close

Cara Merawat Kucing Anggora Campuran Kampung, Begini 7 Caranya !

Cara Merawat Kucing Anggora Campuran Kampung | Mungkin di antara kamu ada yang memelihara kucing anggora campuran kampung atau mungkin memiliki anak kucing anggora campuran kampung akibat dari perkawinan silang antara kucing anggora dan kucing kampung. Saat kamu memiliki kucing anggora ras campuran, mungkin kamu bertanya bagaimana cara merawat kucing anggora campuran kampung ini.

 

Cara Merawat Kucing Anggora Campuran Kampung

 

Merawat kucing anggora ras campuran sebenarnya hampir sama saja dengan merawat kucing anggora ras murni. Namun perawatannya terbilang lebih mudah karena kucing ini memiliki campuran gen kucing kampung. Dengan campuran gen kucing domestik atau kampung ini, tubuh anak kucing anggora akan lebih kuat terhadap berbagai penyakit, lebih sehat, bulunya kuat dan tak begitu lebat, badannya besar seperti layaknya kucing anggora.

Namun walaupun ia memiliki gen campuran antara kucing anggora dan kucing kampung tetap saja ia akan membawa sifat induknya. Sifat manja dan sangat aktif akan ia miliki walaupun ia adalah kucing anggora campuran kampung. Karena itu ia tetap akan membutuhkan kasih sayang dan perhatian dari majikannya.

 

Cara Merawat Kucing Anggora Campuran Kampung

Untuk kamu yang memiliki kucing anggora setengah kucing kampung, maka mungkin cara ini bisa kamu terapkan dalam merawat kucing anggora kamu.


1. Perhatikan Makanannya

Untuk makanan kucing anggora campuran kampung ini sendiri sama saja dengan makanan kucing anggora umumnya yakni makanan basah ( Wet Food ) atau makanan kering ( Dry Food ). Kamu bebas memilih makanan mana saja yang menurutmu lebih cocok dengan selera atau mood kucingmu dan lebih aman untuknya.

Cobalah beri makanan tester dari 2 jenis makanan di atas selama satu atau dua minggu. Jika kucing mengalami gangguan pencernaan seperti diare, mencret dan gangguan kesehatan lainnya maka sebaiknya ganti makanannya dengan merk lain atau beralih dari wet food ke dry food dan juga sebaliknya.

Kamu juga bisa memberikan makanan selain 2 jenis makanan di atas seperti telur, ikan, ayam dan lainnya namun hanya sebagai selingan saja. Karena makanan ini tidak memiliki kandungan nutrisi dan multivitamin lengkap yang di butuhkan kucing seperti yang terkandung dalam makanan khusus kucing.

Walaupun ia bukan kucing anggora ras murni dan memiliki bulu yang kurang lebat namun tetap pastikan bahwa makanan yang kucing kita makan memiliki kandungan protein tinggi serta bermagnesium rendah. Protein tinggi baik bagi kesehatan dan perkembangan bulu-bulunya. Sementara magnesium rendah bisa melindungi kucing dari masalah gangguan pencernaan dan aman untuk di cerna.

 

2. Memberikan Susu Tambahan Nutrisi

Kucing anggora campuran kampung tentunya juga membutuhkan nutrisi tambahan untuk tumbuh kembangnya. Kamu bisa memberikan susu untuk kucing sebagai pelengkap kebutuhan nutrisinya. Harga susu kucing sendiri di pasaran atau di petshop pada saat ini sudah cukup terjangkau yakni sekitar 5 ribu rupiah untuk kemasan sachet dan di atas 100 ribuan untuk kemasan kaleng dan kotak.

Sebelum memberikan kucing susu pastikan bahwa kadar laktosa di dalamnya rendah atau bebas laktosa. Hal ini untuk menghindarkan kucing dari diare, mencret dan gangguan pencernaan lainnya jika ia meminum susu dengan zat laktosa tinggi.


3. Memandikannya Secara Rutin

Meskipun kucing bisa mandi sendiri dengan cara menjilati tubuhnya, Namun tetap saja di sarankan untuk memandikannya minimal 2 minggu atau sebulan sekali. Dan saat memandikannya harus menggunakan produk shampo khusus kucing agar tidak perih saat terkena mata, aman untuk bulu-bulunya dan sebagai pembunuh kuman, bakteri serta virus penyebab penyakit kulit dan kerontokan.

Mandikan setiap bulunya terlihat kusam atau kotor saja dan jangan keseringan memandikan kucing anggora campuran kampung. Karena seperti anggora ras murni, bulu-bulunya tetap saja agak rapuh dan mudah rontok jika sering di mandikan.

 

4. Rajin Menyisir Bulunya

Menyisir bulunya merupakan bagian dari perawatan bulu dan kesehatan kucing. Menyisir bulu bisa menghilangkan bulu yang rontok dari badan kucing dan meminimalisir hairball pada kucing. Mungkin kucing anggora campuran kampung memiliki bulu yang lebih pendek di banding ras anggora murni tapi tetap saja mereka juga beresiko mengalami hairball.

Kamu bisa membeli sisir kucing di petshop atau online shop seharga 25 ribuan untuk sisir ukuran kecil dan 50 ribuan untuk sisir ukuran besar. 


5. Rajin Memotong Kukunya

Walaupun ia merupakan kucing anggora campuran kampung tetap saja penting bagi kita untuk memotong kukunya. Hal ini untuk menghindari jamur, cacingan dan peradangan akibat kucing menggaruk tubuhnya terus menerus. Jika kamu tak pandai memotong kuku kucing maka tiada salahnya untuk membawana sebulan sekali ke dokter hewan atau salon terdekat untuk memotong kukunya.

Namun apabila kamu berpikir untuk memotongnya sendiri. Potonglah hanya pada bagian kuku kucing yang berwana putih bersih saja bukan yang berwarna putih kemerah-merahan. Atau potong sedikit di bagian ujung kukunya saja.

Karena kuku yang yang berwarna putih kemerah-merahan berisi saraf dan pembuluh darah. jika kamu salah potong bisa menyebabkan kucing kesakitan dan luka berdarah.

 

6. Bersihkan Telinganya Secara Rutin

Penting bagi kita untuk membersihkan telinga kucing tiap-tiap 2 minggu sekali untuk menjaga kesehatan dan kebersihan telinganya. Cara membersihkan telinga kucing cukup dengan memakai bola -bola kapas atau kain basah bersih. Usap dengan lembut bagian telinganya  hingga bersih dan usahakan untuk menghindari membersihkan saluran telinga kucing.

 

7. Menggosok Giginya Dengan Rutin

Sama seperti manusia, menjaga kesehatan gigi kucing juga sangat penting. Menggosok gigi kucing dapat menghindarinya terkena penyakit gigi dan gusi. Cara menggosok gigi kucing yaitu dengan memakai sikat gigi kucing atau sikat gigi dengan bulu halus.

Sikatlah perlahan-lahan ke seluruh bagian giginya dengan menggunakan pasta gigi kucing. Jangan gunakan pasta gigi manusia karena kandungan zatnya yang mungkin aman bagi manusia bisa menjadi beracun jika di berikan kucing.

Selain 7 cara merawat kucing anggora campuran kampung di atas, kamu juga perlu memvaksin kucing kamu ke dokter hewan terdekat agar ia kebal terhadap berbagai penyakit dan tumbuh sehat. Demikian artikel ini, semoga bermanfaat bagi kamu yang memelihara kucing anggora campuran kampung.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url