banyak di jual di petshop atau toko online. Harganya bervariasi mulai dari 5 ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah.

Oh iya sebelum memberi susu untuk kucing, pastikan bahwa kadar laktosa yang terkandung di dalamnya rendah atau bebas laktosa. Soalnya kucing sangat sensitif terhadap susu berkadar laktosa yang tinggi dan bisa menyebabkan diare, mencret dan gangguan pencernaan lainnya jika ia meminum susu berlaktosa tinggi.


3. Rutin Memandikannya

Walaupun kucing bisa membersihkan dirinya sendiri dengan cara menjilati seluruh tubuhnya, tetapi tetap saja kita sangat di sarankan untuk memandikannya minimal sebulan sekali. Pastikan untuk memakai shampo untuk kucing saat memandikannya agar tidak perih saat terkena mata dan aman serta bagus untuk bulu-bulunya.

Jangan terlalu sering memandikan kucing anggora karena bulu-bulu ras kucing yang satu ini terbilang rapuh sehingga mudah mengalami kerontokan akibat sering di mandikan.

 

4. Rajin Menyisir Bulunya

Menyisir bulunya setiap hari merupakan salah satu bagian dari merawat bulu dan kesehatan kucing anggora. Menyisir bulu akan membuat bulu yang rontok akan nyangkut di sisir dan membuat resiko bulu tertelan semakin rendah. Hal ini akan menurunkan resiko hairball yang bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan kucing.

Untuk sisirnya sendiri kamu bisa menggunakan sisir kucing yang banyak di jual di petshop atau online shop. Biasanya sih di jual mulai dari harga 25 ribuan untuk sisir kecil dan 50 ribuan untuk sisir besar. 


5. Rajin Memotong Kukunya

Memotong kuku juga bagian yang penting dalam merawat anak kucing anggora. Bawalah kucing dua minggu sekali atau minimal sebulan sekali ke dokter hewan atau salon terdekat. Jika kamu memutuskan untuk memotongnya sendiri pastikan kamu hanya memotong bagian kuku kucing yang berwana putih saja bukan yang berwarna putih kemerah-merahan. Atau potong sedikit di bagian ujungnya.

Hal ini untuk menghindari kamu memotong kuku kucing yang berisi saraf dan pembuluh darah. Karena jika salah potong akan menyebabkan kucing kesakitan dan berdarah.

 

6. Bersihkan Telinganya Secara Rutin

Bersihkanlah telinga kucing setiap dua minggu sekali agar telinga kucing bersih dan sehat. Cara membersihkan telinga kucing cukup mudah yakni menggunakan bola kapas atau kain basah bersih. Usap lembut bagian telinganya tetapi hindari membersihkan saluran telinganya.

 

7. Menggosok Giginya Dengan Rutin

Sama seperti manusia, kucing juga perlu menggosok giginya untuk menghindari penyakit gigi dan berbagai masalah gusi lainnya. Namun tentu saja kucing tidak bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan manusia.

Cara menggosok atau membersihkan gigi kucing yaitu dengan menyikat gigi kucing menggunakan sikat gigi halus untuk menyikat gigi kucing anggora. Sikat secara perlahan dan gunakan pasta gigi kucing. Jangan pakai pasta gigi untuk manusia sebab kandungan fluoride pada pasta gigi manusia beracun untuk kucing.

 

Selain 7 cara merawat kucing anggora umur 3 bulan di atas kamu juga perlu membawa kucing anggora kamu ke dokter hewan terdekat untuk melakukan vaksinasi agar kucing tumbuh sehat dan ia imun terhadap berbagai penyakit kucing yang berbahaya. Demikian artikel ini, semoga bermanfaat bagi kamu yang hendak memelihara atau mengadopsi anak kucing anggora.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url