6 Cara Merawat Kucing Kampung Agar Berbulu Lebat

Cara Merawat Kucing Kampung Agar Berbulu Lebat | Mungkin banyak di antara kita cat lovers yang mengadopsi atau memelihara kucing domestik atau kampung. Mungkin karena tidak mau repot memelihara kucing ras atau karena kasihan pada kucing kampung yang kita temukan terlantar kelaparan dan memiliki tubuh kotor di jalanan sehingga kita pun memeliharanya di rumah.

 

Cara Merawat Kucing Kampung Agar Berbulu Lebat


Seiring berjalannya waktu, kucing kampung yang tadinya terlihat kurus jelek, setelah di rawat kini telah menjadi kucing yang gemuk serta lucu. Lalu pernah gak sih kamu punya pikiran gimana sih cara agar kucing kampung memiliki bulu yang lebat ? Bisa gak sih bulu kucing kampung milik kita lebat dan bagus ?

Jawabannya tentu saja bisa apalagi kucing kampung yang kamu pelihara adalah anak kucing keturunan campuran dari ras kucing yang memiliki bulu lebat seperti kucing anggora dan persia.

 

Cara Merawat Kucing Kampung Agar Berbulu Lebat

Cara merawat kucing kampung agar berbulu lebat sebenarnya terbilang mudah asal kita tahu caranya. Banyak usaha yang bisa kita lakukan demi membuat si kucing kampung atau domestik kesayangan kita agar memiliki badan yang gemuk, sehat dan tentunya memiliki bulu yang lebat nan indah.

Nah di sini anggora akan berbagi cara gimana sih merawat kucing kampung agar berbulu lebat. Adapun caranya kamu bisa mengikuti 7 cara berikut ini.


1. Perhatikan Makanannya

Agar kucing kampung kamu berbulu lebat maka hal yang paling penting untuk di perhatikan adalah makanannya. Karena percuma saja kita berharap kucing kampung kita berbulu lebat jika makanan yang kita berikan adalah nasi campur udang, atau nasi campur ikan asin dan makanan yang kurang bernutrisi lainnya.

 

A. Makanan Manusia Untuk Kucing

Beberapa jenis makanan manusia sangat baik untuk kesehatan dan perkembangan bulu kucing yakni makanan yang mengandung protein yang tinggi. Berikut ini beberapa makanan yang mengandung protein tinggi seperti :

  • Daging Sapi

    Sirloin dan panggul sapi atau biasa disebut gandik memiliki kandungan proteinyang lebih tinggi di banding bagian lainnya. Tak hanya itu daging sapi juga mengandung zat besi dan vit b yang baik bagi bulu dan tubuh kucing.

     

  • Dada Ayam

    Dada ayam adalah bagian yang mengandung banyak protein tinggi. Tak hanya itu daging ayam juga mengandung selenium, kolin, dan vitamin B.

     

  • Ikan Dan Makanan Laut

    Ikan di ketahui sebagai salah satu jenis makanan yang mengandung kadar protein yang tinggi. Ikan juga kayak akan omega 3. Namun untuk makanan laut sendiri seperti udang dan ikan tongkol jangan terlalu sering di berikan karena bisa menyebabkan gangguan kulit.

 

  • Telur

    Telur terkenal dengan kadar proteinnya yang tinggi dan kaya akan kandungan kandungan vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh. Protein yang tinggi dan kaya vitamin membuat makanan ini baik untuk perkembangan bulu kucing.

 

B. Makanan Khusus Untuk Kucing

Selain makanan manusia, kamu juga bisa memberikan makanan khusus untuk kucing. Kamu bisa memberi wet food atau dry food yang terkesan simple dan tak repot sebagai makanan kucing kampungmu. Untuk wet food sendiri sangat di sarankan kamu berikan untuk anak kucing kamu yang masih berumur 2 atau 3 bulan, karena makanan ini gampang di makan dan di cerna tidak seperti dry food.

Makanan khusus kucing biasanya memiliki kandungan protein yang terbilang lumayan tinggi dan mengandung nutrisi yang terbilang komplit. Kandungan tinggi protein tentunya sangat baik untuk bulu-bulu kucing. Namun jika kamu menginginkan hasil yang lebih maksimal kamu bisa mencoba produk makanan kucing khusus untuk kesehatan dan pelebat bulu seperti : 

  • Pro Plan Derma Plus
  • Royal Canin Hair And Skin
  • Equlibrio Long Hair

Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, pastikan juga makanan kucing tersebut memiliki bermagnesium rendah.

 

2. Memberikan Susu Untuk Kesehatan Bulu

Susu mengandung protein serta kalsium yang tinggi. Kandungan ini tentu saja sangat bermanfaat agar bulu kucing lebat dan menguatkan tulang pada tubuhnya. Untuk susu kucing sebaiknya pilih yang susu kadar laktosanya rendah untuk menghindari agar tidak terjadi mencret, diare dan masalah pencernaan lainnya pada kucing.


3. Gunakan Shampoo Kucing

Jamur, kuman, virus serta bakteri dan kutu pastinya akan menyebabkan gangguan kesehatan pada kulit dan bulu rambut kucing. Gangguan pada kesehatan dan bulu rambut kucing biasanya akan berdampak pada rontok dan menipisnya bulu rambut kucing.

Karena penting bagi kita untuk memandikan kucing kita dengan shampoo khusus kucing untuk membunuh jamur, kutu, bakteri serta virus penyebab penyakit kulit dan kerontokan. Shampoo kucing juga memiliki manfaat lain yakni membersihkan tubuh, membuat bulu yang kusam menjadi lebih cerah dan indah.

Jangan gunakan shampoo manusia untuk kucing karena mungkin akan perih di mata saat mandi dan terkena mata kucing. Jika kamu tidak memiliki shampo kucing maka kamu bisa menggunakan shampoi bayi sebagi alternatif sementara untuk kucingmu. Dan jangan terlalu sering memandikan kucing, cukup 2 kali atau sekali sebulan untuk kucing kampung.

 

4. Sisir Bulu Kucing

Meskipun bulu kucing kampung tidaklah selebat kucing anggora ataupun kucing persia tetap tidak salah jika kita menyisir bulunya. Hal ini untuk membersihkan kotoran dan kutu serta untuk menekan resiko hairball pada kucing dan agar bulu yang rontok tidak menempel di sofa, kasur dan tempat lainnya.

 

5. Rajin Memotong Kukunya

Mungkin kamu berpikir bahwa cara yang satu ini terkesan tidak ada sangkut pautnya dengan bulu kucing. Eits kamu salah, kuku kucing yang tajam bisa menimbulkan masalah iritasi dan bulu rontok jika ia menggaruk terus menerus bagian yang gatal

Dulu kucing kampung saya sering saya berikan ikan asin dan udang akibatnya kucing mengalami gangguan kulit dan terus menerus menggaruk kulitnya. Hal ini menyebabkan kulit luka dan bulu-bulu kucing mengalami kerontokan.

Untuk memotong kuku kucing potong hanya bagian kuku yang berwana putih bersih saja bukan yang berwarna putih kemerah-merahan. Atau potong sedikit di bagian ujung kukunya saja agar kuku tumpul.

 

6. Berikan Vitamin Kucing

Cara terakhir yakni dengan memberikan kucing vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan bulu dan memperlebat bulu kucing. Sebelum memberikan kucing vitamin terlebih dahulu mintalah saran dari dokter hewan atau petshop terkait vitamin yang cocok dan aman di berikan untuk kucing kampung milik kita.

 

Kesimpulan

Setelah menerapkan 6 cara merawat kucing kampung agar berbulu lebat di atas mungkin bulu kucingmu akan sedikit lebat, lebih halus dan indah. Hal ini sudah terbilang sudah batas maksimalnya karena batasan gen dari kucing kampung ini sendiri yang membuatnya tidak bisa memiliki bulu setebal saudaranya kucing anggora atau persia. 

Kecuali jika kucing kampung ini sendiri merupakan anak hasil kawin silang antara kucing anggora kampung atau kucing persia dan kampung. Demikian artikel ini, semoga bermanfaat untuk kamu.


Tags: Cara Memelihara Kucing,Cara Merawat Kucing,Kucing Kampung,Seputar Kucing,Makanan Kucing,Makanan Kucing Kampung, Cara Agar Kucing Berbulu Lebat, Cara Agar Kucing Kampung Berbulu Lebat

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url